7 Contoh Mading dengan Design Keren dan 3D

7 Contoh Mading dengan Design Keren dan 3D. Contoh Mading atau Majalah Dinding, Pengertian Madin, Ciri – Ciri Mading, Isi dari Mading itu sendiri, dan Cara Membuat sebuah Mading yang keren. Mading juga bisa dibuat 3D, lho!

Pengertian Mading atau Majalah Dinding 

Sumber: bakrie.ac.id
Mading atau Majalah Dinding yaitu satu diantara bentuk Media Komunikasi massa tulis yang paling simpel. Media yaitu fasilitas untuk menghubungkan pada pemberi informasi dengan penerima informasi.

Lewat media ini pembaca bakal tahu mengenai apa-apa yang terjadi diluar lingkungannya. Bentuk media ini beraneka macam.

Ada media elektronik, media cetak, media on-line, dan sebagainya. Mading cuma satu diantara bentuk media itu. Bersumber pada bentuknya, mading dapat masuk kelompok media cetak.

Seperti namanya, majalah dinding, mading berbentuk majalah yang ditempel di dinding. Majalah mempunya ciri terbitan yang lebih berskala panjang, umpamanya mingguan atau bulanan atau jadi empat bulanan.

Tidak hanya waktu terbit yang lebih panjang, isi majalah juga secara umum lebih tematis atau bersumber pada topik tertentu. Umpamanya topiknya mengenai pencarian sekolah baru, berteman di jaman virtual, cinta, persahabatan dan sebagainya.

Ciri - Ciri Mading
  • Dikelola bersama 
Seperti media cetak biasanya, pengelolaan mading terbagi dalam tiga step penting yakni perencanaan, produksi, serta evaluasi. Perencanaan ini mencakup perencanaan topik serta design.

Sedangkan produksi diantaranya pengumpulan informasi (penelitian, reportase, serta wawancara), penulisan (termasuk juga editing), serta design dari mulai layout, photo, serta ilustrasi. Adapun evaluasi dapat berbentuk evaluasi proses, redaksional, serta design mading.
  • Terbit lebih lama serta materi tahan lama 
Seperti majalah biasanya, mading juga memiliki karakter yang sama. Salah satunya adalah waktu. Mading dikelola dengan saat yang relative lebih lama dari pada Koran, seumpama satu minggu, dua minggu, atau satu bulan sekali.

Dengan waktu yang relative lama, isi dari mading jangan sampai berisi hal yang cepet “basi” seperti Koran.
  • Ada rubrikasi 
Untuk mempermudah pembaca adanya pembagian (rubric) dalam mading yaitu hal yang penting.
  • Penerbitannya
Tampilannya untuk menerbitkan ditempel didinding, itulah sebabnya ia disebut majalah dinding.

Kegunaan Mading
  1. Pengetahuan 
  2. Penilaian, dapat lewat kritik, pujian, dll 
  3. Hiburan 
  4. Ekspresi 
  5. Menumbuhkan minat membaca serta menulis 
  6. Berorganisasi 
Organisasi Pengelola Mading 

Untuk mengelola satu penerbitan majalah dinding, diperlukan satu tim kerja atau kelompok organisasi. Organisasi pengelola majalah dinding yang amat simpel, paling tidak mesti di bangun oleh tim yang terbagi dalam:
  1. Pimpinan umum 
  2. Sekretaris umum 
  3. Bendahara umum 
Bidang-bidang
  1. Bidang redaksi: berkaitan isi dari mading 
  2. Bidang percetkan: design dan cetak 
  3. Bidang usaha: iklan, kerja sama dan lain-lain. 
Cara Membuat Mading 
  • Menentukan Tema 
Topik yaitu hal pertama serta paling utama yang perlu kita pikirkan ketika kita mau membuat mading. Dalam menentukan topik, kita mesti memakai kreatifitas kita dalam memlilih topik apa yang kira-kira menarik serta bisa mengundang banyak pembaca, atau kita dapat juga memilih topik sesuai sama waktu atau tanggal peringatan nasional

Seperti topik guru di hari guru, topik ibu di hari ibu atau topik perjuangan di hari pahlawan, dan lain-lain. Penentuan topik ini amat penting lantaran bakal jadi dasar dari segalanya yang ada di mading yang bakal kita buat. Umpamanya kita pilih topik lingkungan hidup, seluruh rubrik yang ada di mading sebaiknya terkait dengan lingkungan hidup.
  • Membuat sketsa 
Bila kita udah miliki topik, langkah berikutnya yaitu membuat mading semenarik mungkin. Kita dapat mengawalinya dengan bikin sketsa serta rancangan tata letak seluruh isi yang ada pada mading nanti.

Kemudian, buat daftar rubrik apa sajakah yang bakal ada pada mading, dan disinilah kreativitas kita sekali lagi amat diperlukan. Dalam mading yang baik pastinya akan memuat isi atau rubrik berikut ini:
  • Logo 
Umumnya memakai logo-logo sebuah organisasi sekolah, seperti logo sekolah atau OSIS.
  • Judul 
Judul mading dapat di buat dengan memakai nama sekolah (contoh: “Mading MAN Kajai”) atau judul lain yang bisa melukiskan isi mading secara umum, serta dapat pula memakai singkatan-singkatan unik yang bisa menarik perharian pembaca contoh: “MAKER” (Mading Keren).
  • Edisi 
Edisi yang disebut di sini yaitu topik (Contoh-Edisi: “Hari Guru”) atau bila isi mading punya sifat umum tanpa topik khusus, anda dapat membuat edisi berdasarkan bulan atau tanggal terbit contoh-Edisi: Februari (bila mading terbit di bulan februari).
  • Salam Redaksi 
Adalah sambutan/sapaan dari penyusun pada pembaca. Umpamanya “Hei, Guys! Mading kita kali ini bertopik Hari Guru. Ada artikel, cerpen, puisi, komik, ..., pokoknya banyak deh! Check this Out!”.
  • Susunan Redaksi 
  1. Memuat nama-nama penyusun mading. 
  2. Artikel atau Essay pendek 
  3. Artikel yang di buat sebaiknya sama atau searah dengan topik mading. 
  • Opini 
Opini memuat pendapat beberapa orang dilingkungan sekolah mengenai topik yang di ambil. Umpamanya, kita mengambil topik mengenai Hari Guru, kita bisa wawancarai beberapa orang di sekitar lingkungan sekolah mengenai bagaimana peran serta jasa seorang guru dalam kehidupan kita.
  • Berita Utama 
Berita paling utama memuat berita yang tengah hangat-hangatnya terjadi di sekitar lingkungan sekolah. Umpamanya berita mengenai prestasi yang baru saja diraih sekolah atau berita mengenai pelantikan pengurus ekskul baru, dan lain-lain.
  • Materi Tambahan 
Bila ada banyak ruang mading yang kosong, anda bisa menambahkan beberapa materi pelengkap berikut ini agar mading lebih menarik:
  1. Tips menarik 
  2. Informasi Unik. 
  3. Puisi & Pantun 
  4. Cerpen 
  5. Ilustrasi atau Karikatur 
  6. Komik singkat 
  7. Humor 
  • Pojok Mading 
Memuat respon atau komentar penyusun tentang isi mading yang sudah di buat.
  • Hiasan 
Untuk membuat isi mading jadi lebih menarik, kita bisa memberikan beberapa hiasan. Hiasan bisa terbuat dari kertas koran, renda, pita, kancing, biji-bijian kain perca, kain flanel, dan lain-lain.

Proses Pembuatan 

Sesudah sketsa selesai di buat, sekarang waktunya kita mulai proses pembuatannya. Proses ini mencakup pembuatan rubrik serta design mading.

Rubrik yang di buat haruslah menarik, hingga bisa mengundang banyak pembaca, serta jangan sampai lupa, rubrik yang ada sebaiknya sesuai serta mengikuti topik yang sudah ditetapkan di awal.

Tidak hanya rubrik, hal-hal lain yang perlu kita cermati yaitu desain. Desain amat berperan penting dalam menarik perhatian orang untuk membaca mading. Bila desain mading udah terlihat bagus dari kejauhan, jelas saja orang-orang akan tiba menghampiri.

Publikasi (Penerbitan) 

Sesudah mading jadi, langkah paling akhir yaitu penerbitan mading!. Jangan sampai lupa kasih tahu rekan-rekan di sekolah bila madingnya udah jadi.

Contoh Mading

Contoh 1
Sumber: disiniaja.net
Contoh 2
Sumber: disiniaja.net
Contoh 3
Sumber: suratproposal.blogspot.co.id
Contoh 4
Sumber: firnadiazmyworld.blogspot.co.id
Dan jaman sekarang, mading gak cuma kayak yang udah ada di atas aja, tapi ada juga lho Mading 3D

Contoh 5
Sumber: riuisme.blogspot.co.id
Contoh 6
Sumber: pinterest.com
Contoh 7
Sumber: torehanindoku.blogspot.co.id
Itulah pembahasan kami mengenai 7 Contoh Mading dengan Design Keren dan 3D, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Mading di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi untuk membuat Mading. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. goresantinta21.blogspot.co.id
  2. khairaalfatih.blogspot.co.id 

Related Posts

7 Contoh Mading dengan Design Keren dan 3D
4/ 5
Oleh