Pengertian Seni Musik Dan Jenis Musik


musik sendiri memiliki arti hasil pengolahan suara, harmoni, melodi, vokal ritme dan tempo. Jadi jika diartikan secara harfiah seni musik adalah hasil cipta, karsa dan rasa manusia serta diwujudkan dalam bentuk olahan suara, harmoni, melodi, vokal ritme dan tempo.

Seni musik juga termasuk dalam cabang seni yang menggunakan musik sebagai sarana mengekspresikan emosi atau perasaan penciotanya. Sekarang, cabang seni tersebut telah menjadi salah satu sarana hiburan yang populer seiring dengan perubahan teknologi yang ada.

Seni Musik Menurut Para Ahli

Banyak para ahli yang mencoba untuk mendifinisikan seni musik itu sendiri. berikut penjelasannya :

  • Banoe

Musik berasal dari nama muse (nama salah satu dewa dalam mitologi yunani). Dewa ini mewakili cabang seni dan ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, dia berpendapat bahwa musik adalah cabang seni yang membahas tentang berbagai macam suara dalam pola yang dapat dipahami oleh manusia.

  • Jamalus


Seni Musik merupakan salah satu hasil karya seni berupa bunyi pada lagu atau komposisi yang mengungkapkan isi perasaan dan pikiran penciptanya. Seni musik ini di ungkapkan melalui unsur-unsur pokok musik seperti irama, nada, melodi, harmoni, struktur lagu serta ekspresi dalam satu kesatuan.

  • Sylado


Ia berpendapat bahwasannya seni musik merupakan wujud hidup dari beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelasnya ia mengatakan bahwa alunan musik dan nada yang berjiwa dapat menggerakan isi hati sang penikmatnya.

  • Lexicographer 

Sebagai seorang pakar ahli kamus, ia menyatakan bahwa seni musik adalah kombinasi antara nada, instrumental dan vocal yang harmoni untuk mengekspersikan sifat emosional.

  • Suhastjarja 

Ia berpendapat bahwasannya seni musik merupakan rasa pengungkapan keindahan seorang manusia yang diwujudkan dalam bentuk nada/bunyi, sehingga menghasilkan ritme dan melodi. 

Macam-Macam Aliran Musik

Aliran musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Ada banyak macam-macam genre musik di dunia ini. pop, blues ataupun genre lainya. kali ini kita akan membahas satu persatu 

  • Klasik 

Musik klasik adalah musik yang sangat indah, intelaktual dan selalu di nikmati (hampir di setiap jaman). Genre musik ini berasal dari daratan eropa bermula pada tahun 1750-1825. 

Dalam musik klasik ada beberapa periode tertentu dalam penggolongannya. berikut ini adalah beberapa musisi yang populer dalam genre musik klasik diantaranya : 
  1. Mozart 
  2. Beethoveen 
  3. chopin 
  4. johann pachebel 
Musik klasik juga mempunyai istilah luas, biasanya mengacu pada musik yang berakar dari tradisi barat, musik kristiani, dan msuik orkestra, mencakup periode sekitar abad ke-9 hingga abad 21.

  • Blues 

Blues merupakan aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari kalangan masyarakat afro-amerika. Musik ini juga berkembang dari musik afrika barat. Musik blues berangkat dari tema musik-musik spiritual dan pujian khusus yang muncul dari perkumpulan budak-budak Afrika di AS 

Jenis ini kemudian banyak memengaruhi berbagai macam genre musik pop saat ini, termasuk diantaranya: 
  1. Country
  2. Ragtime
  3. Big band
  4. Jazz
  5. Rock and Roll
  6. Rhythm and Blues
  7. dan musik Pop. 

  • Jazz 

Musik jazz adalah aliran musik yang lahir dari penggabungan antara ragtime, blues dan musik Eropa, terutama pada band. Beberapa sub-genre jazz yang ada : 
  1. Swing
  2. Dixieland
  3. Hard bop
  4. Bebop
  5. Cool jazz
  6. Free jazz
  7. Smooth jazz
  8. Jazz fusion
  9. dan CafJazz.  
Musik jazz banyak menggunakan gitar, piano, trombon, trompet, dan saksofon. Elemen yang paling perlu dalam musik jazz adalah improvisasi, blue notes, sinkopasi, polyrhythms, dan shuffle note. 

  • Funk 

Funk merupakan sebuah aliran musik yang mengandung unsur musik tarian Afrika-Amerika. Pada umumnya musik funk bisa dikenali lewat ritme pada musik yang sering terpotong singkat, bunyi gitar ritmenya tajam, perkusi sangat dominan, pengaruh jazz yang kuat, irama yang di pengaruhi oleh musik Afrika, dan serta kesan gembira yang kita dapat saat mendengarnya. 

Akar funk dapat ditelusuri hingga jenis rhythm and blues dari daerah Louisiana pada tahun 1960-an. Aliran musik ini terkait dekat dengan musik soul serta jenis musik turunan lainnya seperti P-Funk dan Funk Rock. Contohnya George Clinton, Jamiroquai. 

  • Rock 

Aliran musik rock adalah genre musik populr yang mulai di ketahui secara umum pada peretngahan tahun 50an. musik rock juga menganmbil gaya dari berbagai musik lainnya seperti folk musik, Jazz dan musik klasik. Bunyi khas dari musik rock sering bekisar sekitar gitar listrik atau akustic serta penggunaan back beat yang amat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, serta kibor seperti organ, piano atau sejak 70-an, synthesizer. 

Yang bercampur dengan musik folk (musik daerah di amerika) menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock dan dengan jazz, menjadi jazz-rock fusion. Pada tahun 70an, rock menggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik latin. contoh band yang ber aliran ini adalah : My chemical romance, serta Two door cinema club 

  • Alternative rock 

Alternative rock adalah salah satu dari aliran msuik rock yang muncul pada tahun 80an dan menjadi sangat populer pada tahun 1990. Nama “Alternative” sendiri di buat untuk mendeskripsikan band-band Punk rock yang tidak sesuai dengan alirannya. 

Alternative rock mempunyai sub aliran yang bervariasi dari musik indie yang bermulai pada tahun 1980 dan menjadi popular pada tahun 1990 ; seperti indie rock, grunge, gothic rock, dan college rock. Aliran-aliran tersebut terkonsolidasi dengan ciri khasnya masing-masing. Meskipun aliran alternatif terhitung sebagai aliran rock, tetapi beberapa sub-alirannya terpengaruh oleh musik rakyat, reggae, musik elektronik, dan jazz.


Related Posts

Pengertian Seni Musik Dan Jenis Musik
4/ 5
Oleh