13 February 2017

5 Contoh Biodata dan Cara Membuatnya

5 Contoh Biodata dan Cara Membuatnya. Hai sahabat, kali ini kita akan membahas segala hal yang berkaitan dengan, Biodata. Sebelum kamu melamar kerja, pasti kamu akan membuat Biodata (Biodata Diri Lengkap) alias Daftar Riwayat Hidup terlebih dahulu.

Pengertian Biodata

Sumber: businessletterformats.com
Dalam membuat biodata diri, entah untuk maksud melamar pekerjaan atau tengah mengajukan berkas tertentu, kita harus mencantumkan informasi penting berkaitan dengan kriteria yang diajukan.

Beberapa perusahaan mempunyai contoh formulir biodata diri tersendiri hingga mempermudah kita untuk mengisinya. Walau demikian, rata-rata di awal-awal kita diminta membuat sendiri.

Nyatanya, ada banyak loh yang binggung mengenai cara membuat biodata lengkap yang baik serta benar. Nama lain biodata diri ini lazimnya disebut dengan CV atau Curriculum Vitae.

Biodata Diri (Riwayat Hidup)

Ada pula yang menyebutnya lampiran daftar riwayat hidup. Apa pun namanya, biodata diri ini mesti jujur serta benar.

Seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nomer telephone/handphone, e-mail, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, ketrampilan (soft skill) yang dipunyai, pernah menempati jabatan apa saja, apa deskripsi pekerjaan terdahulu.

Alasan kenapa berhenti bekerja (untuk yang udah pernah bekerja) atau apa yang menjadi motivasi untuk bekerja (bila fresh graduate), serta masih banyak lagi. Tergantung keinginan atau requirement masing-masing perusahaan tempat Anda mau melamar kerja.

Ada 5 prinsip mendasar untuk buat CV menarik dan baik yang perlu Anda simak:
  • Konsentrasi pada hal penting
Ingatlah bila pengusaha biasanya memakai kurang dari 1 menit membaca CV lamaran kerja saat sebelum memastikan untuk menolaknya. Bila melamar lowongan kerja yang diiklankan, pastikan dulu Anda telah memenuhi setiap proses aplikasinya.

Janganlah membuat daftar surat riwayat hidup sampai melebihi dari 2 halaman A4. Apabila pengalaman kerja terbatas, jabarkan pendidikan dan latihan yang menyoroti kegiatan dan penempatan.
  • Jelas dan Ringkas
Gunakan kalimat pendek dengan berkonsentrasi pada aspek yang relavan dari pelatihan dan pengalaman kerja, Hindari kalimat klise, berikanlah contoh khusus pada poin prestasi.
  • Menyesuaikan sesuai sama pos yang dilamar
Sorot kapabilitas Anda sesuai sama kebutuhan perusahaan, Konsentrasi pada keterampilan yang sesuai sama pekerjaan.
  • Perhatikan Presentasi CV
Dengan menyajikan keterampilan dan kompetensi dengan jelas dan logis. Berikanlah informasi yang paling relavan, perhatikan ejaan dan tanda baca.
  • Cek CV sekali lagi
Setelah isi seluruh data-data riwayat hidup, jangan sampai lupa untuk memeriksanya kembali, memperbaiki kesalahan ejaan, menegaskan tata letak yang pasti dan logis.

Apabila memungkinkan upayakan agar orang lain turut membaca lagi Curriculum Vitae Anda sampai Anda meyakini isi yang pasti dan mudah dipahami. Sebisa mungkin tempelkan foto 4x6 paling baru Anda di bagian atas CV.

Tidak cuma itu, perlu diperhatikan juga format untuk buat CV lamaran kerja agar jadi satu resume lamaran kerja yang menarik dan baik sampai kesempatan untuk diterima kerja semakin besar.

Berikut ini kami bakal memberikan lima buah contoh biodata diri yang secara umum dipakai. Tidak perlu sama persis, yang penting Anda memahami prinsip mendasar membuat biodata yang baik.

Contoh Biodata Diri Teks Terlengkap

Contoh Biodata 1
Sumber: needsindex.com
Contoh Biodata 2
Sumber: needsindex.com
Contoh Biodata 3
Sumber: needsindex.com
Contoh Biodata 4
Sumber: needsindex.com
Contoh Biodata 5
Sumber: needsindex.com
Itulah contoh-contoh biodata yang kita pahami. Adapula beragam versi yang lain yang dapat lebih banyak atau lebih sedikit isinya dari contoh di atas.

Yang pasti, butuh diakui kalau dalam mengisi biodata tidak hanya harus baik serta benar harus juga bersifat jujur. Dengan sifat ini pastinya membuat biodata kita lebih baik lagi serta pastinya akurat.

Semoga pembahasan Contoh Biodata dan Cara Membuatnya diatas dapat membantu Anda membuat riwayat hidup lamaran kerja dengan baik. Dan, untuk nama orang, nama sekolah maupun alamat yang terdaftar di atas yakni perumpaan semata, Kalau ada kesamaan hanyalah kebetulan saja.

Referensi:
Back To Top