Pengertian Kebutuhan : Macam Dan Faktor Kebutuhan Manusia

Pengertian Kebutuhan

Pengertian Kebutuhan memiliki arti luas dengan macam-macam kebutuhan serta contoh masing-masing. Begitulah kita, manusia. Manusia berjuang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhannya, kebutuhan dapat berupa makanan seperti beras, dan lauk pauk, dapat pula berupa pakaian seperti baju, celana dan kaos kaki, dan juga berupa jasa seperti nonton ke bioskop, naik bus dan bantuan dokter serta bantuan hukum seperti pengacara. Lalu apakah sebenarnya kebutuhan

Kebutuhan manusia sangat banyak dan beraneka ragam. Kebutuhan ini berlangsung selama manusia itu hidup. Jumlah dan ragam kebutuhan sangat tergantung pada perkembangan zaman, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tingkat perekonomian keadaan tempat, waktu pemenuhan, tingkat pendidikan, agama dan adat istiadat.

Meskipun kebutuhan manusia sangat banyak dan bermacammacam, namun setiap manusia terus berusaha untuk memenuhinya. Semakin besar jumlah dan jenis kebutuhan yang tercukupi, manusia akan semakin makmur. Semakin banyak barang yang dimiliki untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya, maka akan semakin kaya.

Kebutuhan adalah hal-hal mendasar yang dibutuhkan makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupannya. Kebutuhan manusia, baik berupa barang maupun jasa sangat banyak jumlahnya. Begitu bermacam-macamnya kebutuhan manusia sehingga kebutuhan perlu dikelompokkan.

Macam - Macam Kebutuhan Manusia

  • Kebutuhan Menurut Intensitas


  1. Kebutuhan Mutlak : Kebutuhan mutlak adalah kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi oleh setiap manusia dan tidak mungkin ditinggalkan. Apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka manusia akan mati. Contoh kebutuhan mutlak adalah makan dan minum.
  2. Kebutuhan Primer : Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia yang ingin hidup layak. Contoh Kebutuhan Primer antara lain: makanan, minuman, pakaian, dan rumah.
  3. Kebutuhan Sekunder : Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi.Kebutuhan ini berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.Misalnya mobil bagi orang berpenghasilan tinggi adalah kebutuhan sekunder, namun bagi orang yang berpenghasilan rendah adalah barang mewah.
  4. Kebutuhan Tersier : Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang tingkat pemenuhannya setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

  • Kebutuhan Menurut Waktunya


  1. Kebutuhan Sekarang : Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga dan tidak dapat ditunda. Contoh kebutuhan sekarang antara lain, obat bagi orang sakit dan makanan bagi orang kelaparan.
  2. Kebutuhan Mendesak : Kebutuhan mendesak merupakan kebutuhan yang sangat kritis(tiba-tiba) dan sifatnya sangat insidentil. Misalnya, bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah atau bencana alam., kebutuhan konsultasi kesehatan atau pengacara.
  3. Kebutuhan Masa Akan Datang : Kebutuhan masa akan daatang adalah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan di kemudian hari dan dapat ditunda karena tidak mendesak. Contoh kebutuhan masa akan datang adalah menabung.

  • Kebutuhan Menurut Sifatnya


  1. Kebutuhan Jasmani / Material : Kebutuhan jasmani adalah kebuthan yang berhubungan dengan jasmani atau fisik, yaitu menjaga penampilan atau kesehatan.Misalnya, berolehraga dan mengkonsumsi makanan sehat.
  2. Kebutuhan Rohani / Nonmaterial : Kebutuhan rohani ada;ah kebutuhan yang berhubungan dengan keseshatan jiwa. Contoh kebutuhan rohani antara lain beribadah menurut agama, bersosialisasi, dan berekreasi.

  • Kebutuhan Menurut Sosial-Budaya


  1. Kebutuhan Sosial : Dalam hidp bermasyarakat manusia biasanya memounyai status atau kedudukan tertentu yang mengharuskan seseorang untuk mempunyai atau melaksanakan berbagai hal supaya dipandang layak atau pantas, Misalnya, memberikan sumbangan pada yang membutuhkan.
  2. Kebutuhan Psikologis : Kebutuhan ini berkenaan dengan sifat rohani manusia sehingga tidak bersifat ekonomis dan tidak semuanya dapat dipenuhi dengan usaha ekonomi. Mislanya kebutuhan akan rasa aman, kebahagiaan, ketentraman, dan kebebasan.

  • Kebutuhan Menurut Subjeknya


  1. Kebutuhan Individual : Kebutuhan individual adalah kebutuhan perseorangan atau individu.Misalnya, seorang sekretaris membutuhkan komputer dan telepon.
  2. Kebutuhan Kolektif : Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan bersama dalam suatu masyarakat dan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.Misalnya, jalan, jembatan, rumah sakit, dan tempat rekreasi.

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia


  • Faktor Keadaan 


Keadaan alam sangat berpengaruh terhadap kebutuhan manusia, manusia melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhannya berdasarkan keadaan alam di tempat tinggalnya. Orang yang tinggal di daerah yang dingin membutuhkan pakain tebal untuk menahan dingin, sedangkan orang yang tinggal di daerah tropis cukup memakai pakaian tipis.

  • Faktor Tingkat Peradaban

Seiring berjalannya waktu tingkat peradaban semakin berkembang, perkembangan peradaban dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Seperti halnya transportasi, dahulu manusia tidak membutuhkan sepada motor untuk pergi ke tempat tujuannya, lain halnya dengan sekarang, setiap orang membutuhkan sepada motor atau alat transportasi lainnya untuk mengefesienkan waktunya.

  • Faktor Agama

Agama juga dapat mempengaruhi faktor kebutuhan manusia, sebagai contoh ketika menjelang hari Raya Idul Fitri, makanan untuk lebaran dan pakain muslim sangatlah di butuhkan, begitu juga dengan hari besar keagaaman lainnya, kebutuhan akan bahan bahan tertentu akan mengalami peningkatan.

  • Faktor Adat Istiadat

Adat istiadat yang berlaku pada kelompok masyarakat dapat mempengaruhi kebutuhan manusia, suatu tradisi yang dilakukan oleh adat tertentu membutuhkan kebutuhan yang berbeda dari adat lainnya.

Misalnya, pada pelaksanaan upacara adat yang dilakukan oleh adat tertentu berbeda dengan kebutuhan adat lainnya, hal tersebut dikarenakan setiap adat memilki ritual yang berbeda, oleh karena itu kebutuannya pun akan berbeda.

  • Faktor Pendidikan

Pendidikan juga mempengaruhi kebutuhan manusia, semakin tinggi tingkat pendidikannya akan semakin beragam pula kebutuhan yang di perlukannya.

  • Faktor Pekerjaan

Seseorang yang bekerja sebagai guru memiliki perbedaan kebutuhan dengan seorang petani, seorang guru membutuhkan alat tulis, buku dan perlengkapan mengajar lainnya, berbeda dengan petani, serorang petani membutuhkan alat - alat bertani seperti cangkul, traktor dan alat - alat untuk bertani lainnya. Oleh karena itu pekerjaan seseorang merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan manusia.

  • Faktor Penghasilan 

Besar kecilnya penghasilan yang di peroleh seseorang dapat mempengaruhi tingkat kebutuhannya, seseorang yang berpenghasilan kecil mungkin melengkapi kebutuhan primer saja, berbeda dengan seseorang yang memiliki penghasilan besar, tingat kebutuhannya pun akan semakin tinggi.

  • Faktor Umur

Umur juga dapat menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan manusia, kebutuhan anak - anak dan orang dewasa tentunya berbeda.

  • Tingkat kepuasan

Setiap orang memiliki tingkat kepuasaan yang berbeda. Oleh karena itu tingkat kepuasan sangatlah berpengaruh terhadap kebutuhan manusia, seseorang yang tidak  mudah puas dengan apa yang mereka peroleh biasanya memiliki tingkat kebutuhan yang lebih banyak.

Related Posts

Pengertian Kebutuhan : Macam Dan Faktor Kebutuhan Manusia
4/ 5
Oleh