12 November 2016

Pengertian Modem : Jenis Dan Fungsi Modem

Pengertian Modem

Modem yaitu singkatan dari modulator dan demodulator. Modulator berfungsi untuk melakukan proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu, proses ini biasa disebut dengan proses modulasi. pada proses ini data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Sedangkan Demodulator berfungsi sebagai proses mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer.

Modem ialah sebuah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian yang berfungsi guna mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa atau carrier dan siap dikirimkan, sedangkan Demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima yang selanjutnya informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Modem adalah penggabungan dari 2 alat tersebut yang artinya modem merupakan suatu alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh 2 arah pada umumnya memakai bagian yang disebut "modem", seperti Microwave Radio dan sebagainya, namun pada umumnya istilah modem dikenal sebagai sebuah Perangkat keras yang digunakan untuk keperluan komunikasi pada komputer.

Data yang berasal dari komputer yang berbentuk sinyal digital yang diberikan kepada modem guna diubah menjadi sebuah sinyal analog, ketika modem menerima data luar berupa suatu sinyal analog, modem akan mengubahnya menjadi sinyal digital agar dapat diproses untuk lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan dengan menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti radio, telepon.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analognya tadi tersebut akan diubah menjadi sinyal digital kembali serta dikirimkan kepada komputer. Terdapat 2 jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal serta modem internal.

Jenis-Jenis Modem

Berikut jenis-jenis modem :

  • Modem ISDN

ISDN atau Integrated Services Digital Network merupakan salah satu sistem telekomunikasi di mana terdapat suatu layanan antara data, suara, serta gambar yang diintegrasikan ke dalam jaringan, yang mana menyediakan sebuah konektivitas digital ujung menuju ujung guna menunjang ruang lingkup pelayanan yang cukup luas. Para pemakai ISDN ini diberikan sebuah keuntungan yaitu berupa fleksibilitas serta lebih hemat biaya, karena biaya yang digunakan untuk sistem terintegrasi tersebut jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang sifatnya terpisah.

  • Modem GSM

Modem GSM ialah suatu jenis modem yang menggunakan telepon seluler sebagai sistem transfer data. Modem GSM dapat digunakan untuk seluruh kartu koneksi dari berbagai provider apapun asalkan sifatnya GSM.

  • Modem Analog

Modem yang membuat dari bentuk sinyal analog menjadi sinyal digital

  • Modem ADSL

Modem ADSL atau Asymetric Digital Subscribe Line dapat memungkinkan untuk mengakses internet dan menggunakan telepon analog secara bersama-sama. Caranya juga terbilang cukup mudah, untuk ADSL diberikan suatu alat yang disebut Splitter. Posisi Splitter atau pembagi line ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Tidak disarankan mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Terdapat sebuah alat yang bernama Splitter berfungsi untuk menghilangkan gangguan pada saat memakai ADSL modem. Dengan menggunakan Splitter keduanya dapat berjalan secara bersamaan, sehingga pengguna dapat menjawab serta menelpon seseorang dengan menggunakan telepon biasa. Pengguna juga tetap terkoneksi dengan internet yang melalui ADSL modem.

  • Modem Kabel

Modem kabel ialah suatu modem yang dapat menerima data langsung dari suatu penyedia layanan lewat TV Kabel.

  • Modem CDMA

Modem CDMA ialah modem yang memakai frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Yang terbaru pada saat ini yaitu menggunakan frekuensi EVDO Rev-A atau setara dengan 3G serta teknologi CDMA yang terbaru ialah EVDO Rev-B.

Fungsi  Modem 

Modem merupakan suatu perangkat atau alat yang memiliki peranan cukup penting bagi kehidupan kita sehari-hari, dimana alat ini dapat membantu kita dalam proses pengiriman maupun penerimaan data yang kita inginkan melalui jaringan internet kapan saja kita mau. Adapun fungsi modem dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:


  • Fungsi Modem pada Umumnya


Jika dilihat dari pandangan umum, modem memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya adalah:


  1. Mengubah komunikasi dua arah : Modem merupakan suatu alat yang mampu mengubah signal digital yang berasal dari komputer menjadi signal analog, dan sebaliknya. Pada saat komputer mengirimkan data dalam bentuk signal digital, maka modem akan mengubahnya ke dalam bentuk signal analog sebelum dikirimkan kembali melalui berbagai media seperti televisi, telepon, line kabel ke komputer atau perangkat lainnya.
  2. Mengembangkan teknologi : Saat ini telah terjadi perkembangan modem yang begitu pesatnya, dimana ia hadir dengan dilengkapi berbagai fasilitas yang sangat bermanfaat, salah satu contohnya adalah voice modem. Dengan fasilitas tersebut, tidak hanya dapat menghubungkan komputer dengan jaringan internet, akan tetapi juga dapat dijadikan sebagai alat yang menyediakan fasilatas yang bermanfaat lainnya seperti streaming video, percakapan telepon, chanel atau saluran radio, dan masih banyak lagi.

  • Fungsi Umum Secara Khusus

Secara khusus, modem melakukan suatu tugas mulia yaitu melakukan pengecekan apakah informasi dalam bentuk signal mengalami kerusakan atu tidak, serta ada kesalahan ataukah tidak. Apabila ditemukan kesalahan atau tidak cocok dengan komputer, maka modem dapat mengirimkan kembali signal tersebut serta dapat melakukan pembatalan proses koneksi komputer dan internet. Tujuan dari pengecekan tersebut adalah untuk meminimalkan terjadinya kesalahan serta untuk melancarkan transmisi signal.

Modem yang memang termasuk bagian dari perangkat keras komputer memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan bagi setiap user, terlebih untuk menghubungkan beberapa komputer disetiap waktunya. Keguaan atas jaringan ini akan lebih memudahkan pekerjaan dan membuat pekerjaan jadi efisien dalam waktu yang singkat.

Back To Top