7 Contoh Faktur Penjualan dan Cara Membuatnya

7 Contoh Faktur Penjualan dan Cara Membuatnya. Contoh Faktur, Faktur Penjualan, Penjualan Tunai, dan Hal - hal yang tercantum dalam Faktur Penjualan Tunai.

Pengertian Faktur

Sumber: zopini.com
Faktur yakni satu perhitungan penjualan kredit yang diperoleh dari penjual pada pembeli atau customer.

Atau pengertian faktur yang lain yaitu, biasanya disebut juga dengan “invoice” apabila dalam bahasa inggris, yaitu sebagai tanda bukti yang mengatakan bila beberapa barang yang udah tercatat di dalamnya udah diperjual belikan.

Di dalam surat ini di isi berbagai informasi mengenai pemesan (seperti: nama, alamat & nomor pesanan), barang (seperti: jumlah, bentuk, jenis, dan sebagainya.), beberapa biaya, harga dan yang lain.

Maka yang dimaksud lebih singkatnya tentang pengertian faktur yaitu satu perincian pengiriman barang yang mencatat daftar barang, harga, dan beberapa hal yang lain, yang biasanya terkait dengan pembayaran.

Umumnya ketika terjadi kesepakatan mengenai harga satu barang kepada pihak customer dan penjual, akan di buat faktur yang bertindak sebagai tanda bukti.

Walau demikian apabila dalam perjanjian jual beli itu pembayaran ditangani secara bertahap atau kredit, ketika saat sebelum pembayaran lunas yang diperoleh yaitu foto copy faktur baru setelah lunas akan diberikan faktur yang asli.

Faktur yaitu satu dokumen dasar yang dipakai sebagai bukti tertulis atau pencatatan untuk perusahaan penjual dan customer. Faktur ini yang nantinya akan berfungsi sebagai bukti dari transaksi dari penjualan.

Biasanya faktur di buat 3 lembar yaitu satu lembar copy berwarna untuk customer yang udah melunasi pembayarannya, satu lembar copy berwarna untuk arsip bagian penjualan dan satu lembar copy berwarna yang lain untuk laporan bagian keuangan pada penjualan.

Sedangkan, apa saja sih yang tercantum dalam satu faktur penjualan? Mari sama-sama kita bahas pada sebuah contoh faktur penjualan tunai berikut ini: 
Sumber: contohsuratindonesia.com

Nah, dilihat dari Contoh Faktur Penjualan Tunai di atas, kita bisa tahu apa sajakah yang tercantum dalam satu faktur penjualan.

Beberapa hal yang tercantum dalam Contoh Faktur Penjualan Tunai yaitu: 
  • Identitas Perusahaan 
Tunjukkan secara lengkap mengenai nama, slogan, serta alamat perusahaan.
Hal ini dapat dapat berperan sebagai media promosi.
  • Nama Customer/Pelanggan/Konsumen 
Tulis secara lengkap nama serta alamat customer.
  • Kode atau Nomer Transaksi 
Ini amat penting, untuk membedakan transaksi yang satu serta transaksi lainnya
  • Tanggal Transaksi 
Ini juga wajib di isi, karena inilah yang nantinya akan memberikan informasi, kapan transaksi ini terjadi. Bisa juga apabila dilengkapi dengan jam.
  • Rincian Barang yang ditransaksikan 
Pada daftar ini digambarkan dengan jelas mengenai barang yang ditransaksikan. Seperti Kode serta Nama Barang, Jumlah, unit, harga unit, potongan harga serta jumlah harga nya.
  • Sub Total, PPN serta Total yang perlu dibayar oleh Customer 
  1. Sub Total adalah jumlah dari jumlah harga tiap barang. 
  2. PPN adalah Pajak yang di ambil dari Sub Total. 
  3. Total adalah jumlah yang perlu di bawar oleh customer 
  • Nama serta Tanda Tangan Kasir 
Isilah Nama serta Tanda Tangan kasir yang lengkap. Lantaran akan mencatat pada Kasir yang mana transaksi ini dilakukan.
  • Nama serta Tanda Tangan Penerima 
Isilah nama serta tanda tangan penerima. Ini juga mencatat pada siapa transaksi ini dilakukan. Sehingga di ketahui juga pada siapa barang diberikan. Hal semacam ini amat penting karena mungkin saja nama customer itu yaitu nama perusahaan serta penerimanya adalah karyawannya.
  • Stempel Resmi Perusahaan 
Sebagai satu dokumen yang resmi, ada baiknya pada contoh faktur penjualan tunai/credit dibubuhkan stempel resmi perusahaan. Stempel ini bisa berperan sebagai pemberi tanda keaslian atau keabsahan faktur ini.
  • Keterangan Lain 
Keterangan Lain yang bisa di sampaikan pada suatu faktur yaitu keterangan - keterangan tentang Term atas transaksi. Seperti ‘barang yang udah dibeli tidak bisa diganti/dikembalikan’.

Contoh Faktur Penjualan

Sumber: webmuhammadiyah.blogspot.com
Contoh 1
Sumber: sisteminformasiphp.com
Contoh 2
Sumber: gsoft.co.id
Contoh 3
Sumber: blogakuntansi.blogspot.co.id
Contoh 4
Sumber: rosyarachmania.wordpress.com
Contoh 5
Sumber: accuratesurabaya.blogspot.co.id
Contoh 6
Sumber: barokah-katalog.blogspot.co.id
Contoh 7
Sumber: ipos3.blogspot.co.id/
Demikianlah pembahasan kami mengenai 7 Contoh Faktur Penjualan dan Cara Membuatnya, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Faktur Penjualan di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam membuat Faktur Penjualan. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. contohsuratindonesia.com

Related Posts

7 Contoh Faktur Penjualan dan Cara Membuatnya
4/ 5
Oleh