28 February 2017

Contoh Kutipan Langsung dan Cara Penulisannya

Contoh Kutipan Langsung dan Cara Penulisannya. Contoh kutipan langsung, kutipan langsung panjang, kutipan langsung pendek. Ciri – ciri kutipan, tujuan ditulisnya kutipan langsung.

Pengertian Kutipan Langsung

Sumber: dedisetiawan.com
Kutipan langsung yaitu penggunaan kutipan yang dilakukan penulis lewat cara menulis kembali pikiran atau pendapat atau gagasan atau ide orang lain sama persis dengan aslinya.

Dengan kata lain, penulis secara langsung menggunakan teknik copy kemudian paste tanpa adanya pengubahan dari kalimat aslinya.
  • Prinsip dasar 
Mengutip sumber bacaan secara langsung dilakukan sama presis seperti yang dituliskan yang ada di dalam sumber, tidak menambah ataupun mengurangi. Bila kata, kalimat, atau paragraf tidak dicetak miring maupun dicetak tebal, pengutip tidak bisa mencetak miring atau cetak tebal saat ia mengutip.
  • Penghapusan beberapa pernyataan yang dikutip 
Jika beberapa dari pernyataan yang diambil tidak ditulis pergunakanlah titik tiga sebagai pengganti naskah yang di hilangkan itu.

Penghapusan sebagian gunakan tiga titik (. . .)

Contoh: 

Perhatikan, contohnya, pendapat Pollard3 tentang gagasan perkembangan Barat:

The idea of progress is, in this modern age, one of the most important ideas by which men love, not least because most hold it unconsciously and therefore unquestioningly. It has been called modern religion, or the the modern substitute for religion . . .

Penghapusan satu baris atau lebih 

Jika naskah yang diambil di hilangkan satu baris atau lebih maka gunakanlah titik satu baris penuh.

Contoh:

Menurut Ciolcman5 clalam bukunya yang berjudul Social intelligence:

The new science of human relationship otak manusia sudah didesain untuk kebaikan. Dalam kaitan ini ia menyebutkan bahwa Our brain has been preset for kindness.

We automatically go to the aids of a child who is screaming in terror; we automatically want to huh a smilling baby. Such emotional impulses are “prepotent”, they elicit reactions in us that are unpremendilated and inxlanlancous.
………………………………………………………………………………………………
  • Penyisipan 
Bila penulis mau memberikan informasi tentang naskah yang diambil serta disisipkan dalam kutipannya, informasi tersebut di tempatkan dalam tanda kurung kurawal.

Contoh: 

Dalam survai perusahaan impian 2007 yang dilakukan oleh majalah Warta ekonomi8 lima besar perusahaan favorite tempat bekerja

“. . . masih tetap sama seperti dua tahun yang lalu: PT. Astra International Tbk. perusahaan otomotif, menempati peringkat pertama. Peringkat selanjutnya ditempati PT. Unilever Indonesia Tbk, PT. Pertamina, PT. Telkomsel, PT Bank Mandiri Tbk.”

Ciri – ciri kutipan langsung: 

  1. Tidak mengalami perubahan pada teks yang diambil. 
  2. Menggunakan titik tiga berspasi . . . jika ada bagian kata – kata dari kutipan yang di hilangkan. 
  3. Menggunakan tanda sic!, jika ada kekeliruan dalam teks aslinya. Contoh: … hal semacam itu mempunyai makan sic! yang ambigu. 
  4. Membubuhkan sumber kutipan dengan memakai system APA, MLA, ataupun system yang berlaku lainnya. 
Kutipan langsung dibedakan jadi dua, yakni:
  1. Kutipan Langsung Panjang serta
  2. Kutipan Langsung Pendek.
Berikut ini penuturannya: 

Kutipan Langsung Panjang 

Nama lain Bentuk kutipan ini yakni block quote.

Syarat:
  1. APA Style, Kepanjangan dari American Psychological Association), jika panjang kalimat yang penulis kutip melebihi 40 kata. 
  2. MLA Style, kepanjangan dari Modern Language Asociation, jika panjang kalimat yang penulis kutip melebihi 4 baris. 
  3. Bila penulis mengutip sumber bacaan berjumlah 4 baris atau lebih, teks yang dikutip itu diketik pada alenia baru. 
Ciri – ciri kutipan langsung panjang: 
  1. Dipisahkan dari teks dengan spasi (jarak antarbaris) lebih dari teks, 
  2. Di beri jarak rapat antar baris dalam kutipan, 
  3. Bisa diapit tanda kutip, bisa juga tidak. 
Kutipan di atas bisa di buat catatan kaki sebagai berikut ini: 

Daniel Goleman; Richard Ooyntzis & Annie McKee. 2002. The new leaders: Transforming the art of leadership into the science of results. London: Little, Brown, hlm. 143.

Kutipan langsung pendek 

Bila penulis mengutip sumber bacaan berjumlah kurang dari 4 baris, teks yang ia kutip dimasukkan jadi bagian dalam tulisannya serta sebagai lanjutan tubuh tulisan (bukanlah paragraf baru) dengan menggunakan tanda kutipan berbentuk koma dua pada bagian atas serta koma dua pada bagian atas kalimat yang dikutip.

Kutipan langsung pendek ini ditulis jadi satu dalam satu paragraf karya tulis. Tanda petik itu memisahkan antara kalimat kutipan dengan kalimat penulis. Sumber kutipan ditulis dekat dengan kalimat kutipan.

Ciri – ciri kutipan langsung pendek 
  1. Terintegrasi langsung dengan teks 
  2. Berjarak antar baris yang sama juga dengan teks 
  3. Diapit dengan tanda kutip 
  4. Tidak lebih dari empat baris 

Contoh Kutipan Langsung

Sumber: posterina.blogspot.com
Contoh Kutipan Langsung Panjang: 

Golcman2 dalam karyanya yang berjudul The new leader;

Transforming the art of leadership into the science of results yang mengutip pendapat Kolb menyebutkan kalau belajar bisa dengan cara – cara berikut ini:
  1. Concrete experience: Having an experience that allows them to see and feel wat it is like 
  2. Reflection: Thinking about their own and others’ experiences 
  3. Mode building: Coming up with a theory that makes sense of what they observe 
  4. Trial and error learning: Trying something out by actively experimenting with a new approach. 
Contoh Kutipan Langsung Pendek: 

Hubungan antara organisasi dengan manusia yang menciptakannya amat erat, hal semacam ini sesuai dengan pengertian organisasi, “Organisasi adalah tanggapan pada dan alat penciptaan nilai untuk memuaskan kebuluhan manusia.” (Wirawan, 2007)

Ekarasi (Ekarasi, 2015:132) menyebutkan kalau “mental seseorang akan tertekan saat tuntutan makin besar tetapi ia tidak mampu mengejar tuntutan itu.”

Tujuan penulisan sumber kutipan 

Sumber: skripsimahasiswa.blogspot.co.id
Menghindari penjiplakan (plagiarism) 

Satu diantara kegunaan kutipan yaitu untuk menguatkan atau mensupport tulisan ilmiah. Maka, penulis harus mencantumkan sumber kutipan yang ia gunakan di akhir kalimat kutipan atau saat sebelum kalimat kutipan.

Dengan melakukan hal semacam ini, penulis terhindar dari permasalahan berkaitan dengan pengambilan hak cipta karya tulis orang lain tanpa ijin.

Menghargai karya penulis sebelumnya 

Saat penulis menuliskan sumber kutipan, memiliki arti penulis itu menghormati orang yang mempunyai gagasan itu. Selain itu, juga sebagai pernyataan kalau tulisan di bagian itu merupakan gagasan, pendapat, serta analisis orang lain.

Membantu pembaca dalam mengenal sumber kutipan 

Satu diantara tujuan dari penulisan sumber kutipan yaitu membantu pembaca untuk mendalami lebih lanjut tentang kutipan itu. Kadang – kadang pembaca juga tertarik untuk membaca kutipan lebih lanjut.

Menunjukkan kebenaran dari pernyataan yang dinyatakan oleh penulis 

Penulis memakai kutipan untuk mensupport gagasan yang ia miliki. Makin banyak pendapat atau alasan atau teori atau riset yang terkait dengan tulisannya, makin valid juga karya ilmiahnya itu.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Contoh Kutipan Langsung dan Cara Penulisannya, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Kutipan di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam menulis sebuah Kutipan Langsung. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. dosenbahasa.com 
Back To Top