Pengertian Internet dan Intranet : Sejarah, Perbedaan, Fungsi Internet Dan Intranet

 

Pengertian Internet Dan Intranet

  • Internet

Internet (interconnected networking) merupakan jaringan komputer yang saling terhubung antara satu komputer dengan komputer yang lainnya dan membentuk sebuah jaringan komputer yang sangat besar dan luas di seluruh dunia sehingga jaringan tersebut bisa saling bertukar informasi maupun data dan dapat berkomunikasi satu sama lain.

Definisi internet itu sendiri adalah suatu jaringan komputer yang sangat besar yang menghubungkan antara pengguna komputer diseluruh dunia melalui jaringan telepon, satelit atau sistem komunikasi lainnya. Internet terbentuk oleh banyak komputer yang saling berhubungan di seluruh dunia yang memberi ruang dan memberi jalan bagi berbagai media informasi berupa gambar, video, audio dan bentuk file lainnya untuk dapat saling dinikmati bersama.

  • Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan privat / privat network yang menggunakan protokol-protokol internet seperti TCP/IP yang digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dalam lingkup tertentu dengan area  yang terbatas. Misalnya dalam lingkup sekolah, kapus atau lingkungan kantor.

Ketika kita mendengar kata intranet maka kita akan menghubungkannya dengan internet, akan tetapi sebenarnya antara keduanya sangatlah berbeda. Intranet merupakan bagian terkecil dari internet karena intranet hanya mencakup lingkungan yang sangat kecil dan intranet sendiri tidak bisa terkoneksi dengan jaringan yang lebih luas jika tidak ada akses internet.

Sejarah Perkembangan Internet Dan Intranet

  • Sejarah Perkembangan Internet

Dari berbagai sumber yang saya dapat sebenarnya tujuan dibentuknya proyek tersebut ditujukan untuk mengembangkan teknologi militer diNegara mereka. Pertama kali jaringan ARPANET cuma menyambungkan empat situs yakni diantaranya adalah University of Utah, Stanford Research Institute, Santa Barbara dan University of California yang membentuk suatu jaringan terpadu di tahun 1969 kemudian APRANET diperkenalkan secara umum di tahun 1972 dan tidak lama kemudian proyek APRANET ini berkembang pesat.

Keadaan ini terus berlangsung dan banyak Univesitas-universitas dari negara tersebut ingin bergabung dan akhirnya mereka pun kesulitan untuk mengaturnya. Kemudian APRANET  dipecah menjadi dua, yakni MILNET dan ARPANET dimana MILNET dikhususkan untuk kebutuhan militer dan APRANET baru dan lebih kecil untuk kebutuhan bukan militer yakni untuk Universitas dan penggabungan jaringan ini kemudian dikenal dengan sebutan DARPA INTERNET yang disederhanakan lagi dengan sebutan INTERNET.

Sejarah perkembangan internet terus berlangsung pada saat itu dan pada tahun 1973 proyek APRANET telah berhasil keluar dari Negara Amerika Serikat yang membuat banyak Universitas dari negara lain ikut bergabung dan ditahun 1977 telah tercatat sedikitnya 111 komputer yang telah tersambung dalam APRANET dan semenjak saat itu internet terus berkembang dan menyebar ke banyak negara seperti sekarang ini.

  • Sejarah Perkembangan Intranet

Sejarah Intranet di mulai sekitar tahun 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mengacu pada kebutuhan informasi dalam bentuk Web dalam suatu perusahaan.Intranet bisa disebut juga sebagai LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet. Kompatibilitas Intranet sangat tinggi terhadap sistem lainnya sehingga mudah di terapkan, di pelajari, di kembangkan dan dikonfigurasi ulang. Dukungan aplikasi, program dan sistem operasi yang luas akibat dari popularitas Internet menjadikan Intranet sebagai masa depan LAN.

Hal lain yang membedakan internet dan intranet adalah dari sisi penggunaannya. Aplikasi dan informasi intranet ditujukan bagi kalangan dalam suatu organisasi itu sendiri sementara informasi di suatu situs internet ditujukan bagi kalangan umum.

Penggunaan intranet sebenarnya tergantung dari bentuk organisasi para penggunannya. Apakah suatu toko, perusahaan multinasional, sutu instansi perpustakaan atau departemen lainnya.

Dalam suatu institusi perpustakaan intranet banyak dipergunakan sebagai :
  • OPAC (online public catalouge) atau katalog online yang dapat diakses di seluruh raungan perpustakaan yang terhubung dengan jaringan
  • membrikan pelayanan yang maksimal kepada para pengguna, misalnya jurnal kedokteran online medica hanya bisa di akses di perpustakaan kedokteran.
  • informasi sistem service dan lain lain.
  • Sistem sirkulasi online
  • Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti :
  1. aplikasi browser seperti : internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape
  2. perangkat bantu pengembang
  3. komputer server
  4. protokol TCP/IP
  5. bahasa pemrograman (html, php, mysql  dan lain lain )
  6. komputer client
  7. perangkat jaringan
yang perlu ditambahkan dalam intranet apabila sebagian informasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router (intranet ini akan menjadi ekstranet).

Perbedaan Internet dan Intranet

Perbedaan Internet dan Intranet, bisa di simak di bawah ini.

Jaringan internet:

  • Sifat yang terbuka, yang artinya dapat di akses oleh siapa saja asalkan dapat terhubung dengan jaringan internet.
  • Jangkauan yang luas dan tak terbatas, yang artinya dimana si pengguna dapat menjangkau seluruh belahan dunia tanpa batasan.
Jaringan intranet:
  • Sifatnya tak terbuka, artinya dimana hanya dapat diakses oleh orang-orang atau pengguna yang memiliki akses terhadap jaringan intranet.
  • Jangkauan yang luas tapi terbatas, artinya dimana hanya menjangkau pada area-area yang di perlukan untuk jaringan intranet saja.

Fungsi Internet 

  • Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Dengan adanya internet, kita jadi lebih tahu mengenai berbagai wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Terutama bagi pelajar, internet mempermudah mereka dalam mencari informasi yang berkaitan dengan pelajaran mereka.

Pelajar juga dapat melihat berbagai macam video di Youtube yang tentunya akan menunjang pendidikan mereka. Banyak video edukasi yang bertebaran di Youtube, anda pun juga dapat mendownload video-video tersebut. Untuk cara download video youtube, sudah pernah saya jelaskan sebelumnya.

  • Komunikasi Menjadi Lebih Cepat

Perkembangan internet yang semakin menjadi-jadi membuat komunikasi antar individu menjadi sangat mudah dan cepat. Kita juga dapat berkomunikasi dengan orang luar negri sekalipun dengan biaya yang relatif murah.

Selain itu, sudah banyak jejaring sosial seperti Facebook yang digunakan pengguna internet untuk berkenalan dan menemukan teman baru di sana. Tidak sedikit juga dari mereka yang ngobrol/ chatting dengan kerabat mereka menggunakan jejaring sosial ini.

  • Mudahnya Belanja di Internet

Dengan meledaknya penggunaan internet, semakin banyak orang yang tertarik melakukan belanja online. Saat ini, banyak orang yang lebih suka belanja online karena sangat mudah dan efisien.

Salah satu keuntungan dari belanja online adalah kita tidak perlu keluar rumah untuk membeli item yang kita butuhkan. Selain itu, ketika jam kerja sangat sibuk atau tidak teratur, belanja online merupakan pilihan yang terbaik untuk membeli barang tanpa harus menyita banyak waktu.

  • Internet sebagai Wahana Hiburan

Internet juga berperan sebagai “Penghibur” bagi anda yang sedang gelisah atau galau memikirkan sesuatu. Anda bisa menghibur diri dengan mengakses jejaring sosial, mendengarkan musik, streaming video atau main game.

  • Berbagi Apapun Menjadi Lebih Mudah

Dengan adanya internet, kita bisa berbagi apapun yang kita punya, seperti pengalaman, tutorial, resep, dan lain sebagainya melalui akun media sosial atau blog pribadi.

Saat ini banyak orang yang lebih suka menggunakan blog pribadi untuk berbagi hal yang mereka punya. Terdapat puluhan platform yang bisa anda gunakan untuk membuat blog gratis, seperti blogger dan wordpress. Untuk tutorial cara membuat blog sudah pernah saya bahas sebelumnya.

  • Memudahkan Mencari Lowongan Pekerjaan

Selain mudahnya mencari informasi di internet, anda juga dapat mencari lowongan pekerjaan di internet dengan mudah. Internet telah menjadi wadah tersendiri bagi anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah melalui situs-situs yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan.

  • Pentingnya Internet dalam Dunia Bisnis

Mengingat internet dapat dimanfaatkan dalam segala bidang termasuk dalam bidang bisnis, maka tak sedikit para pelaku bisnis menggunakan internet demi menunjang bisnis mereka. Banyak orang yang telah menemukan berbagai manfaat internet untuk bisnis mereka. Bahkan ada yang dinamakan bisnis online dimana peran internet sebagai bisnis utama

Fungsi Intranet

Sesuai dengan definisi dari intranet itu sendiri fungsi dari intranet adalah untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lain juga perangkat jaringan yang lain seperti: switch, server, printer dan access point, akan tetapi layanannya terbatas hanya satu lokasi saja.

  • Manfaat dan keuntungan intranet pada jaringan komputer

  1. Penggunaan intranet pada jaringan komputer mempunyai banyak manfaat yang dapat dinikmati oleh penggunanya, diantaranya:
  2. dapat meningkatkan produktifitas kerja
  3. Dapat meningkatkat kerja sama karena adanya hubungan komunikasi antar perangkat
  4. Memudahkan komunikasi antar user
  5. Efisiensi biaya dan waktu
  6. Kemudahan mendapatkan informasi dalam lingkup tertentu
  7. Penggunaan perangkat secara bersama-sama

Related Posts

Pengertian Internet dan Intranet : Sejarah, Perbedaan, Fungsi Internet Dan Intranet
4/ 5
Oleh