Pengertian Negara

shares |

istana bogor

Apa yang disebut dengan Negara? Arti negara pastinya telah familiar terdengar di telinga. Arti ini juga kerap jadi bahan pembicaraan kita sehari-hari. Bahkan juga, saat ini kita tinggal dalam satu negara yang bernama Indonesia serta kita sendiri dimaksud warga negara.

Walau demikian, nyatanya ada banyak di antara kita yang belum tahu atau mengerti makna sesungguhnya dari negara. Oleh karena itu, ilmusiana ada lewat artikel ini untuk memberi pengetahuan atau pemahaman pada kita semuanya mengenai makna dari negara.

Agar komplit, pembahasannya bakal kami tinjau dari beragam segi, yakni makna negara pada umumnya, makna negara diliat dari asal tuturnya (etimologis), serta makna negara menurut pendapat beberapa pakar. Selamat membaca.

Negara dalam artian simpel bisa dilihat sebagai satu organisasi dalam satu lokasi yang mempunyai kekuasaan paling tinggi yang sah serta ditaati oleh rakyatnya. Dalam artian yang lain, negara didefinisikan sebagai alat dari orang-orang yang memiliki kekuasaan untuk mengatur bebrapa jalinan manusia dalam orang-orang serta menertibkan beberapa gejala kekuasaan dalam orang-orang. Kita bisa pula menyebutkan negara sebagai satu lokasi yang terbagi dalam masyarakat yang diperintah untuk meraih satu kedaulatan.

Pengertian Negara dengan cara Etimologis 

Dengan cara etimologis arti " negara " adalah terjemahan dari kalimat asing, yakni state (bhs Inggris), staat (bhs Jerman serta Belanda), serta etat (bhs Prancis). Kata state, staat, serta etat itu di ambil oleh beberapa orang Eropa dari bhs Latin pada era ke-15, yakni dari kata statum atau status yang bermakna kondisi yang tegak serta tetaplah, atau suatu hal yang berbentuk tetaplah serta tegak.

Arti negara ini nampak berbarengan dengan timbulnya arti Lo Stato yang dipopulerkan Niccolo Machiavelli melalui bukunya II Principe. Waktu itu, Lo Stato didefinisikan sebagai satu system pekerjaan serta manfaat umum serta alat perlengkapan yang teratur dalam lokasi spesifik.

Di Indonesia sendiri, arti " Negara " datang dari bhs Sansekerta nagara atau nagari, yang bermakna kota. Sekitaran era ke-5, arti nagara telah di kenal serta digunakan di Indonesia. Hal semacam ini dibuktikan oleh ada penamaan Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat.

Diluar itu, arti nagara juga digunakan sebagai penamaan kitab Majapahit Negara Kertagama yang ditulis Mpu Prapanca. Jadi, arti " negara " telah digunakan terlebih dulu di Indonesia jauh sebelumnya bangsa Eropa.

Pengertian Negara Menurut beberapa Ahli 


Pengertian mengenai negara banyak juga disumbangkan dari pemikiran beberapa pakar, baik dari dalam ataupun luar negeri. Di bawah ini sudah kami kumpulkan untuk Anda, pendapat beberapa pakar mengenai negara.

Pengertian Negara menurut Pakar Dalam Negeri 

Di bawah ini sebagian pengertian negara dari beberapa pakar dalam negeri :

Prof. Nasroen : negara yaitu satu bentuk pergaulan hidup serta oleh karenanya juga harus dilihat dengan cara sosiologis supaya bisa diterangkan serta dipahami.

Prof. R. Djokoseotono, S. H : Negara yaitu satu organisasi manusia atau himpunan manusia-manusia yang ada dibawah pemerintahan yang sama.

Senarko : Negara yaitu satu organisasi orang-orang yang mempunyai daerah spesifik, tempat kekuasaan negara berlaku seutuhnya severeign (kedaulatan).

M. Solly Lubis, S. H : Negara yaitu satu bentuk pergaulan manusia atau satu komune. Negara itu mempunyai kriteria spesifik, yakni daerah spesifik, rakyat spesifik, serta mempunyai pemerintah.

Miriam Budiardjo : negara yaitu satu daerah yang penduduknya diperintah oleh beberapa petinggi serta sukses menuntut dari warga negaranya kepatuhan pada ketentuan perundang-undangan lewat kontrol dari kekuasaan yang sah.

Pengertian Negara menurut Pakar Luar Negeri 

Di bawah ini sebagian pengertian negara dari beberapa pakar luar negeri :

Plato : Negara yaitu manusia dalam ukuran besar yang selalu maju serta berevolusi.

Aristoteles : Negara yaitu perkumpulan dari keluarga serta desa untuk mencapai kehidupan yang sebaik-baiknya.

Hugo de Groot (Grotius) : Negara yaitu ikatan dari manusia yang insaf bakal makna serta panggilan hukum kodrat.

Jean Bodin : Negara yaitu beberapa keluarga dengan semua harta bendanya yang di pimpin oleh akal dari satu kuasa yang berdaulat.

Hans Kelsen : Negara adalah satu susunan pergaulan hidup berbarengan, satu tata paksa (Zwangordenung).

J. H. A. Logemann : Negara yaitu organisasi kemasyarakatan dengan kekuasaanya mempunyai tujuan untuk mengatur serta mengadakan satu orang-orang.

Fr. Oppenheimer : negara yaitu beberapa kumpulan orang-orang yang mempunyai deferensial politik, yakni ada jalinan pada pihak yang memerintah serta pihak yang diperintah.

Bluntschli : Negara adalah diri rakyat yang disusun dalam satu organisasi politik di satu daerah yang spesifik.

Valkenier : Negara adalah rakyat yang sebagai kekuasaan yang merdeka, hidup dalam persatuan hukum yang berlaku lama di satu daerah yang spesifik.

Thomas Hobbes : Negara yaitu hasil kesepakatan antar-individu untuk membuat satu instansi dengan wewenang mutlak untuk membenahi mereka lewat undang-undang serta untuk memaksa semuanya supaya patuh pada undang-undang itu.

J. J. Rousseau : Negara yaitu perkumpulan dari rakyat yang membuat perlindungan serta menjaga hak serta harta benda semasing, namun tetaplah hidup dengan bebas serta merdeka.

Karl Marx : Negara yaitu alat kekuasaan untuk penguasa untuk menindas kelas manusia yang lain.

Roger F. Soltau : Negara yaitu satu alat atau kewenangan untuk mengatur serta mengatur bebrapa masalah berbarengan atas nama rakyat.

R. Kranenburg : Negara yaitu satu organisasi kekuasaan yang di ciptakan sekumpulan orang-orang yang dimaksud bangsa.

Demikian uraian mengenai Pengertian Negara paling Komplit, mudah-mudahan berguna.

Related Posts