Contoh Autobiografi Diri Sendiri dan Tokoh Penting

Contoh Autobiografi Diri Sendiri dan Tokoh Penting. Contoh Autobiografi, Autobiografi Diri Sendiri, Autobiografi Panjang, Autobiografi Singkat. Cara Penulisan Autobiografi yang Benar. Autobigrafi Tokoh Penting, dan lain sebagainya.

Pengertian Autobiografi

Sumber: bericontoh.com
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, autobiografi adalah kisah hidup pribadi seseorang yang ditulis sendiri oleh yang berkaitan.

Artinya autobiografi yaitu satu biografi yang di dalamnya menerangkan kisah hidup atau pengalaman pribadi yang ditulis oleh orangnya sendiri.

Autobiografi memuat tentang pengalaman dari kecil hingga sampai saat ini. Dari yang paling susah sampai meraih kesuksesan atau prestasi yang diraihnya semasa hidupnya.

Penulisan dalam autobiografi didasarkan pada ingatan penulis. Secara singkat autobiografi yaitu perjalanan hidup diri sendiri yang ditulis oleh dirimu sendiri.

Contoh Autobiografi 

Sumber: twitter.com
Contoh Autobiografi Diri Sendiri 

Latar Belakang 

Nama Lengkap saya Muhammad Lutfi Aji Arya Putra. Di rumah, saya biasa di panggil dengan sapaan mas upi. Sedangkan rekan-rekan saya memanggil saya dengan sapaan Arya atau Lutfi.

Saya lahir di Kota Balikpapan, 28 Februaru 1997. Saya anak pertama dari lima bersaudara. Papah saya bernama Joko Ristiyanto (Almarhum) serta mamah saya bernama Rahayu.

Papah saya dahulu bekerja sebagai “Employee Wefare Deputy Manager” di satu perusahaan pertambangan batu bara di Samarinda. Sedangkan mamah saya yaitu seorang ibu rumah-tangga.

Walau demikian setelah papah saya wafat, mamah mulai buka beberapa usaha, seperti layanan rias pengantin, penyewaan pakaian daerah untuk anak-anak, penyedia peralatan catering, serta buka warung kecil-kecilan.

Sekarang saya tinggal di Jln. Raya Projakal KM. 5, 5 Perumahan Graha Indah, Balikpapan, Kalimantan Timur. Saya masih tetap tinggal bersama orangtua serta adik-adik saya.

Adik pertama saya bernama Abdillah Achmad Reza Dwi Putra, saat ini dia udah bekerja di salah satu perusahaan tambang di Samarinda. Adik kedua saya bernama Raihan Jannata Trias Putra, saat ini dia masih sekolah di SMA Negeri 6 Balikpapan.

Adik ketiga saya bernama Daquaiza Catur Putri Cahyani, ia masih SD. Sedangkan adik ke empat saya bernama Izdihar Dina Ponco Putri, saat ini ia belum sekolah.

Saya memiliki hobi bermain bulu tangkis serta berorganisasi. Bila diajakin main bulu tangkis saya yaitu orang yang paling antusias.

Riwayat Pendidikan 
Sumber: malesbanget.com
Saya adalah Alumni dari SMP Negeri 3 Balikpapan. Saat di SMP, saya termasuk juga orang yang jarang sekali untuk bergaul. Saya lebih gemar bermain game on-line dari pada bermain dengan rekan-rekan.

Dapat dibilang pada saat itu saya orangnya kudet banget. Saya sempat juga mendapatkan nilai buruk saat duduk di kelas 7. Hal semacam itu yang berikan motivasi saya untuk bangkit di kelas 8. Alhasil saya senantiasa mendapatkan rangking 1 saat duduk di kelas 8.

Rutinitas ngegame saya tidak pernah saya hilangkan, saya tetap bermain game hingga mendekati Ujian Nasional. Saya tidak pernah menganggap Ujian Nasional itu penting namun saya juga tidak meremehkannya.

Saya juga tetap mengikuti bimbingan belajar dengan rekan-rekan saya. Serta alhamdulillah nilai saya dapat berkompetisi hingga saya masuk di salah satu SMA terfavorit di Balikpapan, yakni SMA Negeri 2 Balikpapan.

Di masa-masa putih abu-abu inilah yang mengubah kepribadian saya nyaris 89%. Yang semula saya hobi bermain game, saya tinggalkan begitu saja. Di sini saya belajar banyak mengenai yang namanya organisasi.

Saya jadi pengurus OSIS di SMA Negeri 2 Balikpapan. Lantaran saya belum pernah mengikuti organisasi sebelumnya, nyatanya berorganisasi itu enak. Bisa banyak teman, belajar public speaking, serta masih banyak lagi.

Hingga selanjutnya saya ditunjuk untuk jadi Ketua OSIS SMA Negeri 2 Balikpapan saat duduk di kelas 11. Saya sempat tidak menyangka, orang seperti saya ini dapat jadi Ketua OSIS yang disebut jabatan paling tinggi di OSIS.

Moment yang pernah kami buat serta merupakan moment yang paling terkesan buat saya yaitu pada saat Pentas Seni tahun 2013 yang mengundang Vierratale serta Thirteen sebagai guestarnya.

Tidak hanya itu saya sempat juga jadi Ketua Panitia SMADA Competition yang disebut ajang perlombaan olahraga serta seni Se-Kalimantan Timur. Moment itu di buka secara resmi oleh Wali Kota Balikpapan, M. Rizal Efendi.

Sesudah lulus SMA, saya meneruskan untuk meniti pendidikan entrepreneur di Surabaya selama 7 bulan. Di sini saya tidak cuma belajar pengetahuan dunia, akan tetapi pengetahuan akhirat juga amat diutamakan di sini.

Sesudah dari Surabaya, saya mengambil keputusan untuk berhijrah ke Magetan. Di sana saya belajar di Pesantren Sintesa yang berbasiskan bisnis on-line. Dari pertama saya memanglah tertarik untuk belajar bisnis, tidak hanya itu saya juga memiliki harapan untuk jadi seorang entrepreneur muslim yang dapat berperan di masyarakat.

Saat ini saya masih tetap belajar di Pesantren Sintesa sampai setahun yang akan datang. Sesudah lulus dari Sintesa, saya memiliki rencana untuk membagikan pengetahuan bisnis yang saya punyai ini pada anak-anak yatim di Yayasan Yatim Mandiri Surabaya.

Prestasi Berorganisasi 
  1. Ketua OSIS SMA Negeri 2 Balikpapan 2013/2014 
  2. Ketua Dewan Ambalan Pramuka SMA Negeri 2 Balikpapan 2013/2014 
  3. Ketua Bidang Agama Forum Anak Balikpapan 2013/2015 
  4. Ketua Panitia SMADA Competition Se-Kalimantan Timur 
Contoh Autobiografi Panjang 

Namaku Abdillah Ahmad Reza Dwi Putra, saya yaitu anak kedua dari pasangan Joko Ristiyanto serta Rahayu. Papahku yaitu seorang manajer keuangan di salah satu tambang batu bara di Kota Samarinda.

Sedangkan mamahku yaitu seseorang Ibu Rumah Tangga. Saya lahir pada tanggal 15 Juni 1998 di rumah sakit tentara Balikpapan. Pada saat saya pulang dari rumah sakit saya tinggal bersama nenekku di daerah Kampung Baru.

Kata mamahku ketika saya masih kecil saya senantiasa suka bangun tengah malam serta menangis, pada saat itu tengah berlangsung piala dunia. Jadi mulai sejak acara kompetisi bolanya dimulai hingga usai saya senantiasa menangis dari hari ke hari.

Di usiaku yang mencapai 2 tahun, saya memiliki seorang adik yang bernama Raihan Jannata Trias Putra. Ia lahir pada tanggal 11 Januari 2001 di Rumah Sakit Umum Balikpapan.

Mamahku bercerita kepadaku kalau saat mendekati detik-detik kelahiran adikku, saya repot keluar masuk ruangan bersalin tak tahu apa yang saya pikirkan pada saat itu.

Mungkin saja saya amat bahagia lantaran bakal mempunyai adik baru. Beberapa bulan sesudah kelahiran adikku, saya serta keluargaku pindah ke tempat tinggal baru di Balikpapan Baru dekat masjid Al-Ikhwan.

Masa-masa kecilku saya lalui dengan amat bahagia. Pada usiaku yang ke 5 tahun saya mulai bersekolah di TK Tunas Harapan I Balikpapan. Ketika masih TK, saya senantiasa mengikuti lomba mewarnai serta lomba menggambar yang diakan oleh yayasan.
Sumber: lazada.co.id
Sesungguhnya saya tidak terlampau jago dalam mewarnai terlebih menggambar. Saya berusaha percaya diri untuk mengikuti lomba itu. Dan hasilnya saya senantiasa jadi peserta serta tidak pernah menang sekalipun.

Tidak hanya itu saya juga mengikuti kegiatan Ekstrakulikuler drum band. Ketika saya masih TK ada seorang guru yang saya sukai serta dia masih muda. Orangnya amat baik, lembut, penyayang, serta pokoknya dia yaitu guru favoritku.

Saya lupa siapa namanya. Saat-saat yang paling saya ingat saat saya masih TK yaitu ketika hari ulang tahun ku yang ke 6 tahun serta saya mendapatkan banyak hadiah dari beberapa rekanku.

Seorang anak kecil tentu amat suka bila di beri hadiah atau kado. Saat hadiahnya saya buka, saya banyak mendapatkan mainan baru dan rasanya amat bahagia sekali.

Ketika usiaku mencapai 7 tahun, saya meneruskan sekolah di SDN 033 Balikpapan pada saat itu. Hari pertama saya masuk sekolah, saya duduk di kelas 1A serta di sana saya banyak menemukan rekan baru.

Ketika itu saya memiliki teman-teman dekat serta dapat dikatakan sahabat. Dia yaitu Annisa, Ayu, Puspita. Kami senantiasa pergi bersama-sama ke manapun kami pergi. Namun saat kami duduk di kelas 2, sahabatku yang bernama Annisa mesti pindah ke Jakarta.

Kami amat sedih sekali pada saat itu lantaran mesti berpisah dengan Annisa. Kami mengharapkan suatu saat kita bakal berjumpa lagi.

Ketika hari pertama masuk di kelas 4, saya mendapatkan rekan baru lagi, sesungguhnya bukanlah rekan baru kenal, akan tetapi rekan lama yang udah lama tidak berjumpa dan pada akhirnya berjumpa lagi di kelas 4.

Namanya Vela, dia adalah anak rekannya papahku serta sekaligus sebagai rekanku ketika masih TK. Awal berjumpa kembali dengannya saya tidak terlalu mengenalinya dengan kata lain lupa lantaran kami lama tidak bersua.

Saya mulai mengenalinya pada saat saya duduk tepat di depannya. Mulai sejak kedatangan Velia, saya dan sahabat-sahabat saya jadi amat dekat dan bahkan juga kami pernah bikin satu gang yang bernama VW2 yang datang dari nama kami berempat.

Hari-hari indah yang senantiasa kami lewati berempat mesti berhenti ketika kami mesti pindah ke Baturaja lantaran kedua orang tuaku pindah pekerjaan ke sana.

Saya pindah ke Baturaja ketika saya masih kelas 5. Rasa sedih juga menyelimuti ku lantaran mesti berpisah dengan sahabat-sahabatku yang sampai kini senantiasa menemaniku.

Ketika saya pindah ke Baturaja kami tinggal di mess dosen yang terlah disiapkan oleh Universitas Baturaja untuk orang tuaku.

Contoh Autobiografi Singkat 

Nama saya yaitu Jessy Aprilia. Saya biasa di panggil Jessy oleh keluarga saya serta rekan-rekan saya. Saya lahir di Balikpapan pada tanggal 4 April 1997. Saya yaitu anak ke 2 dari 2 bersaudara.

Bapak saya bernama Baharudin. Beliau yaitu seorang entrepreneur di bagian industri makanan. Sedangkan ibu saya bernama Indah. Beliau yaitu seorang entrepreneur, sama seperti bapak.

Saya serta keluarga saya tinggal di Kota Balikpapan, tepatnya di Gunung 4, Balikpapan Barat. Saya mulai memasuki dunia pendidikan pada tahun 2006, di umur saya yang ke 5 tahun.

Saya mengawali jenjang pendidikan di TK Tunas Harapan I Kota Balikpapan. Tidak banyak hal istimewa yang terjadi sepanjang saya di TK.

Pada tahun 2012 saya lulus dari dari SD 033 serta meneruskan ke jenjang pendidikan SMP. Tepatnya di SMP Negeri 2 Balikpapan.

SMP Negeri 3 Balikpapan adalah satu diantara sekolah terfavorit di Kota Balikpapan. Lewat sekolah ini, saya bisa mencapai beberapa prestasi dalam bagian akademik ataupun di bagian non akademik.

Sepanjang masa-masa pendidikan saya di SMP Negeri 3 Balikpapan, saya mengikuti aktivitas ekstrakulikuler beladiri, yakni Pencak Silat. Saya juga aktif mengikuti les tambahan. Kedua hal semacam ini amat menunjang kapabilitas saya belajar sepanjang duduk di bangku SMP.

Lewat aktivitas ekstrakulikuler Pencak Silat, saya sukses mendapatkan 3 medali emas serta 4 medali perak. Ke tujuh medali ini sukses saya peroleh secara berjenjang mulaid ari lomba tingkat kota sampai dengan tingkat nasional.

Saya sempat juga mendapatkan beberapa prestasi akademik sepanjang bersekolah di SMP Negeri 3 Balikpapan, salah satunya yaitu juara ONS Matematika tingkat propinsi serta juara lomba debat Bahasa Inggris tingkat Kota.

Lantas saya lulus dari SMP Negeri 3 Balikpapan pada tahun 2015 serta sampai sekarang saya masih meniti pendidikan di bangku SMA, yakni SMA Negeri 2 Balikpapan.
Sumber: hotelsekitarkampus.yogyatrip.com
Sekarang, impian saya yaitu meneruskan pendidikan di Universitas Indonesia dengan jurusan Kedokteran pada tahun 2018 kelak. Mudah-mudahan dengan semua karunia serta peluang yang Allah berikan, nantinya bisa membawa perubahan yang tambah baik untuk hidup saya.

Contoh Autobiografi Tokoh Indonesia
Sumber: slideshare.net
Demikianlah pembahasan kami mengenai Contoh Autobiografi Diri Sendiri dan Tokoh Penting, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Autobiografi di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam menulis sebuah Autobiografi. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. sahabatnesia.com 

Related Posts

Contoh Autobiografi Diri Sendiri dan Tokoh Penting
4/ 5
Oleh