07 March 2017

5 Contoh Surat Dinas dan Cara Membuatnya

5 Contoh Surat Dinas dan Cara Membuatnya. Contoh Surat Dinas, Pengertian Surat Dinas, Fungsi Surat Dinas, Syarat Membuat Surat Dinas, Ciri – Ciri dari Surat Dinas, Jenis – Jenis Surat Dinas, dan Cara Membuat sebuah Surat Dinas yang Baik dan Benar.

Pengertian Surat Dinas 

Sumber: sarungpreneur.com
Yang disebut dengan surat dinas yaitu sebuah surat resmi yang di buat oleh satu lembaga atau instansi dengan maksud untuk kepentingan dinas. Atau pengertian surat dinas yakni surat yang berisikan permasalahan kedinasan serta umumnya surat ini di buat oleh lembaga atau instansi.

Surat dinas isinya diperuntukkan untuk kepentingan kedinasan, baik itu pemerintah atau swasta. Lantaran manfaat kedinasan tidak cuma berlaku di pemerintahan, akan tetapi berlaku juga di lembaga atau instansi swasta.

Umumnya isinya berbentuk urusan seperti penyampaian pengumuman, pemberian sebuah izin, pemberian tugas dan sebagainya.

Oleh sebab itu bila ada surat yang diantar dari satu pihak ke pihak lain yang isinya terkait dengan kepentingan tugas maupun aktivitas dinas sebuah lembaga, surat seperti itu disebut dengan surat resmi.

Mengapa disebut dengan surat resmi? lantaran penulisan dalam surat dinas ditulis dengan format serta menggunakan bahasa resmi.

Kegunaan atau Fungsi Surat Dinas 

Beberapa fungsi dari surat dinas, yang diantaranya sebagai berikut ini: 
  1. Sebagai dasar pekerjaan, seperti surat intruksi, surat pemberian izin maupun surat pengambilan ketentuan. 
  2. Sebagai alat pengingat, lantaran surat ini bisa dijadikan arsip untuk lembaga. 
  3. Sebagai bukti perkembangan sebuah lembaga atau instansi. 
  4. Sebagai alat bukti, terlebih surat perjanjian. 
  5. Dan sebagainya. 
Berikut ciri-ciri Surat Dinas

Adapun ciri dari surat dinas, yang diantaranya sebagai berikut ini: 
  1. Adanya kop surat serta nama lembaga maupun instansi. 
  2. Adanya nomor surat serta lampiran. 
  3. Adanya salam pembuka ataupun salam penutup. 
  4. Memakai bahasa resmi, lantaran surat dinas adalah surat resmi. 
  5. Adanya stempel lembaga atau instansi pada surat. 
Syarat untuk Surat Dinas 

Beberapa persyaratan untuk membuat satu surat dinas, yang diantaranya sebagai berikut ini: 
  1. Format dari surat mesti teratur sesuai sama format surat dinas. 
  2. Isi dari surat tidak terlampau panjang mesti langsung pada inti yang mau di sampaikan. 
  3. Bahasa yang dipakai mesti bahasa resmi, sopan serta gampang untuk dipahami pembaca. 
  4. Serta surat mesti menggambarkan citra dari lembaga atau instansi yang membuatnya. 
Bagain Surat Dinas 

Surat dinas adalah surat resmi dan jelas saja ada bagian-bagiannya, yang diantaranya seperti bawah ini: 

Kop Surat atau kepala surat 

Adalah sisi paling atas dari satu surat resmi, umumnya digunakan untuk membedakan surat resmi serta surat non resmi. Kop surat terbagi dalam logo, nama serta alamat lembaga atau instansi.

Yang di mana nama merujuk pada induk organisasi, dan pada kop surat ada karakteristik atau ciri khas organisasi itu.

Tanggal surat 

Terbagi dalam nama, tempat serta tanggal dibuatnya surat itu.

Nomor 

Terbagi dalam kode, nomor urut surat yang di keluarkan, identitas lembaga atau instansi serta tahun dibuatnya surat itu.

Lampiran 

Lampiran yakni lembaran tambahan yang akan dilampirkan, bisa berbentuk lembaran kertas lain atau dokumen lain. Bila tidak ada lampiran biasanya diisi dengan tanda strip.

Perihal atau hal 

Perihal adalah isi pokok dari surat dinas, misalnya diperuntukkan pada siapa atau untuk apa surat itu.

Alamat 

Ada 2 (dua) jenis penulisan alamat pada surat dinas, ada untuk perseorangan serta ada untuk lembaga lain. Bila untuk surat rahasia kata “kepada” tidak perlu digunakan sebab udah ditulis pada amplop.

Bila untuk surat dinas terbuka menggunakan “kepada” lalu langsung saja menggunakan nama instansinya.

Akan tetapi bila diperuntukkan untuk orang banyak harus menggunakan kata “bapak”, “ibu” dan sebagainya serta kata “Yth” dipakai bila surat diperuntukkan pada orang ataupun sebuah jabatan.

Salam pembuka 

Salam pembuka digunakan untuk memberikan sopan santun ataupun rasa hormat.

Isi surat 

Isi dari surat sebaiknya sesuai sama perihal.

Salam penutup 

Salam penutup digunakan untuk menunjukan akhir dari isi surat.

Nama 

Tulislah nama lengkap orang yang mengirim surat.

Tembusan

Tembusan digunakan bila surat itu memanglah memerlukan tembusan. Tembusan yakni pihak-pihak yang mendapatkan tebusan maupun salinan surat selain yang dialamatkan.

Inisial 

Inisial diletakkan di bagian kiri di bawah tembusan surat (bila memanglah ada). Inisial dipakai sebagai tanda pengenal, yang ditulis lewat cara disingkat pada nama pengonsep surat serta pengetik surat. Inisial bisa pula memberikan kalau surat itu memanglah asli di buat oleh orang itu.

Di bagian ini umumnya tidak bisa di baca, yang dapat membacanya cuma orang yang dituju atau orang yang berkaitan dengan si pembuat surat itu.

Bentuk/Beberapa Jenis Surat Dinas 
  1. Surat Pengumuman: Surat yang di sampaikan pada khalayak umum tanpa mesti di ketahui siapa serta berapakah jumlah pembacanya, serta siapa pun memiliki hak membaca. 
  2. Surat Panggilan Kerja: Surat yang dipakai untuk memanggil/mengundang seseorang untuk mengadakan wawancara, pengujian tenaga kerja, penawaran protek kerja sama dan lain-lain sesuai sama tempat serta waktu yang diputuskan. 
  3. Surat Permohonan Izin: Surat yang sengaja di buat dengan maksud untuk memohon izin/pertolongan ataupun kerjasama pada lembaga terkait. 
  4. Surat Undangan: Surat pemberitahuan pada seseorang untuk menghadiri sebuah acara pada waktu serta tempat yang sudah ditetapkan. 
  5. Surat Pemberitahuan: Surat yang memuat pemberitahuan pada seluruh anggota yang dituju supaya mereka tahu satu kabar, berita/informasi. 
  6. Surat Pemberian Izin: Surat yang memberikan izin pada perusahaan/seseorang untuk memakai tempat tertentu sebagai tempat usaha menyebutkan tidak keeratan atas permohonan izin yang di sampaikan 
  7. Berita Acara: Catatan laporan yang di buat tentang waktu terjadi, tempat, info/panduan lain mengenai sebuah perkara/peristiwa. 
  8. Surat Keterangan: Surat yang berisikan keterangan tentang sebuah hal supaya tidak menimbulkan keraguan. 
  9. Surat Rekomendasi: Surat yang di buat oleh seorang pimpinan/petinggi tertentu yang memuat info mengenai kondisi pribadi seseorang bersumber pada data-data autentik yang ada karena diminta sendiri oleh pihak yang berkaitan untuk kebutuhan pribadinya. 
  10. Surat Keputusan: Surat yang memuat putusan mengenai sebuah hal yang terkait dengan urusan dalam satu lembaga/iInstitusi, supaya tidak menyebabkan salah tafsir. 
  11. Surat Peringatan: Surat yang dilayangkan oleh pihak berwenang pada karyawan di sebuah perusahaan tentang adanya pelanggaran ketentuan karyawan itu. 
  12. Surat Bantahan: Surat yang di buat oleh penggugat yang memuat bantahan pada sebuah pernyataan yang dianggap salah serta mesti diluruskan. 
  13. Surat Perintah: Surat yang berisikan perintah serta petinggi yang berwenang pada seseorang untuk melakukan sebuah kegiatan/tidak melakukan sebuah aktivitas. 
  14. Surat Perjanjian Kerja: Surat yang memuat perjanjian untuk bekerja pada sebuah perusahaan yang dilakukan serta di tandatangani okeh calon pekerja serta pihak perusahaan juga memuat ketetapan mengatur hubungan kerja pada perusahaan serta karyawan. 
  15. Surat Laporan: Surat yang memuat penyajian fakta mengenai suatu hal kondisi/sebuah kegaiatan yang berkaitan dengan tanggung jawab ditugaskan pada pelapor. 
  16. Surat Pernyataan: Surat yang menyebutkan kebenaran sebuah hal disertai pertanggungjawaban atas pernyataan itu. 
  17. Surat Pengantar: Surat yang diperuntukkan pada seorang petinggi/perusahaan untuk mengantarkan surat, dokumen ataupun barang. 
  18. Surat Kuasa: Surat yang memuat pelimpahan wewenang dari seorang petinggi tertentu pada seorang/petinggi lainnya. 
  19. Surat Perintah Perjalanan Dinas: Surat yang dipakai sebagai alat pemberitahuan yang ditunjukan pada petinggi tertentu untuk melakukan perjalanan dinas dan pemberian sarana perjalanan serta pembiayaan. 
  20. Surat Tugas: Surat yang diberikan atasan pada bawahan untuk memberikan tugas seseorang dalam melaksanakan tugasnya di lembaga/perusahaan tertentu serta yang ditugaskan dapat merampungkan tugasnya dengan waktu serta tempat yang sudah ditetapkan. 
  21. Surat Pengusulan: Surat yang memuat saran/permintaan pada seseorang. sebuah badan untuk melakukan sebuah pekerjaan yang dimaksudkan supaya orang yang menerima usul itu bisa melakukan apa yang diharapkan. 
  22. Surat Perjanjian Jual Beli: Surat tentang adanya perjanjian antar pihak pertama serta pihak kesua lewat transaksi barang, baik barang bergerak ataupun tidak bergerak. 
  23. Surat Perjanjian Sewa Menyewa: Surat yang di buat oleh dua pihak yakni pihak penyewa serta yang menyewakan dengan berisi pernyataan perjanjian dan menyewa yang telah disetujui. 

Contoh Surat Dinas 

Sumber: gulalives.co
Contoh Surat Dinas pada Perusahaan Swasta 

PT. Segar Alam Abadi 
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4 Jl. Raya Wangi Teh Melati Km. 3, 8 Bandung 670977 
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925 
Situs: www.segaralamabadi.com E-mail: info@segaralamabadi.com 

Nomor      : 005/PTSAB/60/VIII/2016
Perihal      : Pemberitahuan Cuti Bersama
Lampiran  : –

Yth.
Seluruh karyawan
Beserta staff
PT. Segar Alam Abadi

Di tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PT. Segar Alam Abadi yang jatuh pada tanggal 14 Oktober 2016, lewat surat ini kami beritahukan kalau akan diselenggarakan cuti bersama pada tanggal tersebut untuk selruh pegawai PT. Segar Alam Abadi serta masuk kembali ke Senin, 17 Oktober 2016.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih serta harap gunakan waktu hari libur sebaik-baiknya.

Bandung, 11 Oktober 2016

Direktur Utama PT. Segar Alam Abadi


Farhan Wardoyo Hadi, S. Sos, MM

Contoh Surat Dinas pada Sekolah 

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 
SMA Negeri 60 Kota Bandung 
Jalan Asem Jawa No. 60 Bandung 
Tlp. 022 – 690210 Fax. 022 – 690211 

Nomor : 005/PK/60/X/2016
Perihal : Rapat

Kepada Semua Guru Kelas XII
SMA Negeri 60 Kota Bandung

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang adanya sistem baru untuk ujian semester sekolah untuk kelas XII untuk tercapainya evaluasi yang efisien, bersamaan dengan surat ini, kami punya maksud mengundang Bapak/Ibu Guru untuk menghadiri rapat mengkaji system tersebut, yang akan dilaksanakan pada:

Hari        : Jumat
Tanggal   : 14 Oktober 2016
Waktu     : 13. 30 – selesai
Tempat    : Aula SMA Negeri 60 Kota Bandung

Untuk demikian, mengingat pentingnya agenda kegiatan ini, kami mohon pada semua undangan rapat, supaya bisa hadir mengikuti acara itu di atas tepat waktu.

Demikian surat undangan ini kami buat serta sampaikan, atas perhatian serta kerjasama Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Bandung, 11 Oktober 2016

Kepala SMA Negeri 60


Drs. Dodo Wahyudin, M. Pd

Contoh Surat Dinas pada Lembaga Pemerintah 


Pemerintah Daerah Kota Bandung 
Dinas Pertamanan dan Tata Kota 
Jl. Bunga Tulip No. 1 Bandung 30987 
Telp. 022 – 439029 Fax. 022 – 439028 

Bandung, 11 Oktober 2016

Nomor : 005/PK/60/X/2016
Perihal : Undangan

Kepada
Keluarga Besar
Dinas Pertamanan dan Tata Kota
Kota Bandung

Di tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan mengucap Bismillahirohmanirrohim serta mengharapkan ridho Allah SWT, kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk menghadiri acara Pengajian Rutin Bulanan di Lingkungan Dinas Pertamanan serta Tata Kota Kota Bandung, yang akan dilaksanakan pada:

Hari        : Jumat
Tanggal   : 14 Oktober 2016
Waktu     : 08.30 – selesai
Tempat    : Mesjid Besar Dinas Pertamanan
Acara      : Tausyiah KH. Arif Mahmud, MA

Mengingat pentingnya acara ini, kami mohon pada Bapak/Ibu/Saudara/i supaya bisa hadir tepat waktu.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian serta kehadiran Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepala Dinas Pertamanan serta Tata Kota
Pemerintah Kota Bandung


Ir. Decky Arwana, MBA

Tembusan:

Kepala Bagian Pengelola Teknis Proyek Dinas Tata Ruang
Kepala Bagian Arsip

Contoh Surat Dinas Lainnya

Contoh 4
Sumber: gulalives.co
Contoh 5
Sumber: gulalives.co
Demikianlah pembahasan kami mengenai 5 Contoh Surat Dinas dan Cara Membuatnya, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Surat Dinas di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi untuk membuat Surat Dinas. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. artikelmateri.blogspot.co.id
  2. contohsurat.org
  3. pengertianku.net 
Back To Top