Pengertian Profesi : Ciri, Syarat, Dan Profesi Yang Paling Dibutuhkan

Pengertian Profesi

Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris "Profess", yang dalam bahasa Yunani adalah "Επαγγελια", yang bermakna: "Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen".

Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer,teknik dan desainer.

Pengertian Profesi Menurut Para Ahli


  • SCHEIN, E.H (1962)


Profesi adalah suatu kumpulan atau set pekerjaan yang membangun suatu set norma yang sangat khusus yang berasal dari perannya yang khusus di masyarakat

  • HUGHES, E.C (1963)


Perofesi menyatakan bahwa ia mengetahui lebih baik dari kliennya tentang apa yang diderita atau terjadi pada kliennya

  • DANIEL BELL (1973)

Profesi adalah aktivitas intelektual yang dipelajari termasuk pelatihan yang diselenggarakan secara formal ataupun tidak formal dan memperoleh sertifikat yang dikeluarkan oleh sekelompok / badan yang bertanggung jawab pada keilmuan tersebut dalam melayani masyarakat, menggunakan etika layanan profesi dengan mengimplikasikan kompetensi mencetuskan ide, kewenangan ketrampilan teknis dan moral serta bahwa perawat mengasumsikan adanya tingkatan dalam masyarakat

  • PAUL F. COMENISCH (1983)

Profesi adalah "komunitas moral" yang memiliki cita-cita dan nilai bersama

  • KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA

Profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (ketrampilan, kejuruan, dan sebagainya) tertentu

  • K. BERTENS

Profesi adalah suatu moral community (masyarakat moral) yang memiliki cita-cita dan nilai-nilai bersama

  • SITI NAFSIAH

Profesi adalah suatu pekerjaan yang dikerjakan sebagai sarana untuk mencari nafkah hidup sekaligus sebagai sarana untuk mengabdi kepada kepentingan orang lain (orang banyak) yang harus diiringi pula dengan keahlian, ketrampilan, profesionalisme, dan tanggung jawab

  • DONI KOESOEMA A


Profesi merupakan pekerjaan, dapat juga berwujud sebagai jabatan di dalam suatu hierarki birokrasi, yang menuntut keahlian tertentu serta memiliki etika khusus untuk jabatan tersebut serta pelayananbaku terhadap masyarakat.

Ciri-Ciri Profesi


  • Adanya pengetahuan khusus, yang biasanya keahlian dan keterampilan ini  dimiliki berkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang bertahun-tahun.
  • Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi. Hal ini biasanya setiap pelaku profesi mendasarkan kegiatannya pada kode etik profesi.
  • Mengabdi pada kepentingan masyarakat, artinya setiap pelaksana profesi harus meletakkan kepentingan pribadi di bawah kepentingan masyarakat.
  • Izin khusus untuk menjalankan suatu profesi. Setiap profesi akan selalu berkaitan dengan kepentingan masyarakat, dimana nilai-nilai kemanusiaan berupa keselamatan, keamanan, kelangsungan hidup dan sebagainya, maka untuk menjalankan suatu profesi harus terlebih dahulu ada izin khusus.
  • Kaum profesional biasanya menjadi anggota dari suatu profesi.

Syarat suatu profesi


  • Melibatkan kegiatan intelektual.
  • Menggeluti suatu batang tubuh ilmu yang khusus.
  • Memerlukan persiapan profesional yang alam dan bukan sekedar latihan.
  • Memerlukan latihan dalam jabatan yang berkesinambungan.
  • Menjanjikan karir hidup dan keanggotaan yang permanen.
  • Mementingkan layanan di atas keuntungan pribadi.
  • Mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat.
  • Menentukan standarnya sendiri, dalam hal ini adalah kode etik.

Profesi yang Paling Dibutuhkan Di Dunia

  • Software Engineers & Developers

Berhubung sekarang perekonomian sudah berbasis Internet, Kreatif serta Teknologi, Software Engineers & Developers alias insinyur dan pengembang perangkat lunak diproyeksikan sebagai profesi yang pertumbuhannya paling cepat serta paling banyak dibutuhkan selama 10 tahun terakhir, dan akan terus berkembang hingga 10 tahun ke depan.

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer atau Ilmu Komputer tentunya punya peluang yang oke untuk bekerja di bidang ini, apalagi kalau sudah punya pengalaman kerja praktek semasa kuliah.

Kalau kamu memilih bekerja di bidang ini, jangan lupa untuk selalu mempertajam keahlian dan meng-update keterampilan, ya, berhubung dinamika dan perubahan di bidang teknologi dan komputer sangatlah cepat.

  • Mechanical Engineers

Profesi di bidang Teknik Meskin diproyeksikan akan tumbuh sekitar 5% dari tahun 2012 hingga 2024, sehingga insinyur Teknik Mesin punya peluang besar untuk bekerja di banyak industri di berbagai jenis proyek.
Mahasiswa yang terbuka dan up-to-date dengan kemajuan teknologi punya prospek yang oke banget di bidang ini.

  • Perawat

Profesi keperawatan diproyeksikan tumbuh 16% dari tahun 2012 hingga 2024 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Jauh lebih tinggi dari angka pertumbuhan rata-rata pekerjaan lain, lho! Kok bisa?

Hal ini terjadi karena meningkatnya kebutuhan penanganan dan pencegahan medis, meningkatnya penyakit kronis, dan meningkatnya kebutuhan layanan kesehatan untuk generasi Om-Bapak kita yang lahir tahun 1946-1964.

  • Dokter dan Praktisi Kesehatan

Alasannya sama seperti alasan berkembangnya profesi Keperawatan di atas.

  • Civil Engineers

rofesi insinyur sipil diproyeksikan tumbuh 8% dari tahun 2012 hingga 2024, meski bervariasi di masing-masing lokasi. Misalnya, profesi insinyur sipil di negara berkembang—seperti Indonesia—lebih cepat berkembang dibandingkan di negara maju.

Presiden Jokowi sendiri sudah mencanangkan percepatan proyek-proyek infrastruktur. Nah, dengan demikian, insinyur sipil bakal banyak dibutuhkan untuk mengelola proyek-proyek pembangunan infrasktruktur tersebut, seperti perumahan, bandara, transportasi (MRT, kereta cepat), jalan tol, dan sebagainya. Soalnya, gara-gara Indonesia krisis insinyur, program pengembangan infrastruktur Jokowi terhambat, lho.

  • IT Data Analysts

Karena kemajuan Internet dan konektivitas sudah sangat pesat, perusahaan jadi bisa mengumpulkan berbagai macam informasi dan data dengan sangat cepat, misalnya, data-data untuk memahami tren dan perilaku konsumen.

Masalahnya, sebagian besar data yang terkumpul tersebut biasanya masih sangat “mentah” sehingga susah dipahami para CEO dan pengambil keputusan di perusahaan. Nah, tenaga Data Analis lah yang bertugas mengolah dan menginterpretasikan data-data tersebut, sehingga menjadi sebuah informasi yang terstruktur dan berguna buat perusahaan.

Profesi data analis adalah salah satu profesi yang paling dibutuhkan dan cepat berkembang, serta di proyeksikan tumbuh antara 3% - 7% hingga tahun 2022.

  • Akuntan
Profesi akuntan dan auditor diproyeksikan tumbuh 11% dari tahun 2012 hingga 2024  di seluruh dunia, lebih cepat dari pertumbuhan rata-rata pekerjaan pada umumnya.

Secara umum, pertumbuhan profesi akuntan dan auditor terkait erat dengan pertumbuhan ekonomi negara. Sehingga tingkat kebutuhan profesi ini bervariasi, tergantung pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Nah, dengan semakin bertumbuhnya ekonomi Indonesia, profesi akuntan akan semakin dibutuhkan dan diminati.

  • Engineering Managers
Engineering Manager bertugas untuk merencanakan langsung dan mengkoordinasikan kegiatan engineering di perusahaan, dan ia biasanya membawahi beberapa anggota tim.

Karena perkembangan industri Indonesia semakin maju, Engineering Manager adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan.

Related Posts

Pengertian Profesi : Ciri, Syarat, Dan Profesi Yang Paling Dibutuhkan
4/ 5
Oleh