23 February 2017

Contoh Kutipan Langsung dan Tidak Langsung

Contoh Kutipan Langsung dan Tidak Langsung. Pengertian Kutipan, Jenis Kutipan, Kutipan Langsung dan Kutipan Tidak Langsung, Contoh Kutipan Langsung Pendek/Panjang, Contoh Kutipan Tidak Langsung Pendek/Panjang.

Pengertian Kutipan

Sumber: mediakompilasi.com
Kutipan yaitu pinjaman kalimat atau pendapat/gagasan/ide orang lain yang di ambil dari sumber tertentu.

Adapun menurut Wikipedia kutipan yaitu pengulangan satu ekspresi sebagai bagian dari yang lain, terlebih saat ekspresi dikutip terkenal atau eksplisit dikaitkan dengan kutipan ke sumber aslinya, serta ditandai oleh (diselingi dengan) tanda kutip. Kutipan bisa dikerjakan lewat cara seperti berikut ini:
  • Kutipan menyebutkan nama (penulis/editor –cukup nama belakang), tahun terbit sumber referensi, halaman (yang dikutip). 
  • ………………. (Trimo, 2007:202) 
  • Trimo (2007:202) menyebutkan …… 
  • Menurut Trimo (2007 : 202) ………… 

Beberapa Jenis Kutipan 

Penulisan sebuah kutipan terbagi dalam 2 jenis, yakni: 

Penulisan Kutipan Langsung 

Yakni, mengutip pendapat pakar secara langsung seperti bahasa asli dalam sumber bisa dibedakan penulisannya atas: penulisan kutipan langsung yang pendek serta penulisan kutipan langsung yang panjang.

Prinsip-prinsip mengutip langsung diantaranya: 
  1. Jangan sampai mengadakan perubahan 
  2. Bila terpaksa untuk maksud tertentu, mesti disertai keterangan dalam tanda kurung segi empat. 
Contoh: cetak tebal dari penulis 

Apabila ada kekeliruan pengutip tidak bisa memperbaikinya. Biarkan apa adanya serta berikan catatan singkat yang artinya kekeliruan dari naskah asli yang dikutip serta penulis (pengutip) tidak bertanggung jawab atas kekeliruan itu.

Contoh: … hal tersebut mempunyai arti yang ambigu. 

Menyingkirkan bagian yang dikutip dibolehkan apabila tidak menyebabkan perubahan makna. Untuk penghapusan bagian kalimat dengan titik tiga. Bila yang di hilangkan lebih dari satu baris, digantikan dengan titik sepanjang satu barisan.
  • Penulisan kutipan langsung yang pendek 
Penulisan kutipan langsung yang pendek bisa dilakukan dengan memasukkan kutipan itu ke dalam kalimat penulis di antara tanda kutip (“….. ”) sebagai bagian yang terpadu dalam teks.

Cara penulisan kutipan langsung pendek yaitu sebagai berikut ini: 
  1. Kutipan langsung pendek = kutipan tidak melebihi dari 4 baris 
  2. Kutipan diintegrasikan langsung dalam teks 
  3. Jarak baris kutipan sama juga dengan jarak baris teks yang ada (2 atau 1½ spasi) 
  4. Kutipan diapit dengan tanda kutip (“…”) 

Contoh kutipan langsung: 

Sumber: id.gofreedownload.net
Contoh Kutipan Langsung yang pendek:

… tersebut. Menurut Ibnu (2002:19) “bahan referensi yang dimasukkan dalam daftar referensi cuma yang betul-betul dirujuk dalam tubuh artikel dan demikian sebaliknya seluruh referensi yang sudah disebutkan dalam tubuh artikel mesti tertulis di dalam daftar referensi”.
  • Penulisan kutipan langsung yang panjang 
Penulisan kutipan langsung yang panjang bisa ditulis tanpa tanda kutip serta ditulis terpisah dai kalimat yang mendahului serta kalimat yang mengikutinya. Bentuk kutipan itu ditulis satu spasi serta kiri kanan menjorok ke dalam teks.

Cara menulis kutipan langsung yang panjang yaitu sebagai berikut ini: 
  1. Kutipan langsung panjang = kutipan 4 baris atau lebih 
  2. Kutipan dipisahkan dengan badan teks 
  3. Kutipan berjarak 1 spasi (badan naskah umumnya 2 atau 1½ spasi) 
  4. Kutipan tidak senantiasa memakai tanda kutip (boleh ada, boleh tidak) 
  5. Semua kutipan diletakkan menjorok ke dalam (5–7 ketukan) 
  6. Bila terjadi, kutipan dalam kutipan, gunakan tanda kutip tunggal/jamak. 
Contoh kutipan langsung yang panjang: 

… Menurut Kridalaksana (1996 : 2), variasi bahasa bersumber pada pengguna bahasa dibedakan atas empat jenis sebagai berikut ini:
  1. Dialek regional yakni variasi bahasa berdasarkan daerah. Variasi regional membedakan bahasa yang digunakan di satu tempat dengan yang digunakan di tempat lain.
  2. Dialek social yakni dialek yang digunakan oleh kelompok social tertentu atau yang menandai stratum social tertentu.
  3. Dialek temporal yakni dialek yang digunakan pada kurun waktu spesifik.
  4. Ideolek yakni keseluruhan ciri-ciri bahasa seseorang. 
Contoh:

Jangan Sering Begadang 

Setelah sepanjang hari melakukan aktivitas, tubuh butuh mendapatkan haknya untuk mengembalikan staminanya dengan beristirahat; tidur. Tetapi, beberapa orang yang masih tetap melakukan aktivitas hingga larut malam, entah lantaran pekerjaan atau melihat film, atau mengerjakan pekerjaan. Dengan demikian waktu tidur jadi berkurang.

Tidur yaitu satu diantara proses tubuh untuk mengembalikan performa tubuh. Ketika tidur yaitu saat paling baik bagi tubuh untuk bekerja secara maksimal memperbaiki kesehatan, seperti pembuangan toksin, pembasmian patoen dan sebagainya.

Tidur sangat larut akan mengganggu proses metabolisme serta menyebabkan banyak permasalahan untuk kesehatan tubuh. Ditulis dari website sitkes.com, riset yang dimuat Journal of Psyhiartic mengungkapkan bahaya kurang tidur yakni:

“Kurang tidur bisa mengakibatkan:
  1. Daya tahan tubuh melemah. Dengan daya tahan tubuh yang mengalami penurunan bisa lebih gampang terkena penyakit oleh virus serta bakteri dan patogen lain.
  2. Kurang tidur dapat juga mengakibatkan konsentrasi mengalami penurunan. Hal semacam ini karena waktu istirahat jadi berkurang, hingga beresiko pada performa sehari-hari, seperti rasa ngantuk, lemas, lunglai.
  3. Tidur kurang dari enam jam dapat meningkatkan kemungkinan penyakit kanker. Pada saat tidur dalam keadaan gelap tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang membantu tingkatkan daya imun.
  4. Kurang tidur meningkatkan kemungkinan penyakit diabetes. Hasil riset memperlihatkan, seseorang yang kurang tidur mengalami resistensi insulin. Hingga insulin tidak bisa bekerja dan bisa menyebabkan penyakit diabetes.
  5. Kurang tidur bisa mengakibatkan stroke. Orang yang kurang tidur mempunyai kemungkinan terkena empat kali lebih tinggi di banding orang yang cukup tidur.
  6. Kurang tidur bisa menyebabkan kegemukan. Hormon leptin yakni hormon yang mengontrol nafsu makan akan menyusut hingga membuat nafsu makan bertambah.” 
Mungkin saja terlihat sepele, tetapi tidur yang cukup serta berkualitas bisa membantu mutu kesehatan tubuh. Menurut Dr. OZ, ”Tidur yang cukup bisa membuat tubuh sehat. Tidur merupakan waktu paling baik bagi tubuh untuk bekerja. Hingga saat terbangun, tubuh akan merasa lebih sehat”.

So guys, tidur yang cukup supaya tetap sehat. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Mengutip Secara Tidak Langsung 

Penulisan kutipan secara tidak langsung memiliki arti mengutip gagasan pakar lain yang dikemukakan dengan bahasa penulis (pengutip) sendiri. Penulisan kutipan secara tidak langsung di buat tanpa tanda kutip serta terpadu dalam paragraph.

Prinsip mengutip secara tidak langsung yaitu sebagai berikut ini: 
  1. Yang diambil cuma gagasan pokoknya, bahasa kutipan dengan bahasa sendiri 
  2. Kutipan diintegrasikan dalam badan naskah/teks 
  3. Jarak bagian kutipan sama juga dengan jarak badan teks lainnya 
  4. Kutipan tidak memakai tanda kutip 

Contoh Kutipan Tidak Langsung

Sumber: ekisaputraberbagiilmu.blogspot.co.id
Contoh Kutipan Tidak Langsung yang Pendek:

…. ahli tersebut. Perujukan pendapat pakar itu dalam tulisan bisa dilakukan dengan dua cara paling utama yaitu:
  1. Mengutip pendapat pakar secara langsung yang berarti mengutip pendapat pakar sesuai sama aslinya;
  2. Mengutip pendapat pakar secara tidak langsung yang berarti cuma mengutip idea tau pendapat pakar serta kemukakan dengan bahasa sendiri (Mukhadis, 2002 : 47-48). 
Contoh Kutipan Tidak Langsung yang Panjang: 

Bahaya Terlalu Sering Duduk 

Tahukan anda bila nyatanya terus-terusan duduk dalam kegiatan sehari-hari jauh lebih memiliki resiko di banding dengan yang aktif bergerak di lapangan.

Mengutip dari majalah Men’s Health, riset yang dilakukan Loughborough University serta University of Leicester mengutarakan kenyataan yang mencengangkan kalau duduk terlalu lama bisa memiliki resiko mengalami penyakit diabbetes, jantung, fatalnya hingga mengakibatkan kematian.

Website indonesiaindonesia.com, menjelaskan bahwa terus-terusan duduk bisa mengakibatkan pembekuan pada pembuluh vena atau DVT (Deep Vein Thrombosis).

Pembekuan darah vena bisa menyebabkan emboli paru-paru, pembuluh darah yang membeku dapat membuat aliran darah tidak lancar hingga pembuluh darah bisa pecah serta beresiko pada gangguan aliran darah.

Tidak hanya itu, resiko yang mungkin saja didapat dari kegiatan duduk yang sangat lama di depan computer yakni peningkatan paparan mikroorganisme yang terkumpul pada papan keyboard.

Diambil dari website indonesiaindonesia.com, penemuan riset yang dimuat oleh majalah Which Computing menemukan berbagai jenis bakteri di sela-sela papan keyboard yang sama bahayanya dengan bakteri patogen lain seperti E.coli, S.aureus, serta coliform lai yang bisa mengakibatkan infeksi paru-paru dan sistem pencernaan.

Lebih dari itu, kelainan mata serta paru-paru dan peregangan otot mengintai anda yang bekerja terlalu banyak di depan computer dengan kegiatan duduk. Dr.Deum menjelaskan kalau, bekerja terlalu lama di depan computer membuat mata sangat bekerja keras sehigga dapat membuat mata perih serta peka akan sinar, selain itu fokus mata akan semaki berkurang.

Sementara itu, pancaran radiasi alat-alat listrik bisa menyebabkan sakit kepala serta stress otot. Menurut Jamieson, medan listrik mempunyai paparan kuat saat di udara, sehinga akan menarik debu-debu dengan demikian udara jadi tidak sehat yang dapat meningkatkan debu- debu di pernapasan kita (paru-paru).

Bahaya terlalu lama duduk di depan computer diutarakan oleh WHO, memiliki resiko mengalami iritasi mata, saluran pernapasan, sakit kepala, leher, serta stress.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Contoh Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Kutipan di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam membuat Kutipan. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. nuruldiniindriyani.blogspot.co.id
  2. kelasindonesia.com 
Back To Top