28 February 2017

Contoh Interview dalam Bahasa Inggris dan Cara Menjawabnya

Contoh Interview dalam Bahasa Inggris dan Cara Menjawabnya. Contoh interview dalam bahasa Inggris, interview dengan bahasa Inggris saat melamar pekerjaan, interview bahasa Inggris dan cara yang tepat untuk menjawabnya.

Pengertian Interview

Sumber: entrepreneur.com
Interview atau kerap disebut juga dengan wawancara memiliki definisi sebuah proses komunikasi interaksional antara dua pihak. Cara pertukaran yang digunakan adalah cara verbal serta non verbal serta memiliki maksud tertentu yang spesifik.

Tujuan Interview 

  • Discovery 
Yakni untuk mendapatkan kesadaran baru mengenai segi kualitatif dari suatu permasalahan.
  • Pengukuran psikologis 
Yakni data yang didapat dari wawancara akan diinterpretasikan dalam rangka mendapatkan pemahaman mengenai subyek dalam rangka melakukan diagnosis persoalan subyek serta usaha menangani permasalahan itu.
  • Pengumpulan data penelitian 
Yakni informasi dikumpulkan untuk mendapatkan keterangan atau pemahaman tentang sebuah fenomena.

Data dikumpulkan dengan cara wawancara lantaran quesioner tidak bisa diaplikasikan pada subjek subjek spesifik, atau ada kekhawatiran responden tidak mengisi quesioner maupun tidak mengembalikan quesioner pada peniliti.

Mengapa Penting Melakukan Interview?

Banyak alasan kenapa tiap perusahaan perlu melakukan wawancara pada tiap calon pekerja atau karyawan. Hal semacam ini amat penting lantaran dapatmemajukan perusahaan itu. Dengan wawancara manager akan tahu sumber daya yang di miliki calon karyawan nya.

Berikut ini alasan kenapa penting melakukan interview atau wawancara: 
  1. Untuk melengkapi serta menambahkan data yang sudah ada, yang diambil dengan cara lain seperti survey, observasi, studi dokumen itu. 
  2. Untuk mengambil data kualitatif mengenai sebuah fenomena spesifik. Wawancara bisa dipakai sebagai cara pengambilan data. 

Contoh Interview 

Sumber: aircto.com
I: Okay! Please, could you Introduce your self briefly? 

(Baiklah, tolong perkenalkan dirimu secara singkat!)

A: My name is Ali, I am twenty two years old. I have graduated from a university majoring in tourism. Even though I am not from English Departement, I still can speak english well.

Now, my activities are teaching for my neighbors privately who ever will study about English and writing on my personal blog as well. 

(Nama saya yaitu Ali. Saya sekarang berusia 22 tahun. Saya sudah lulus kuliah dari salah satu universitas dalam sektor Pariwisata.

Meskipun saya tidak dari jurusan Bhs. Inggris namun saya masih tetap dapat bercakap dengan bahasa Inggris dengan baik. Kesibukan saya sekarang yaitu mengajar untuk tetangga saya yang mau belajar mengenai bahasa Inggris serta menulis di situs (blog) pribadi saya.)

Tidak hanya yang dijelaskan di atas anda dapat juga memberi info lain seperti apa sajakah yang anda kerjakan selama ini menyangkut bagian yang anda lamar lantaran ini sangat baik untuk membuka kesempatan anda supaya lebih gampang di terima penguji.

Dan lantaran ini awal upayakan bicara dengan lantang serta dengan rasa percaya diri yang tinggi.

I: What departement do you apply and why do you interested on it? 

(Bagian apa yang Anda lamar serta kenapa anda tertarik dengan bagian/posisi itu?)

A: I Interested on that working because I have experience about it and I have do it for long time. So If this company receive me to be one of its employee I can work better than other candidate because I am more expert and more experienced. 

(Saya tertarik pada pekerjaan itu lantaran saya sudah memiliki pengalaman tentang itu serta saya juga sudah melakukan/menekuni pekerjaan itu dalam waktu yang lama.

Jadi, bila perusahaan ini menerima saya untuk jadi salah satu karyawan saya pastinya bakal bekerja lebih baik dari kandidat yang lain lantaran saya lebih pakar serta lebih memiliki pengalaman)

Pada pertanyaan interview kerja di atas anda diminta menginformasikan posisi apa yang anda lamar serta kenapa anda suka dengan posisi itu.

Nah di sini anda mesti memberikan jawaban yang positif untuk meyakinkan interviewer atau penguji, yaitu dengan menginformasikan kalau anda lebih bisa diandakan lantaran mempunyai banyak pengalaman di bidan itu serta pastinya lebih ahli dari calon pelamar yang lain.

I: Why did you leave your latest job? 

(Kenapa Anda meninggalkan/keluar dari pekerjaan sebelumnya?)

A: Because My family and I move from my previous home to this city so thats way I must resign from my current job. 

(Lantaran keluarga saya serta saya pindah dari tempat tinggal sebelumnya ke kota ini jadi itulah penyebabnya saya mesti mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya.)

Pertanyaan masalah alasan keluar dari tempat kerja sebelumnya yaitu untuk tahu bahwa apakah anda keluar bukan dikarenakan sudah melakukan kekeliruan hingga dikeluarkan secara tidak hormat, karena apabila itu terjadi udah pasti anda juga tidak akan di terima di perusahaan yang anda lamar sekarang.

Maka dari itu berikanlah jawaban yang sedapat mungkin tidak memberi penilaian negatif pada dirimu, dapat pula lantaran alasan perusahaan sebelumnya bangkrut serta mesti mem-PHK-kan sejumlah besar karyawannya, termasuk juga saya.

(because my previous workplace has been bankrupt and unfortunately he must dismiss many of his employee, including me) 

I: When were you most satisfied in your work? 

(Kapan anda merasa amat puas dengan pekerjaan anda)

A: Actually I always satisfied with my job, even every day I feel it. But when I can reach my target continually every day and every month in a year I really satisfied with it. 

(Sesungguhnya saya senantiasa merasa puas dengan pekerjaan saya dan bahkan juga setiap hari saya merasakan hal yang sama. Akan tetapi saat saya dapa mencapai tujuan saya secara kontinyu setiap hari serta tiap bulan dalam setahunnya saya sungguh amat puas dengan itu.)

Bila dilihat sekilas, mungkin saja anda akan merasa gampang menjawabnya lantaran cuma ingin tahu soal perasaan anda dengan pekerjaanmu, tapi sesungguhnya tidak.

Pada pertanyaan interview kerja dalam bahasa Inggris ini si penguji mau tahu apakah anda orang yang mempunyai kepribadian yang senantiasa bersemangat tiap harinya, lantaran ini amat memengaruhi kinerja seseorang, terlebih dalam mencapai target.

Asal anda tahu, ini saya bisa dari pengalaman kerja sebelumnya, ternyata biasanya perusahaan suka dengan orang yang kerjanya selalu sesuai sama target yang ditetapkan serta tidak suka dengan orang yang kadang target kadang tidak, walaupun sesekali dia kerap mencapai hasil kerja yang amat tinggi.

Lantaran keadaan kepribadian orang yang kesuksesannya terkadang dapat mengisyaratkan kalau ia orangnya tidak fokus, mudanya senantiasa berubah, kurang kreatif dan sebagainya.

What are your strengths and weaknesses, please specify each of three! 

(Apa saja keunggulan serta kekuranganmu, tolong katakan masing-masing 3!)

My strengths are, namely: I was meticulous and careful in work, I love to learn new things and I always do things on time.

My weaknesses are, namely: I am always too excited when working so sometimes forget the time, I am too eager pursuit my goals so It always make me over action, and I am not pleased to work slowly, causing me always in a hurry every doing something. 

(Keunggulan atau kemampuan saya yaitu saya teliti serta berhati-hati dalam bekerja, Saya suka belajar hal-hal yang baru, serta Saya senantiasa mengerjakan suatu hal tepat pada waktunya.

Mengenai kekurangan saya yaitu saya senantiasa terlalu semangat saat bekerja hingga kadang-kadang lupa waktu.

Saya sangat semangat mengerjar harapan saya hingga hal itu bikin saya terlalu berlebihan dalam melakukan tindakan serta saya tidak suka bekerja lambat hingga kadang-kadang bikin saya tergesa-gesa tiap kali mengerjakan sesuatu.)

Pada pertanyaan interview dalam bahasa Inggris di atas anda diminta menerangkan apa sajakah keunggulan serta kekuranganmu.

Bila bicara masalah keunggulan mungkin saja mudah saja kita menyebutkannya satu per satu, cuma saja yang jadi permasalahan bila mesti menyebutkan kekurangan sendiri.

Nah dalam kondisi seperti itu anda harus juga pintar-pintarnya mengolah kata serta kalimat hingga walaupun menyebutkan kekurangan tetap saja bakal ada nilai positifnya di mana interviewer.

Ya, sebagaimana disebut di atas umpamanya sangat semangat mengejar harapan hingga bikin diri anda kadang-kadang over dalam melakukan suatu hal, dengan begini tetap saja ia bakal menilaimu kalau anda orangnya semangat serta layak dijadikan karyawan diperusahaan itu.

Why should we hire you? 

(Kenapa kami mesti memperkerjakan Anda, atau mungkin dengan terjemahan bebas: Alasan apa yang menjadikan kami tertarik memperkerjakan Anda?)

Because I have many I have sufficient experience and even more in this field. And approximately, during the last 10 years I am struggling and work in this field to meet the needs of my family. 

(Lantaran saya memiliki pengalaman yang cukup dan bahkan juga lebih dalam bagian ini. Serta lebih kurang selama 10 tahun terakhir ini saya berjuang serta bekerja dalam bagian ini untuk memenuhi keperluan keluarga saya)

Jawaban dari pertanyaan interview bahasa Inggris di atas masalah alasan kuat apa yang dapat menyebabkan Anda dijadikan satu diantara karyawan di perusahaan itu diupayakan memperlihatkan kalau anda benar-benar percaya diri menempati posisi dari lowongan yang ada.

Lantaran dengan melakukan ini berarti anda memperlihatkan kalau memang andalah yang paling layak di terima dibanding yang lain, ditambah lagi bila memanglah ada pengalaman berkenaan dengan bagian itu.

Intinya, berusahalah meyakinkan interviewer supaya ia benar-benar meyakini kalau tidak ada kandidat lain yang lebih layak selain anda.

How much salary do you want in every month? 

(Berapa banyak upah yang anda inginkan setiap bulannya?)

I am expecting to get 2 Million Rupiahs per month 

Bila mau memerlihatkan kalau anda orangnya tegas ketika di tanya masalah upah dalam pertanyaan wawancara bahasa Inggris ini anda dapat langsung menyebutkan angkanya, namun apabila tidak mau memperlihatkan kalau anda yaitu orang yang terlalu tinggi standard permintaannya.

Atau mungkin saja akan dicurigai sebagai orang yang banyak maunya cukup sebut saya bila hal itu saya serahkan pada ketentuan manajemen perusahaan atau dapat pula bilang sesuai sama standard gaji minimal pemerintah kota saja, juga akan lebih simple serta penguji juga dapat lebih mudah tahu berapa jumlah yang anda inginkan sebelumnya.
Sumber: questromworld.bu.edu
Jadi, gak perlu lagi ya takut dalam menghadapi interview sekalipun perusahaan tempat kalian ingin melamar pekerjaan menggunakan bahasa Inggris dalam interview. Karena interview bukanlah suatu hal yang menakutkan. Jadi, sudah siap berburu pekerjaan dong kalau udah punya bekal yang satu ini?

Demikianlah pembahasan kami mengenai Contoh Interview Dalam Bahasa Inggris dan Cara Menjawabnya, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Interview di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam menghadapi interview dengan bahasa Inggris. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. caraspot.com
  2. scribd.com
Back To Top