14 February 2017

Contoh Berita Acara dan Cara Membuatnya

Contoh Berita Acara dan Cara Membuatnya. Hai sahabat, kali ini kami akan mengajak kalian untuk membahas tentang Pengertian dan Contoh Berita Acara: dan Cara Membuatnya. Dan, langsung saja kita mulai pembahasan kali ini, ya.

Pengertian Berita Acara

Berita Acara yaitu satu naskah dinas (atau surat) yang di dalamnya berisi pernyataan pengesahan mengenai sebuah aktivitas, rapat, kehilangan, kerusakan serta serah terima barang.

Penyelesaian pekerjaan, kejadian, peristiwa, perubahan status, dan lain-lain. untuk sebuah persoalan masalah baik berbentuk pelaksanaan, perencanaan maupun pengendalian kebijaksaan pimpinan.

Contoh Berita Acara

Sumber: contohsurat123.com
Berita Acara amat diperlukan untuk mereka yang merasa kesusahan untuk membuatnya atau bahkan juga tidak tahu menahu mengenai berita acara tersebut. Walau sebenarnya, berita acara amat penting sekali dalam satu hubungan kerja atau apa pun yang melibatkan banyak pihak.

Berita acara juga berfungsi sebagai dokumen yang menjadi ‘saksi’ kalau sebuah aktivitas (rapat, serah terima barang, dan lain-lain) betul-betul terjadi.

Berita memuat catatan yang detil tentang siapa yang ikut serta, di mana peristiwa itu terjadi, waktunya, dan lain-lain. secara lengkap sebagai satu informasi valid mengenai sebuah acara.

Berita acara bahkan juga kerap dapat dikatakan sebagai dokumen yang menerangkan kronologi (urutan keterangan; waktu) untuk kepentingan bisnis serta hukum.

Ada format-format yang perlu di perhatikan dalam membuat berita acara, adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Berita Acara 

  • Pihak yang ikut serta dalam acara (kegiatan, rapat, kehilangan, kerusakan serta serah terima barang, penyelesaian pekerjaan, kejadian, peristiwa, perubahan status, dan lain-lain) dicatat dengan detil. Umumnya terdiri dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, pekerjaan, serta poin-poin lain yang bakal menambah kevalidan informasi sebuah pihak seperti No. Identitas (KTP/SIM), NPWP, dan lain-lain. 
  • Urutan peristiwa meliputi jam, hari, tanggal, bulan, serta tahun. 
  • Tempat kejadian dicatat meliputi alamat lengkap termasuk juga kode posnya. 
  • Di tandatangani oleh pihak-pihak yang ikut serta dalam acara itu. 
  • Dapat ditambahkan saksi bila dibutuhkan untuk melindungi ke-sah-an berita acara. 
  • Berita acara serah terima barang, jabatan, serta pekerjaan mesti diperinci tentang jenis yang diserah terimakan.
Berikut ini adalah contoh-contoh dari berbagai jenis berita acara:

Contoh Form Berita Acara Rapat
Sumber: satriabajahitam.com
Contoh Berita Acara Rapat
Sumber: satriabajahitam.com
Cara Membuat Berita Acara Kehilangan Barang Perusahaan 

Secara umum berita acara kehilangan (surat berita acara kehilangan) digunakan saat ada sebuah barang yang hilang; umumnya barang punya perusahaan. Mungkin saja kita menanyakan, mengapa mesti dibuatkan berita acaranya?

Fungsi intinya yaitu sebagai dokumen yang perlu disertakan ke pihak kepolisian apabila mau ‘kasus’ kehilangannya ditangani.

Nah, ini merupakan format umum yang digunakan dalam surat berita acara kehilangan:

Contoh Form Berita Acara Kehilangan
Sumber: satriabajahitam.com
Contoh Berita Acara Kehilangan
Sumber: contohsurat16.com
Cara Membuat Berita Acara Serah Terima Barang 

Berita acara serah terima barang dipakai ketika ada beberapa pihak (umumnya dua pihak) yang mengalihpemilikan sebuah barang. Hal itu guna sebagai bukti kalau barang itu sudah resmi dialihkan.

Berikut ini yaitu format yang kerap dipakai dalam berita acara serah terima barang:
Sumber: contohsurat16.com
Contoh Surat Berita Acara Kegiatan Seminar
Sumber: contohsurat16.com
Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian dan Contoh Berita Acara: dan Cara Membuatnya, untuk berbagai keperluan yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Harapannya semoga contoh berita acara di atas sedikitnya dapat memberikan manfaat tersendiri bagi anda para pembaca, khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam membuat surat berita acara.

Jika berita acara di atas berguna dan layak untuk diteruskan kepada orang lain, silahkan like dan share melalui tombol di bawah. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
Back To Top