6 Contoh Berita dan Cara Penulisannya

6 Contoh Berita dan Cara Penulisannya. Contoh Berita, Contoh Berita Singkat, Pengertian Berita, Berita – Berita yang menarik dan dibutuhkan masyarakat luas.

Pengertian Berita

Sumber: ilmusiana.com
Pada intinya banyak sekali pengertian maupun pendapat beberapa pakar yang menjelaskan tentang arti dari kata berita. Walaupun banyak pendapat tentang arti berita, akan tetapi nyaris semua pendapat itu mempunyai arti maupun inti yang sama.

Berikut ini beberapa definisi dari kata berita yang mungkin saja sudah mewakili semua pendapat yang terkait dengan pengertian berita:
  • Menurut KBBI 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita bisa disimpulkan sebagai satu narasi maupun info yang berisi informasi tentang beragam peristiwa maupun momen yang hangat.
  • Anonimous 
Berita adalah laporan peristiwa (kenyataan) yang disertai dengan pendapat (opini) yang bersifat aktual, penting, serta menarik.
  • Anonimous 
Pengertian berita adalah informasi baru yang dipertunjukkan/disajikan dalam pembacaan/penulisan yang pasti, menarik, serta aktual.

Unsur-unsur yang Mesti Ada di dalam Berita 

Berita mengandung beragam unsur-unsur penting yang perlu ada di dalamnya. Unsur-unsur itu yakni yaitu 5W + 1H, yakni: 
  1. What, yakni berita harus berisi informasi tentang apa yang tengah terjadi. 
  2. Who, yakni berita harus berisi informasi tentang siapapun yang ikut serta dalam peristiwa yang diberitakan. 
  3. Why, yakni berita harus berisi informasi tentang argumen/latar belakang peristiwa yang diberitakan. 
  4. When, yakni berita harus berisi informasi tentang kapan peristiwa yang diberitakan terjadi. 
  5. Where, yakni berita harus berisi informasi mengenai tempat peristiwa. 
  6. How, yakni berita harus berisi tentang bagaimana peristiwa yang diberitakan itu dapat terjadi. 

Syarat Berita 

Tidak hanya mengandung unsur-unsur di atas, berita juga mempunyai kriteria spesifik yang perlu dilengkapi hingga satu informasi layak disebut sebagai berita. Kriteria itu yakni:
  1. Berita mesti merupakan kenyataan 
  2. Berita mesti merupakan peristiwa paling baru (belum lama terjadi) 
  3. Berita mesti seimbang (tidak memihak) 
  4. Berita mesti lengkap (mengandung seluruh unsur berita) 
  5. Berita mesti menarik serta bermanfaat 
  6. Berita mesti disusun dengan sistematis 

Contoh Berita 

Sumber: bintang.com
Contoh berita mengenai Pendidikan 

Contoh 1
Sumber: news.okezone.com
"Buku LKS SD mengandung konten narkoba" 

Tangerang Selatan - Polisi akan memproses secara hukum untuk siapa saja yang lalai dan ikut serta atas peredaran buku Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA kelas 5 SD berkonten narkoba di Tangerang Selatan (Tangsel).

Kapolres Tangsel, AKBP Ayi Supardan meyakinkan, tim gabungan tengah menyelidiki lolosnya LKS itu ke sekira 32 sekolah yang ada di Ciputat serta Pondok Aren. Bila ada unsur kelalaian, di pastikan sanksi pidana tengah menanti bagi pihak yang ikut serta.

"Tim gabungan tengah menyelidiki, bila ada unsur kelalaian akan kita proses hukum" kata Ayi selesai menghadiri deklarasi damai Pilgub Banten 2017 di Ciater, Serpong, Senin (31/10/2016).

Tim gabungan yang terbagi dalam Dinas Pendidikan (Disdik), Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) serta Polres Tangsel terus menelusuri siapa saja yang ikut serta dalam peredaran LKS terbitan Bakti Ilmu (BI) itu.

Kehadiran LKS itu diduga ikut melibatkan beberapa oknum dari Disdik Tangsel ataupun pihak sekolah, mengingat peredarannya yang demikian leluasa serta tidak memperoleh pengawasan ketat mulai sejak tahun lalu.

"Nanti kan penerbitnya akan di panggil, akan kami mintai info siapa saja timnya untuk mencetak buku itu. Kami juga masih tetap menanti adanya laporan dari korban maupun orangtua siswa yang merasa dirugikan atas konten narkoba itu" tuturnya.

Contoh 2 
Sumber: news.okezone.com
"Peserta SBMPTN Naik Signifikan, Sebagian besar Siswa Sudah Melek Teknologi" 

Jakarta - Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 Ravik Karsidi menyampaikan, kuota SBMPTN Computer Based Test (CBT) tahun ini bertambah tajam tidak terlepas dari pola pikir sebagian besar siswa yang udah melek teknologi.

Hal semacam ini, tuturnya, dibuktikan dari tingginya permintaan CBT tahun lalu sementara panitia belum siap dari sisi sarana prasarana. Ravik menjelaskan, keuntungan CBT adalah lebih cepat serta dari segi kerahasiaan juga lebih terjaga.

Rektor Universitas Negeri Sebelas Maret ini menjelaskan, permasalahan infrastruktur CBT udah tidak ada persoalan. Sebab seluruh perguruan tinggi menyebutkan siap untuk mensupport ujian computer ini.

“Perguruan tinggi semua siap. Serta kita juga udah menjajaki kerjasama dengan SMA yang melakukan UN BK. Jadi urusan infrastruktur udah tidak ada masalah” tuturnya, Selasa (17/1/2017).

Dia mengemukakan, penerimaan mahasiswa baru mesti memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, serta tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, serta tingkat kapabilitas ekonomi.

Tidak hanya itu juga tetap memerhatikan potensi calon mahasiswa serta kekhususan perguruan tinggi.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Herry Soehardiyanto mengemukakan, inovasi serta terobosan memanglah senantiasa dikembangkan tiap tahun untuk seleksi mahasiswa baru yang lebih bermutu.

Menurutnya, SBMPTN CBT ditingkatkan kuotanya untuk mengantisipasi kecurangan. “Kami terus-terusan berimprovisasi. Dulu yang cuma kertas saat ini CBT untuk mengantisipasi kecurangan supaya tidak terjadi lagi” terangnya.

Contoh 3 
Sumber: smamudaspa.sch.id
"Jokowi Minta Pendidikan Karakter Lebih Ditingkatkan" 

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil tiga anak buahnya yaitu Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, Mendikbud Muhajir Effendi, serta Menristekdikti M Nasir, ke Istana Negara.

Menurut Menag Lukman, Presiden memanggil ‎tiga menteri sekaligus untuk mengulas permasalahan pendidikan, terlebih pendidikan karakter bangsa sebagai perhatian serius pemerintah.

‎ "Bagaimana pendidikan berkaitan dengan jati diri ke-Indonesiaan kita yang memanglah di kenal sebagai masyarakat bangsa yang religius, amat agamis, sekaligus amat memerhatikan keragaman, kemajemukan, kebhinekaan" papar Lukman Hakim, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Lukman menyampaikan, Presiden Jokowi amat menginginkan jenis pendidikan karakter bangsa lebih dikembangkan. ‎ Bahkan juga Jokowi menginginkan jenis pendidikan itu dikembangkan di seluruh level pendidikan.

‎ "Oleh sebab itu, tadi diundang oleh Pak Presiden yaitu Mendikbud, Menristekdikti, serta saya" tutur Lukman.

Contoh Teks Berita Mengenai Bencana Alam 

Berikut ini yaitu beberapa contoh teks berita mengenai bencana alam paling baru 2017 

Contoh 4 
Sumber: liputan6.com
"BNPB Prediksikan Bencana Alam pada 2017 Tidak Sedahsyat 2016" 

Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksikan ancaman bencana kebakaran hutan serta banjir pada 2017 tidak sedahsyat tahun sebelumnya. Sebab, fenomena alam akibat perubahan iklim udah berlalu pada tahun depan.

"Menurut BMKG di 2017 tidak ada fenomena penguatan El Nino atau La Nina, diprediksikan ancaman bencana kemarau atau curah hujan tinggi berstatus normal" ungkap Kepala Pusat Data Informasi serta Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Sutopo menlanjutkan, bencana hidrometrologi tetap mendominasi pada tahun depan. Bencana yang dimaksud seperti banjir serta longsor.

"Bencana hidrometrologi mendominasi, diperkiraan hingga 90 persen di 2017, seperti banjir, longsor, serta puting beliung. Puncaknya ada di Januari sampai Maret" tambah Sutopo.

Kebakaran serta banjir jadi bencana langganan selama 2016. Fenomena perubahan iklim punya pengaruh besar dalam parahnya kebakaran hutan di Sumatera serta Kalimantan. Demikian halnya banjir.

Beberapa lokasi banjir, Indonesia dikagetkan bencana itu seperti di Bandung serta Bima menjelang akhir tahun ini.

Contoh Lainnya:

Sumber: id.techinasia.com
Contoh 5
Sumber: ugm.ac.id
Contoh 6
Sumber: awm-menulis.blogspot.co.id
Demikianlah pembahasan kami mengenai 6 Contoh Berita dan Cara Penulisannya, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Berita di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam membuat Berita. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. rangkingkelas.com
  2. pengertiandefinisi.com 

Related Posts

6 Contoh Berita dan Cara Penulisannya
4/ 5
Oleh