07 March 2017

8 Contoh Surat Referensi Kerja dan Cara Penulisannya

8 Contoh Surat Referensi Kerja dan Cara Penulisannya. Contoh Surat Referensi Kerja, Ciri – Ciri yang dimiliki Surat Referensi Kerja, Cara Menulis Surat Referensi Kerja yang baik dan benar, penyusunan dan tata bahasa yang digunakan dalam Surat Referensi Kerja.

Pengertian Surat Referensi 

Sumber: ageofautism.com
Surat referensi yaitu surat yang di buat oleh seorang atas nama pribadi atau dinas yang memuat info mengenai kondisi buruk baiknya pribadi seseorang lantaran diminta oleh pihak lain.

Pengertian lain mengatakan kalau yang disebut dengan surat referensi yaitu surat keterangan yang bersifat rahasia dari pihak ketiga mengenai pihak kesatu yang memuat penilaian tentang bonafiditas, tingkah laku, serta kualifikasi pihak kesatu untuk kebutuhan pihak kedua (yang membutuhkan referensi itu). Surat referensi ini lebih dominan manfaatnya untuk si peminta.

Surat referensi nyaris sama juga dengan surat keterangan atau surat rekomendasi. Dalam pemberian referensi ini, pihak ketiga tidak ikut bertanggungjawab bila dikemudian hari muncul masalah antara pihak kedua serta pihak kesatu.

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pengaturan surat referensi, yang membedakannya dengan bentuk yang lain, yaitu:
  1. Objek yang diterangkan dalam surat referensi yaitu pihak ketiga (bukanlah yang memohon) yang disebut pihak yang pernah jadi anggota satu komune. Mungkin saja komune sekolah, badan usaha, instansi, atau instansi yang dimintai surat referensi. 
  2. Karakter keterangan dalam surat referensi yaitu rahasia karena surat itu diminta oleh pihak lain serta diberikan pada yang memohon tanpa sepengetahuan pihak yang dijelaskan. Lantaran sifatnya rahasia, penulis mesti menuliskan semua kondisinya secara sejujur-jujurnya. 
  3. Isi info mengenai pribadi seseorang dalam referensi tidak cuma beberapa hal yang baik saja. Hal yang kurang baik tentang tingkah laku, kecakapan, prestasi atau yang lain perlu diterangkan. Pembuat referensi bertanggung jawab moral pada Tuhan akan kebenaran keterangannya. 
  4. Pemberi info tidak turut bertanggungjawab bila di kemudian hari pihak yang diterangkan dalam referensi berkepribadian yang menyimpang dari keterangan dalam referensi. Perlu di ketahui kalau karakter serta kepribadian seseorang dapat dipengaruhi oleh kondisi serta bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. 

Contoh Surat Referensi Kerja 

Sumber: galena.co.id
Contoh 1 

SMP Tunas Harapan Mandiri 
Jalan Cempaka Raya Nomor 45, Kedaton Bandar Lampung 
Telp. (0721) 987 098 

Bandar Lampung, 20 Januari 2016

Surat Referensi Kerja

Nomor: ………………………………….

Yang bertanda tangan berikut ini, menjelaskan bahwa:

Nama     : Jelita Dinasaskia
Jabatan  : Guru Matematika

Yaitu benar karyawan dari SMP Tunas Harapan Mandiri  terhitung mulai sejak 2 Juli 2010 sampai dengan 20 Januari 2016.

Sepanjang berkerja sama, yang berkaitan sudah memperlihatkan dedikasinya serta loyalitas yang amat baik untuk sekolah dan sepanjang bekerja juga, yang berkaitan tidak pernah merugikan sekolah dalam bentuk apa pun.

Lewat surat ini kami memberikan penilaian yang baik pada yang berkaitan serta mengucapkan terima kasih. Tidak hanya itu, diharapkan surat ini bisa membantu yang berkaitan agar bisa lebih sukses di masa depan.

Demikian surat referensi kerja ini di buat supaya digunakan dengan sebagaimana mestinya.

Bandar Lampung, 20 Januari 2016
Kepala Sekolah SMP Tunas Harapan Mandiri


Retno Yulianingsih, M. Pd.

Contoh 2 

PT. Sakti Persada 
Jalan Cempaka Raya Nomor 45, Kedaton Bandar Lampung 
Telp. (0721) 987 098 

Bandar Lampung, 2 Januari 2013

Surat Referensi Kerja

Nomor : ………………………………………
Perihal : Surat Pengalaman Kerja

Pada yang bersangkutan

Dengan ini kami dari PT. Sakti Persada menyebutkan bahwa yang berkaitan berikut ini:

Nama     : Johan Syahputra
Alamat   : Jalan kelinci nomor Rt 10 Rw 002, Kedaton Bandar Lampung.
Jabatan   : Administrasi

Memang benar pernah jadi bekerja dalam kurun waktu dari tanggal 03 Januari 2011 sampai dengan 02 Januari 2013. Yang berkaitan sudah memberikan kontribusi serta loyalitas yang besar untuk perusahaan selama bergabung di perusahaan.

Tidak hanya itu, yang berkaitan juga tidak pernah mencermakan nama baik perusahaan serta tidak merugikan perusahaan dalam bentuk apa pun.

Lewat surat ini kami memberikan penilaian yang baik untuk kinerja yang berkaitan sepanjang bekerja di PT Sakti Persada. Kami juga mengucapkan terima kasih atas segala kerjasama yang sudah dijalin selama ini.

Diharapkan dengan surat referensi kerja ini bisa membantu yang berkaitan mendapatkan kesuksesan yang dikehendaki di masa depan.

Demikian surat referensi kerja di buat, mudah-mudahan bisa digunakan dengan semestinya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Bandar Lampung 02 Januari 2016
Direktur PT. Sakti Persada


Anggara Joyoningrat

Contoh 3 

Bandar Lampung, 20 Januari 2016

Surat Referensi Kerja
Nomor : ………………………………….


Yang bertanda tangan berikut ini:

Nama    : Jelita Dinasaskia
Jabatan  : Direktur PT. Jasa Swara
Alamat  : Jalan Pemuda No. 65, Labuhan Ratu Bandar Lampung

Menjelaskan dengan sebenarnya bahwa:

Nama    : Dina Jelitasari
Jabatan  : Editor
Alamat  : Jalan Z. A. Pagar Alam No. 78 Bandar Lampung

Benar sudah bekerja di perusahaan yang saya pimpin terhitung mulai sejak 2 Januari 2013 sampai dengan 28 Desember 2015, dengan jabatan terakhir sebagai Editor Buku Anak di PT. Jasa Swara.

Selama masih bekerja sebagai editor buku anak, yang berkaitan sudah melakukan kewajibannya dengan baik serta memberikan kontribusi yang amat besar pada PT. Jasa Swara.

Tidak hanya itu, yang berkaitan tidak pernah melakukan beberapa hal yang merugikan pihak perusahaan serta tidak pernah mencemarkan nam abaik perusahaan. Dalam hal ini, yang berkaitan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri tanpa paksaan dari pihak manapun.

Kami berterima kasih atas kontribusi yang selama ini diberikan serta kami berharap surat ini bisa membantu yang bersankutan mencapai kesusksesan dimasa depan.

Demikian surat info referensi kerja kami buat supaya digunakan sebagaimana mestinya.

Bandar Lampung, 2 Januari 2016
Direktur Pt. Jasa swara


Jelita Dinasaskia

Contoh 4 

Surat Referensi Kerja

Nomor : …….

Yang bertanda tangan berikut ini, menjelaskan bahwa;

Nama    :
Jabatan  :

Adalah benar karyawan PT……….. terhitung mulai sejak …… sampai dengan ………..

Sepanjang bekerja yang berkaitan sudah memperlihatkan dedikasi serta loyalitas untuk perusahaan, serta sepanjang bekerja tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan.

Kami berterima kasih serta mengharapkan mudah-mudahan yang berkaitan bisa lebih berhasil di masa yang akan datang.

Demikian surat info ini di buat supaya digunakan sebagaimana mestinya.

Surabaya, ………. …………….


Direktur

Contoh 5 

Surat Referensi Kerja

Yang bertanda tangan berikut ini, menjelaskan bahwa:

Nama    : .............................................

Alamat  : .............................................

Jabatan  : .............................................

Adalah karyawan PT. ............................................. – .............................................. Mulai bekerja tanggal tanggal, bulan, tahun sampai dengan tanggal, bulan, tahun. Selama bekerja yang berkaitan sudah memperlihatkan dedikasi serta loyalitas untuk perusahaan, perusahaan mengucapkan terimakasih.

Demikian surat info ini di buat supaya digunakan sebagaimana mestinya.

nama kota, tanggal, bulan, tahun

PT. tanggal, bulan, tahun

(…………………..)

H. R. D Manager

Contoh 6 

PT. Angin Ribut Banget

Jl. Kuda Lumping No. 10 Jakpus
General Supplier Engine Diesel

Surat Pengalaman Kerja
Certificate of Employment

Pada yang berkepentingan,

No   :
Hal  : Surat Pengalaman Kerja

Dengan ini kami dari PT. Angin Ribut Banget menyebutkan bahwa:

Nama    : Tebe Soleh
Alamat  : Jl. Roda Dua No 10 Rt. 04/01 Jaksel
Jabatan  : Marketing

Sudah benar-benar bekerja pada perusahaan kami dalam kurun waktu:

03 Januari 2008 sampai dengan 27 Desember 2010

Yang berkaitan sudah memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan serta sepanjang bergabung tidak pernah melakukan tindakan yang merugikan perusahaan.

Kami berterima kasih atas semua kerjasama yang diberikan serta mudah-mudahan yang berkaitan bisa lebih berhasil serta sukses di masa datang.

Jakarta, 5 Januari 2011

Muklis Temon


Direktur Utama

Contoh Surat Referensi Kerja Lainnya

Contoh 7
Sumber: cara-buat-surat.blogspot.co.id
Contoh 8
Sumber: slideshare.net
Demikianlah pembahasan kami mengenai 8 Contoh Surat Referensi Kerja dan Cara Penulisannya, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Surat Referensi Kerja di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi untuk membuat Surat Referensi Kerja. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. xiaogangzhu.blogspot.co.id
  2. bahasaindonesiaku.net
  3. ellopedia.blogspot.co.id 
Back To Top