06 March 2017

Contoh Paragraf Deskripsi dan Cara Penulisannya

Contoh Paragraf Deskripsi dan Cara Penulisannya. Contoh Paragraf Deskripsi, Pengertian Paragraf Deskripsi, Cara Penulisan Paragraf Deskripsi dengan Baik dan Benar, Ciri – Ciri Paragraf Deskripsi, dan Pengembangan Paragraf Deskripsi.

Pengertian Paragraf Deskripsi 

Sumber: hidaimehosineda.blogspot.co.id
Paragraf Deskripsi yaitu satu paragraf yang melukiskan atau menggambarkan satu objek tertentu lewat kalimat yang dapat merangsang panca indera hingga pembaca seakan-akan melihat atau merasakan sendiri benda objek yang digambarkan oleh penulis.

Aspek-aspek yang digambarkan bisa berbentuk karakterstik, keadaan, karakter atau perasaan yang dipunyai oleh objek itu.

Tujuan paragraf deskripsi yaitu memberi gambaran utuh pada pembacanya supaya mereka tahu apa yang tengah dibicarakan dengan jelas baik dalam hal bentuk fisik maupun bentuk yang abstrak seperti sikap, rasa dan sebagainya.

Paragraf deskripsi adalah hasil observasi atau penilaian, jadi informasi yang dipakai untuk melukiskan sebuah benda atau objek mesti jelas serta sesuai sama kenyataan dan data yang ada pada objek tertentu.

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi 
  1. Melukiskan atau menggambarkan sebuah objek seperti benda, tempat, atau situasi tertentu. 
  2. Melibatkan panca indra (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, serta perabaan). 
  3. Menerangkan ciri fisik serta karakter objek tertentu seperti warna, ukuran, bentuk, serta kepribadian secara terperinci. 
  4. Banyak diketemukan kalimat atau frase yang berarti kondisi atau kata sifat. 

Contoh Paragraf Deskripsi 

Contoh 1 
Sumber: megapolitan.kompas.com
Kali kecil di depan tempat tinggal rekanku tampak amat kotor. Warna airnya hitam pekat serta berminyak.

Di tepi sungai, terlihat juga tumpukan sampah yang biasanya berbentuk kantong plastik serta botol plastik bekas. Kotoran-kotoran itu tampak menghalangi laju air mengalir dan membuat air tergenang. Dari genangan air itu, tercium bau busuk yang menyengat hidung.

Contoh 2 
Sumber: estudong.blogspot.co.id
Udah lama saya tidak bersua dengan nenek. Nenek terlihat makin tua. Kerutan di wajahnya makin banyak. Kepalanya juga udah dipenuhi uban.

Walau sebenarnya, dua tahun lalu baru sebagian rambut nenek yang beruban. Ketika berjalan, nenek lebih membungkuk. Ia memerlukan pertolongan tongkat untuk menyokong badannya. Nenek juga berjalan dengan amat pelan serta hati-hati.

Contoh 3 
Sumber: sdn-156-palembang.blogspot.co.id
Tiang bendera yang berdiri tegak di tepi lapangan upacara itu terbuat dari besi. Tinggi tiang itu kurang lebih 7 meter. Tiang itu dicat putih. Di ujung tiang tampak sang merah putih berkibar. Bendera itu baru saja dikibarkan pada upacara Senin pagi.

Contoh 4 
Sumber: soorah3.rssing.com
Jangan sampai terkecoh membeli ikan. Terkadang kita kecewa beli ikan. Diduga masih baru nyatanya udah busuk. Caranya agar tidak terkecoh?

Ikan yang fresh dagingnya masih tetap keras bila dipegang. Sisiknya atau kulitnya masih tetap mengilap, insangnya berdarah merah segara. Matanya masih tetap bening. Bila udah tidak sesuai sama ciri-ciri berarti ikan itu udah busuk.

Contoh 5 
Sumber: mytrip123.com
Panorama Pantai Pangandaran amat memesona. Di bagian kanan tampak perbukitan yang memanjang. Sementara itu, di sisi kiri ada perkampungan nelayan dengan beragam perahu tradisional.

Tidak hanya itu, di sisi kanan juga ada hutan cagar alam Pananjung yang digunakan sebagai penyangga ekosistem sekaligus tujuan wisata. Di pantai ini juga banyak dipenuhi kios cinderamata, penginapan, serta took kelontong.

Hal semacam ini amat menarik bila mengabadikan pantai dengan rekan atau keluarga dalam media photo atau video. Tidak hanya itu, hal semacam ini juga bisa dijadikan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Pengembangan Paragraf Deskripsi 

Paragraf gambaran bisa dikembangkan jadi 3 bentuk paragraf, yakni paragraf deskripsi spatial, subjektif serta objektif.

Deskripsi Spatial 

Paragraf ini melukiskan atau menggambarkan sebuah objek yang berbentuk ruang atau tempat.

Contoh: 
Sumber: fotosmaplyk.blogspot.co.id
Ruangan memiliki ukuran 7m x 8m ini sungguh amat nyaman dihuni. Dindingnya dicat dengan warna putih dengan sedikit corak hitam di bagian bawahnya. 3 buah sofa empuk berwarna biru serta satu meja kayu diletakkan di tengah-tengah ruangan.

Satu rak buku yang lumayan besar diletakkan di sudut ruangan bertumpu pada dinding. Di sana terdapat banyak buku-buku seperti majalah, buku pelajaran, novel yang disusun dengan rapi dan urut.

Satu pot yang berisi pohon palem kecil disandingkan dengan rack buku itu yang seolah-olah menyatu dengan rak buku yang dicat dengan warna hijau muda. Aliran udara di dalam ruang itu amat lancar lantaran mempunyai 2 buah jendela yang cukup besar.

Di luar ruang, ada satu taman bunga kecil memiliki ukuran 3m x 4m yang ditanami beberapa tanaman hias seperti mawar, melati serta bougenvil. Indahnya taman bunga itu turut menambah kesejukan situasi di ruangan OSIS SMA N 3 Suka Maju.

Deskripsi Subjektif 

Paragraf ini memuat deskripsi atau lukisan objek yang didasarkan tafsiran atau kesan perasaan penulisnya. Penulis melukiskan objek itu dengan opini atau kesan pribadinya.

Contoh: 
Sumber: dolanmu.com
Untuk beberapa orang, pantai kapuk adalah tempat yang kurang menarik lantaran pengunjungnya yang sepi. Tetapi, menurutku pantai yang terdapat di Kecamatan Suka Jaya ini amat nyaman serta tenang. Pantai ini juga amat bersih.

Bahkan juga tidak ada sampah sedikitpun yang ada hanya hamparan pasir yang luas. Panorama alam di sana juga menurutku amat cantik. Terlebih bila hari udah mulai senja, kita akan melihat panorama sunset yang indah.

Jangan sampai bertanya mengenai ombaknya, ombak di pantai ini adalah ombak yang paling bagus. Walupun besar tetapi tidak begitu deras hingga pas untuk para peselancar. Pada bagian selatan pantai ini ada tumpukan batu-batu besar yang dipercantik dengan ombak yang menghantam pinggiran batu itu.

Spot ini amat pas untuk berfoto. Itulah beberapa alasan kenapa pantai kapuk ini adalah pantai yang amat indah dan nyaman. Meskipun masihlah sepi, pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di pulau bali.

Deskripsi Objektif 

Deskripsi objektif yaitu sebuah paragraf yang melukiskan atau menggambarkan sebuah objek tertentu secara apa adanya hingga pembaca bisa memikirkan kondisi yang sesungguhnya pada objek itu. Paragraf ini tidak disertai dengan opini atau kesan penulis.

Contoh: 
Sumber: berwisata.info
Pantai Kapuk terdapat di Kecamatan Suka Jaya, Kabupaten Mekar Sari, Bandar Lampung. Pantai ini berjarak 15 KM dari pusat kota serta membutuhkan waktu kurang lebih 7 jam untuk tiba di sana.

Pantai ini cukup bersih serta tidak ada sampah. Pasir putih yang halus terhampar luas di seluruh pantai itu. Ombaknya cukup besar serta tinggi hingga tidak disarankan untuk berenang di pantai ini.

Pada bagian selatan ada tumpukan batu-batu yang besar serta tinggi. Pada bagian timur pantai ini berbentuk hutan yang masih alami. Sedangkan pada bagian barat pantai ini ada sungai kecil yang langsung menuju lautan lepas.

Nyaris di sepanjang pantai ini banyak sekali pohon kelapa yang berbaris rapi seolah olah jadi pagar alami.

Pantai ini berjarak 2 KM dari jalan utama hingga kita mesti memarkirkan kendaraan kita ditempat yang sudah disiapkan serta kita mesti jalan menembus hutan yang cukup lebat untuk melihat keindahan pantai ini.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Contoh Paragraf Deskripsi dan Cara Penulisannya, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Paragraf Deskriptif di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi untuk membuat Paragraf Deskriptif. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. irfansyahputra.web.id
  2. kelasindonesia.com 
Back To Top