26 December 2016

Pengertian Islam : Sejarah Islam

Pengertian Islam

Pengertian Islam secara  harfiyah artinya damai, selamat, tunduk, dan bersih. Kata Islam terbentuk dari tiga huruf, yaitu S (sin), L (lam), M (mim) yang bermakna dasar “selamat” (Salama)

Pengertian Islam Menurut Bahasa, Islam berasal dari kata aslama yang berakar dari kata salama. Kata Islam merupakan bentuk mashdar (infinitif) dari kata aslama ini.

Adapun Pengertian Islam Menurut Istilah, (ditinjau dari sisi subyek manusia terhadap dinul Islam), Islam adalah ‘ketundukan seorang hamba kepada wahyu Ilahi yang diturunkan kepada para nabi dan rasul khususnya Muhammad SAW guna dijadikan pedoman hidup dan juga sebagai hukum/ aturan Allah SWT yang dapat membimbing umat manusia ke jalan yang lurus, menuju ke kebahagiaan dunia dan akhirat.’

Kehadiran petunjuk akan Islam bermula pada saat Nabi Muhammad Saw menerima wahyu di gua Hira pada tahun 622 dan menjadi sebuah bukti bahwa Muhammad diangkat sebagai Nabi dan Rasul oleh Allah Swt. Nabi Muhammad Saw lahir di jazirah Arab yang pada saat itu kebanyakan menganut agama Yahudi dan Kristen serta penyembah berhala pada tanggal 12 Rabiul Awal atau 21 April 570 atau 571 masehi. Beliau merupakan anak yatim karena pada saat beliau didalam kandungan ternyata Ayahnya abdullah bin Abdul Muttalib telah meninggal dan ibunya Aminah binti Wahab juga meninggal ketika beliau berusia 7 tahun. Akhirnya beliau dirawat oleh pamannnya Abu Talib yang sebelumnya juga dirawat oleh kakeknya Abdul Muthalib. Seiring berjalannya waktu beliau menikah dengan Siti khadijah seorang janda pada usia 25 tahun.

Kemudian Nabi Muhammad Saw pernah menjabat sebagai hakim diusia 35 tahun hanya saja pada saat itu beliau sudah tidak menyukai lagi suasana yang ada di kota mekah karena adanya permasalahan sosial dan penyembahan berhala serta aktivitas mengubur bayi perempuan. Oleh karena itu, nabi Muhammad Saw memilih menghabiskan waktunya untuk menyendiri di gua Hira hingga pada saat itu Malaikat Jibril mendatangi Muhammad di usia 40 tahun.

Akhirnya dimulailah masa kenabian Muhammad Saw, dan memulai untuk mengajarkan ajaran Islam kepada orang-orang yang ada didekatnya kemudian karena aktivitas dakwah islam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw telah tercium oleh pejabat Mekah maka turunlah wahyu tuhan dalam surat Al-Hijr ayat 94 untuk melakukan hijrah pada tahun 622 dari Mekah ke Madinah.

Setelah menetap di Madinah, Islam semakin besar dan kaum muslim telah menjadi kuat dan semakin banyak pengikutnya, kemudian telah berhasil menaklukkan kota mekah sampai mempersatukan seluruh jazirah Arab dibawah panji Islam. Setelah itu, beliau pun wafat dan pada saat itu dimulailah sejarah baru islam, yang pada akhirnya para pengikutnya harus mencari sendiri jalan karena sang petunjuk telah tiada. Untunglah banyak ajaran yang telah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad Saw sehingga hal tersebutlah yang terus dijadikan pedoman oleh para pengikutnya.

Islam Pasca Rasulullah

Setelah meninggalnya Nabi Muhammad Saw maka pada saat itu belia digantikan oleh Abu Bakar untuk dijadikan sebagai khalifah pada tahun 632 masehi. Tantangan yang ditemui oleh khalifah Abu Bakar yaitu untuk membasmi kemurtadan oleh Bani Tamim dan Musailamah al-Kadzab serta banyaknya orang yang mengaku sebagai nabi setelah Nabi Muhammad Saw. Kemudian pada tahun 633 masehi sebagai awal mula pengumpulan dan penyusunan al-Quran dari mushaf-mushaf.

Kemudian pada tahun 634 masehi, Abu Bakar akhirnya wafat dan diangkatlah Umar bin Khatab sebagai khalifah baru. Pada masa kekhalifahan umar bin Khatab telah terjadi banyak penaklukan dan peperangan seperti penaklukan damaskus, peperangan dengan tentara Romawi, Syria, Mesopotami dan Palestina serta persia. Kemudian pada tahun 638 terjadi penaklukan Baitulmuqaddis oleh Islam dalam peperangan Jalula atas persia. Kemudian pada tahun 639 masehi, terjadi penaklukkan madain yaitu kerajaan persia. Pada tahun 64 masehi, kerajaan Islam madinah telah mulai membuat mata uang Islam dan menaklukkan mesir. Setelah itu pada tahun 642 masehi, terjadi penaklukan Nahawan, kerajaan persia secara keseluruhan. Kemudian pada tahun 644 masehi, umar bin khatab mati terbunuh sehingga pada saat itu Utsman bin Affan diangkat menjadi khalifah.

Pada tahun 645 masehi menjadi awal mula kekhalifahan Utsman bin Affan, di masa beliu masih melanjutkan perjuangan umar bin khatab dengan menaklukkan Cypru pada tahun 645 masehi, melakukan penyerangan Byzantium di kota mesir iskandariyah pada tahun 647 masehi. Kemudian pada tahun 647 masehi melakukan perang di laut melawan Byzantium dengan menggunakan angkatan laut tentara Islam yang diketuai oleh Muawiyah Abu Sufyan.

Pada tahun 648 masehi menjadi masa-masa sulit di pemerintahan Utsman bin Affan karena banyak pemberontakan yang terjadi, hingga akhirnya pada tahun 656 masehi khalifah Utsman bin Affan mati terbunuh sehingga pada saat Ali bin Abi Talib menggantikan posisi Utsman bin Affan sebagai khalifah.

Dalam masa kepemimpinan Ali bin Abi Thalib melakukan perubahan dengan memindahkan pusat pemerintahan dari Madinah ke Kufah sehingga akibat dari itu semua maka terjadilah perang shiffin pada tahun 657 masehi.

Pada tahun 661 masehi, Ali bin abi Thalib terbunuh sehingga berakhirlah masa Khulafaur Rasyidin dimana dilanjutkankan oleh Hasan seorang cucu nabi Muhammad Saw diangkat menjadi khalifah kelima umat Islam sepeninggalan Ali Bin Abi Thalib.

Pada tahun 661 masehi dimasa khalifah Hasan maka muncullah dua kelompok besar pasukan Islam yaitu pasukan Muawiyah dan pasukan khalifah hasan, yang awal terjadi peperangan akhirnya berdamai dan khalifah hasan menyerahkan kekhalifahan kepada Muawiyah. Perdamaian tersebut dikenal sebagai tahun perdamaian atau persatuan umat dalam sejarah Islam. Hingga sejak saat itu di masa kekhalifahan Muawiyah maka muncullah sistem kepemimpinan secara turun temurun atau Daulah Umayyah yang nantinya akan berlanjut pada Daulah Abbasiyah, Daulah Fatimiyyah, Daulah Usmaniya dan Daulah ottoman.

Sejarah Islam di masa Kerajaan Bani Umayyah.

Pada tahun 661 masehi, diangkatlah Muawiyah sebagai khalifah dan segera mendirikan kerajaan Bani Ummaiyyah. Dimasa kekhalifahan Umayyah, banyak terjadi penyerangan seperti perang melawan konstantinopel pada tahun 669 masehi, penaklukan kabul pada tahun 670 masehi, terjadi penyerangan pertama di Konstantinopel hanya saja mengalami kegagalan pada tahun 677 masehi, terjadi penyerangan kedua konstantinopel masih mengalami kegagalan karena Muawiyah meninggal pada tahun 680 masehi. Kemudian pada tahun 680 masehi, Yazid I diangkat pengganti tahta Muawiyah, dan juga terjadi peristiwa pembunuhan Husain bin Ali di Karbala.

Pada tahun 685 masehi, Khalifah abdul malik menggantikan Yazid I dan pada saat itu khalifah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resmi kerajaan.

Pada tahun 700 masehi, Islam mulai melawan kaum Barbar yang ada di Afrika Utara, kemudian pada tahun 711 masehi mulai penaklukan Sind, Spanyol dan Transoxiana. Kemudian pada tahun 712 dan 713 masehi tentara bani umayya ke Sind, Spanyol dan Transoxiana serta terjadi penaklukan Multan. Lalu pada tahun 716 masehi terjadi serangan ke Konstantinopel, setelah itu pada tahun 717 masehi umar bin abdul aziz menggantikan abdul malik sebagai khalifah, dan dimasa umar bin abdul aziz terjadi pembaharuan yang hebat, dimana tentara Islam mulai melawan nimes di Perancis, namun khalifah umar bin abdul aziz mengalami kekalahan di kufah ditangan kekhalifahan abbasiyah.

Pada tahun 750 masehi, Bani umaiyyah diruntuhkan oleh Abbasiyah. Akhirnya muncullah kekhalifahan baru yaitu kekhalifahan Abbasiyyah.

Sejarah islam di kerajaan Bani Abbasiyah


  • Pada tahun 752 masehi telah berdiri kerajaan Bani Abbasiyah, kemdian pada tahun 755 masehi terjadi pemberontakan oleh Abddullan bin Ali dan terjadi pembunuhan Abu Muslim.
  • Pada tahun 756 masehi, berdiri kerajaan Bani Ummaiyyah di Spanyol dibawah khalifah Abd ar-rahman I.
  • Pada tahun 763 masehi didirikan kota baghdad dan terjadi kekalahan tentara Abbasiyah di Spanyol.
  • Pada tahun 786 diangkatlah Harun ar-Rasyid sebagai khalifah.
  • Pada tahun 792 terjadi penyerangan di area selatan Perancis.
  • Pada tahun 800 masehi, Al-khawarizmi menciptakan aljabar.
  • Pada tahun 805 masehi, terjadi perlawanan antas Byzantium, penyerangan di pulau cyprus dan pulau Rhodes.
  • Pada tahun 809 masehi, meninggalnya harun ar-rasyid, lalu Al-Amin diangkat sebagai khalifah.
  • Pada tahun 814 masehi terjadi peperangan antar saudara yaitu Al-Ma’mun dan Al-Amin, yang akhirnya Al-Amin terbunuh dan secara otomatis Al-Ma’mun diangkat sebagai khalifah.
  • Pada tahun 1000 masehi, dibangun mesjid besar Cordoba.
  • Pada tahun 1005 masehi, Ghur dan Multan di taklukkan oleh Islam.
  • Pada tahun 1055 masehi tentara Turki Seljuk menyerang Baghdad yang akhirnya dimulailah pemerintahan Abbasiyah-seljuk yang ada sampai 1258 hingga baghdad dimusnahkan oleh tentara Mongol.
  • Pada tahun 1085, terjadi penyerangan di Toledo Spanyol oleh tentara Kristen
  • Pada tahun 1091 masehi, bangsa Norman menyerang wilayah Sicilia dan disitulah pemerintahan Islam berakhir. Kemudian pada tahun 1095 masehi terjadi perang salib pertama.
  • Pada tahun 1099 masehi, terjadi penaklukkan Baitul Maqdis oleh tentara Salib dan mereka banyak membunuh penduduk.
  • Pada tahun 1144 masehi, terjadi penaklukkan Edessa oleh tentara Kristen dan ditetapkan sebagai perang salib kedua.
  • Pada tahun 1187, terjadi penaklukkan baitulmuqaddis dari tentara salib oleh Salahuddin Al-Ayyubi.
  • Pada tahun 1194, tentara islam mulai menaklukkan Delhi, India.
  • Pada tahun 1236, terjadi penaklukan di Cordoba oleh tentara kristen.
  • Pada tahun 1258 masehi, tentara Mongol mulai menyerang dan memusnahkan kota Baghdad dengan membunuh banyak penduduk dan berakhilah pemerintahan kerajaan Bani Abbasiyah-seljuk. Kemudian pada tahun 1260 masehi terjadi kebangkitan Islam dan mulai mengalahkan tentara mongol di pertempuran Ain Jalut yang dipimpin oleh Sultan Saifuddin Muzaffar Al-Qutuz.

Sejarah Islam Di Kerajaan Turki Utsmani


  • Pada tahun 1243 masehi, bangsa turki sudah hidup secara berpindah-pindah yang akhirnya menetap di Asia Kecil.
  • Pada tahun 1299 masehi, muncullah pemerintahan kecil Turki dibawah Turki Seljuk yang didirikan di barat Anatolia.
  • Pada tahun 1301 masehi, Osman I mulai menyatakan diri sebagai Sultan, dan pada saat itu berdirilah kerajaan Turki Usmani.
  • Pada tahun 1345, turki seljuk mulai menyeberang di selat Bosporus.
  • Pada tahun 1389, pasukan utsmani sudah menewaskan tentara Serb di wilayah Kosovo.
  • Pada tahun 1402, Raja tartar dari mongol menumpas tentara Usmaniyah di Ankara.
  • Pada tahun 1451, Sultan Muhammad Al-Fatih diangkat sebagai pemerintah.
  • Pada tahun 1453 masehi, Konstantinopel berhasil ditaklukkan dibawah kepemimpinan Sultan Muhammad Al-Fatih dan berakhirlah kerajaan Byzantium.
  • Pada tahun 1520, Sultan Sulaiman al Qanuni telah diangkat menjadi sultan.
  • Pada tahun 1526 masehi terjadi perang Mohacs, kemudian pada tahun 1529 terjadi serangan dan kepungan di Vienna, lalu pada tahun 1571 masehi terjadi peperangan lepanto, kemudian pada tahun 1683 masehi terjadi serangan dan kepungan di vienna untuk kedua kalinya.
  • Pada tahun 1687 masehi, Sultan muhammad IV telah wafat.
  • Pada tahun 1703 masehi terjadi pembaharuan kebudayaan di bawah Sultan Ahmed II.
  • Pada tahun 1774 masehi terjadi perjanjian Kucuk Kaynarca dan pada tahun 1792 terjadi perjanjian Jassy/
  • Pada tahun 1793 masehi, Sultan Selim IIM mengumumkan sebuah petadbiran baru.
  • Pada tahun 1798, Napoleon mencoba menaklukkan mesir.
  • Pada tahun 1804 terjadi pemberontakan dan sebuah kebangkitan pada bangsa serbia yang pertama.
  • Pada tahun 1815, terjadi pemerontakan dan kebangkitan bangsa serbia yang kedua.
  • Pada tahun 1826 masehi terjadi pembunuhan massal tentara elit janissari dengan terjadi kekalahan tentara lau Utsmaniyah di Navarino.
  • Pada tahun 1829 terjadi perjanjian Adrianople, pada tahun 1830 selesainya perang kemerdekaan Greece
  • Pada tahun 1830 terjadi Konvensyen selat, kemudian di tahun 1853 terjadi perang Crimea dan pada tahun 1878 diadakan kongres Berlin, Serbia dan montenegro untuk diberi kemerdekaan.
  • Pada tahun 1912 terjadi perang Balkan yang pertama
  • Pada tahun 1913 masehi terjadi perang balkan kedua.
  • Pada tahun 1914 masehi terjadi sekutu kuasa tengah saat kerajaan turki utsmani masuk perang dunia I.
  • Pada tahun 1919 masehi mustafa kemal ataturk sudah mendarat di samsun.
  • Pada tahun 1923, sistem kesultanan telah dihapus dan mustafa kemal ataturk mengganti turki menjadi sistem republik
  • Pada tahun 1924 masehi, sistem kekhalifahan dihapus dan pada saat itulah berakhir pemerintahan kerajaan turki Utsmani.
Back To Top