02 March 2017

5 Contoh Buletin dengan Design Terbaik

5 Contoh Buletin dengan Design Terbaik. Contoh Buletin, Pengertian Buletin, Fungsi Buletin, Tujuan Pembuatan Buletin, Ciri – Ciri Buletin, dan Manfaat Buletin. Design Buletin Terbaik.

Pengertian Buletin

Sumber: farmington-pres.org
Buletin adalah publikasi “oleh organisasi” yang mengangkat perkembangan sebuah tema atau faktor spesifik serta ditertibkan/dipublikasikan secara teratur “berkala” dalam tempo yang relatif singkat “harian sampai bulanan”.

Buletin ditujukan pada khalayak yang lebih sempit, yang terkait dengan bidang spesifik saja. Tulisan dalam buletin biasanya singkat serta padat “mirip berita” di mana digunakan bahasa yang resmi serta banyak istilah teknis terkait dengan bidang itu.

Design, dan beberapa photo atau ilustrasi dalam buletin biasanya formal, pilihan ukuran penerbitan buletin umumnya adalah A4 “210 X 297 mm” atau eksekutif “7¼ x 10½ inci”. Untuk buletin yang terbit secara berkala dalam periode waktu sedang “1-2 bulan”, umumnya ditertibkan dengan jumlah halaman agak tebal “36-120 halaman” yang memuat mengenai fara umainah.

Fungsi Buletin 

Menurut Onong U. Effendy buletin sebagai media komunikasi yang berfungsi sebagai berikut ini:
Menginformasikan “to inform” yaitu memberikan informasi pada masyarakat, memberitahukan pada masyarakat tentang momen yang terjadi, gagasan atau pikiran, serta perilaku orang lain, dan segala suatu hal yang di sampaikan orang lain.

Mendidik “to educate” yakni sebagai sarana pendidikan, dengan komunikasi manusia dapat menyampaikan ide dan fikirannya pada orang lain sampai orang lain mendapatkan informasi dan pengetahuan.

Memengaruhi “to influence” yakni berfungsi memengaruhi setiap individu yang berkomunikasi, tentunya lewat cara saling merubah jalan pikiran komunikasi dan lebih jauh lagi berusaha merubah sikap dan tingkah laku komunikan sama seperti yang diinginkan.

Menghibur “to entertaint” yakni komunikasi bertindak untuk menyampaikan hiburan atau menghibur orang lain.

Tujuan Pembuatan Buletin 

Tentang tujuan dalam pembuatan buletin yaitu: 
  1. Membuat daya tarik agar jadi jurnalis yang baik. 
  2. Jadi daya tarik untuk minat baca. 
  3. Semakin memperbanyak orang yang minat baca
  4. Membuat seru untuk peminat baca. 
  5. Yang tidak minat jadi minat karena adanya buletin. 
Ciri-Ciri Buletin 

Adapun ciri buletin yaitu: 
  1. Di buat oleh satu organisasi, lembaga atau yayasan khusus.
  2. Isi bisa memuat pemikiran satu organisasi/lembaga/yayasan itu. 
  3. Setiap edisi memiliki tema yang tidak sama. 
  4. Konsentrasi di bagian khusus. 
  5. Ada yang teratur mingguan, bulanan. 
  6. Bertema. 
  7. Tertibnya berkala. 
  8. Berupa selebaran/majalah singkat. 
  9. Ukurannya kadanga ada yang A4 dan ada juga yang mempunyai ukuran A5. 
  10. Ditujukan pada khalayak yang lebih sempit yang berkaitan dengan bagian khusus. 
  11. Tulisan dalam buletin umumnya singkat dan padat di mana digunakan bahasa yang resmi dan banyak arti teknis berkaitan dengan sisi itu. 
  12. Design serta ilustrasi dalam buletin umumnya resmi. 
  13. Tidak cuma memuat tulisan/artikel ilmiah, juga diisi berita-berita terkait dengan kegiatan ilmiah dari instansi/asosiasi yang menerbitkan buletin itu. 
  14. Sedangkan untuk ciri terlebih, itu tergantung dari masing-masing buletin yang ditertibkan, karena setiap buletin memiliki ciri khusus yang tidak sama. 
Manfaat Buletin 

Menurut Onong U. Effendy, buletin sebagai media komunikasi yang bertindak sebagai: 
  1. Memberitahukan (to inform) yaitu memberi informasi pada orang-orang, memberitahu pada orang-orang mengenai peristiwa yang terjadi, ide atau pikiran, dan tingkah laku orang lain. Dan segala suatu hal yang disampaikan orang lain 
  2. Mendidik (to educate) yaitu sebagai sarana pendidikan, dengan komunikasi manusia dapat menyampaikan ide dan pikirannya pada orang lain sampai orang lain memperoleh informasi dan pengetahuan 
  3. Merubah (to influence) yaitu manfaat merubah setiap individu yang berkomunikasi, tentunya dengan cara saling merubah jalan fikiran komunikasi dan lebih jauh lagi berusaha merubah sikap dan tingkah laku komunikasi sama seperti yang diinginkan. 
  4. Menghibur (to entertaint) yaitu komunikasi bertindak untuk menyampaikan hiburan atau menghibur orang lain. 
Hubungan Buletin dan Komunikasi 

Menurut Oemi abdurachman dalam bukunya “Dasar - Dasar Public Relations: “Salah satu pekerjaan dari seorang Humas yakni mengadakan komunikasi yang berupa persuasif dan informatif."

Komunikasi persuasif dan informatif dapat ditangani salah satunya lewat brosur-brosur, surat-surat atau buletin. Di mana media itu dapat menyampaikan pesan pada lebih orang kurun waktu yang singkat.

Buletin yakni terbitan berkala yang dengan periode waktu khusus sama seperti kepentingan perusahaan dan terbitan berkala ini yakni satu di antara media informasi yang efektif.

Contoh Buletin

Contoh 1
Sumber: cahkebumen89.wordpress.com
Contoh 2
Sumber: cahkebumen89.wordpress.com
Contoh 3
Sumber: cahkebumen89.wordpress.com
Contoh 4
Sumber: lubangimajinasi.wordpress.com
Contoh 5
Sumber: buletinjumatmasjid.wordpress.com
Demikianlah pembahasan kami mengenai 5 Contoh Buletin dengan Design Terbaik, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Buletin di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam membuat sebuah Buletin. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:

  1. dosenpendidikan.com
  2. wikipedia.org 
Back To Top