Contoh Slip Gaji (Salary Slip)

Contoh Slip Gaji (Salary Slip). Hai sahabat, di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Contoh Slip Gaji (Salary Slip). Langsung saja kita mulai pembahasan kali ini ya, sahabat.

Pengertian Slip Gaji

Sumber: bisnis.liputan6.com
Saat sebelum kita masuk pada pembahasan contoh slip gaji, alangkah lebih baik apabila kita mengetahui atau mengerti terlebih dulu tentang arti dari slip gaji.

Slip gaji adalah fakta otentik maupun fakta resmi penerimaan pendapatan dari pemberi kerja untuk beberapa pekerja, pegawai atau karyawan.

Di dalam slip gaji atau pendapatan ada beberapa bagian nominal spesifik, baik itu secara terperinci maupun cuma sekadar ringkasan saja.

Yang di dalamnya berkaitan dengan pendapatan bersihnya, contohnya seperti bayaran pokok, bonus pendapatan, atau pengurangan pendapatan yang termasuk juga ke dalam nilai pinjaman kalau itu ada.

Baik perusahaan itu yang mempunyai sistem pendapatan berbentuk netto maupun gross up, slip gaji selalu diterbitkan.

Manfaat Slip Gaji atau Penghasilan 

Sumber: fedsmith.com
Untuk Perusahaan: 
  1. Slip gaji mempunyai fungsi sebagai fakta atau pernyataan yang resmi kalau perusahaan itu sudah menjalani kewajibannya pada pegawai atau karyawan yang berkaitan tentang banyaknya nominal spesifik yang udah jadi hak karyawan. 
  2. Slip bayaran juga berperan sebagai satu diantara dokumentasi atas pencatatan pengeluaran bayaran/pendapatan atas pengeluaran dana dari perusahaan yang bersangkutan. 
Untuk Karyawan: 
  1. Slip gaji mempunyai fungsi sebagai sebuah kejelasan sebagai komponen sebagai proses penggajian untuk Petugas. 
  2. Pernyataan yang sah sebagai berita potongan pajak atau penyetoran pajak sebuah pendapatan. 
  3. Referensi dalam penyelenggara pembiayaan/pinjaman credit atas dasar permintaan Petugas yang menjadi kebenaran otentik. 

Struktur Slip Gaji Karyawan 

Di dalam slip gaji karyawan ada beberapa sisi yang butuh untuk kita pahami, salah satunya yaitu sebagai berikut ini:
  • Nama Perusahaan 
Sisi yang berada paling atas dalam slip gaji adalah nama perusahaan. Pada bagian tersebut jadi sebuah penegasan bahwasanya slip gaji ini adalah satu diantara bagian dari dokumen yang resmi perusahaan.
  • Kerahasiaan Gaji 
Lantas setelah nama perusahan, yang selanjutnya ada adalah bagian yang menyebutkan tentang sebuah kerahasiaan slip gaji itu. Kerahasiaan itu dinyatakan secara Confidential dan Private.
  • Tanggal Pembayaran, Subdepartemen dan Data Karyawan 
Dan di bagian berikutnya terdapat tanggal pembayaran gaji, data subdepartemen serta ada pula data singkat tentang karyawan.

Di bagian data sub departemen terdiri dari nama dan alamat subdepartemen. Sedangkan di bagian data karyawan terdiri dari nama, nomer pegawai dan Nomer Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Pendapatan serta Potongan 
Serta untuk sisi selanjutnya terdapat pendapatan serta potongan. Yang mana di bagian pendapatan terdiri dari gaji pokok, insentif dan tunjungan lainnya.

Sedangkan untuk sisi potongan sendiri terdiri dari bagian iuran Jamsostek serta saving plan karyawan dan iuran koperasi perusahaan serta masih banyak lagi yang lain.
  • Detil Pembayaran Gaji 
Serta untuk sisi paling akhir ini terdiri dari detil pembayaran gaji, di sini ada beberapa bagian, salah satunya sebagai berikut ini:
  1. Pajak Bulanan 
  2. Pendapatan sebelum dipotong pajak 
  3. Pendapatan sesudah dipotong pajak 
  4. Jumlah uang bersih yang diterima 
  5. Nama bank yang melakukan pembayaran 

Contoh Slip Gaji 

Ada beberapa contoh tentang pembayaran yang disertai dengan slip gaji yang kerap kali dipakai oleh perusahaan dalam melakukan penggajian pada karyawan swasta maupun pegawai negeri sipil. Untuk lebih detilnya, mari kita simak contoh slip gaji berikut ini:

Contoh 1
Sumber: contohsuratdinas.com
Contoh 2
Sumber: contohsuratdinas.com
Contoh 3
Sumber: contohsuratdinas.com
Contoh 4
Sumber: flickr.com
Contoh 5
Sumber: datanesia.com
Contoh 6
Sumber: inigajipegawai.blogspot.com
Contoh 7
Sumber: inigajipegawai.blogspot.com
Demikianlah pembahasan kami mengenai Contoh Slip Gaji (Salary Slip), untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Contoh Slip Gaji (Salary Slip) di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam membuat Contoh Slip Gaji (Salary Slip). Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. gopena.com 

Related Posts

Contoh Slip Gaji (Salary Slip)
4/ 5
Oleh