6 Contoh Surat Pengunduran Diri: Surat Resign

6 Contoh Surat Pengunduran Diri: Surat Resign. Contoh Surat Pengunduran Diri, Pengertian Surat Pengunduran Diri, Alasan mengapa seorang karyawan sampai ingin Mengundurkan Diri? Cara Menulis Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar, Hal – Hal yang perlu dihindari saat anda ingin menulis sebuah Surat Pengunduran Diri.

Pengertian Surat Pengunduran Diri 

Sumber: duniainter.net
Surat pengunduran diri yaitu surat untuk menyatakan kalau dirinya berhenti bekerja dari tempat di mana ia bekerja, baik itu bekerja di perusahaan swasta maupun bekerja di kantor pemerintahan.

Mengundurkan diri dari sebuah perusahaan yaitu hak seorang pegawai. Ada beberapa argumen kenapa pegawai mau mengundurkan diri, yakni:

Gaji kecil 

Gaji jadi aspek penting untuk seorang pegawai lantaran terkait dengan biaya hidupnya. Bila nyatanya biaya hidup lebih besar dari pada gaji ia bekerja pada sebuah perusahaan apa yang ia kerjakan terasa sia-sia karena ia bekerja untuk mendapatkan gaji untuk biaya hidup.

Merasa tidak cocok dengan lingkungan pekerjaan 

Untuk merasa pas atau tidaknya seorang pegawai dengan lingkungan kerjaan tidak bisa dirasakan dalam tempo yang singkat, umpamanya baru 2 atau 3 bulan ia menyatakn tidak cocok dengan pekerjaan atau lingkungan pegawainya.

Untuk masuk dalam satu lingkungan baru jelas diperlukan penyesuaian atau penyesuaian diri dengan lingkungan itu.

Bila hal semacam itu selalu dirasakannya, yakni tidak merasa nyaman di linkungan kerjanya ia bisa mengambil keputusan untuk melakukan pengunduran diri. Bekerja dalam lingkungan yang tidak membuat diri sendiri nyaman jelas akan punya pengaruh pada hasil kerjanya seseorang.

Mau coba pekerjaan di tempat lain (jenuh) 

Sebagai manusia hal yang lumrah bila mengalami sebuah kebosanan dalam suatu hal, terlebih bila hal itu terus berulang-ulang. Ini umumnya terkait dengan seseorang yang mau mendapatkan tantangan baru dalam pekerjaan lantaran ia merasa jenuh.

Dengan mendapatkan pekerjaan yang lebih menantang ia akan merasa lebih semangat dalam mengerjakannya.

Tidak memperoleh kenaikan jabatan 

Bekerja pada sebuah perusahaan tertentu, seorang pegawai jelas mau mendapatkan kenaikan jabatan atau promosi dati atasan atau perusahaannya. Ini terkait dengan kenaikan karier seorang pegawai serta pendapatannya atau gaji. Makin tinggi jabatan jelas gajinya bakal makin tinggi juga.

Dalam membuat surat pengunduran diri mesti memerhatikan beberapa hal, seperti: 
  1. Menulis surat pengunduran diri dengan jelas, singkat serta padat. Kalimat yang dipakai yaitu kalimat yang baik supaya perusahaan bisa menyetujui surat pengunduran diri itu. 
  2. Mengatakan terima kasih pada perusahaan yang sudah menerimanya bekerja selama ini, juga pada beberapa rekan kerja yang secara tidak langsung sudah membantu dalam bekerja. 
  3. Tidak perlu mencantumkan argumen pengunduran diri secara detil. 
  4. Menulis serta menyerahkan surat pengunduran diri pada perusahaan saat sebelum betul-betul berhenti, hal semacam ini untuk memberikan waktu pada perusahaan mencari penggantinya. 
  5. Surat pengunduran diri di tulis di kertas putih polos secara rapi. 

Contoh Surat Pengunduran Diri 

Sumber: ahmadarib.com
Contoh 1 

Denpasar, 20 agustus 2014
Kepada Yth,
Kepala. HRD PT. Mahardika
Dengan Hormat

Melalui surat ini saya sebagai karyawan PT. Mahardika berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan serta Undang - Undang tenaga kerja saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              :
Departemen    :
Jabatan            :
No. Karyawan :

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Mahardika lantaran sakit yang saya derita. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial serta tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan bisa mengerti keadaan saya serta memberikan hak - hak sesuai ketetapan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan serta dukungan yang sudah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih

Hormat Saya


Wildan

Contoh 2 

Denpasar, 10 Juni 2014

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Mahardika
Jl. Gunung Agung, No. 15
Denpasar

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya Ahmad Zakaria bermaksud mengundurkan diri dari PT. Mahardika sebagai Marketing Manager, terhitung sejak tanggal (Tgl__Bln__Thn)

Saya ucapkan terima kasih atas peluang yang sudah diberikan pada saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya juga memohon maaf pada semua karyawan serta manajemen PT. Mahardika jika ada kekeliruan yang saya lakukan selama bekerja.

Saya mengharapkan PT. Mahardika bisa selalu berkembang serta mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya


Ahmad Zakaria

Contoh 3 

Purwokerto, 14 Maret 2014

Kepada Yth,
Dir. HRD PT. Bintang Angkasa
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Galih Susanto
Departemen    : Staff Administrasi
Jabatan            : Karyawan
No. Karyawan : 1283568465

Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) PT. Bintang Angkasa mengenai kekaryawanan serta Undang–Undang tenaga kerja saya dengan berat hati bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri.

Niat saya ini berlandaskan pada kesadaran akan kesehatan saya sekaligus saya serta keluarga harus pindah keluar kota dikarenakan ada masalah keluarga yang tidak bisa saya ceritakan dalam surat ini.

Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial serta tanpa motivasi negatif dari siapapun. Saya mengharapkan perusahaan bisa mengerti keadaan saya serta memberikan hak–hak saya sesuai ketetapan yang telah berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan serta dukungan yang sudah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Galih Susanto
Sumber: rocketmanajemen.com
Contoh 3 

Purwokerto, 14 Maret 2014
Kepada Yth,
Manager
PT. Bintang Angkasa

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya, Galih Susanto bermaksud mengundurkan diri dari PT. Bintang Angkasa sebagai Marketing Cabinet Export terhitung mulai tanggal 17 Maret 2014.

Saya mengatakan terima kasih yang sebesar-besarnya atas peluang yang sudah diberikan pada saya untuk bekerja di PT. Bintang Angkasa.

Dengan ini juga saya mohon maaf pada semua karyawan dan seluruh jajaran manajemen PT. Bintang Angkasa jika ada kekeliruan yang sudah saya lakukan selama bekerja.

Saya mengharapkan, PT. Bintang Angkasa selalu maju serta berkembang lebih baik.

Hormat saya.


Galih Susanto

Contoh 4 

Purwokerto, 14 Maret 2014
To
Mr. Budiman

With Respect,

With regret, I am sending this letter of resignation. Please kindly accepted this letter as my official letter of resignation fromWeb Designer position, starting from March 14, 2014.

I appreciate as much as possible the opportunityprovided as part of PT. Bintang Angkasa for approximately one year. Not to forget I apologize to all the management of PT. Bintang Angkasa if there are things that are not good I have done while working at PT. Bintang Angkasa.

Hopefully PT. Bintang Angkasa will be more successful in the future. When PT. Bintang Angkasa still need my energy on the transition period, I will be happy to help.


Your Sincerely,


Galih Susanto

Contoh Surat Pengunduran Diri Lainnya

Contoh 5
Sumber: lahiya.com
Contoh 6
Sumber: gudangmakalah.com
Dan untuk melindungi nama baik kita ketika meninggalkan sebuah perusahaan berikut ini kami sudah menuliskan lima Tips Menulis Surat Pengunduran Diri untuk mempersiapkan, agar anda dapat menulis surat resign secara baik serta benar.
  1. Surat pengunduran yang kita tulis mesti amat tepat serta to the point. Hindari kata kata yang terlampau bertele-tele seperti ketika anda menulis satu dokumen resmi. Buatlah dengan singkat serta menyebutkan surat pengunduran diri di baris subyek dari surat.   
  2. Sebutkan waktu atau tanggal saat anda mau mulai mengundurkan diri. Buat juga rekomendasi pemberitahuan seperti yang dijelaskan dalam kontrak kerja serta katakan juga kalau anda masih tetap akan bekerja hingga pada batas periode. 
  3. Jangan sampai sesekali kita meremehkan atasan meskipun sesungguhnya beliau mempunyai satu kekurangan. Jangan sampai memakai kalimat yang mungkin saja terasa merendahkan pada atasan. 
  4. Dalam menulis argumen mengundurkan diri tidak perlu bertele tele. Keterangan atau argumen pengunduran diri harus memperlihatkan kesopanan serta profesionalisme yang amat dihargai dalam dunia usaha. 
  5. Beberapa orang yang sudah menikmati pekerjaan mereka dan mesti meninggalkan pekerjaan untuk alasan yang lain, senantiasa bisa mengatakan begitu besar pengalaman yang sudah mereka dapatkan.
  6. Tidak lupa untuk mengatakan terima kasih atas peluang yang sudah diberikan untuk anda selama bekerja di perusahaan tersebut.
Itulah pembahasan kami mengenai 6 Contoh Surat Pengunduran Diri: Surat Resign, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Surat Pengunduran Diri di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi untuk membuat Surat Pengunduran Diri. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. contohsuratdinas.com
  2. kerjanya.net

Related Posts

6 Contoh Surat Pengunduran Diri: Surat Resign
4/ 5
Oleh