Pengertian Emosi : Macam Emosi

Pengertian Emosi 

Setiap orang di dunia pasti sudah mengenal dan pernah mengalami istilah yang satu ini. Emosi merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan reaksi alamiah yang timbul pada seseorang sebagai dampak terjadinya perubahan tertentu di sekitarnya. Semua orang juga memiliki perasaan takut, marah, kesal, sedih, iri, dan lain-lain. Perasaan-perasaan itu merupakan perwujudan emosi. Orang-orang sering menganggap bahwa emosi hanya berkaitan dengan perasaan marah saja. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Emosi senantiasa menyertai perilaku seseorang. Orang yang sedang marah akan tampak dari perilakunya, seperti melotot, mengucapkan kata-kata kasar, bahkan dapat memukul orang yang dikenai marah. Orang yang senang akan berperilaku berjingkrak-jingkrak dan tersenyum. Emosi akan merugikan apabila Anda tidak dapat mengendalikannya.

Pada dasarnya, kata emosi berasal dari bahasa latin yaitu kata ‘movere’ yang artinya bergerak atau pun menggerakkan yang dibubuhi awalan kata ‘e’ yang artinya menjauh. Jika diartikan dari dasar susunan katanya, maka kata emosi dapat diartikan sebagai sebuah gejala pergerakan menjauh.
Seperti apa pengertian emosi menurut para ahli? Berikut ini beberapa pengertian atau definisi emosi dari para ahli:

Menurut George Miller: Emosi adalah pengalaman seseorang tentang perasaan yang kuat, dan biasanya diiringi dengan perubahan-perubahan fisik dalam peredaran darah dan pernapasan, biasanya juga dibarengi dengan tindakan-tindakan pemaksaan.

Menurut Angels: Emosi adalah kondisi perasaan yang kompleks, yang diiringi dengan beberapa gerakan atau aktivitas kelenjar. Atau, perilaku yang kompleks yang didominasi oleh aktivitas lambung atau organ-organ intrinsik.

Menurut Dr. Muhammad Najaati: Emosi adalah kekacauan hebat yang meliputi segala aspek individu, dan berpengaruh terhadap perilakunya, perasaannya, dan fungsi vitalnya. Asalnya dia muncul dari faktor psikologis.

Menurut Dr. Abdullah Abdul Hayy Musa: Emosi adalah perubahan tiba-tiba yang meliputi segala aspek individu, baik psikis maupun fisiknya.
Pengertian Emosi Menurut Stanley: Emosi adalah fondasi utama yang melandasi kelahiran dan perkembangan kekuatan mental.

Menurut Wikipedia, pengertian emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau pun sesuatu. Selain itu, emosi juga dapat diartikan sebagai reaksi yang timbul akibat perbuatan seseorang atau pun kejadian tertentu.

Macam Emosi

Macam emosi berkaitan dengan fungsi organ yaitu marah, gembira, khawatir, termenung, sedih, takut dan terkejut. Walaupun hubungan pikiran/emosi dan tubuh telah diakui oleh kedokteran barat baru-baru ini, interaksi emosi dengan fisik adalah aspek penting dari pengobatan tradisional Cina.
Masing-masing organ memiliki emosi tersendiri; ketidakseimbangan emosi ini dapat mempengaruhi fungsi organ. Sebagai contoh, kemarahan yang berkepanjangan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hati. Di waktu sama, ketidakseimbangan hati/liver dapat memproduksi gejala marah, yang sering menimbulkan siklus mengabadikan (kekal) diri.

Dalam membahas aspek emosional dari proses penyakit, penting untuk diingat bahwa adalah normal mengalami berbagai macam emosi. Hanya ketika emosi tertentu yang dialami dalam jangka waktu panjang atau dengan intensitas tertentu menjadi sumber ketidakseimbangan. Hal  ini jelas penting untuk orang dengan masalah emosional berat untuk mendapatkan bantuan psikoterapis. Tetapi bahkan dalam beberapa kasus, terapi ini lebih efektif bila ketidakseimbangan organ yang bersangkutan diperbaiki. Akupunktur sangat efektif untuk mengobati gangguan emosi. Bahkan walau tidak sepenuhnya efektif dalam mengobati penyakit fisik, akupunktur selalu membawa keadaan damai hati.
  • Marah
Kemarahan berkaitan dengan organ liver/hati. Berdasarkan sifatnya, kemarahan menyebabkan qi meningkat, muka merah dan mata merah, sakit kepala an pusing. Hal ini sesuai dengan bentuk api hati naik. Marah selalu menyebabkan Qi hati menyerang limpa, menyebabkan kurangnya nafsu makan, gangguan pencernaan, dan diare (sering dialami orang-orang yang berdebat di meja makan atau makan sambil mengemudi)

Dalam jangka panjang, menekan marah atau frustasi menyebabkan qi hati menjadi mandek; dapat mengakibatkan depresi atau gangguan haid. Sangat menarik untuk dicatat bahwa orang yang memakai herbal untuk melepaskan stagnasi qi liver menjadi ringan/lega. Demikian pula, marah dan mudah tersinggung sering menjadi faktor penentu untuk mendiagnosis stagnasi qi hati. Banyak orang terbebaskan setelah mengetahui kemarahan memiliki dasar fisiologis. Hal ini penting untuk menghindari minum kopi saat mengobati kemarahan terkait gangguan liver, karena kopi memanaskan hati dan sangat meningkatkan kondisi.
  • Gembira
Emosi gembira berkaitan dengan jantung. Gangguan berakitan dengan gembira mungkin terdengar aneh, karena umumnya orang ingin sukacita di dalam hidupnya sebanyak mungkin. Gangguan ini bukan disebabkan oleh kebahagiaan melainkan ketidakseimbangan datang dari terlalu banyak gembira, atau kabar baik yang datang tiba-tiba sebagai kejutan ke sistem.

Ketika mengevaluasi tingkat stress, psikologi melihat semua sumber stres, baik positif dan negatif. Jelas kematian pasangan atau kehilangan pekerjaan adalah sumber stres yang berarti. Namun, pernikahan atau promosi pekerjaan, peristiwa yang bahagia, juga merupakan sumber stres. Seseorang yang terus menerus berpesta dan hidup berlebihan dapat mengembangkan ketidakseimbangan jantung dengan palpitasi, cemas dan insomnia.

Seseorang dengan ketidakseimbangan jantung dapat juga memperlihatkan gejala emosional karena jantung adalah tempat jiwa (shen). Seseorang dengan gangguan shen jantung ekstrim  mungkin terlihat berbicara dengan gembira disertai ledakan tawa. Hasil perilaku seperti ketidakmampuan organ jantung untuk menyediakan tempat istirahat stabil untuk jiwa. Jenis ini dapat diobati dengan akupunktur di meridian jantung. Pengobatan herbal terdiri dari formula menutrisi darah jantung atau Yin. Jika api jantung mengganggu jiwa, herbal dapat membersihkan panas dari jantung.
  • Kuatir
Sebuah emosi yang sangat umum dalam kehidupan sosial, kuatir dapat menghabiskan energi limpa, dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan akhirnya menyebabkan kelelahan kronis. Limpa yang lemah tidak dapat secara efisien mengubah makanan menjadi qi, dan paru-paru tidak dapat mengekstrak qi dari udara dengan efisien. Seseorang yang kuatir terlalu membawa beban di pundaknya, penjelasan yang cukup baik bagaimana limpa yang lemah menghasilkan lembab. Pengobatan mencakup moksa dan herbal untuk menguatkan limpa, menghasilkan energi untuk menangani masalah hidup, bukan memikirkannya.
  • Termenung.
Terlalu banyak berpikir atau obsesi tentang sebuah topik dapat menghabiskan limpa, menyebabkan stagnasi qi. Seseorang dengan kondisi ini memperlihatkan gejala seperti tidak nafsu makan, lupa makan, kembung setelah makan. Lambat laun, kulit menjadi pucat karena defisiensi qi limpa. Hal ini pada akhirnya dapat mempengaruhi jantung, membuat pasien bermimpi tentang subjek yang sama di malam hari. Untuk menangani hal ini, pengobatan berupa herbal untuk menguatkan darah jantung dan limpa.
  • Sedih
Sedih mempengaruhi paru-paru, menghasilkan lelah, nafas pendek, menangis atau depresi. Pengobatan untuk kondisi ini mencakup akupunktur di titip meridian paru-paru dan ginjal. Seringkali, formula herbal ditambahkan untuk menguatkan qi atau Yin paru-paru.
  • Takut
Emosi takut berkaitan dengan ginjal. Hubungan ini mudah dilihat saat takut ekstrim menyebabkan seseorang mengompol. Menurut psikolog, ini tekait dengan ketidaknyamanan dan kecemasan sehingga menyebabkan mengompol. Cemas dalam jangka panjang karena khawatir tentang masa depannya dapat menghabiskan Yin ginjla, Yang, dan Qi, akhirnya mengarah ke kelemahan kronis. Pengobatan meliputi menguatkan ginjal dengan tonik Yin atau Yang, tergantung pada gejalanya.
  • Terkejut
Terkejut atau syok terutama melemahkan ginjal dan jantung. Reaksi "melawan atau lari" menyebabkan pelepasan adrenalin berlebihan dari kelenjar adrenal yang duduk di atas organ ginjal. Hal ini menyebabkan jantung merespon dengan palpitasi, cemas atau insomnia. Stres kronis dari syok/terkejut dapat sangat melemahkan seluruh sistem, menyebabkan berbagai masalah. Terkejut parah dapat memiliki efek panjang pada shen/jiwa, seperti yang terbukti pada korban pasca trauma sindrom stres. Pengobatan meliputi psikoterapi, herbal yang menenangkan jiwa dan menutrisi jantung dan ginjal, serta pengobatan akupunktur.

Related Posts

Pengertian Emosi : Macam Emosi
4/ 5
Oleh