28 February 2017

Contoh Sinopsis Novel Best Seller

Contoh Sinopsis Novel Best Seller. Contoh Sinopsis Novel, Sinopsis Novel Sastra, Novel Remaja, Novel berdasarkan kisah Nyata. Laskar Pelangi, Perahu Kertas, dan Novel best seller lainnya.

Pengertian Sinopsis Novel

Sumber: laspaginasperdidasdekat.blogspot.co.id
Sinopsis novel yaitu ringkasan cerita novel. Ringkasan novel yaitu bentuk pemendekan dari satu novel dengan tetap memerhatikan unsur-unsur intrinsik novel itu.

Dalam membuat Sinopsis yang perlu diperhatikan adalah sebuah cara yang efisien untuk menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk yang singkat.

Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, serta sebagian penjelasan di hilangkan, namun tetap menjaga isi serta gagasan umum pengarangnya.

Sinopsis umumnya dibatasi oleh jumlah halaman, umpamanya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

Sinopsis juga disebut dengan ringkasan cerita. Sinopsis mempunyai tujuan untuk tahu isi novel dalam bahasa yang singkat. Sinopsis membantu pembaca untuk tahu deskripsi keseluruhan isi novel.

Beberapa langkah Cara Membuat Sinopsis Novel 

Langkah - Langkah untuk membuat sinopsis, diantaranya adalah:
  1. Membaca naskah asli terdahulu untuk tahu kesan umum penulis. 
  2. Mencatat gagasan paling utama dengan menggaris bawahi ide - ide yang penting. 
  3. Menulis ringkasan bersumber pada beberapa ide paling utama seperti ditulis pada langkah ke dua.
  4. Gunakan kalimat yang padat, efisien, serta menarik untuk merangkai jalan narasi jadi satu karangan singkat yang melukiskan karangan asli.  
  5. Dialog serta monolog tokoh cukup ditulis isi atau di cari garis besarnya saja. 
  6. Ringkasan/sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita serta isi dari keseluruhan novel. 

Contoh Sinopsis Novel

Sumber: jophouse.com

Sinopsis Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata 

Sumber: hamidcell.wordpress.com
Yang pertama yaitu contoh sinopsis novel laskar pelangi berikut ini sinopsis novelnya:

Judul Buku      : Laskar Pelangi
Penulis             : Andrea Hirata
Tanggal Terbit : 2005
Penerbit           : Bentang Pustaka
Tebal                : 526 halaman

Sinopsis:

Narasi Laskar Pelangi terjadi di desa Gantung, Belitong Timur serta berlatar budaya Melayu Belitong. Cerita ini bermula saat sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumatera Selatan bila siswa baru tidak mencapai sepuluh anak.

Saat itu baru sembilan anak yang mendaftar dan hadir, pas ketika Pak Harfan (kepala sekolah) akan berpidato untuk menutup sekolah, seorang anak bernama Harun serta ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah sederhana itu.

Mulai dari cerita itu mulailah dikisahkan dimulai dengan penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang mengagumkan dimana A Kiong cuma tersenyum ketika di tanya namanya oleh guru mereka.

Bu Muslimah, kejadian bodoh yang dilakukan Borek, penentuan ketua kelas yang diprotes oleh Kucai, peristiwa ditemukannya bakat mengagumkan Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, hingga pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda delapan puluh kilometer pulang-pergi dari tempat tinggalnya ke sekolah.

Mereka yaitu anggota Laskar Pelangi, nama yang diberikan Bu Muslimah lantaran mereka suka memandangi pelangi. Mereka hidup di satu komunitas tambang Belitong.

Pendidikan cuma bisa diikuti anak-anak para pegawai PN Timah yang berpangkat, sarana cuma bisa dimasuki serta dipakai beberapa orang dengan kelas sosial spesifik. Anggota Laskar Pelangi terdiri dari Ikal, Lintang, Mahar, Syahdan, A Kiong, 106 Sahara, Harun, Borek, Kucai, serta Trapani.

Anggota Laskar Pelangi bertambah jadi sebelas saat ada siswa pindah dari SD PN Timah yang bernama Flo yang disebut anak orang kaya yang tertarik akan keunikan sekolah Muhamadiyah. Mereka yaitu anak-anak yang lahir di satu pulau kaya timah di negeri Indonesia.

Tetapi, pulau yang semestinya kaya-raya itu nyatanya miskin dari sisi ekonomi serta pendidikan. Kondisi itu tidak menyurutkan langkah mereka, di dalam keterbatasan sarana, anak-anak itu nyatanya mempunyai semangat belajar yang mengagumkan.

Anggota Laskar Pelangi mengharumkan perguruan Muhammadiyah ketika festival 17 Agustus, mereka menghadirkan tarian dari Afrika karya Mahar. Prestasi kembali di capai oleh anggota Laskar Pelangi ketika lomba cerdas cermat karena kecerdasan Lintang, bahkan juga Lintang menantang Drs. Zulfikar, guru sekolah PN Timah yang terkenal kecerdasannya.

Hal inilah yang menunjukkan kalau miskin tidak sama juga dengan bodoh. Mereka berasumsi kalau kemiskian cuma bisa diperangi dengan pendidikan. Anggota Laskar Pelangi melewati cerita tawa, serta tangis bersama.

Masa-masa kecil penuh dengan kebahagiaan serta keajaiban, persepsi pada hidup terbentuk pada masa-masa kecil.

Cerita persahabatan ini selesai dengan kesulitan bapak Lintang yang memaksa Einstein kecil itu putus sekolah dengan amat mengharukan serta dilanjutkan dengan peristiwa dua belas tahun kemudian di mana Ikal yang berjuang di luar Pulau Belitongkembali ke kampungnya dan anggota Laskar Pelangi yang lain sudah meraih apa yang dicita-citakan.

A Kiong serta Sahara membuka toko kelontong yang dinamakan Cahaya Perkasa, kulinya yaitu Samson. Flo jadi guru TK di Tanjong Pandan serta bercita-cita membangun gerakan wanita Muhammadiyah.

Mahar mengajar serta mengorganisasi berbagai aktivitas budaya. Syahdan jadi aktor dan karena beasiswa di Kyoto University, Jepang saat ini jadi pemimpin divisi inovasi teknologi dengan ratusan anak buah, Kucai jadi ketua fraksi di DPRD Belitong, serta Ikal mendapat beasiswa kuliah di luar negeri.

Sinopsis Novel Perahu Kertas Karya Dee Lestari 

Sumber: iamnovelover.blogspot.co.id
Yang kedua yaitu sinopsis novel perahu kertas berikut ini sinopsisnya: 

Judul Buku      : Perahu Kertas
Penulis             : Dewi “Dee” Lestari
Tanggal Terbit : Agustus 2009
Penerbit           : Bentang Pustaka
Tebal                : 444 halaman

Sinopsis: 

Kugy, Eko, serta Noni yaitu tiga orang teman dekat yang senantiasa kompak. Kugy adalah seorang gadis yang gemar berkhayal.

Dia bercita-cita untuk jadi seorang penulis dongeng, satu harapan yang mungkin saja oleh beberapa orang pada masa-masa saat ini udah dianggap hal yang aneh serta tidak cukup menghasilkan uang.

Kugy juga berasumsi dirinya agen Neptunus, serta senantiasa menulis surat dan melipatnya jadi satu perahu kertas yang kemudian berlayar untuk disampaikannya pesan itu ke Neptunus.

Eko serta Noni yaitu sepasang kekasih sekaligus teman dekat dari Kugy. Eko adalah rekan Kugy sejak SMP serta Noni yaitu teman dekat Kugy dari kecil.

Cerita ini berawal ketika Kugy di terima untuk berkuliah di salah satu perguruan tinggi di Bandung, satu universitas dengan Eko serta Noni.

Eko mempunyai sepupu bernama Keenan yang juga berkuliah di tempat yang sama. Pertemuan Kugy serta Keenan terjadi ketika Eko, Noni serta Kugy menjemput Keenan di stasiun Bandung.

Keenan adalah seorang pelukis muda yang memiliki bakat, tetapi ayahnya tidak menyepakati Keenan jadi seorang pelukis. Pertemuan itu jadi awal cerita cinta Kugy serta Keenan, cerita cinta yang demikian rumit untuk diungkapkan.

Kugy, Keenan, Eko, serta Noni jadi bersahabat serta salalu mengisi waktu bersama. Kugy serta Keenan jadi demikian dekat, kerap berjumpa dan sama-sama menyukai dan kagum pada satu sama lain.

Keenan kagum dengan hasrat Kugy untuk jadi penulis cerita dongeng. Begitu-pun dengan Kugy yang kagum dengan lukisan Keenan. Keenan dengan ketertarikan membaca dongeng dari Kugy.

Satu kekurangan Kugy dalam cita- citanya yaitu, dia tidak dapat melukiskan tokoh dari dongengnya. Sampai Keenan terinspirasi membuatkan gambar dari cerita dongeng Kugy. Keduanya saling kagum sampai muncul perasaan cinta yang demikian dalam.

Ketika hubungan keduanya makin dekat, perseteruan muncul di antara cerita mereka. Eko serta Noni merencanakan menjodohkan Keenan dengan sepupu Noni, Wanda. Wanda adalah gadis cantik anak yang memiliki sebuah galeri populer di Jakarta.

Hal semacam itu membuat Kugy merasa hancur serta sakit hati, melihat Keenan serta Wanda yang tiap harinya makin dekat. Kugy menutupi perasaannya dengan menjauh dari Keenan, Eko serta Noni. Membuat hubungan persahabatan mereka jadi retak.

Puncaknya, Kugy tidak hadir dalam acara ulang tahun Noni yang membuat keduanya saling berdiam diri saat berjumpa, serta tidak saling menegur.

Kugy mengambil keputusan untuk menyelesaikan kuliahnya lebih cepat untuk melupakan semua masa lalu serta persahabatnnya meskipun itu membuatnya sakit. Sedangkan Keenan yang putus harapan atas sikap Wanda mengambil keputusan untuk meninggalkan Bandung serta pergi ke Bali.

Di Bali, Keenan tinggal bersama Pak Wayan, rekan Ibunya yang udah dianggap seperti keluarganya sendiri. Perlu waktu lama untuk Keenan kembali melukis. Dalam pikirannya cuma ada Kugy serta beserta cerita dongengnya yang senantiasa jadi ide baginya untuk melukis.

Keenan pada akhirnya membulatkan tekad untuk kembali melukis, lantaran adanya Luhde, keponakkan Ayah Wayan. Luhde begitu terinspirasi dengan Kugy membuat Keenan melabuhkan hatinya untuk Luhde.

Di sisi lain, Kugy yang udah menyelesaikan kuliahnya menjalin hubungan dengan remi, bos dari Kugy. Remi juga adalah pengagum lukisan Keenan, serta jadi pembeli pertama lukisan Keenan.

Kugy tidak tahu kalau Remi mengenal Keenan. Keenan tidak tahu kalau pacar sekaligus calon istri Remi yaitu Kugy. Sampai pada suatu ketika hati mereka saling memilih, serta Remi mengambil keputusan untuk membatalkan lamaran pernikahannya dengan Kugy.

Luhde juga mengambil keputusan untuk merelakan serta meninggalkan Keenan. Secara tidak sengaja Keenan serta Kugy berjumpa disuatu tempat dan jadi akhir petualangan cinta agen Neptunus.

Kesimpulan: 

Cerita yang dikisahkan dalam novel ini penuh dengan perseteruan batin, susah untuk melepaskan perasaan yang udah tertanam demikian dalam di hati seseorang. Rumit, serta banyak peristiwa yang semestinya gampang untuk diselesaikan tetapi lantaran ego masing-masing pihak.

Novel ini dapat mengajarkan kalau kita mesti yakin dengan apa yang kita kerjakan. Hobi yaitu pekerjaan paling menyenangkan.

Jadi diri sendiri, bebas serta berkarya apa pun hasilnya, tetapi kepuasan batin serta menyenangkan orang banyak dengan hasil karya pribadi yang mencerminkan diri sendiri yaitu arti kehidupan serta hasil yang berharga serta tidak ternilai dengan materi.

Novel ini dapat mengajarkan arti persahabatan. Kalau sebenarnya teman dekat meskipun dalam masa-masa susah sekalipun, tidak akan dapat melihat sahabatnya terluka.

Penulis “Dee” dapat menceritakan detil tiap tokoh dalam novel ini, hingga bisa membuat pembaca terjun dalam kehidupan masing-masing tokoh. Membawa pembaca untuk dapat menikmati tiap jalan cerita, serta membawa pembaca untuk membaca tiap halamannya, tiap lembarnya dengan begitu antusias.

Dia juga dapat mentransformasikan pendewasaan dalam tiap tokoh di novel ini. Pendewasaan yang udah sewajarnya muncul dari seorang remaja jadi pribadi yang lebih dewasa serta menghargai arti kehidupan, persahabatan, serta cinta.

Contoh Sinopsis Novel Lainnya

Contoh 3
Sumber: referensibukubagus.wordpress.com
Contoh 4
Sumber: referensibukubagus.wordpress.com
Demikianlah pembahasan kami mengenai Contoh Sinopsis Novel Best Seller, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Sinopsis Novel di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam membuat Sinopsis Novel. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. lenterahidup.net
  2. ensiklopedipendidikan.com 
Back To Top