8 Contoh Biografi dan Cara Membuatnya

8 Contoh Biografi dan Cara Membuatnya. Contoh Biografi, Biografi Diri Pribadi, Biografi Singkat, Cara Membuat Biografi Diri Pribadi dan Biografi Singkat, akan dibahas pada kesempatan kali.

Pengertian Biografi

Sumber: imamzainudin.blogspot.co.id
Biografi adalah tulisan mengenai perjalanan hidup atau kisah hidup seseorang yang bisa ditulis dalam beberapa baris kalimat saja atau hingga jadi satu buku. Biasanya biografi bercerita tentang kehidupan seseorang dari mulai kelahiran hingga kondisinya saat ini.

Biografi ditulis oleh orang lain yang artinya dalam penulisannya mesti memakai sudut pandang orang ketiga, tidak sama dengan penulisan otobiografi/autobiografi yang ditulis memakai sudut pandang orang pertama.

Contoh sudut pandang orang pertama serta orang ketiga yaitu sebagai berikut ini: 

  • Saya yaitu seorang pelukis (Sudut pandang orang pertama). 
  • Dian Sumaryo yaitu seorang pelukis (Sudut pandang orang ketiga). 
Tujuan penulisan biografi yaitu untuk memberikan informasi pada orang lain mengenai seseorang. Baik itu berbentuk kehidupan pribadinya, impian, perjuangan atau peristiwa atau momen penting yang terjadi dalam kehidupannya.

Nah, untuk penulisan biografi diri sendiri atau pribadi umumnya ditujukan untuk memperkenalkan diri kita pada orang lain, entah itu untuk urusan melamar pekerjaan maupun memperkenalkan diri anda ke khalayak ramai lewat internet. misalnya wikipedia atau bio di sosmed.

Lantaran biografi pribadi bersifat pengenalan diri anda, ya sebenarnya anda bebas saja ingin menulis apa pun sesuka hati. Namun buatlah tulisan itu seakan-akan ditulis oleh orang lain atau bersumber pada sudut pandang orang lain.

Lebih baik lagi jika biografi itu bisa memberikan inspirasi untuk orang lain serta penulisannya lebih diutamakan pada beberapa cerita penting bukanlah narasi basa-basi.

Tonjolkan sisi menarik yang ada pada diri anda. Dapat berbentuk kelebihan yang dipunyai, momen inspiratif maupun prestasi di masa-masa lalu maupun yang paling baru.

Ada beberapa langkah yang bisa dikerjakan dalam cara membuat biografi diri sendiri yang menarik. supaya tulisan biografi seseorang itu tampak lebih terstruktur serta sistematis.

Kerangka Penulisan Biografi Diri Sendiri 

Berikut ini yaitu susunan atau kerangka dalam penyusunan baik itu kumpulan biografi diri sendiri maupun otobiografi/autobiografi diri sendiri:
  • Pengenalan Tokoh/Diri Sendiri 
Di bagian awal, kenalkan diri anda terlebih dulu. Terlebih tentu saja nama lengkapmu serta tempat kelahiranmu. Setelah itu kemudian dapat dilanjutkan bercerita mengenai keluargamu. Seperti bercerita mengenai saudara kandungmu maupun latar belakang orang tuamu secara singkat.

Lantas dapat pula dilanjutkan dengan kisah pendidikan yang pernah dilewati beserta nama sekolahnya. Dapat pula ditambah dengan tahunnya dan pengalaman penting saat menempuh pendidikan itu.

Contoh pengenalan yaitu sebagai berikut ini: Namanya yaitu Nur Fitriani, dia lahir di Malang, 19 Oktober 2000. Dia yaitu anak kedua dari dua bersaudara.

Kakaknya seorang perempuan bernama Hilman Marawi, seorang penyanyi nasyid populer di daerah Jawa Timur. Kedua orang tuanya berprofesi sebagai guru dan sudah mengabdi dalam sektor pendidikan mulai sejak mereka masih remaja …… dll
  • Momen serta Peristiwa Penting 
Peristiwa yang Merubah Hidup/Memotivasi 

Dalam tulisan ini anda dapat menceritakan mengenai pengalaman-pengalaman dalam kehidupanmu yang kemudian merubah hidup seperti kondisi saat ini.

Misalnya: Semasa kecil dia pernah hidup di jalanan, setiap hari Risman bersama ayahnya yang seorang pemulung tidur di bawah jembatan, lantaran tempat tinggalnya digusur oleh pemerintah kota Jakarta ketika itu.

Tetapi itu tidak pernah membuat semangat belajarnya turun. Justru karena itulah Risman makin giat belajar serta terpacu untuk mencapai cita-citanya jadi seorang dokter ….. dst

Prestasi

Anda dapat menulis mengenai prestasi-prestasi apa sajakah yang berhasil didapat sejauh ini dan cerita singkatnya, atau

Misalnya: Perempuan berdarah Medan ini pernah memenangkan kejuaraan pencak silat junior antar Kabupaten se-Jawa Timur saat berusia 14 tahun … dll

Pekerjaan, Pengalaman, Karier (Apabila Ada) 

Apabila masih pelajar anda dapat mengabaikan poin ini serta poin selanjutnya. Apabila udah bekerja, anda dapat menuliskan pekerjaanmu, di perusahaan mana serta pada bagian apa, maupun juga cerita bagaimana awal hingga akhirnya anda meniti karier. Baik itu dalam bidang wiraswasta, kepenulisan maupun bidang usaha.

Misalnya: Ia pernah bekerja di perusahaan Telkom sebagai adminstrator di divisi IT perusahaan tersebut … dll
  • Penutup 
Di sini anda dapat memberi tambahan intisari dari tulisan biografi maupun harapan serta mimpimu di masa-masa depan atau kalimat ‘menghentak’ yang lain.

Apabila menulis Biografi. Jangan sampai lupa, untuk menulis berdasarkan sudut pandang orang ketiga ya dan satu lagi, kerangka ini cuma satu diantara referensi saja. Jadi sifatnya tidak baku atau tidak wajib dalam pemakaiannya.

Contoh Biografi 

Sumber: fazzams.com
Contoh I 

Namanya yaitu Dewi Anggraeni, Lahir di Tasikmalaya, 30 Desember 1997, ia yaitu anak ketiga dari lima bersaudara, buah hati dari pasangan Kamaruddin serta Siti Zubaidah. Dewi yaitu panggilan akrabnya, ia terlahir di keluarga yang amat sederhana,

Ayahnya seorang Guru honorer di satu madrasah tsanawiyah, sedangkan Ibunya bekerja sebagai buruh di pabrik sepatu tidak jauh dari tempat tinggalnya. Mulai sejak kecil dia senantiasa di nasehati oleh ayahnya selalu untuk rajin melaksanakan ibadah, jujur serta baik pada sesama.

Saat berusia 6 th., ia mengawali pendidikan di SDN 1 Ciawi, Tasikmalaya, lantas setelah lulus dia meneruskan pendidikannya di SMPN 1 Tasikmalaya di tahun 2009. Selepas lulus dari SMP di tahun 2012, dia mengikuti Pamannya tinggal di kota Bandung serta meneruskan pendidikannya di SMA xx Kota Bandung.

Saat mencapai kelas X SMA itu, dia mengikuti lomba menulis puisi antar sekolah se-Kota Bandung, serta puisinya yang berjudul “Senja di Barat Cikapundung” jadi juara ke 3 dalam perlombaan itu.

Jelas saja ini membuat hatinya bahagia serta makin semangat dalam menulis, terlebih puisi-puisi bertemakan lingkungan. Baginya lingkungan adalah satu diantara segi penting dalam kehidupan lantaran lingkungan yang bersih serta asri bisa membuat jiwa manusia kuat serta sehat.

Tidak hanya itu ia juga aktif dalam berbagai aktivitas di sekolah, Dewi berhimpun dengan organisasi Pramuka dan sempat juga menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah dinding sekolah.

Sekarang dia masih duduk di kelas XII SMA jurusan Bahasa, sesudah lulus nanti gadis berkulit hitam manis ini merencanakan untuk meneruskan kuliah di jurusan Sastra Indonesia Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Contoh II 

Nuraeni tinggal di kota Bandung serta jadi satu diantara siswi kelas XI, SMA Negeri 76 Bandung Jurusan IPA. Ia lahir di Ambon pada tanggal 10 Januari 1999.

Tidak hanya mempunyai ketertarikan dalam bidang yang terkait dengan tumbuh-tumbuhan ia juga mempunyai kegemaran olahraga, terlebih jogging. Baginya tumbuhan serta kesehatan penting serta saling berkaitan satu sama lainnya.

Semasa kecil dia pernah tinggal di dekat kali Ciliwung dan tiap musim hujan tempat tinggalnya senantiasa kebanjiran dan lantas mengungsi ke tempat penampungan.

Peristiwa itu selalu terulang dari tahun ke tahunnya. Hal itu lantas membuatnya berpikir, kalau datangnya banjir itu bukanlah semata lantaran faktor alam saja. Tetapi juga lantaran faktor manusia yang kerap buang sampah sembarangan ke sungai, pemukiman liar di bantaran sungai serta kurangnya resapan air.

Itulah yang membuat hatinya tergerak untuk turut menyadarkan orang-orang supaya tidak buang sampah sembarangan. Dia juga lantas berhimpun dengan komunitas peduli lingkungan di kota Jakarta.

Tiap akhir pekan gadis berkulit hitam manis ini turut melakukan penyuluhan serta bakti sosial. Untuk menyadarkan orang-orang mengenai pentingnya menjaga kebersihan serta lingkungan.

Sekarang Nuraeni tinggal bersama ayahnya yang berprofesi sebagai pegawai swasta di perumahan Puri Makmur no 103 Kemang. Tidak hanya aktif di komunitas peduli lingkungan, ia juga aktif di komunitas sepeda Batavia, komunitas tanaman hias serta komunitas parkour Jakarta Selatan.

Contoh III 

Muhammad Mulkan Fauzi atau umum di panggil Mulkan oleh orang-orang di sekelilingnya, ia mempunyai hobi membaca buku serta bermain futsal. Ia lahir di kota Semarang pada tanggal 30 Oktober 1997 dari pasangan Rahmat Kartoso dan Linda Kusumaningtyas.

Mulkan mempunyai seorang kakak bernama Lusi Apriani yang udah menikah serta saat ini tinggal bersama suaminya di Solo. Ia juga mempunyai sepasang adik kembar perempuan bernama Sifa serta Isfi yang baru berumur 5 tahun.

Ia pertama kalinya masuk sekolah di tahun 2003 – 2009 di SDN Budi Mulya. Lantas setelah lulus meneruskannya ke SMPN 4 Karang Naga dari tahun 2010-2013. Dan lantas meneruskan sekolah lagi ke SMAN Tarakan 12 Semarang, di SMA ini dia mengikuti aktivitas ekstrakulikuler Paskibra serta aktif dalam organisasi OSIS.

Bahkan juga ia pun pernah menjabat sebagai wakil ketua OSIS di sekolahnya.
Pemuda berwajah tampan ini yaitu anggota tim futsal SMAN 12 Tarakan serta beberapa kali memenangkan kejuaraan futsal baik itu kejuaraan antar sekolah ataupun umum.

Salah satunya: Juara III Piala Walikota Semarang 2015, juara III futsal Hardiknas Cup 2015, juara pertama Kilimanjaro Cup 2016 serta lain sebagainya.

Dia mempunyai impian dalam beberapa tahun yang akan datang untuk bisa bergabung dengan Tim Nasional futsal Indonesia serta membawa harum nama Bangsa di Asia serta Dunia.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini juga mempunyai impian untuk memberangkatkan Haji kedua orang tuanya yang udah merawatnya mulai sejak kecil di kemudian hari.

Contoh Biografi Diri Sendiri/Pribadi Singkat 

Contoh IV 

Nur Hasanah yaitu gadis keturunan Sunda dan Padang, nama Nur mempunyai arti cahaya sedangkan Hasanah ini berarti kebaikan. dia lahir di Bogor, 18 April 1995. Dari pasangan Ihsan Kamil dan Kamidia Ajeng Pratiwi.

Gadis berkerudung ini mempunyai motto “Man Jadda Wajada” dalam kehidupannya, yang artinya siapa yang bersungguh-sungguh pastinya akan sukses, maka dari itu sekarang pun ia amat bersungguh-sungguh dalam belajar untuk mengejar cita-citanya jadi seorang Desainer baju muslim.

Mulai sejak kecil Nur punya kebiasaan hidup dilingkungan pesantren, saat SD dia ikut mondok di Pesantren punya pamannya beberapa kilometer dari tempat tinggalnya.

Lantas saat SMP dia mondok di pesantren xxxxxx di Jawa Tengah. Sesudah lulus dia pulang lagi ke tempat tinggalnya serta sekolah di MAN 2 Kota Bogor.

Tahun 2015 lalu, dia sukses memenangkan lomba kaligrafi antar MAN se-Jawa barat dan juga pernah masuk 12 besar atau finalis lomba rancang baju Muslim 2015 yang diadakan oleh majalah Muslimah.

Sekarang dia tinggal di jalan Katamso no 12. bersama orangtua serta sepasang adik kembarnya yang masih duduk di kelas II Sekolah Dasar.

Contoh Lainnya:

Contoh V
Sumber: salamadian.com
Contoh VI
Sumber: slideshare.net
Contoh VII
Sumber: slideshare.net
Contoh VIII
Sumber: slideshare.net
Demikianlah pembahasan kami mengenai 8 Contoh Biografi dan Cara Membuatnya, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Biografi di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam membuat Biografi. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. salamadian.com 

Related Posts

8 Contoh Biografi dan Cara Membuatnya
4/ 5
Oleh