22 February 2017

Contoh Abstrak Skripsi dan Cara Membuatnya

Contoh Abstrak Skripsi dan Cara Membuatnya. Hai sahabat, di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Contoh Abstrak Skripsi. Langsung saja kita mulai pembahasan kali ini ya, sahabat.

Pengertian Abstrak Skripsi

Sumber: thanmal.blogspot.co.id
Abstrak adalah satu ringkasan isi dari satu karya tulis ilmiah yang diperuntukkan untuk membantu seorang pembaca supaya bisa dengan gampang dan cepat untuk melihat maksud dari penulisannya.

Di dalam dunia akademik, tulisan pendek ini dipakai oleh institusi/instansi/organisasi pendidikan sebagai informasi awal atas satu riset saat dimasukkan dalam jurnal, konferensi, lokakarya, atau yang semacamnya.

Dalam dunia maya (internet), satu abstrak dipakai sebagai deskripsi singkat atas satu karya tulis ilmiah/riset untuk di baca, seperti halnya satu “display” jenis baju dipajang untuk dilihat atau diuji pakai saat sebelum dibeli. Berikutnya, bagian lengkap satu riset di jual pada mereka yang tertarik untuk mendapatkannya.

Struktur penulisan satu abstrak yang terjadi sekarang menggambarkan ketidakpastian ide konsep atau ketidakjelasan panduan yang dipunyai mengenai susunan yang jelas dari satu abstrak.

Argumen atau pandangan atas ketidaksamaan yang terjadi di dunia akademik tidak dibicarakan dalam tulisan ini lantaran sekarang yang lebih penting meluruskan dan atau menyamai pandangan mengenai penulisan satu abstrak yang baik. Penulisan satu abstrak harusnya memerhatikan:
  • Susunan Paragraf. 
Satu abstrak ditulis dalam satu paragraf yang menjelaskan keseluruhan isi tulisan secara singkat serta jelas. Penulisannya tidak melakukan indensasi pada kalimat pertama paragraf. Single space yaitu pilihan yang dipunyai oleh penulis untuk menyusun kalimat dalam paragrafnya.

Lebih dalam, terkadang seorang pembimbing Skripsi/Tesis/Disertasi mengatur sampai pada penggunaan bentuk huruf serta ukuran tertentu.
  • Jumlah kata. 
Idealnya satu paragraf terdiri dari 150 sampai dengan 200 kata. Tetapi, pertimbangan jumlah kata yang paling pas dalam penulisan Skripsi, Tesis, maupun disertasi umumnya tergantung pada pertimbangan pandangan pembimbing (supervisor) yang mendampingi seorang mahasiswa dalam penulisannya.

Seorang supervisor harusnya tidak memperhitungkan jumlah kata sebagai referensi paling utama penulisan paragraf, lantaran sisi paling utama justru isi (kontent) paragraf.
  • Isi paragraf. 
Pada saat pembimbingan, seorang supervisor memprioritaskan 4 sisi empiris dari satu abstrak. Pertama, indentifikasi konsentrasi riset dijelaskan secara singkat supaya pembaca mengerti apa yang dilihat oleh seorang peneliti di dalam penelitiannya.

Kedua, penulis butuh menggambarkan secara jelas design riset yang dilakukan dalam proses pencarian jawaban atau jalan keluar atas masalah yang diangkat di dalam penelitiannya. Design langkah penyelesaian permasalahan ini oleh mahasiswa umum di kenal dengan istilah Metode Penelitian. Ketiga.

Berikutnya penulis bakal menjelaskan hasil temuannya pada pembaca. Beberapa peneliti menganggap hasil temuan yang diungkap tidak butuh membuka pembahasan yang dilakukan lantaran hal semacam itu malah akan membuat pengulangan isi tulisan.

Jelas tujuannya lantaran sisi pembahasan temuan riset juga diuraikan di dalam sisi rangkuman. Ke empat, pentingnya sisi rangkuman di dalam satu tulisan juga tampak di dalam satu abstrak yang tetap mendapatkan perhatian penting sebagai sisi akhir dari paragraf.

Di bagian ini kadang-kadang beberapa peneliti menyisipkan referensi riset tetapi tanpa pembahasan atau uraian yang panjang. Lebih lanjut, hal yang lazim satu abstrak di isi oleh nama si penulis dan beberapa pembimbing tulisannya, terlebih hal semacam itu ditulis dalam huruf cetak tebal.

Sebaiknya abstrak memenuhi syarat sebagai berikut ini: 
  1. Jadi penghubung dalam pemikiran penulis dengan pembacanya. 
  2. Isinya mewakili keseluruhan dari isi skripsi. 
  3. Bisa membimbing pembaca pada objek riset yang akan di sampaikan di dalam skripsi. 
  4. Ada gagasan paling utama skripsi secara keseluruhan 
  5. Bisa membuat pembaca lebih penasaran serta memicu untuk membaca skripsi secara keseluruhan. 

Bagian-bagian dari Absrak 

Isi dari abstrak terdiri: pengantar, latar belakang permasalahan, maksud serta metode riset dan rangkuman.

Poin-poin itu membuat abstrak jadi sisi yang penting dengan maksud membantu pembaca mengetahui isi dari skripsi. Penggambaran lengkap amat diperlukan dalam pembuatan abstrak ini.

Contoh beberapa sisi abstrak bisa kita analisa pada contoh abstrak skripsi di atas: 
  1. Di dalam paragraf pertama berisi mengenai hal yang melatar belakangi permasalahan yang diangkat dalam skripsi. 
  2. Paragraf kedua di isi objek riset, dalam contoh di atas yakni satu acara TV. 
  3. Paragraf selanjutnya di isi tujuan riset yang akan dilakukan penulis. 
  4. Paling akhir mengenai metode dari riset dan rangkuman dari riset dalam penulisan skripsi. 
Untuk menyusun abstrak umumnya dilakukan sesudah proses penulisan skripsi selesai. Begitu keseluruhan dari isi skripsi yang kita susun bisa di jabarkan dengan lengkap. Untuk detilnya bisa di baca di tiap bab.

Abstrak inilah yang bisa membimbing pembaca untuk menarik membaca tiap bab yang kita tuliskan di dalam skripsi.

Penulisan abstrak yang baik serta benar tentunya sesuai sama ejaan yang sudah disempurnakan. Termasuk juga penulisan dan lain sebagainya. Tulisan yang baik tentunya bisa mempermudah pembaca untuk mengerti apa yang di sampaikan di dalam abstrak.

Termasuk juga tercapainya tujuan kita dalam menulis abstrak skripsi atau yang lain yang tiada lain berupaya membuat pembaca penasaran untuk merampungkan pembacaan skripsinya.

Tips Penulisan/pembuatan Abstrak 

Untuk membuat pembaca merasa penasaran jelas tidak mudah, dibutuhkan pengetahuan, pengalaman serta beberapa tips untuk membuat abstrak sebagai berikut ini: 
  1. Kerjakan skripsi Andadengan pemikiran anda sendiri 
  2. Optimis kalau Anda yaitu pakar dari isi skripsi Anda. 
  3. Buat kerangka abstrak supaya lebih sistematis. 
  4. Gunakan bahasa Indonesia yang baik serta benar. 
  5. Gunakan istilah asing atau ilmiah dengan tepat. 

Contoh Abstrak

Sumber: yotowp.com
Contoh 1

Abstrak 

Naniyatin. 2008. “Pemakaian Pendekatan Ketrampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sifat Magnet Siswa Kelas V SDN 2 Lembo Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara”. Skripsi. Diarahkan oleh Dra. Rosmalah, S. Pd, M. Pd serta Dra. St. Jauhar, M. Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Gagasan awal riset ini lantaran rendahnya hasil belajar siswa pada materi karakter magnet. Hal semacam ini dikarenakan guru tidak memakai pendekatan pembelajaran yang pas dalam mengajar terlebih pendekatan ketrampilan proses.

Masalah riset ini yaitu apakah hasil belajar sains siswa kelas V SDN 2 Lembo Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara pada materi karakter magnet mengalami penambahan dengan memakai pendekatan ketrampilan proses?

Tujuan riset ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar sains siswa kelas V SDN 2 Lembo pada materi karakter magnet mengalami penigkatan dengan memakai pendekatan ketrampilan proses.

Manfaat riset ini yaitu (satu) untuk siswa, bisa meningkatkan hasil belajarnya pada mata pelajaran sains khususnya pada materi karakter magnet (dua) untuk guru, bisa menerapkan pendekatan ketrampilan proses dalam pembelajaran sains di kelas (tiga) untuk sekolah.

Mendapatkan sumbangan inovasi pembelajaran yang pas serta relevan dengan nuansa pembelajaran yang diinginkan dalam KTSP. Jenis riset ini yaitu tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus yakni mencakup perencanaan, proses, observasi serta refleksi.

Data riset ini yaitu data aktivitan serta hasil belajar siswa pada materi karakter magnet. Data didapat dengan observasi, tes, catatan lapangan serta wawancara. Hasil riset menunjukan kalau ada penambahan dalam pembelajaran, baik pada kegiatan guru serta siswa ataupun hasil tes siswa.

Penambahan itu bisa dilihat pada dari tiap siklus, siklus pertama dengan kualifikasi cukup (C) siklus kedua dengan kualifikasi sangat baik (SB).

Rangkuman riset ini yaitu dengan memakai pendekatan ketrampilan proses bisa meningkatkan hasil belajar siswa SDN 2 Lembo Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara pada materi karakter magnet.

Anjuran dari riset ini yaitu supaya guru Sekolah Dasar yang mengajar sains, bisa menjadikan pendekatan ketrampilan proses ini sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang dipakai di Sekolah.

Contoh 2

Abstrak

Nurnanenci, 2008. Meningkatkan Pemahaman Konsep Keliling Persegi Panjang Dengan Memakai Alat Peraga Melalui Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas III SD Negeri 11 Napabalano Kabupaten Muna. Skripsi,

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing : (I) Drs. Latri Aras, S. Pd, M. Pd, (II) Drs. H. Muh. Arief K, S. Pd, M. Si.

Untuk mengutarakan penggunaan pendekatan matematika realistik serta alat peraga dalam mendapatkan pemahaman konsep keliling persegi panjang itu, peneliti merumuskan permasalahan

“Apakah dengan memakai alat peraga melalui Pendekatan Matematika Realistik bisa meningkatan pemahaman siswa pada konsep keliling persegi panjang di kelas IIIa SD Negeri 11 Napabalano Kabupaten Muna?”.

Untuk menjawab pertanyaan itu, riset ini memakai pendekatan kualitatif dengan bentuk riset tindakan.

Hasil riset menunjukan kalau pembelajaran materi konsep serta keliling persegi panjang dengan memakai alat peraga lewat Pendekatan Matematika Realistik bisa membuat siswa santai, bahagia, serta tidak tegang dalam belajar.

Pembelajaran itu dijalankan dengan melakukan:
  1. Menunjukan benda-benda yang ada di sekitar yang berupa persegi panjang serta yang bukanlah berbentuk persegi panjang;
  2. Siswa merampungkan LKS dengan memakai alat peraga yang udah diberikan;
  3. Tiap Kelompok mempresentasekan hasil diskusinya sedangkan siswa yang lain memberikan respon;
  4. Siswa mengkostruk keliling persegi panjang lewat bimbingan guru;
  5. Siswa merampungkan soal serta permasalahan realistik yang lain. 
Bertolak dari temuan riset serta pemberian tindakan pembelajaran, bisa diambil kesimpulan kalau pembelajaran dengan memakai alat peraga dengan menerapkan pendekatan matematika realistik bisa meningkatkan pemahaman siswa pada materi keliling persegi panjang.

Contoh Abstrak dalam Bahasa Inggris 

Contoh 3

Abstract 

Increasing Students’ Vocabulary Achievement Through Extensive Reading
Vocabulary is one of an important thing in English learning that can’t be conveyed by people. For gaining a good ability in listening, speaking, reading, and writing, people need to have a good vocabulary mastery.

That’s the reason why this part becomes the basic need in language learning and when the researcher found that vocabulary mastery of high school students are very bad, then teaching vocabulary through Extensive Reading chosen as the theme of this bachelor thesis.

The research was purposed to find out whether there was any significant increasing or not for the students who have been taught by using Extensive Reading. In his first thesis, the researcher used one group pre test post test design.

The sample of this research was VIII A at SMPN ………. As the instrument of the research, the objective vocabulary test was used. To analyze the data, it used repeated measure t-test in which the significance was determined by p0. 05.

The result showed that the students’ mean score in pretest was 53. 4 while the posttest mean score was 72. 73. The result also showed that there was a significant difference of the mean score. It had increased to be 19. 33 after treatments with the significant level of 0. 05, it was noted that p=0. 000.

It proves that the the students’ score were significantly different (p0. 05). So, the hypothesis proposed in this research was accepted. In conclusion, it can be said that Extensive Reading can be used to increase the students’ voacbulary achievement.

Contoh 4

Abstract

Increasing Students’ Reading Comprehension Achievement By Using Collaborative Strategic Reading A very useful skill used as a tool to communicate between a writer and a reader called as reading.

By this skill, a reader got through understanding for what was written by the writer. But, reading is not just spelling the word one by one and then doing nothing. There is a very important activity to do, so a whole understanding will be absolutely achieved.

A reader requires comprehending, an activity which he or she needs to have active process before, during, and after reading. There are five aspects of comprehending the text; they are, identifying main idea, determining reference, making inference, and understanding vocabulry.

A bad reading comprehension skill of Junior High School students made the researcher took reading and then tried to increase the students’ comprehension by a strategy called collaborative strategic reading.

Finding out whether there was any significant increasing of the students’ reading comprehension achievement at the second grade of SMPN ……. and what the most affected aspect after being taught by using collaborative strategic reading are the objectives of this research.

The researcher used one group pre test post test design. The sample of this research was VIII A at SMPN ………. As the instrument of the research, the reading comprehension test was used. Repeated measure t-test was used to analyze the data in which the significance was determined by p0. 05.

The result showed that the pretest mean score was 58. 56 while the posttest mean score was 69. 42. It showed that there was a significant increase from the first to the second mean score. It had increased to be 11. 84.

So that, the result proves that the the students’ score were significantly different (p0. 05). It means that the two hypothesis proposed in this bachelor thesis were accepted. The researcher then found that determining main idea is the most affected aspect after being taught by using collaborative strategic reading.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Contoh Abstrak Skripsi, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Abstrak Skripsi di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam membuat Contoh Abstrak Skripsi. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. faizalnizbah.blogspot.co.id
  2. dosen.ung.ac.id
  3. contohsimpel.blogspot.com
  4. belajarbahasainggrisku.com 
Back To Top