09 March 2017

Contoh Surat Permintaan Penawaran Barang

Contoh Surat Permintaan Penawaran Barang. Contoh Surat Permintaan Penawaran Barang, Surat Permintaan adalah Respon dari Surat Penawaran Barang, Hal – Hal yang harus diperhatikan saat menulis sebuah Surat Surat Permintaan Barang, Contoh Surat Permintaan yang dijadikan balasan dari Surat Penawaran Barang sebelumnya.

Pengertian Surat Permintaan 

Sumber: greenreport.it
Surat Permintaan yaitu surat yang dikirimkan oleh calon konsumen pada calon penjual, yang isinya ditujukan untuk meminta info tentang sebuah barang yang diperlukan atau yang mau dibeli.

Tidak hanya lewat surat permintaan penawaran, sebenarnya permintaan info tentang barang–barang yang diinginkan itu dapat juga di sampaikan lewat surat permintaan daftar harga, yang pada dasarnya, kedua bentuk surat ini adalah sama.

Di dalam surat permintaan penawaran, calon konsumen perlu untuk menuliskan informasi apa sajakah yang diperlukan tentang product dan lain sebagainya.

Informasi umum yang diperlukan calon konsumen biasanya mencakup daftar harga barang, syarat pembayaran, jumlah barang, mutu, cara pemeliharaan, serta potongan harga yang dapat diberikan dan lain sebagainya.

Tujuan Surat Permintaan

Sama seperti dengan pengertian surat permintaan barang, maksud dari surat permintaan barang pun nyaris sama juga dengan pengertiannya.

Tujuan surat permintaan barang yakni untuk pesan product tertentu baik itu berbentuk barang ataupun jasa yang lantas di sampaikan secara pribadi atau perseorangan ataupun oleh lembaga atau perusahaan.

Cara Membuat Surat Permintaan

Saat sebelum memulai membuat surat permintaan penawaran, sebaiknya disusun sebuah rencana yang tepat serta sejelas – jelasnya. Rencana ini juga mesti memuat informasi lengkap serta tidak ambigu supaya penjual bisa menangkap dengan jelas apa yang diinginkan calon konsumen.

Langkah membuat surat permintaan penawaran ini diawali terlebih dulu dengan meninjau isi surat permintaan secara lengkap serta jelas. Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam surat permintaan penawaran, secara umum adalah:
  1. Jenis barang yang dibutuhkan 
  2. Jumlah barang yang dibutuhkan 
  3. Mutu barang di sertai contoh 
  4. Potongan harga yang ada 
  5. Syarat penyerahan serta pembayaran 
Sesudah mengetahui isi surat permintaan penawaran yang akan di sampaikan, berikutnya surat permintaan penawaran bisa segera disusun dengan berdasar pada beberapa hal tentang langkah membuat surat permintaan penawaran yang baik, yaitu:
  1. Mintalah info yang detil berkaitan barang – barang apa sajakah yang diperlukan. 
  2. Nyatakan dengan jelas alasan – alasan yang mendorong Anda mengajukan surat permintaan penawaran itu. 
  3. Bantulah pembaca dalam memberikan suatu hal yang Anda perlukan dengan memperlihatkan seluruh data yang ada hubungannya dengan barang yang diperlukan. 
  4. Akhiri surat dengan kata – kata yang saling menguntungkan kedua belah pihak, contohnya dengan perkataan terima kasih atau penghargaan. 
Seorang calon konsumen bisa pula membuat surat permintaan penawaran untuk di sampaikan pada beberapa perusahaan sekaligus. Hal semacam ini sah – sah saja mengingat kebutuhan konsumen yaitu untuk mendapatkan penawaran harga yang paling menguntungkan.

Contoh Surat Permintaan

Surat permintaan barang ini umumnya diterbitkan sebagai tanggapan atas surat perkenalan product yang dikirimkan oleh penjual pada calon konsumen itu beberapa waktu sebelumnya. Surat perkenalan product ini dapat menarik minat calon konsumen untuk membeli barang/product itu.

Isi surat permintaan barang umumnya berbentuk permintaan keterangan secara detil berkaitan dengan barang/product yang di jual, seperti nama serta spesifikasi product, harga, langkah pembayaran, serta langkah pengiriman barang.

Contoh Surat Penawaran Produk 
Sumber: koentjoro96.wordpress.com
Customized Box
Bunda Kreatif 6 Ciputat - Tangerang
Telepon: (021) 30125117 e-mail: box@bundainbiz.com
Jakarta, 9 Juni 2006

Nomor      : 005/Marketing-SP/VI/2006
Lampiran : 1 Berkas

Yth,
Diandrabizz
Bintaro Jaya
Jakarta
UP Bunda Ina

Perihal: Penawaran menjadi supplier Kemasan Produk

Kami, produsen kemasan product berbahan baku kertas punya maksud menawarkan kerjasama pada Anda. Kami lihat product jilbab Anda disukai banyak orang serta banyak yang menggunakan product Anda sebagai hadiah dan kami mempunyai kemasan yang unik sebagai pelengkap product Anda.

Kami memproduksi Customized Box dengan beragam tema, ukuran, serta bentuk. Kami namakan Customized Box lantaran kemasan yang kami buat dapat menyesuaikan dengan keperluan Anda. Bersamaan surat ini, kami lampirkan spesifikasi beserta harga masing-masing item dari product kami.

Kami yakin product kami tidak akan mengecewakan Anda. Mudah-mudahan kita dapat bekerja sama. Terima kasih.

Divisi Marketing,


Nadia Yuniardo

Contoh Surat Permintaan Barang di PT 
Sumber: ayopreneur.com
Nusaraya Bintang
Jln. Jendral Sudirman No. 269
Ciamis, 01 Desember 2013

Nomor      : 01/XII/VM/2013
Lampiran : -
Hal            : Permintaaan Barang

Kepada Yth,
Pimpinan Kantor Pusat
PT. Citra Jaya
UP. Divisi ADM
Jl. Danau Besar No. 13
Bogor

Dengan Hormat,

Berdasarkan surat penawaran barang yang di lakukan PT. Citra Jaya pada kami, kami punya maksud untuk pesan barang pada anda dengan spesifikasi serta harga sesuai sama yang anda tawarkan pada kami:
  • Kode Barang   Rincian Barang           Harga Pokok        Satuan Jumlah    
  1.    AA 201 Tango Wafer Vanilla Rp. 2.700                  20
  2.    AA 202 Hello Panda Cokies Rp. 1.8000                34
  3.    AA 203 Biskuit Roma                 Rp. 1.200                  23
  4.    AA 204 Biskuit Kong Ghuan Rp. 20.000                12
  5.    AA 205 Brownies                        Rp. 27.500                21
  6.    AB 206         Fruit Tea                         Rp. 1.500                  20
  7.    AB 207         Pocari Sweat                   Rp. 3.200                  34
  8.    AA 208 Teh Botol Sosro              Rp. 3.100                  23
  9.    BB 400         Amplop 1/2 Polio           Rp. 3.600                  19
  10.    BB 401         Pulpen Pilot                    Rp. 1.600                  14
  11.    BB 402         Kertas HVS 50 Lbr         Rp. 7.000                  20
  12.    BB 403         Penghapus Steadler         Rp. 1.200                   5
  13.    BB 404         Rautan Kecil                   Rp. 4.000                    4
Kami mengharapkan barang yang kami pesan sesuai sama yang terdaftar dalam surat ini dapat di kirim segera, mengingat perusahaan kami amat memerlukan, atas perhatian serta kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Hormat saya,


Sucipto
Manager

Dan itulah pembahasan kami mengenai Contoh Surat Permintaan Penawaran Barang, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Surat Permintaan di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi untuk membuat Surat Permintaan. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. bankcontohsurat.blogspot.com 
Back To Top