5 Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta

5 Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta. Contoh Slip Gaji, Slip Gaji Karyawan Swasta, Pengertian Slip Gaji Karyawan, Cara Membuat Slip Gaji, Hal – Hal yang perlu diperhatikan saat akan membuat Slip Gaji.

Pengertian Slip Gaji Karyawan

Sumber: healthcare-management-degree.net
Slip gaji karyawan yakni satu dokumen yang berisikan tentang catatan apa sajakah yang menjadi halnya, dan biasanya akan dibarengi dengan catatan nominalnya.

Tidak cuma itu, slip gaji karyawan juga memberikan info secara tercatat apa saja yang tidak lagi jadi hak anda (potongan). Dan biasanya catatan ini dimulai serta disudahi dengan batasan waktu spesifik.

Sedangkan untuk pengertian penghasilan sendiri yakni komisi atau hak yang perlu diterimanya, karena hasil kontribusi atau usaha kerasnya. Oleh karena itu, ketetapan gaji untuk setiap posisi tidak sama. Karena pekerjaan/peran serta tanggung jawabnya juga tidak sama.

Nah untuk tujuan dibuatnya slip gaji karyawan sendiri yakni untuk menjelaskan atau keterangan tertulis, hingga memudahkan penjelasan pada masing-masing karyawan tanpa harus dilakukan keterangan secara lisan oleh pihak pemberi gaji.

Dan oleh karena adanya slip gaji karyawan ini, biasanya karyawan jadi lebih pakem dan tidak menebak-nebak mengapa bisa mendapatkan gaji sekian.

Untuk anda yang kebetulan belum pernah jadi karyawan swasta dan secara otomatis juga belum pernah menerima slip gaji karyawan, atau bahkan anda seorang yang memiliki perusahaan hingga harus memberi gaji pada karyawan-karyawan anda, berikut ini contoh slip gaji karyawan yang baik dan benar.

Dari beberapa contoh format dokumen slip gaji karyawan itu, coba anda perhatikan apa sajakah yang pasti ada pada setiap dokumen.

Beberapa sisi memang mesti ada pada satu slip gaji karyawan agar tidak ada kesalahan yang nantinya mengakibatkan pada kesalahan penerimaan, kesalahan jumlah nominal gaji dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini susunan serta hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika membuat slip gaji karyawan: 

Kop Slip Gaji 

Bagian teratas dari satu slip gaji karyawan yakni kop atau kepala. Sayangnya untuk perusahaan kelas menengah ke bawah seringkali mengacuhkan adanya bagian kop dalam slip gaji yang mereka buat.

Walaupun sesungguhnya bagian kop sangat penting, karena tidak cuma menerangkan siapa yang memberi gaji, kop juga bertindak untuk memberikan jati diri lengkap perusahaan itu. Hingga terlepas dari kesalahan yang terkait dengan kelegalan perusahaan itu.

Tidak cuma itu, kop pada slip gaji karyawan juga seringkali jadi satu rujukan atau patokan apakah perusahaan itu yaitu perusahaan yang bonavit atau tidak.

Penerima Slip Gaji 

Lalu berpindah ke bagian bawah kop, yaitu penerima. Untuk bagian ini biasanya akan berisikan tentang data diri penerima, mulai dari nama, alamat, no telephone hingga jabatannya.

Ya, penyertaan jabatan amat penting dalam satu slip gaji karyawan karena hal sejenis ini bisa menghindari kesalahan pembuat slip dalam memasukkan nominal.

Karena bukanlah tidak mungkin yang memiliki atau pihak lain yang membuat slip gaji akan lupa dengan berapakah jumlah nominal yang perlu diberikan pada karyawan terkait.

Nah dengan disertakannya jabatan, bisa mengingatkan kembali berapakah jumlah yang udah ditetapkan untuk karyawan dengan jabatan itu.

Rincian Hak Penerima Slip Gaji 

Apabila data diri yang terdaftar telah benar, lalu dibagian bawahnya ada rincian tentang hak apa saja yang perlu diterimanya. Untuk rincian hak memang umum di buat lebih atas dibandingkan dengan rincian potongan. Mengapa?

Karena sama seperti pengertian gaji sendiri, di mana gaji yaitu komisi atas usaha keras karyawan. Dan telah jelas rincian hak akan jauh lebih penting dibanding dengan rincian potongan.

Tidak cuma itu, rincian hak juga dibutuhkan untuk menerangkan seberapa besar komisi yang didapatkan perusahan itu. Biasanya juga, setiap perusahaan akan merinci dengan sangat detail untuk bagian hak ini.

Ya, karena rata-rata dari perusahaan-perusahaan ingin mendapatkan image baik dari karyawannya dengan membuat sederet rincian hak. Yang seolah-olah banyak tunjangan atau pelengkap yang diterima oleh karyawan itu.

Rincian Potongan Pada Slip Gaji 

Berlanjut ke format dokumen slip gaji karyawan dibagian bawah rincian hak, yaitu rincian potongan. Mendengar kalimat potongan gaji saja seakan telah menyurutkan semangat kerja karyawan.

Namun dibalik itu semua, harusnya sebagai seorang karyawan anda perlu tahu dengan baik dan mengambil pelajaran atasnya. Lalu sebisa mungkin menghindari beberapa hal yang membuat gaji anda mendapat potongan.

Walaupun itu tidak sepenuhnya potongan pada slip gaji berisikan tentang kesalahan karyawan yang membuatnya mesti memperoleh potongan gaji.

Bisa juga berisikan potongan wajib, semisal potongan untuk dana sosial, potongan untuk kas wajib karyawan dan lain sebagainya.

Lalu mengapa rincian potongan ada di bagian bawah rincian hak? Karena tidak mungkin saja bukan, apabila anda belum mendapatkan gaji namun telah mendapatkan potongan? Nanti yang ada jadi nominal minus lebih dahulu yang lantas disusul dengan nominal hak yang membuat slip gaji tampak normal.

Total Penerimaan di Slip Gaji 

Walau letakknya ada di bagian bawah, namun deret keseluruhan penerimaan seakan langsung jadi fokus perhatian mulai sejak pertama kali diterimanya slip gaji karyawan ini.

Ya, karena rata-rata orang akan langsung memperhatikan penerimaan bersihnya, dibanding dengan memperhatikan lebih dahulu apa saja rincian yang ada di dalamnya.

Untuk itulah, biasanya dibagian total penerimaan ini satu perusahaan akan membuatnya dengan ukuran dan bentuk font yang lebih besar dan jelas.

Tanda Tangan serta Tanggal 

Untuk sisi paling bawah dari satu slip gaji karyawan yakni nama jelas dari penerima dan perusahaan atau pihak yang memberi gaji. Bagian ini juga tidak kalah dengan beberapa bagian sebelumnya.

Karena tanda tangan yaitu hal yang sangat pokok, di mana ketika seorang (karyawan) telah menandatangani slip gajinya, gaji itu benar telah diterimanya.

Dan pihak pemberi gaji juga malas ambil pusing apabila nantinya ada keluhan tentang gajinya. Lantaran selain tanda bila karyawan udah menerima gaji itu, tanda tangan juga yaitu bentuk perjanjian atas jumlah nominal yang diterimanya.

Dan yang tidak dapat anda lupakan yakni tanggal diterimanya gaji itu oleh karyawan yang berkaitan. Ya, tanggal yang terdaftar dalam slip gaji karyawan memanglah tanggal penerimaan slip itu serta bukanlah tanggal pembuatan slip itu. Di mana tujuannya agar pihak penerima sepakat/setuju bila dirinya udah menerima gaji pada tanggal itu.

Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta

Sumber: topmba.com
Contoh 1
Sumber: duniakaryawan.com
Contoh 2
Sumber: id-infokita.blogspot.co.id
Contoh 3
Sumber: contohsuratdinasterbaru.blogspot.co.id
Contoh 4
Sumber: zodiakcinta.com
Contoh 5
Sumber: zodiakcinta.com
Demikianlah pembahasan kami mengenai 5 Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Slip Gaji Karyawan di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi untuk membuat Slip Gaji. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. kumpulan.net

Related Posts

5 Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta
4/ 5
Oleh