Pengertian ISP: Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Pengertian ISP: Fungsi, Jenis, dan Contohnya. Hai sahabat, kali ini kita akan membahas tentang Pengertian ISP Serta Fungsi Dan Jenis Layanan ISP itu sendiri.

Pengertian ISP

Sumber: ficushosting.com
ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider. ISP adalah satu wadah atau organisasi yang menyediakan layanan jasa dalam mengakses internet baik untuk pribadi, perkantoran, sekolah-sekolah ataupun untuk umum.

Internet sekarang udah tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Nyaris seluruh orang memakai layanan ini untuk terhubung ke segala kepentingan serta keperluan.

Supaya kita dapat mengakses internet, diperlukan layanan service ini, lewat cara berlangganan pada service penyedia layanan ISP ini.

Kita cuma membayar dengan pulsa lokal, serta ISP lah yang bakal mengatur secara detail juga beberapa biaya koneksi internet. Dalam pembahasan kali ini, bakal kita ulas mengenai fungsi ISP serta jenis layanan ISP.

Internet Service Provider (ISP) yaitu satu perusahaan penyedia service pada layanan sambungan internet dengan layanan yang lain yang sama-sama terkait. ISP ini mempunyai infrastruktur sebagai fasilitas telekomunikasi yang terkoneksi pada internet.

ISP bakal membagi kapasitas koneksi pada internet yang dipunyainya untuk para pelanggannya yang memerlukan layanan internet. Umumnya system berlangganan sudah ditetapkan dulu ketentuannya. System berlangganan ini pembayarnnya setiap bulan.

Ada pula provider telekomunikasi yang lain yang mengaplikasikan system berlangganan dengan menggunakan system yang berbasiskan quota.

Keberadaan satu internet service provider sekarang udah amat diperlukan, kehandalan system ini nanti bakal punya pengaruh pada kecepatan koneksi yang dipunyai. Saat sebelum memilih berlangganan dengan ISP tertentu, beberapa hal yang perlu di perhatikan yakni:
  • Jenis modem 
Modem yang dipakai oleh pihak ISP supaya sambungannya terkoneksi cepat itu berbeda-beda. Oleh sebab itu, pastikan ISP yang dapat menawarkan modem digital yang memakai kabel serta modem yang sudah support tehnologi berbasiskan 3G untuk sambungan internet yang memakai wireless.
  • Perbandingan sambungan internet 
Jumlah sambungan yang dibagi untuk pelanggan idealnya satu sambungan maksimal 10 tempat supaya terbebas dari lambatnya koneksi internet.
  • Feature tambahan 
Anda mesti cermat menentukan feature yang di tawarkan. Makin banyak menu atau feature yang di tawarkan memperlihatkan ISP itu makin handal.
  • Kecepatan transfer data
Dalam berinternet ria, kita tidak bakal lepas dari yang namanya download, unggah serta searching. Seluruh kegiatan itu bakal amat tergantung dengan kecepatan transfer data yang sudah disiapkan provider.

Makin besar kecepatan transfer data yang disiapkan provider artinya makin besar kecepatan trasfer data yang kita dapatkan dari ISP kita bakal makin cepat proses kita dalam terhubung internet.
  • Bandwith
Pengertian bandwith yaitu lebar saluran data yang dilalui secara bersamaan oleh beberapa data yang ditransfer dalam sebuah jaringan. Ibaratkan bandwith itu jalan raya, makin lebar jalannya makin banyak kendaraan yang dapat lewat secara berbarengan.

Kita perlu untuk memahami badwith yang dipunyai oleh sebuah ISP untuk memahami kapabilitas ISP itu dalam melakukan transfer data, juga supaya dapat dijadikan pembanding dengan ISP yang lain.
  • Menentukan server proxy
Server proxy memungkinkan seseorang user bisa terhubung satu website yang digemarinya lewat cara yang lebih cepat lantaran user bisa berkunjung ke situs favoritnya tanpa tersambung langsung dengan server situs itu. Tidak hanya itu langkah tersebut dapat juga menghemat bandwith.
  • Mempunyai backbone
Saluran koneksi paling utama jaringan ISP dengan internet disebut dengan backbone, dalam pembuatan backbone membutuhkan biaya serta tehnologi yang tinggi, umumnya ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau memakainya secara bersama-sama dengan ISP lain.

Cara itu bisa menghemat biaya namun dapat juga mengurangi kecepatan akses dari masing-masing ISP.
  • Keamanan data
Seperti yang sudah kita pahami, di internet banyak bentuk kejahatan internet yang mengintai. Oleh sebab itu kita mesti meyakinkan apakah service ISP itu sudah memakai system keamanan atau firewall yang baik atau tidak.
  • Hardware
Untuk memastikan service yang bakal kita terima betul-betul terjamin butuh juga di ketahui spesifikasi hardware yang mereka pakai, seperti jumlah serta kecepatan modem yang dipunyai serta rasio pelanggan permodem dalam ISP itu.
  • Teknologi yang digunakan
Tidak hanya apa-apa saja yang udah dijelaskan di atas, hal-hal lain yang butuh kita perhatikan dalam menentukan ISP yaitu tehnologi yang dipakai, beberapa penyedia service internet ada yang memakai system kompresi data yang memungkinkan transfer data jadi lebih cepat.
  • Biaya
Serta yang paling akhir yaitu masalah biaya. Sebisa mungkin, carilah ISP dengan biaya yang sebanding dengan fitur yang diberikan.

Contoh ISP 

Sumber: bijanghayyoomi.wordpress.com
Berikut ini yaitu contoh-contoh Internet Service Provider yang ada di Indonesia:
  • Telkom Speedy 
Telkom speedy yaitu ISP produk dari perusaan besar PT. Telkom Indonesia. Telkom Speedy dapat menawarkan koneksi internetnya yang stabil. Selengkapnya silahkan kunjungi http://telkomspeedy.com
  • Access Service Dedicated To Internet (Astinet) 
Astinet ini juga produk PT. Telkom Indonesia. ISP ini menawarkan layanan untuk sambungan internet pada pemakaian taraf besar. Selengkapnya silahkan kunjungi http://telkomspeedy.com/telkomnet-astinet
  • IM2 
IM2 yaitu layanan sambungan internet dari PT. Indosat. IM2 melayani jasa hosting serta penyewaan domain. Selengkapnya silahkan kunjungi http://www.indosatm2.com/
  • Centrin 
Centrin ini punya PT. Centrin On-line, yakni menawarkan layanan jasa pada koneksi internet dengan memakai infrastruktur yang super modern. Selengkapnya silahkan kunjungi http://www.centrin.net.id
  • Provider Seluler lainnya 
Sekarang nyaris seluruh provider seluler di Indonesia menawarkan jasa layanan internet atau ISP. Service ini umumnya berbasiskan quota yang bisa diaktifkan dengan paketan tertentu, ISP bentuk ini sebagai pilihan pas untuk Anda yang hanya sekedar membutuhkan koneksi internet.

Fungsi Isp 

Mengenai fungsinya adalah sebagai berikut ini:
  1. Sebagai fasilitas atau alat yang bisa memberikan kemudahan untuk user dalam mengakses internet 
  2. ISP bisa dikaitkan dari pelanggan atau user lewat gateway paling dekat 
  3. Menyediakan service yang berbentuk jaringan internet hingga bisa tersambung serta bisa membuka atau mengakses internet 
  4. ISP sebagai satu diantara penghubung dalam menyambungkan internet 
  5. Menyediakan piranti modem yang yang bisa melakukan sambungan dial-up 
  6. Bisa menghubungkan pemakai pada service www (World Wide Web) 
  7. Memberikan tempat homepage. 

Jenis Layanan ISP 

Jenis layanan ISP diantaranya:
  • Dial-Up Connection
Yaitu lewat modem atau kabel telpon yang biasanya dipakai untuk akses internet di rumah. Dial-Up adalah koneksi yang bersifat sementara. Adapun pemakaian akses dial-up ini seperti: personal diap-up; corporate dial-up; night server acces; LAN dial-up ISDN.

Dial-up Connection ini yaitu koneksi ke jaringan internet yang mempunyai sifat sementara di mana pemakai tidak terkoneksi secara terus-menerus ke dalam satu jaringan internet.

Pemakai cuma bakal dikenakan biaya berdasarkan berapa lama waktu untuk mereka tersambung ke dalam jaringan internet.

Serta untuk melakukan Dial-up Connection (mendial) yang harus Anda perlukan yaitu Piranti Keras Elektronik (PC/Laptop), Modem, Saluran Telephone serta Software yang udah disediakan oleh ISP, umumnya Software udah sepaket dengan Modem.

Bentuk koneksi ini umum dipakai oleh pemakai yang mengakses internet lewat rumah serta biasanya computer yang dipakai yaitu computer tunggal ataupun computer milik pribadi.
  • Dedicated Connection
Yaitu bentuk koneksi yang menetap 24 jam serta umumnya banyak dipakai di perusahaan-perusahaan atau beberapa tempat yang banyak memakai keperluan koneksi internet serta dipakai oleh banyak computer.

Berarti kalau tersambung ke dalam jaringan internet sepanjang 24 jam serta selama 7 hari. Bentuk dari koneksi ini umumnya banyak dipakai oleh perusahaan yang mempunyai jumlah computer serta karyawan yang banyak.

Untuk menekan biaya internet yang demikian mahal, perusahaan bikin satu jaringan bernama LAN (Local Daerah Network) serta menghubungkan LAN itu ke dalam internet dengan melalui sebuah ISP dan cuma dengan memakai 1 buah modem serta saluran telephone sewa yang on-line sepanjang 24 jam.

Lantaran system ini termasuk juga ke dalam jangkauan yang mahal, umumnya ISP bakal memberikan beberapa cara untuk menekan harga, contoh dengan memberikan batasan jumlah yang bisa untuk diunggah (diupload) atau diunduh (didownload) oleh pelanggan sepanjang 1 bulan.
  • Hotspot
Yaitu merupakan bentuk service internet tanpa memakai kabel seperti dial-up. Hotspot umumnya dipakai di beberapa tempat spesifik seperti cafe, kantin, bandara, beberapa tempat nongkrong, serta beberapa tempat lainnya.
  • Wireless
Wireless juga adalah bentuk service internet tanpa kabel. Service akses internet ini tidak dipungut biaya telephone, namun cuma dikenakan tarif atau biaya penggunaan internetnya saja.
  • Mobile Access
Satu service untuk mengakses internet yang bisa dikerjakan dengan gampang kapan saja serta dimana saja lewat Handphone atau telephone genggam. Service ini amat berguna untuk pemakai handphone yang mensupport kecanggihan tehnologi ini, baik GSM ataupun CDMA.

Beberapa jenis Service yang didapatkan dari Internet service Provider (ISP) 

Beberapa jenis service yang didapatkan Isp diantaranya yaitu sebagai berikut ini:
  • Electronic Mail/E-mail/Messaging 
Electronic mail (e-mail) adalah satu diantara service yang ada di internet. Service ini dipakai untuk saling korespondensi antar teman, relasi, instansi serta lain sebagainya. Dengan E-mail data di kirim secara elektronik hingga sampai di tujuan dengan sangat cepat.

Juga kita bisa mengirim file-file berbentuk program, gambar, graphik serta lain sebagainya. Kita dapat juga mengirim ke lebih dari satu orang sekalian pada saat bersamaan. Ide konsep E-mail yaitu seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, di mana kita mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju.

Dari Kantor Pos itu akan di sampaikan ke Kantor Pos yang paling dekat dengan alamat yang dituju serta pada akhirnya sampai ke alamat itu. Serta si penerima cuma membuka kotak pos-nya saja yang ada di depan tempat tinggalnya.

Di sini si Pengirim tidak tahu apakah si orang yang dituju itu udah menerima surat itu, hingga surat itu dibalas.

E-mail atau bila dalam istilah Indonesia, surat elektronik, yaitu aplikasi yang memungkinkan beberapa pemakai internet untuk saling mengirim pesan lewat alamat elektronik di internet.

Beberapa pemakai e-mail memilki satu mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam sebuah mailserver.

Sebuah Mailbox mempunyai satu alamat sebagai pengenal supaya bisa berhubungan dengan mailbox yang lain, baik berbentuk penerimaan ataupun pengiriman pesan.

Pesan yang di terima bakal ditampung dalam mailbox, berikutnya yang memiliki mailbox sewaktu-waktu bisa mengecek isinya, menjawab pesan, meniadakan, atau menyunting serta mengirimkan pesan e-mail.

Tiap pengguna layanan e-mail bisa mempunyai alamat E-mail dengan dua langkah, yaitu menggunakan: 
Sumber: jokowarino.id
Web mail, yakni E-mail yang bisa didapat dengan mendaftarkan diri pada site-site yang menyediakan E-mail space pada servernya baik yang gratis atau berbayar seperti: hotmail, yahoo mail, mailcity, usanetmail, cmpnetmail, dan sebagainya.

Pop mail, yakni E-mail yang bisa didapat apabila kita mendaftarkan diri pada mail server spesifik (umumnya dengan beberapa syarat spesifik), contohnya punya ISP di mana anda terkoneksi atau punya lembaga di mana anda sedang bekerja.

Browser untuk POP mail umumnya memakai browser sendiri seperti Netscape Messenger atau Microsoft Internet Mail.
  • Alamat Email 
Alamat dibutuhkan dalam proses pengiriman e-mail. System pengalamatan pada email memakai format identitas serta domain yang dikombinasi memakai karakter @ (at, di baca et), seperti contohnya: namasaya@domain.or.id.

Pengiriman e-mail dilakukan oleh protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah protokol di jaringan TCP/IP yang mengatur bagaimana e-mail beralih di antara host serta pengguna. E-mail di sampaikan pada penerima yang dituju.

Lalu penerimaan e-mail dilakukan oleh beberapa protokol yakni POP (Post Office Protocol) serta IMAP (Internet Message Access Protocol). Protokol POP digunakan untuk mengambil e-mail yang tersimpan pada mailbox untuk kemudian di baca dengan memakai aplikasi e-mail.

IMAP mempunyai fungsi yang sama juga dengan POP, cuma IMAP mempunyai feature yang lebih banyak dari pada POP.

Layanan e-mail umumnya digolongkan dalam dua basis, yakni e-mail berbasiskan client serta e-mail berbasiskan web. Untuk pemakai e-mail berbasiskan client, kegiatan per-emailan dikerjakan dengan memakai piranti lunak e-mail client, umpamanya Eudora atau Outlook Express.

Piranti lunak ini menyediakan beberapa fungsi penyuntingan serta pembacaan e-mail secara off line (tidak tersambung ke internet), dengan hal tersebut, biaya koneksi ke internet bisa dihemat. Koneksi cuma dibutuhkan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima (recieve) e-mail dari mailbox.

Demikian sebaliknya, untuk pemakai e-mail berbasiskan web, semua aktivitas per-emailan mesti dikerjakan lewat sebuah website situs. Dengan hal tersebut, untuk memakainya haruslah dalam kondisi on-line.

Alamat e-mail dari ISP (Internet Service Provider) biasanya berbasiskan client, sedangkan e-mail berbasiskan web umumnya disediakan oleh penyelenggara service e-mail gratis seperti Hotmail (www.hotmail.com) atau YahooMail (mail.yahoo.com).

Beberapa pemakai e-mail bisa membentuk grup sendiri yang diwakili oleh satu alamat e-mail. Tiap e-mail yang ditujukan ke alamat e-mail grup bakal secara automatis diteruskan ke alamat e-mail semua anggotanya.

Grup sejenis ini disebut dengan milis (mailing list). Satu milis didirikan atas dasar persamaan ketertarikan atau kebutuhan serta umumnya digunakan untuk kepentingan diskusi atau pertukaran informasi di antara beberapa anggotanya.

Sekarang, satu diantara server milis yang cukup banyak dipakai yaitu Yahoogroups (www. yahoogroups. com).

Pada awalnya system e-mail cuma bisa dipakai untuk mengirim informasi dalam bentuk teks standard (di kenal sebagai ASCII, American Standard Code for Information Interchange).

Ketika itu sulit untuk mengirimkan data yang berbentuk berkas non-teks (di kenal sebagai file binary). Langkah yang umum dilakukan saat itu yaitu dengan memakai program uuencode untuk mengubah berkas binary itu jadi berkas ASCII, lantas baru dikirimkan lewat e-mail.

Ditempat tujuan, proses sebaliknya dilakukan. Berkas ASCII itu dirubah kembali pada berkas binary dengan memakai program uudecode. Langkah tersebut pastinya sangat kompleks lantaran tidak terintegrasi dengan system e-mail.

Belakangan dikembangkan standard baru yang disebut dengan MIME (Multipurpose Internet Mail Extensions). Standard ini di ciptakan untuk memudahkan pengiriman berkas dengan lewat attachment (lampiran).

MIME juga memungkinkan satu pesan diantar dalam berbagai macam bentuk huruf, warna, ataupun elemen grafis. Meskipun nampak menarik, pemakaian MIME bakal membengkakkan ukuran pesan e-mail yang diantar.

Hal semacam ini jelas bakal memperlambat waktu yang diperlukan untuk mengirim ataupun menerima pesan. Dalam soal ini, ada saran supaya sebisa mungkin memakai format teks standard dalam penyuntingan e-mail.

Gunakan MIME cuma untuk pesan-pesan spesifik yang memanglah memerlukan penampilan yang lebih kompleks.

Itulah pembahasan kita kali ini mengenai Pengertian ISP: Fungsi, Jenis, dan Contohnya. Sebab, kita perlu memahami seluk beluk dari ISP, karena hampir tiap saat kita menggunakannya dalam keseharian, untuk kerja, mengerjakan tugas, atau keperluan lainnya.

Mudah-mudahan pembahasan kali ini membuat kita semua semakin mantap memilih ISP yang tepat. Makasih ya udah mampir dan belajar bareng di sini. Sampai bertemu lagi di postingan selanjutnya, sahabat.

Referensi:

  1. seputarpengetahuan.com
  2. miung.com
  3. habibullahurl.com
  4. datautamanet.blogspot.co.id
  5. mochivan224.blogspot.co.id

Related Posts

Pengertian ISP: Fungsi, Jenis, dan Contohnya
4/ 5
Oleh