09 March 2017

5 Contoh Surat Pembaca di Lingkungan Sekolah

5 Contoh Surat Pembaca di Lingkungan Sekolah. Contoh Surat Pembaca, Pengertian Surat Pembaca, Struktur yang ada pada sebuah Surat Pembaca, Macam – Macam Motif Surat Pembaca, Surat Pembaca Bermotif Informasi, Surat Pembaca Bermotif Keluhan, Surat Pembaca Bermotif Kritik, Surat Pembaca Bermotif Pujian, dan Surat Pembaca Bermotif Saran.

Pengertian Surat Pembaca 

Sumber: harpersbazaar.co.id
Surat pembaca yaitu surat yang ditulis oleh pembaca serta diterbitkan dalam koran atau surat kabar baik lokal ataupun nasional, tabloid, majalah, media on-line (komunitas, portal berita, situs pribadi) yang isinya berbentuk kritik, saran, keluhan, ajakan, respon, himbauan, ucapan terimakasih, dan lain-lain.

Surat ini dapat diperuntukkan ke instansi non komersil, organisasi, perusahaan, kantor, sekolah, pemerintah, baik perseorangan ataupun kelompok. Isi dari surat pembaca dapat di baca oleh siapa saja lantaran memiliki sifat umum.

Surat Pembaca Mengenai Lingkungan Sekolah 

Pada artikel ini kita akan mengulas surat pembaca yang terkait dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya. Surat pembaca bentuk ini dapat dicantumkan di surat berita lokal maupun di tabloid atau majalah yang di produksi sendiri oleh sekolah.

Struktur serta Motif Surat Pembaca 

Surat pembaca tidaklah susah untuk di buat lantaran kebanyakan isinya singkat dan padat. Hingga strukturnya juga tidak rumit.

Struktur dalam menulis surat pembaca mengenai lingkungang sekolah hanya memuat: 
  1. Judul 
  2. Isi surat 
  3. Identitas pengirim. 
Sedangkan untuk motifnya, surat pembaca umumnya dikelompokkan jadi 5 motif yakni: 
  1. Surat pembaca bermotif informasi 
  2. Surat pembaca bermotif keluhan 
  3. Surat pembaca bermotif kritik 
  4. Surat pembaca bermotif pujian 
  5. Surat pembaca bermotif saran 

Contoh Surat Pembaca 

Sumber: hipwee.com
Contoh Surat Pembaca Mengenai Lingkungan Sekolah yang Baik serta Benar

Tidak lengkap rasa-rasanya bila keterangan tentang surat pembaca mengenai lingkungan sekolah tidak disertai dengan contoh.

Berikut ini kumpulan contoh surat pembaca mengenai lingkungan sekolah bersumber pada motifnya.

1. Contoh Surat Pembaca Mengenai Lingkungan Sekolah Bermotif Informasi 
Sumber: infest.or.id
Surat pembaca bermotif informasi ditulis sebagai pemberitahuan pada umum supaya semakin banyak orang tahu tentang suatu hal yang diberitakan.

Promo Spesial untuk Siswa Kelas IX SMP Negeri 41 Dupak 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 41 Dupak

Kami sebagai OSIS mendapatkan tawaran dari Toko Alat Tulis Bima yang baru di buka satu minggu lalu di dekat sekolah.

Penawarannya yaitu setiap siswa kelas IX SMP Negeri 41 Dupak bisa mendapatkan 2 buku catatan serta satu set alat tulis secara gratis cuma dengan menyertakan foto copy kartu pelajar sebagai bukti kalau murid benar kelas IX dari SMP Negeri 41 Dupak.

Promo ini diselenggarakan dalam rangka menyambut ujian nasional yang tinggal tiga bulan lagi.

Bila bapak menyepakati penawaran ini, kami akan segera buat surat resminya. Setelah itu baru informasi ini dapat kami sebarkan ke murid-murid kelas IX.

Kami mohon dengan hormat supaya bapak memberi jawaban secepatnya, lantaran pihak Toko Alat Tulis Bima cuma memberi waktu sampai tanggal 14 November 2016 atau lima hari dari surat ini di buat untuk mendapatkan jawabannya.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dimas Ardiansyah


Ketua OSIS SMP Negeri 41 Dupak

2. Contoh Surat Pembaca Mengenai Lingkungan Sekolah Bermotif Keluhan 
Sumber: tulisbaca.com
Surat pembaca bermotif keluhan ditulis lantaran si penulis mengalami kesulitan atau permasalahan lantaran tidak lancarnya suatu hal. Hal itu mengakibatkan kegiatannya terhalang atau terganggu.

Prihatin dengan Kondisi Selokan di Sekolah ketika Hujan Deras 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Magetan

Beberapa hari ini terjadi hujan deras terus menerus di Magetan. Selokan sekolah tidak kuat menampung serta mengalirkan air hujan lantaran volume air yang bertambah drastis. Hal semacam ini mengakibatkan banjir di sekolah, terutama di wilayah kelas 7A hingga 7E.

Banjir yang terjadi mengakibatkan beberapa murid kesusahan ketika menuju kelasnya masing-masing, demikian halnya guru yang akan mengajar di kelas 7A hingga 7E. Genangan juga terjadi di sekitar kantin, membuat kegiatan murid saat istirahat terganggu. Genangan yang tidak kunjung surut ini membuat lantai sekolah jadi kotor lantaran air hujan becampur dengan tanah.

Menurut penilaian kami, tidak hanya volume air yang bertambah drastis, namun banyaknya sampah di selokan juga merupakan aspek yang mengakibatkan banjir. Menumpuknya sampah di selokan menggambarkan kesadaran beberapa siswa serta siswi akan kebersihan masihlah rendah.

Kami mengharapkan sekiranya bapak Kepala Sekolah sudi untuk menghimbau kepada seluruh siswa untuk melakukan kerja bakti pembersihan selokan, mengingat kondisi udah mendesak. Kami juga mengharapkan supaya ketentuan sekolah berkaitan pembuangan sampah secara sembarangan lebih dipertegas lagi.

Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya seluruh siswa serta siswi lebih waspada dalam bertindak serta muncul kesadaran untuk menjaga lingkungan. Terlebih setelah kami semua mengalami salah satu efek negatif dari buang sampah sembarangan, yakni banjir.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yuzar Ramadhan


Kelas 7B

3. Contoh Surat Pembaca Mengenai Lingkungan Sekolah Bermotif Kritikan 
Sumber: ridoua.nl.ogena.net
Surat pembaca bermotif kritikan ditulis lantaran penulis menemukan atau merasakan sebuah hal yang amat menggangu atau merugikannya.

Permasalahan Banner Katering di Pentas Seni SMK Negeri 19 Malang 

Yth, Kepala Sekolah SMK Negeri 19 Malang

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya sebagai yang memiliki Katering Sedap Selalu mengaku kecewa pada penyelenggaran pentas seni SMK Negeri 19 Malang yang berjalan kemaren. 2 bulan sebelum acara, saya menyepakati proposal sponsor yang didapatkan dari beberapa orang anggota OSIS SMK Negeri 19 Malang.

Dalam proposal saya di beri penawaran untuk mempersiapkan katering kue kering sejumlah 1000 buah serta memiliki hak menempatkan banner bertuliskan nama katering saya di dekat panggung musik. Tetapi kemarin, satu diantara karyawan saya yang mengecek tidak menemukan adanya banner yang dijanjikan.

Karyawan saya coba meminta keterangan tetapi tidak menemui titik terang lantaran diberikan argumen yang berbelit-belit, dari mulai “nanti akan dipasang”, “tidak ada perintah pemasangan dari ketua panitia acara”, dan lain-lain.

Saya mohon kejelasan langsung dari bapak kepala sekolah sebagai penanggung jawab acara pensi. Saya siap apabila diundang untuk bertemu bapak serta panitia penyelenggara.

Demikian kekecewaan yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan segera memperoleh tanggapan serta permasalahan ini dapat diselesaikan secara baik-baik.

Akhir kata, terimakasih. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Handi Taulany


Pemilik Katering Sedap Selalu

4. Contoh Surat Pembaca Mengenai Lingkungan Sekolah Bermotif Pujian 
Sumber: sholihah.web.id
Surat pembaca bermotif pujian ditulis sebagai bentuk penghargaan atau animo pada suatu hal lantaran hal itu berguna, mengasyikkan atau membuat penulis merasa senang.

Animo Pada Peraturan Baru di Sekolah yang Sangat Berguna Untuk Siswa 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 59 Jaranan

Selamat atas terpilihnya Bapak Arisyandi sebagai kepala sekolah kami yang baru. Jujur, dua bulan sesudah kepemimpinan bapak ada perubahan yang dirasakan anak-anak kami.

Saya amat senang saat bapak mengambil keputusan peraturan baru yakni adanya aktivitas mengaji Al-Qur’an bersama setiap pagi selama 15 menit serta diharuskannya seluruh murid yang beragama Islam untuk melakukan Sholat Dhuha. Tidak hanya itu ada juga ketentuan yang mewajibkan siswa minimum satu minggu sekali untuk membaca di perpustakaan.

Tiga ketentuan baru ini memberi efek yang positif untuk anak-anak kami, hingga mereka tidak cuma mengejar pengetahuan dunia tetapi juga beribadah untuk di akhirat nantinya.

Mudah-mudahan program ini bisa berjalan terus, serta bapak dapat mengambil keputusan kebijakan-kebijakan baru yang lain yang inovatif dan baik.

Demikian surat dari kami, sekali lagi kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Mudah-mudahan bapak sehat selalu.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alif Hardiansyah


Ketua Ikatan Orang Tua Murid Angkatan 2015-2016

5. Contoh Surat Pembaca Mengenai Lingkungan Sekolah Bermotif Saran 
Sumber: careeraddict.com
Surat Pembaca bermotif saran ditulis sebagai input atau solusi pada sebuah persoalan agar jadi pertimbangan.

Perayaan Ulang Tahun Sekolah dengan Acara Sedekah 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 144 Kawedanan

Dua bulan lagi SMA Negeri 144 Kawedanan akan mengadakan ulang tahun yang ke 32. Menurut saya sekolah butuh mencoba merayakan ulang tahun lewat cara yang tidak sama. Sebab, beberapa tahun ini aktivitas ulang tahun senantiasa diisi dengan acara pentas seni serta musik.

Saya mempunyai saran supaya sekolah mengadakan acara bakti sosial ke panti-panti asuhan sebagai bentuk perayaan ulang tahun. Mengingat jumlah murid di SMA Negeri 144 Kawedanan berjumlah 532 orang yang terdiri dari 15 kelas, lebih baik bila acara berjalan di beberapa panti asuhan sekaligus.

Setiap 3 kelas berkunjung ke 1 panti asuhan. Hingga murid-murid mempunya pengalaman langsung berjumpa dengan anak-anak di panti asuhan, tidak cuma menyumbang saja.

Di panti asuhan murid-murid mengadakan acara makan bersama serta games sederhana untuk menghibur anak-anak yang ada. Tidak lupa acara doa bersama untuk mendoakan kebaikan sekolah sekaligus berdoa supaya murid-murid kelas 12 dilancarkan ketika ujian nasional.

Demikian saran yang dapat saya sampaikan berkaitan inovasi dalam acara ulang tahun sekolah. Terimakasih untuk waktunya. Mudah-mudahan jadi bahan pertimbangan di rapat rutin pada kepala sekolah dan OSIS berikutnya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Milfa Ayu W.


Kelas XII-D

Nah, itu dia tadi lima contoh surat pembaca, dan kalian jangan sampai lupa untuk ingat selalu pentingnya Kesopanan dalam Menulis Surat Pembaca.

Demikianlah pembahasan kami mengenai 5 Contoh Surat Pembaca di Lingkungan Sekolah, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Surat Pembaca di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi untuk membuat Surat Pembaca. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. disekitar.net 
Back To Top