03 January 2017

Pengertian Bola Basket : Peraturan Dan Teknik Bermaian Bola Basket

Pengertian Bola Basket

Bola basket adalah olahraga bola secara berkelompok yang kelompoknya terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding memasukkan bola kedalam keranjang lawan lalu mendapatkan poin.

Bola basket sangat cocok untuk ditonton, karena dimainkan di ruang olahraga tertutup dan memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu juga, permainan bola basket lebih kompetitif karena tempo bermain cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan permainan bola besar lainnya, seperti sepak bola.

Peraturan Resmi Permainan Bola Basket

Peraturan permainan bola basket digunakan sebagai dasar untuk melangsungkan sebuah pertandingan bola basket. Peraturan ini disepakati dan disahkan oleh FIBA (Federation of Internationale de Basketball) yang merupakan badan resmi yang mengatur segala hal tentang bola basket seluruh dunia.

Dalam aturan dasar permainan bola basket tersebut, dibagi menjadi beberapa sub aturan, mulai dari peraturan tentang tim, lapangan, atribut pertandingan dan lain-lain. Berikut adalah peraturan permainan bola basket resmi FIBA selengkapnya.

Ukuran dan Standar Lapangan Bola Basket


  • Ukuran Lapangan Bola Basket


Lapangan bola basket mempunyai dua standar mengenai panjang dan lebarnya. Untuk standar FIBA, ukuran lapangan bola basket mempunyai lebar 14 meter dan panjang 26 meter. Sedangkan standar NBA panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter.

  • Ukuran Papan Bola Basket

Untuk papan pantul bola basket bagian luar mempunyai panjang 1,8 meter dan lebar 1,2 meter. Sedangkan untuk papan pantul bagian dalam berukuran panjang 0,59 meter dan lebar 0,49 meter. Tinggi papan pantul di ukur dari bawah papan sampai lantai adalah 2,75 meter. Sedangkan jarak peletakan lubang ring dari bawah papan adalah 0,3 meter dengan panjang ring 0,4 meter. Sedangkan jarak tiang dengan garis lapangan adalah 1 meter.

  • Garis tengah, Garis Serang dan Tembakan Hukuman

Garis tengah lapangan berada di tengah membagi lapangan menjadi dua sisi yang sama. Ditengahnya terdapat lingkaran berdiameter 1,8 meter. Sedangkan garis serang memiliki diameter 6 meter. Jarak antara garis tembakan hukuman dengan ring adalah 3,6 meter.

Peraturan Permainan Bola Basket

  • Jumlah Pemain dalam Permaian Bola Basket

Satu tim bola basket terdiri dari 12 orang anggota. Dimana 5 orang anggota tim bermain sebagai pemain utama di lapangan. Sedangkan 7 orang lainnya sebagai pemain cadangan.

  • Jumlah Wasit Permainan Bola Basket

Sebuah permainan bola basket dipimpin oleh 1 orang Referee (wasit) dan 2 orang Umpire (pengadil). Wasit bertugas mengambil keputusan penus atas sebuah permainan. Sedangkan umpire bertugas membantu wasit untuk menentukan keputusan jika terjadi pelanggaran di dekatnya.

  • Waktu Permainan Bola Basket

Dalam sebuah permainan bola basket terdiri dari 4 quarter (babak), setiap babak berdurasi 10 menit. Jadi dalam satu pertandingan bola basket waktu bermainnya 4×10 menit dengan jeda istirahat antara babak 10 menit. Jika berakhir dengan skor imbang, maka dilangsungkan 2 babak tambahan, dengan durasi waktu per babak 10 menit dan jeda antar babak 2 menit. Khusus untuk NBA, per babak berdurasi 12 menit.

  • Ukuran Bola dalam Permainan Bola Basket

Ukuran bola yang disepakati dan sah digunakan untuk permainan bola basket mempunyai ukuran keliling bola 75-78 cm. Berat bola antara 600-650 gram dengan pantulan keatas 1,2-1,4 meter jika dijatuhkan dari ketinggian 1,8 m. Setia sebelum permainan bola basket dimulai, wasit wajib mengeceknya.

Peraturan Kompetisi Bola Basket

  • Perlengkapan Pertandingan Bola Basket

Perlengkapan pertandingan yang harus ada dalam kompetisi bola basket resmi adalah lapisan pengaman tiang papan pantul, jam pertandingan, papan pencatat skor, jam twenty four seconds, stopwatch untuk mengawasi waktu time out, Scoresheet dan pencahayaan yang memadai.

  • Peraturan Pemain Bola Basket

Pemain bola basket yang bisa mengikuti kompetisi adalah pemain resmi yang terdaftar dalam tim basket yang akan bertanding. Nama pemain tersebut harus sudah didaftarkan sebelum ertandingan di mulai dan masuk scoresheet. Pemain yang mendapatkan diskualifikasi tidak boleh dicantumkan di scoresheet. Serta pemain dengan batasan umur diluar standar kompetisi tidak diperbolehkan.

  • Seragam Bola Basket

Seragam setiap tim terdiri dari dua set, yakni seragam kandang dan tandang yang berbeda warna. Setiap seragam wjib mempunyai nomor punggung berukuran tinggi 10 cm dan nomor depan 10 cm, dengan lebar minimal 2cm. Nomor punggung tidak boleh sama antar pemainnya. Seragam mempunyai warna dominan di bagian depan dan belakang. Saat bermain di lapangan, wajib mengenakan seragam lengkap berupa kaos, celana pedek dan kaos kaki. Serta kaos wajib dimasukkan ke dalam celana.

  • Aksesoris Tambahan Bola Basket

Pemain diperbolehkan memakai dekker kain pada siku, lutut, lengan maupun jari. Boleh memakai headband dengan lebar maksimal 5 cm. Pemain tidak boleh memakai kalung, anting, cincin, bandana, dan aksesoris rambut lainnya. Selain itu pemain juga tidak boleh memanjangkan kuku.

Peraturan Foul dalam Permainan Bola Basket


  1. Touching : Menyentuh tangan pemain lawan yang akan menembak bola ke dalam ring.
  2. Pushing : Mendorong pemain lawan yang akan menembak bola ke dalam ring dengan sengaja.
  3. Jumping : Saat seorang pemain melakukan lompatan dengan posisi menembak tetapi tidak jadi menembak.
  4. Traveling : Membawa bola tanpa didribble yang gerakannya melebih dari 3 langkah adalah sebuah pelanggaran.
  5. Doble Dribble : Bola yang sudah dipegang dengan dua tangan setelah dribble tidak boleh di dribble lagi.
  6. Offensive Foul : Pelanggaran yang dilakukan pada pemain lawan saat kita sedang menyerang.
  7. Defensive Foul : Pelanggaran yang dilakukan pada pemain lawan saat saat kita melakukan pertahanan.
  8. Personal Foul : Pelanggaran yang dilakukan oleh seorang pemain dalam satu tim. Maksimal pelanggaran adalah 4 kali.
  9. Foul Out : Pelanggaran ke lima yang dilakukan oleh seorang pemain yang mengakibatkan dia diusir dari permaianan.
  10. Team Foul : Tembakan bebas yang dihadiahkan pada sebuah tim karena tim lawan sudah melakukan pelanggaran lebih dari 5 kali.
  11. Back Ball / Back Court : Pelanggaran yang dilakukan karena mendribble, mengoper atau membawa bola kembali ke bidang pertahanan setelah melewati garis tengah.
  12. 30 Second Violation / 24 Second Violation : Pelanggaran saat pemain dari tim menyerang tidak melakukan tembakan ke ring lebih dari 30 atau 24 detik.
  13. 10 Second Violation / 8 Second Violation : Pelanggaran saat salah satu pemain yang menyerang memegang bola dan tidak mengoper atau menembak lebih dari 10 atau 8 detik.
  14. 3 Second Violation : Pelanggaran akibat pemain menyerang tidak melakukan tembakan bebas lebih dari 3 detik.
  15. Technical Foul : Pelanggaran akibat melakukan foul terhadap peraturan legal dalam permainan bola basket, contohnya memprotes keputusan wasit.
  16. Unsportmanslike Foul : Pelanggaran dengan keras atau niat mencederai lawan. Pemain ini bisa didiskualifikasi dan menerima sanksi dari kompetisi.

Itulah beberapa peraturan permainan bola basket resmi FIBA yang bisa amu pelajari. Sehingga pada saat bermain basket, kamu sudah melakukan apa yang pemain profesional juga lakukan. Asah terus kemampuan basketmu, siapa tahu suatu saat kamu bisa menjadi pemain basket prefesional.

Teknik Permainan Bola Basket

Secara teknis, setiap pemain bola basket akan menampilkan segala kemampuan yang dimilikinya untuk membawa tim memenangkan pertandingan. Pola permainan individu dan tim pun diterapkan. Namun keberhasilan dari suatu penyerangan untuk meraih angka bergantung pada kemampuan individual yang akan menggambarkan kemampuan secara tim. Oleh karena itu setiap pemain harus menguasai tiga teknik bermain bola basket yaitu menangkap dan melempar bola (catch and pass), menggiring bola (dribble) dan menembak (shoot).

Menurut Imam Sodikun (1992:48) bahwa Teknik dasar permainan bola basket dibagi menjadi :

  1. Teknik melempar bola
  2. Salah Satu Teknik Melempar bola
  3. Teknik Melempar dan Menangkap Bola : Istilah melempar mengandung pengertian mengoper bola dan menangkap berarti menerima bola. Oleh karena itu kegiatan ini dapat berlangsung silih berganti, maka selalu dilakukan berteman biasanya juga disebut operan. Apabila seseorang memegang bola maka ia harus siap untuk menerima atau menangkap bola. Operan ini merupakan teknik dasar yang pertama, sebab dengan cara inilah pemain dapat melakukan gerakan mendekati ring (basket) dan seterusnya melakukan tembakan.
  4. Teknik Menggiring Bola : Menggiring bola adalah salah satu cara yang diperbolehkan oleh peraturan untuk membawa lari bola ke segala arah. Seorang pemain boleh membawa bola lebih dari satu langkah, asal bola sambil dipantulkan , baik dengan bolanya ingin mendekati ring (basket) dan memasukkannya (menembak). Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah dengan satu tangan saja (kiri/kanan). Untuk kemahirannya dianjurkan untuk membiasakan keduanya, jadi yang baik hendaknya seimbang kekuatan menggiring dengan tangan kanan dan kiri.
  5. Teknik Menembak : Menembak merupakan sasaran akhir setiap pemain. Keberhasilan suatu regu dalam permainan selalu ditentukan oleh keberhasilannya dalam menembak. Untuk dapat berhasil dalam tembakan perlu dilakukan teknik-teknik yang betul.
  6. Teknik Gerakan Berporos : Gerakan berporos (pivot) adalah suatu mengubah arah hadap badan ke segala arah dengan satu kaki tetap tinggal ditempat sebagai poros (as). Kaki poros ini tidak boleh terangkat atau bergeser dari tempatnya.


Back To Top