8 Contoh Surat Menyurat dan Cara Membuatnya

8 Contoh Surat Menyurat dan Cara Membuatnya. Contoh Surat Menyurat, Bahasa Surat Menyurat, Jenis – Jenis Surat, Arti Surat, Fungsi Surat Menyurat, Syarat dalam Surat Menyurat, Contoh Surat Pemberitahuan, Contoh Surat Undangan Berjudul, Contoh Surat Undangan Berperihal, Contoh Surat Kuasa, Contoh Surat Pengantar, Contoh Surat Pernyataan, Contoh Surat Penguasaan, Contoh Surat Penugasan.

Pengertian Surat Menyurat 

Sumber: smkts-bna.blogspot.com
Surat menyurat yaitu sebuah aktivitas untuk mengadakan hubungan secara terus menerus antara pihak yang satu pada pihak yang lainnya. Serta dilakukan dengan saling berkiriman surat. Aktivitas surat menyurat ini disebut juga dengan istilah yang lain yakni korespondensi.

Bila cuma sepihak saja yang mengirimkan surat secara terus menerus tanpa ada balasan atau respon dari pihak lainnya hal semacam ini tidak bisa dinamakan kegiatan surat menyurat. Tiap kerja perseorangan terlebih organisasi senantiasa memerlukan kerja sama dengan pihak lain untuk mencapai tujuannya.

Bahasa Surat 

Pada hakekatnya surat itu yaitu sebuah karangan yang berbentuk perumusan berbentuk tertulis mengenai pernyataan, pemikiran, permintaan, atau hal-hal yang mau di sampaikan pada pihak penerima surat.

Lantaran surat sebagai karangan, suratpun mesti memenuhi beragam ketetapan tentang pengaturan karangan maupun komposisi seperti topik, tata bahasa, kalimat, alinea, gaya bahasa serta pemakaian tanda baca. Sebagai karangan surat bisa disusun secara:
  1. Deduktif yakni di mana penulis lebih dahulu melaporkan pokok permasalahannya, lantas baru dikemukakan penjelasannya atau sebagian argumennya. 
  2. Induktif yaitu pengaturan kalimat-kalimat di mana lebih dahulu dikemukakan sebagian argumennya, baru lantas melaporkan pokok-pokok masalahnya. 
Bentuk – bentuk Surat 

Bersumber pada Sifat Surat bisa dikelompokkan jadi lima bentuk yakni: 

Surat Pribadi 

Surat pribadi yaitu surat-surat yang bersifat kekeluargaan, surat-surat yang memuat permasalahan keluarga, baik mengenai kesehatan, keuangan keluarga dan lain-lain.

Surat Dinas Pribadi 

Surat dinas pribadi disebut juga dengan surat setengah resmi yaitu surat-surat yang dikirimkan dari seorang atau pribadi pada beberapa lembaga, perusahaan-perusahaan, maupun jawatan-jawatan.

Surat Dinas Swasta 

Surat dinas swasta disebut juga dengan surat resmi yaitu surat-surat yang di buat oleh beberapa lembaga swasta, yang dikirimkan untuk para karyawannya maupun untuk para relasinya atau langganannya atau instansi –instansi lain yang berkaitan.

Surat Niaga 

Surat niaga yaitu surat yang memuat, beberapa masalah perdagangan yang di buat oleh perusahaan yang dikirimkan pada para langganannya.

Surat Dinas Pemerintah 

Surat dinas dipakai untuk kebutuhan pekerjaan resmi seperti lembaga dinas serta pekerjaan kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu lembaga.

 Fungsi dari surat dinas yakni sebagai dokumen bukti tertulis, alat pengingat terkait fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan lembaga, serta pedoman kerja berbentuk surat keputusan serta surat instruksi.

Ciri-ciri surat dinas: 
  1. Memakai kop surat serta lembaga atau instansi yang bersangkutan 
  2. Memakai nomor surat, lampiran, serta perihal 
  3. Memakai salam pembuka serta penutup yang baku 
  4. Memakai bahasa baku atau ragam resmi 
  5. Memakai cap atau stempel lembaga atau kantor pembuat surat 
  6. Format surat tertentu 
Bersumber pada Wujud Surat bisa dibagi ke dalam tujuh bentuk, yakni: 

Surat Yang memakai Kartu Pos 

Kartu pos yaitu blanko yang di keluarkan oleh Perum Postel atau lembaga lain yang sudah di beri izin Perum Postel untuk mencetaknya asal sesuai sama beberapa ketetapan yang sudah diputuskan Perum Postel.

Warkat Pos 

Warkat pos yaitu sehelai kertas yang sudah dicetak dengan menggunakan lambaga serta panduan penulisan berita, yang di keluarkan oleh perum postel atau lembaga lain yang sudah di beri izin.

Surat Bersampul 

Surat bersampul yaitu surat-surat yang isinya atau beritanya ditulis pada kertas lain, lantas kertas surat itu dimasukkan ke dalam sampul atau amplop.

Surat Terbuka dan Surat Tertutup 

Surat terbuka yaitu surat-surat yang isinya bisa di baca oleh umum contohnya, surat dari pembaca pada pembaca atau surat yang dikirimkan oleh pembaca untuk pemerintah, lembaga lain, melalui redaksi surat kabar, majalah, tabloid, dan lain-lain.

Memorandum dan Nota 

Memorandum yaitu satu diantara alat komunikasi berbentuk surat-surat dilingkungan dinas yang penyampaiannya tidak resmi serta dipakai secara intern (di dalam lingkungan sendiri baik perusahaan, lembaga lainnya).

Nota yaitu merupakan alat komunikasi kedinasan antara petinggi dari sebuah unit organisasi yang dipakai secara intern dalam lingkungan sendiri, namun bersifat resmi.

Telegram 

Telegram yaitu sebuah alat komunikasi dengan cara mengemukakan berita-berita lewat radio atau pesawat telegram tentang suatu hal yang perlu segera mendapatkan penyelesaian dengan cepat. Isi telegram berbentuk tulisan-tulisan singkat yang dikirimkan dari jarak jauh.

Surat Biasa 

Surat biasa yaitu surat-surat yang isinya tidak mengandung rahasia meskipun terbaca oleh orang lain, seperti surat undangan pernikahan atau khitanan, surat pertemuan para siswa untuk rekreasi dan lain-lain.

Bersumber pada Keamanan Isinya bisa dikelompokkan jadi tiga bentuk yakni: 

Surat Sangat Rahasia 

Surat-surat yang dipakai untuk surat-surat yang terkait dengan keamanan Negara atau surat-surat yang berbentuk Dokumen Negara, hingga apabila surat ini jatuh ketangan yang tidak memiliki hak maka akan membahayakan masyarakat atau Bangsa serta Negara.

Surat Rahasia 

Surat-surat yang isinya mesti dirahasiakan, tidak bisa di baca oleh orang lain, lantaran apabila jatuh ketangan orang yang tidak memiliki hak, akan merugikan perusahaan atau lembaga itu sendiri.

Surat konfidensial 

Surat-surat yang termasuk surat rahasia juga, lantaran isinya tidak bisa di ketahui orang lain cukup hanya di ketahui oleh petinggi yang berkaitan, lantaran bila jatuh pada orang yang tidak memiliki hak akan mencemarkan nama baik orang itu. Misalnya surat laporan mengenai karyawan yang korupsi.

Bersumber pada Proses Penyelesaiannya bisa dikelompokkan jadi tiga bentuk, yakni: 

Surat Sangat Segera atau Surat Kilat. 

Surat yang perlu dikirimkan dengan amat segera atau kilat yaitu surat yang perlu ditangani secepat mungkin pada kesempatan yang pertama lantaran surat ini mesti segera diantar secepat-cepatnya lantaran penerima mesti cepat menanggapi serta merampungkannya.

Surat Segera 

Surat yang secepat-cepatnya diselesaikan namun tidak perlu pada kesempatan yang pertama serta segera dikirimkan agar mendapatkan respon serta penyelesainya dari pihak penerima.

Surat Biasa 

Surat-surat yang tidak perlu terburu-buru untuk penyelesaian lantaran tidak perlu mendapatkan respon yang secepatnya dari penerima.

Bersumber pada Dinas Pos bisa dikelompokkan jadi: 

Surat Biasa

Surat yang menurut penggolongan dinas pos, surat yang di buat oleh seseorang yang isinya atau sifatnya umum atau tidak begitu penting, lantaran biasanya surat ini tidak perlu mendapatkan respon yang secepatnya dari penerima.

Dengan demikian surat-surat ini penyampaiannya pada tujuan atau penerima waktunya tidak di pastikan, namun biaya yang dipakai dinas pos, prangkonya cukup murah.

Surat Kilat 

Surat-surat yang secepatnya ditangani agar mendapatkan respon serta penyelesaian yang secepatnya juga dari penerima. Oleh sebab itu surat kilat cara penyampaiannya, biaya pengirimannya atau prangkonya lebih mahal dari surat biasa.

Surat Kilat Khusus 

Surat-surat yang di buat seseorang yang isinya amat penting serta mesti segera ditangani agar mendapatkan respon serta penyelesaian yang secepat-cepatnya dari penerima.

Surat tercatat 

Yaitu surat yang di buat oleh seseorang yang isinya amat penting, hingga mesti segera ditangani dan dikerjakan secepat-cepatnya agar surat itu mendapatkan respon serta penyelesaian secepatnya juga dari pihak penerima.

Surat ini pun nyaris sama juga dengan kilat khusus, langkah penyampaiannya oleh dinas pos amat diprioritaskan ongkosnya atau prangkonya mahal.

Arti serta Fungsi Surat 

Surat yang berperan sebagai satu diantara alat komunikasi dalam dunia usaha serta perkantoran, bisa pula berperan sebagai: 
  1. Alat bukti tertulis: adanya hitam diatas putih bermanfaat untuk dijadikan bukti jika terjadi perselisihan atau salah penafsiran antar kantor atau petinggi yang mengadakan hubungan korespondensi. 
  2. Alat pengingat: bermanfaat untuk mengetahui beberapa hal yang terlupa atau sudah lama. 
  3. Bukti historis: bermanfaat sebagai bahan penelitian tentang kondisi atau kegiatan sebuah organisasi pada bebarapa waktu lalu. 
  4. Duta organisasi: surat bisa mencerminkan kondisi mentalitas, jiwa serta keadaan intern dari organisasi atau kantor yang berkaitan. 
  5. Pedoman: surat juga merupakan pedoman dalam proses pekerjaan. 
Syarat – Syarat Surat yang baik 

Jelas

Jelas di sini memiliki arti : tulisan gampang di baca serta gampang untuk dipahami, baik dari jati diri si pengirim surat, nama serta alamat yang dituju, dan dari isi surat itu sendiri.

Benar 

Benar di sini memiliki arti : isi dari surat itu memanglah benar maksud serta tujuannya (tidak untuk iseng), dan memakai kosa kata yang baku.

Sopan 

Sopan di sini memiliki arti : memakai bahasa yang tidak cuma baku namun juga mempunyai sopan santun.

Singkat/tidak terlalu bertele-tele 

Singkat di sini bukanlah memiliki arti penulisan katanya yang harus disingkat-singkat, namun memakai bahasa yang efisien hingga surat tidak terlalu panjang lebar.

Lengkap 

Lengkap di sini memiliki arti : Maksud serta tujuan udah terwakilkan atau tertuang semua dalam surat.

Menarik 

Menari di sini bukan berarti mesti memakai kosa kata seperti pada iklan-ikan yang kerap kita temui. Namun, kertas serta sampul surat mesti serasi, rapi dan bersih hingga enak dipandang serta di baca.

Contoh Surat Menyurat

Sumber: kaskus.co.id
Di bawah ini akan kami berikan sekumpulan contoh - contoh surat menyurat dengan tata bahasa yang baik dan benar.

Contoh Surat Pemberitahuan
Sumber: ahmad16jihad.wordpress.com
Contoh Surat Undangan Berjudul
Sumber: ahmad16jihad.wordpress.com
Contoh Surat Undangan Berperihal
Sumber: ahmad16jihad.wordpress.com
Contoh Surat Kuasa
Sumber: ahmad16jihad.wordpress.com
Contoh Surat Pengantar
Sumber: ahmad16jihad.wordpress.com
Contoh Surat Pernyataan
Sumber: ahmad16jihad.wordpress.com
Contoh Surat Penguasaan
Sumber: ahmad16jihad.wordpress.com
Contoh Surat Penugasan
Sumber: ahmad16jihad.wordpress.com
Dan itulah pembahasan kami mengenai 8 Contoh Surat Menyurat dan Cara Membuatnya, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Surat Menyurat di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi untuk membuat Surat Menyurat. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. riopavilion.blogspot.co.id
  2. ahmad16jihad.wordpress.com 

Related Posts

8 Contoh Surat Menyurat dan Cara Membuatnya
4/ 5
Oleh