Pengertian Inovasi: Ciri – Ciri dan Tujuan Inovasi Menurut Para Ahli

Pengertian Inovasi dan Ciri – Ciri Inovasi Menurut Para Ahli. Halo sahabat semua, bertemu lagi dengan kami, yang kali ini membawa segudang informasi, yang akan kami jadikan bahan untuk pembahasan kali ini, yaitu mengenai Pengertian Inovasi dan Ciri – Ciri Inovasi Menurut Para Ahli.

Jadi, sebelum siap-siap memulai aktifitas, ada baiknya lho baca artikel kali ini, buat bekal pengetahuan, yuk langsung kita mulai!

Pengertian atau Definisi Inovasi serta contohnya secara umum. 

Sumber: pengertianku.net
Ilmu Pengetahuan Serta Tehnologi atau yang disingkat IPTEK sekarang berkembang amat cepat hingga bisa memengaruhi kita semua dalam berinovasi.

IPTEK-pun sangat erat hubungannya dengan gaya hidup manusia, lantaran manusia adalah makhluk yang mempunyai sifat mau serba praktis, gampang serta lebih cepat dalam melakukan segala hal, termasuk juga dalam dunia pendidikan, dunia usaha, pemakaian alat untuk berkomunikasi dan lain-lain.

Contohnya pada dunia pendidikan ketika melakukan pelatihan tentang dunia kerja, bisa diketemukan media pembelajarannya yang inovatif sebagai hasil perkembangan IPTEK dari mulai yang simpel sampai modern untuk membantu pelatihan itu.

Dan dengan pelatihan memakai alat bantu yang inovatif amat membantu kegiatan proses belajar mengajar juga.

Manusia yaitu makhluk yang akan senantiasa melakukan Inovasi sesuai sama perubahan zaman pada semua bagian, baik itu dalam membuat serta melakukan perbaikan berbagai hal hingga bisa diperbaharui lagi dan lagi.

Inovasi yaitu proses pembaharuan/penggunaan/pengembangan dengan membuat hal baru yang tidak sama dengan sebelumnya. Inovasi dapat juga disimpulkan penemuan baru dalam tehnologi atau kapabilitas dalam mengenalkan temuan baru yang tidak sama dari yang sudah ada sebelumnya.

Orang yang melakukan inovasi disebut juga dengan inovator. Inovasi harus lah berguna untuk sang inovator atau orang lain. Inovasi dibedakan jadi dua jenis di antaranya sebagai berikut ini:

Inovasi yang terjadi karena sengaja (invention): Inovasi invention yaitu proses timbulnya sebuah hal baru dari gabungan beberapa hal lama yang sudah ada.

Inovasi yang terjadi tanpa sengaja (discovery): Inovasi discovery yaitu penemuan hal baru, baik berbentuk alat maupun ide. Discovery bisa jadi invention, saat orang-orang mengakui serta bisa memanfaatkan hasil inovasi itu.

Memahami Pendapat Beberapa Pakar Mengenai Pengertian Inovasi serta Ciri-Cirinya 

Inovasi adalah satu inspirasi atau ide baru yang belum pernah dikerjakan atau diterbitkan sebelumnya, serta orang yang melakukan inovasi disebut juga dengan inovator.

Umumnya inovasi muncul berdasarkan satu riset yang dilakukan oleh inovator lewat berbagai jenis tindakan serta riset yang terencana.

Pengertian Inovasi Menurut Ahli 

Sumber: pelajaransekolahonline.com
Berikut ini adalah pengertian inovasi menurut pendapat beberapa pakar:
  • Van de Ven, Andrew H. 
Menurut Van de Ven, Andrew H., inovasi yaitu pengembangan serta implementasi beberapa ide baru oleh orang dalam periode waktu spesifik yang dikerjakan dengan beragam kegiatan transaksi di dalam tatanan organisasi spesifik.
  • Everett M. Rogers 
Menurut Everett M. Rogers, inovasi yaitu satu ide, inspirasi, gagasan, praktik atau benda yang di terima serta diakui sebagai satu hal yang baru dari seseorang atau kelompok untuk di implementasikan atau diadopsi.
  • Stephen Robbins 
Menurut Stephen Robbins, inovasi yaitu satu ide atau inspirasi baru yang diaplikasikan untuk melakukan perbaikan sebuah produk serta jasa. Dari pengertiannya itu Stephen Robbins memiliki tiga hal yang di pusatkan yakni ide, produk & jasa serta usaha perbaikan.
  • UU No. 19 Tahun 2002 
Sedangakan menurut UU No. 19 Tahun 2002, inovasi adalah kegiatan riset, pengembangan, serta maupun perekayasaan yang dikerjakan dengan maksud melakukan pengembangan penerapan praktis nilai serta konteks ilmu dan pengetahuan yang baru.

Maupun langkah baru untuk mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan serta tehnologi yang udah ada ke dalam produk maupun proses produksinya.
  • Kuniyoshi Urabe 
Menurut Kuniyoshi Urabe, inovasi yaitu satu aktivitas yang tidak dapat dihasilkan dengan satu kali pukul, tetapi sebuah proses yang panjang serta kumulatif, mencakup banyak proses pengambilan ketentuan, dari mulai penemuan ide sampai ke implementasian nya di pasar.

Inovasi bukanlah merupakan aktivitas pada satu waktu (fenomena waktu), namun proses yang panjang serta kumulatif yang mencakup banyak proses pengambilan keputusan dalam serta oleh organisasi dari mulai penemuan inspirasi untuk pelaksanaannya di pasar.

Reka baru sebagai sebuah “objek” juga mempunyai arti sebagai sebuah produk atau praktek baru yang ada untuk aplikasi, biasanya dalam sebuah konteks komersial.

Umumnya, beragam tingkat kebaruannya bisa dibedakan, tergantung pada konteksnya: sebuah inovasi bisa miliki sifat baru untuk sebuah perusahaan (atau agen/aktor), baru untuk pasar, atau negara atau daerah, atau baru secara sejagat.

Sementara itu, reka baru sebagai sebuah “kegiatan” adalah proses penciptaan reka baru, kerapkali diidentifikasi dengan komersialisasi sebuah reka cipta.

Istilah reka baru memanglah kerap diartikan secara tidak sama, meskipun biasanya mempunyai pemaknaan serupa.

Reka baru, dalam pengetahuan lingusitik yaitu fenomena timbulnya kalimat baru serta bukanlah kalimat warisan. Reka baru tidak sama dengan neologisme. Reka baru bersifat ‘tidak sengaja’.

6 Pengertian Inovasi Menurut Beberapa Pakar Beserta Contohnya Lengkap 

Beberapa contoh pengertian lain mengenai reka baru
  1. Reka baru yaitu ciptaan-ciptaan baru (dalam bentuk wujud maupun tanpa wujud) yang mempunyai nilai ekonomi yang memiliki arti (penting), yang biasanya dikerjakan oleh perusahaan atau terkadang oleh beberapa individu 
  2. Reka baru yaitu aplikasi komersial yang waktu pertama kalinya dari sebuah produk atau proses yang baru 
  3. Reka baru adalah sebuah proses kreatif serta interaktif yang melibatkan kelembagaan pasar serta non-pasar 
  4. Reka baru yaitu transformasi pengetahuan pada produk, proses serta jasa baru; tindakan memakai suatu hal yang baru 
  5. Reka baru adalah eksploitasi yang sukses dari sebuah gagasan baru (the successful exploitation of a new idea), atau mungkin dengan kata lain adalah penggunaan/mobilisasi pengetahuan, ketrampilan teknologis serta pengalaman untuk membuat produk, proses serta jasa baru;
  6. Reka baru yaitu kegiatan riset, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang mempunyai tujuan meningkatkan penerapan praktis nilai serta konteks ilmu dan pengetahuan yang baru, atau langkah baru untuk menerapkan ilmu dan pengetahuan serta tehnologi yang sudah ada ke dalam produk atau proses produksi. 

Inovasi 

Inovasi bisa didefinisikan sebagai proses serta/atau hasil dari pengembangan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, ketrampilan (termasuk juga ketrampilan tehnologi).

Dan, pengalaman untuk membuat atau melakukan perbaikan terhadap produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau system yang baru, yang memberikan nilai yang memiliki arti atau secara signifikan (terlebih ekonomi serta sosial).

Inovasi sebagai “objek” juga mempunyai arti sebagai produk atau praktek baru yang ada sebagai alat atau aplikasi, dalam satu konteks komersial.

Umumnya, berbagai tingkat kebaruan bisa dibedakan, bergantung pada konteksnya: sebuah inovasi mungkin saja baru untuk perusahaan (atau agen/aktor), baru ke pasar, atau negara atau lokasi, pun universal baru.

Sementara itu, inovasi “aktivitas” mereka yaitu proses penciptaan mereka baru, kerap kali diidentikkan dengan komersialisasi mereka hak cipta.

Beberapa Syarat Inovasi

Dari pengertian inovasi yang ada di atas, suatu hal yang bisa dikatakan inovatif saat memenuhi beberapa syarat, di antaranya sebagai berikut ini:
  1. Baru 
  2. Tidak sama dibanding sebelumnya atau yang sudah ada 
  3. Memberikan manfaat untuk inovator serta orang lain 

Ciri-Ciri Inovasi 

Ciri dari inovasi yaitu sebagai berikut ini:
  • Khas 
Ciri yang paling penting dari sebiah inovasi yaitu khas. Bila inovasi yang dikerjakan tidak memiliki ciri khas serta inspirasi atau ide yang di buat udah ada tidak dapat dikatakan sebgai satu inovasi.
  • Baru 
Ciri kedua dari satu inovasi yaitu Baru. Inovasi yang dikerjakan haruslah satu inspirasi atau ide yang baru serta belum pernah ada yang mempublikasikan maupun di publikasikan sebelumnya.
  • Terencana 
Ciri berikutnya yakni inovasi yang di buat udah terencana. Umumnya inovasi sengaja di buat serta direncanakan untuk meningkatkan objek-objek spesifik. Jadi inovasi yang dipublikasikan sebaiknya mempunyai perencanaan yang pas.
  • Mempunyai Tujuan 
Satu riset pastinya mempunyai satu maksud serta tujuan. Maksud serta tujuan inilah yang menjadi satu diantara ciri dari satu inovasi.

Tujuan Inovasi 

Ada beberapa tujuan dari inovasi, salah satunya:
  • Untuk meningkatkan kualitas 
Umumnya maksud inovasi yakni untuk meningkatkan kualitas pada produk atau pelayanan yang udah ada sebelumnya, hingga bisa di peroleh kelebihan serta manfaat yang lebih baik lagi.
  • Untuk mengurangi biaya tenaga kerja 
Inovasi dapat juga mengurangi biaya tenaga kerja, contohnya ketika menproduksi sebuah produk di awal memakai tenaga manusia namun dengan berinovasi saat ini banyak di dapatkan tehnologi yang modern selanjutnya diketemukan-lah mesin-mesin untuk melakukan proses produksi.

Dengan mesin-mesin itu pemakaian tenaga manusia dalam bekerja dalam pekerjaan makin dikurangi, dengan argumen bila memakai mesin akan lebih hemat biaya serta lebih cepat.
  • Untuk membuat pasar baru 
Lantas tujuan yang lain untuk membuat pasar yang baru, lantaran dengan berinovasi seseorang bisa membuka atau mengawali usaha yang baru.
  • Untuk memperluas jangkauan produk 
Inovasi dapat juga memperluas jangkauan sebuah produk, Itupun bila produk tersebut memanglah sangat di butuhkan oleh pembeli serta pastinya berguna banyak.
  • Untuk mengurangi kerusakan lingkungan hidup 
Dengan berinovasi, manusia bisa mengurangi kerusakan lingkungan contohnya bila manusia bisanya memakai bahan bakar fosil untuk menyalakan mesin atau lain-lain, saat ini udah banyak yang memakai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan hingga polusi udara-pun berkurang.
  • Untuk mengganti produk atau pelayanan yang sudah ada 
Contohnya perusahaan yang menproduksi kendaraan bermotor, mereka akan mengganti produk yang sama maupun produk lain dengan beberapa feature yang baru dari produk sebelumnya.

Bisa dilihat saat ini contohnya produk kendaraan bermotor, makin berkembangnya zaman mengalami perubahan contohnya memerlukan konsumsi bahan bakar yang sedikit untuk menempuh jarak spesifik serta makin ramah lingkungan.
  • Untuk mengurangi konsumsi pemakaian energi 
Dengan berinovasi manusia bisa makin menghemat konsumsi daya. Contohnya seperti pada bola lampu, banyak bola lampu yang mengonsumsi daya sangat sedikit namun mempunyai manfaat yang lebih baik dari bola lampu yang sebelumnya.
  • Untuk beradaptasi dengan peraturan 
Ada masanya perusahaan berinovasi lantaran tuntutan sebuah peraturan yang ada pada sebuah tempat atau negara.

Manfaat Inovasi 

Bisa di ambil kesimpulan dari sebagian penjelasan di atas tadi kalau manfaat inovasi yakni untuk menyempurnakan fungsi dari pemanfaatan sebuah produk/sumber daya agar bisa dipakai lebih baik lagi serta dapat diperoleh manfaat yang lebih.

Mengenai manfaat inovasi dalam kehidupan sehari-hari contohnya untuk meningkatkan kegiatan usaha, menemukan langkah yang baru untuk memecahkan permasalahan dan lain-lain.

Contoh Inovasi 

Contoh inovasi contohnya pada penemuan pesawat terbang, makin berkembangnya zaman serta ilmu dan pengetahuan pesawat terbang pun makin dikembangkan lagi dan lagi hingga makin modern serta dapat diperoleh manfaat yang lebih.

Lantas pada perkembangan telephone, makin berkembangnya zaman telephone makin modern hingga diketemukan-lah telephone genggam atau handphone yang bisa di bawa kemana saja yang mempunyai multi fungsi, hingga bisa memudahkan manusia dalam berkomunikasi serta mencari informasi.

Dan contoh yang lain seperti pada AC yang seiring berkembangnya zaman hingga mempunyai keunggulan untuk membasmi berbagai bentuk nyamuk serta bakteri jahat yang dapat meneror kesehatan manusia.

Jadi pendingin ruangan saat ini tidak cuma saja memberikan rasa sejuk namun bisa pula melindungi kesehatan bagi pemakainya.

Dan, tak terasa, sampailah kita di akhir pembahasan kali ini, yang membahas tuntas mengenai Pengertian Inovasi dan Ciri – Ciri Inovasi Menurut Para Ahli. Mudah-mudahan semuanya jelas dan paham ya tentang pembahasan kali ini.

Makasih udah meluangkan waktu untuk belajar bersama. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya, see yaa.

Referensi:
  1. artikelsiana.com
  2. pelajaransekolahonline.com
  3. gurupendidikan.com
  4. pengertianku.net
  5. jelajahinternet.com

Related Posts

Pengertian Inovasi: Ciri – Ciri dan Tujuan Inovasi Menurut Para Ahli
4/ 5
Oleh