25 August 2016

Pengertian Pergaulan Bebas, Penyebab, Akibat & Cara Mengatasi


Pengertian Pergaulan Bebas, Penyebab, Akibat & Cara Mengatasi| Secara Umum, Pengertian Pergaulan Bebas yaitu salah bentuk tingkah laku menyimpang yang melewati batas dari kewajiban, tuntutan, peraturan, syarat, serta perasaan malu. Atau pergaulan bebas bisa diartikan sebagai tingkah laku menyimpang yang tidak mematuhi etika agama ataupun etika kesusilaan. Pengertian Pergaulan Bebas diambil karena arti dari Pergaulan dan bebas.

Pengertian pergaulan yaitu adalah proses hubungan pada individu atau individu dengan kelompok. Sedangkan bebas adalah terlepas dari kewajiban, aturan, tuntutan, etika agama serta etika kesusilaan. Pergaulan punya pengaruh pada pembentukan kepribadian seorang individu baik pergaulan positif atau negatif.

Pergaulan positif berupa kerja sama pada individu atau kelompok yang bermanfaat. Sedangkan pergaulan negatif mengarah pada pergaulan bebas yang perlu dijauhi oleh setiap masyarakat terutama untuk remaja yang masih labil atau masih mencari jati dirinya dan di usia remaja lebih mudah dipengaruhi serta belum bisa tahu baik atau tidaknya perbuatan tersebut .

Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Agama

Pengertian pergaulan bebas menurut agama yaitu proses bergaul dengan orang lain terlepas dari ikatan yang mengatur pergaulan. Pergaulan bebas tertuang dalam Surat An-Nur ayat 30-31 kalau sebaiknya kita menjaga pandangan mata dalam bergaul.

Ciri-Ciri Pergaulan Bebas 

Pergaulan bebas bisa diketahui dengan beberapa ciri-ciri yang menandakannya diantaranya seperti berikut:

  • Penghamburan harta untuk memenuhi hasrat seks bebasnya 
  • Rasa ingin tahu yang begitu besar 
  • Terjadi beberapa perubahan emosi, pikiran, lingkungan pergaulan serta tanggung jawab yang dihadapi. 
  • Terjerat dalam pesta hura-hura dengan memakai obat-obat terlarang seperti ganja, putau, ekstasi, serta pil-pil setan yang lain. 
  • Menimbulkan perilaku munafik dalam masyarakat 
  • Perilaku yang tidak baik 
  • Pakaian terbuka 
  • Mudah mengalami kegelisahan, tak sabar, emosional, senantiasa ingin melawan, rasa malas, perubahan dalam hasrat, senantiasa menunjukkan eksistensi serta kebanggan diri dan senantiasa ingin coba banyak hal. 
  • Sering mengalami tekanan mental serta emosi 
  • Ingin memperoleh harta serta uang dengan menghalalkan segala cara termasuk dengan jalan yang salah, keji serta haram.

Faktor Penyebab Pergaulan Bebas 

Hal yang terjadi dalam pergaulan bebas banyak bertolak belakang dengan atran-aturan serta beberapa etika dalam norma pergaulan, hal semacam ini dilandasi atau dikarenakan dari banyak beberapa aspek penyebabnya pergaulan bebas diantaranya seperti berikut...

1. Rendahnya Tarah Pendidikan Keluarga
Rendahnya tarah pendidikan keluarga punya pengaruh besar sebagai penyebab terjadinya pergaulan bebas. Misalnya, keluarga mengizinkan sang anak untuk berpacaran serta ditambah tidak ada pengawasan yang mengakibatkan anak terjerumus dalam pergaulan bebas.
 
2. Keadan Keluarga Yang Tak Stabil (Broken Home)
Kondisi keluarga sangat berpengaruh pada perilaku atau perkembangan psikis remaja yang mana kondisi orangtua yang tidak harmonis yang membuat perkembangan psikis anak terganggu serta anak cenderung mencari kesenangan diluar untuk merasa bahagia, dan melupakan hal yang terjadi di keluarganya lantaran orangtua tak memberi kasih sayang, hingga sang anak mencari kesenangan diluar berbuntut pada pergaulan bebas.
 
3. Orang Tua yang Kurang Memperhatikan
Tak diperhatikan oleh orangtua yang sibuk dengan pekerjaannya hingga anak kurang memperoleh perhatian dan membuat sang anak bebas dalam melakukan segala hal.

4. Lingkungan Setempat Kurang Baik
Lingkungan sekitar adalah faktor pembentuk keperibadian seseorang, bila dilingkungan tersebut adalah lingkungan yang kurang kondusif maka sang anak akan terjerumus ke dalam pergaulan bebas dimana kita ketahui kalau perkembangan seseorang lebih ditentukan pada lingkungan daripada keluarga.
 
5. Kurang Berhati-Hati Dalam Berteman
Teman bisa membimbing kita ke arah yang positif serta negatif dimana sebagian besar pergaulan bebas terjadi lantaran berteman dengan orang yang tidak baik.
 
6. Keadaan Ekonomi Keluarga
Keluarga ekonomi yang rendah, membuat anak tidak bisa bersekolah serta umumnya banyak juga yang putus sekolah yang membuat pergaulan anak itu dengan remaja yang senasib yang membuat tingkah laku sang anak jadi tambah parah.
 
7. Kurangnya Kesadaran Remaja
Kurangnya kesadaran remaja terjadi adalah implikasi dari kurangnya pengetahuan remaja itu akan efek pergaulan bebas.
 
8. Terdapatnya Teknologi Informasi (Internet)
Dari adanya internet mempermudah untuk mengakses jenis macam budaya
yang tidak cocok dengan etika ketimuran.

Akibat Pergaulan/Dampak Pergaulan Bebas 

Terjadinya pergaulan bebas memberi dampak besar baik untuk sendiri, orangtua, masyarakat serta negara, beberapa dampak itu dari efek yang diakibatkan dari pergaulan bebas diantaranya seperti berikut:


  • Bahaya dari pergaulan bebas yaitu seks bebas. Seks bebas yaitu dua orang yang berhubungan suami istri tanpa ada ikatan pernikahan sampai dengan kehamilan diluar nikah yang sudah pasti memalukan diri sendiri, orangtua, masyarakat, serta Indonesia dengan adat ketimuran. 
  • Ketergantungan Obat. Dari ajakan teman lantaran pikiran yang masih labil menggiringnya mengkonsumsi obat terlarang hingga membuat ketagihan dengan ketergantungan obat-obat terlarang sampai berlebihan dan beresiko overdosis yang diakhiri dengan kematian. 
  • Menurunnya tingkat kesehatan. Pergaulan bebas bisa menyebabkan beragam penyakit seperti HIV AIDS serta banyak yang menggugurkan kandungan yang sudah pasti membahayakan kesehatannya dan mengkonsumsi obat-obat terlarang yang semua hal itu bisa menurunkan kesehatan.
  • Meningkatkan Kriminalitas. Bahaya pergaulan bebas yang satu ini bisa terjadi lantaran bila pencadu narkoba tidak lagi mempunyai uang untuk membeli maka jalan keluar yang cepat yaitu dengan melakukan tindakan kriminalitas.
  • Merenggangkan Hubungan Keluarga. Pergaulan bebas bisa merenggangkan hubungan pada keluarga lantaran beberapa penyebab yang umumnya karena emosi meledak-ledak serta bahkan juga hingga rasa hormat pada orangtua akan hilang. 
  • Menyebarkan Penyakit. Pergaulan bebas yang akrab dengan seks bebas, serta narkoba membuat beragam penyakit yang bisa menyerang orang-orang sekitar yang tidak bersalah.
  • Menurunnya Prestasi. Seseorang dengan pergaulan bebas lebih cenderung bersenang-senang serta bisa menghilangkan konsentrasi belajar akibat dari minuman keras serta narkoba.
  • Berdosa. Pergaulan bebas sudah pasti akan memperoleh dosa yang belum dirasakan pada saat masih hidup, tetapi waktu kematian menjemput yang dihantarkan terhadap balasan atas doa-dosa yang pernah diperbuat yakni ke neraka. 

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas

Permasalahan apapun bisa diatasi, baik itu pergaulan bebas, hal ini bisa diatasi, serta dihindari dengan beberapa jalan keluar penanganan dan pencegahan pergaulan bebas dengan beberapa cara diantaranya seperti berikut:

1. Memperbaiki Cara Pandang
Bersikap optimis dan hidup dalam kenyataan untuk mendidik anak-anak untuk berupaya serta menerima hasil usaha meskipun tidak sesuai dengan apa yang dinginkan hingga jika akhirnya mengecewakan bisa menyikapi dengan positif.
 
2. Jujur Pada Diri Sendiri
Mengerti serta tahu apa yang paling baik untuk dirinya hingga tak menganiyaya emosi serta diri mereka sendiri.
 
3. Menanamkan Nilai Ketimuran
Nilai ketimuran atau nilai keislaman begitu penting dalam membuat kepribadian seseorang dengan meningkatkan keimanan sebagai pegangan atau perisai untuk berpikir ke pergaulan bebas.
 
4. Menjaga Keseimbangan Pola Hidup
Maksudnya yaitu dengan manajemen waktu, emosi serta energi supaya senantiasa berpikir positif dengan kegiatan positif setiap hari.
 
5. Banyak Melakukan aktivitas Secara Positif
Dengan adanya banyak kesibukan positif jadi tidak ada waktu untuk memikirkan hal-hal negatif.
 
6. Memikirkan Masa Depan
Memikirkan hari esok merupakan cara supaya bisa membuat langkah-langkahnya dalam meraih hari esok yang ia cita-citakan yang dia mimpikan supaya tak menjadi seseorang yang hampa tanpa ada harapan serta tanpa ada cita-cita.
 
7. Kurangi Menonton Televisi
Televisi menjadi sumber informasi yang mendidik, Tetapi sebenarnya bertolak belakang, lantaran umumnya televisi cuma menyiarkan hiburan-hiburan dengan nilai-nilai gaya hidup bebas.
 
8. Senantiasa Membaca Buku
Membaca buku memberi kita wawasan luas baik itu wawasan dalam pelajaran di sekolah ataupun wawasan akan kehidupan yang baik serta mengetahui lebih cepat hal-hal yang tidak baik dan tak bisa dilakukan.
 
9. Berkomunikasi dengan Baik
Dengan berkomunikasi dengan baik kita bisa berhubungan baik dengan orang-orang dan membuat orang-orang tahu akan diri kita serta tak mengajak pada hal yang negatif lantaran lingkungan atau masyarakat tidak akan mengganggu.
 
10. Sosialisasi Bahaya Pergaulan Bebas
Dengan sosialisasi akan bahaya pergaulan bebas membuat orang-orang terlebih para remaja tahu bahaya yang diakibatkan dari pergaulan bebas sebagai langkah pencegahan.
 
11. Menegakkan Aturan Hukum
Dengan penegakan aturan hukum memberi dampak jera pada pergaulan bebas serta sebagai benteng terakhir untuk menyelamatkan generasi muda anak bangsa Indonesia.
Back To Top