23 February 2017

Contoh Portofolio: Cara Membuat dan 7 Design Terbaik

Contoh Portofolio: Cara Membuat dan 7 Design Terbaik. Portofolio sangatlah dibutuhkan, terlebih di zaman yang semakin berkembang seperti saat ini, lantas bagaimana cara membuat portofolio yang menarik? Berikut adalah design portofolio dan cara membuatnya agar kita tak perlu bingung-bingung lagi.

Pengertian Portofolio

Sumber: eportfolio.eu
  • Secara etimologi, portofolio datang dari dua kata, yakni port (singkatan dari report) yang memiliki arti laporan serta folio yang memiliki arti penuh atau lengkap. Jadi portofolio memiliki arti laporan lengkap semua kegiatan seseorang yang dikerjakannnya (Erman S. A., 2003 dalam Nahadi serta Cartono, 2007).
  • Secara umum portofolio adalah kumpulan dokumen seseorang, kelompok, instansi, organisasi, perusahaan atau semacamnya yang mempunyai tujuan untuk mendokumentasikan perkembangan sebuah proses dalam mencapai maksud yang sudah ditetapkan. 
  • Ada beberapa jenis portofolio. Dalam kesenian umpamanya, portofolio memiliki arti kumpulan hasil karya paling baik dari seorang seniman yang sengaja diselenggarakan untuk kepentingan galeri pameran. Dalam dunia pendidikan portofolio yaitu kumpulan hasil karya seorang siswa sebagai hasil pelaksanaan tugas kemampuan yang ditetapkan guru atau oleh siswa bersama guru.
  • Portofolio dalam pendidikan yaitu sisi dari usaha dalam mencapai maksud belajar atau mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum. Sehingga tidak tiap kumpulan karya siswa disebut dengan sebagai portofolio. 
  • Paulson (1991) dalam Nahadi serta Cartono (2007) mendeskripsikan portofolio sebagai kumpulan pekerjaan siswa yang memperlihatkan usaha, perkembangan serta kecakapan mereka dalam satu bagian atau lebih. Kumpulan ini mesti meliputi partisipasi siswa dalam seleksi isi, persyaratan isi, persyaratan seleksi, persyaratan penilaian, serta bukti refleksi diri. 
  • Menurut Gronlund (1998 : 159) portofolio meliputi beragam contoh pekerjaan siswa yang bergantung pada keluasan tujuan. Apa yang perlu tersurat, bergantung pada subyek serta maksud pemakaian portofolio. Contoh pekerjaan siswa ini memberikan dasar untuk pertimbangan perkembangan belajarnya serta bisa dikomunikasikan pada siswa, orangtua dan pihak lain yang tertarik berkepentingan. 
  • Portofolio bisa dipakai untuk mendokementasikan perkembangan siswa. Kerena memahami proses belajar amat penting untuk kesuksesan hidup, portofolio bisa digunakan oleh siswa untuk lihat kemajuan mereka sendiri terlebih dalam soal perkembangan, sikap ketrampilan serta ekspresinya pada suatu hal. 
  • Portofolio meliputi beragam contoh pekerjaan siswa yang bergantung pada keluasan tujuan. Contoh pekerjaan siswa ini memberikan dasar untuk pertimbangan untuk perkembangan belajarnya serta bisa dikomunikasikan dengan siswa, orangtua dan pihak lain yang berkepentingan. Hingga portofolio bisa dipakai untuk mendokumentasikan perkembangan siswa dalam tiap aktivitas serta proses evaluasi. Secara umum, dalam dunia pendidikan portofolio adalah kumpulan hasil karya siswa atau catatan tentang siswa yang didokumentasikan secara baik serta teratur.
  • Portofolio bisa berupa beberapa tugas yang dikerjakan siswa, jawaban siswa atas pertanyaan guru, catatan hasil observasi guru, catatan hasil wawancara guru dengan siswa, laporan aktivitas siswa serta karangan atau jurnal yang di buat siswa.
  • Portofolio yaitu kumpulan hasil karya seorang siswa, sebagai hasil pelaksanaan tugas kemampuan, yang ditetapkan oleh guru atau oleh siswa bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai maksud belajar, atau mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum.
  • Portofolio dalam arti ini, bisa dipakai sebagai instrumen penilaian atau satu diantara komponen dari instrumen penilaian, untuk menilai kompetensi siswa, atau menilai hasil belajar siswa. Portofolio demikian disebut juga dengan ‘portofolio untuk penilaian’ atau ‘portofolio penilaian’. 

Cara Membuat Portofolio 

Sumber: id.wikihow.com
  • Sertakan daftar isi.   
Portofolio adalah koleksi yang besar serta luas yang menghadirkan kapabilitas Anda melakukan bentuk pekerjaan tertentu. Satu daftar isi akan mempermudah calon pemberi kerja, administrator, atau client untuk menavigasi hasil pekerjaan Anda serta menemukan informasi yang diperlukan dengan cepat.

Buat satu daftar isi setelah Anda merampungkan portofolio, namun tempatkan daftar tersebut di depan materi yang lain.

Anda tidak butuh menyertakan nomer halaman bila Anda tidak menuliskannya di dalam portofolio. Tetapi bila Anda menuliskan nomer halaman di portofolio, tulislah nomer tersebut di dalam daftar isi Anda.
  • Masukan suatu resume tradisional. 
Memiliki suatu resume tradisional sebagai persiapan senantiasa merupakan langkah yang cerdas bila seseorang memintanya, sebagai pengganti portofolio. Dalam portofolio, satu atau dua halaman resume bisa berperan sebagai ringkasan singkat atau abstrak dari materi yang ada di depannya.

Sertakan informasi kontak Anda, termasuk juga alamat surel (e-mail), nomer telephone, serta alamat surat-menyurat di bagian atas halaman. Cantumkan karir dasar atau tujuan akademik Anda. Cantumkan kapabilitas akademis Anda, termasuk juga gelar atau ijazah.
  •  Jabarkan pengalaman kerja Anda. 
Jabarkan tujuan Anda dalam satu pernyataan pribadi.
Di halaman yang berbeda, tulislah satu paragraf yang menerangkan tujuan jangka pendek serta panjang Anda.

Untuk tujuan periode pendek, jelaskan posisi Anda dalam satu atau dua tahun. Untuk tujuan periode panjang, jelaskan hal yang mau Anda lakukan pada lima sampai sepuluh tahun mendatang.

Pernyataan pribadi harus juga memasukkan informasi mengenai nilai-nilai yang Anda pegang seperti norma bekerja, filosofi kreatif, filosofi manajemen, dan sebagainya.
  • Jabarkan garis besar ketrampilan serta pengalaman Anda dengan lebih detil. 
Pikirkan ketrampilan penting yang kemungkinan akan diminta. Buat daftar ketrampilan itu sebagai judul yang besar serta berikanlah contoh-contoh yang memperlihatkan cara Anda memenuhi kriteria itu.

Cantumkan beberapa pekerjaan yang mengharuskan Anda menggunakan ketrampilan yang sudah disebutkan. Jelaskanlah secara singkat, bentuk pekerjaan yang bisa memanfaatkan ketrampilan itu.

Cantumkan ciri kepribadian yang menunjukkan ketrampilan itu serta berikanlah contoh yang spesifik. Tidak hanya itu, buat daftar mengenai beberapa hal yang pernah Anda tekuni, secara formal atau nonformal, yang memperlihatkan pemakaian atau adanya ketrampilan yang dimaksud.
  • Sertakan contoh. 
Ingatlah kalau bentuk sampel yang Anda sertakan bisa beragam berdasarkan bentuk portofolio serta bidang yang disukai. Untuk seni grafis serta bidang yang terkait, Anda perlu menyertakan photo visual pekerjaan Anda.

Untuk tulis-menulis serta bagian yang terkait, Anda perlu menyertakan sampel teks. Anda bisa menyertakan sampel cetak, DVD, video, serta contoh multimedia lain yang sesuai.
  • Lampirkan testimoni serta referensi. 
Sertakan foto copy info serta referensi positif yang Anda terima sebelumnya yang terkait dengan bidang Anda. Anda bisa menyertakan referensi dari pelanggan, client, atasan, rekanan kerja, dosen, atau peninjau. Pelajari dari atasan dapat juga disertakan, terutama bila evaluasi itu menguntungkan.
  • Cantumkan seluruh penghargaan serta gelar kehormatan. 
Sertakan daftar penghargaan, kehormatan, atau beasiswa apa sajakah yang pernah Anda terima dalam lingkup bidang Anda. Bila Anda menerima sertifikat penghargaan itu, sertakan fotokopinya pada portofolio sebagai bukti.

Bila Anda tidak mempunyai sertifikat penghargaan itu, sebutkan saja nama penghargaan, saat Anda menerimanya, serta argumen Anda memenangkannya atau argumen penghargaan itu di keluarkan.
  • Sebutkan konferensi yang pernah Anda ikuti. 
Bila Anda mengikuti beberapa konferensi atau loka karya yang terkait dengan bidang ini, buat daftar pada halaman yang berbeda. Sertakan informasi mengenai waktu, tempat, lokasi, serta organisasi yang mengadakan konferensi itu.

Buatlah catatan khusus pada tiap konferensi atau konvensi yang Anda hadiri sebagai pembicara. Tidak hanya itu, cantumkan juga aktivitas sama yang Anda hadiri hanya sebagai peserta.
  • Sebutkan kapabilitas akademis Anda. 
Kapabilitas akademis umumnya memperluas pengetahuan yang didapat selama tingkat pendidikan paling tinggi Anda. Cantumkan gelar, lisensi, serta sertifikasi yang Anda miliki. Tidak hanya itu, berikanlah transkrip resmi, bila memungkinkan, atau satu daftar pelatihan yang relevan.
  • Berikanlah dokumentasi bukti prestasi Anda. 
Bila ada beberapa artikel yang menulis mengenai prestasi Anda, sertakan salinan kliping di portofolio. Jurnal nasional serta surat kabar besar memang yaitu sumber yang paling mengesankan, namun sebaiknya Anda tetap menyertakan artikel yang ditulis oleh surat kabar lokal, instansi akademis, serta internet.
  • Cantumkan kapabilitas militer Anda. 
Bila ada pernah ada di militer, berikanlah catatan pelayanan Anda.
Sertakan informasi mengenai penghargaan, lencana, atau peringkat yang Anda dapatkan ketika ada di militer.
  • Berikanlah referensi. 
Cantumkan sumber profesional serta akademis yang mungkin saja bersedia mempromosikan pekerjaan serta ketrampilan Anda bila mereka di tanya. Pastikan dengan bijak serta mintalah izin pada tiap sumber saat sebelum memasukkan mereka ke dalam daftar referensi.

Sertakan nama lengkap, posisi pekerjaan, alamat surel, serta nomer telephone. Tidak hanya itu, jelaskan secara singkat mengenai hubungan Anda dengan pemberi referensi. Batasi referensi Anda dalam satu halaman serta cantumkan nama tiga sampai lima orang.

Contoh Portofolio

Contoh I
Sumber: flamingosolution.com
Contoh II
Sumber: blog.sribu.com
Contoh III
Sumber: blog.sribu.com

10 Design Portofolio

Design I
Sumber: blog.sribu.com
Design II
Sumber: blog.sribu.com
Design III
Sumber: blog.sribu.com
Design IV
Sumber: blog.sribu.com
Design V
Sumber: blog.sribu.com
Design VI
Sumber: blog.sribu.com
Design VII
Sumber: blog.sribu.com
Demikianlah pembahasan kami mengenai Contoh Portofolio: Cara Membuat dan 7 Design Terbaik, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Portofolio di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam membuat Portofolio. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. sarjanaku.com
  2. id.wikihow.com 
Back To Top