02 March 2017

Contoh Teks Naskah Pidato dan Pidato Singkat

Contoh Teks Naskah Pidato dan Pidato Singkat. Contoh Teks Naskah Pidato, Naskah Pidato Singkat, Pengertian Teks Pidato, Metode Berpidato yang Baik, Struktur Teks Pidato dan Cara Menulis Teks Pidato yang baik dan benar.

Pengertian Teks Pidato

Sumber: belajarbahasainggris.us
Teks Pidato adalah bentuk komunikasi satu arah berbentuk pengungkapan ide serta pikiran pembicara mengenai sebuah hal pada banyak orang dan tidak mendapat langsung dari pendengar. Orang yang melakukan pidato disebut dengan sebagai orator.

Metode Berpidato 

Ada 4 cara berpidato, diantaranya yaitu sebagai berikut ini: 
  1. Metode dan merta atau spontanitas, bersumber pada keperluan sesaat, tanpa persiapan yang cukup. Cara ini juga bersumber pada kapabilitas serta kemahiran pembicara dan apa adanya. Cara ini umumnya digunakan dalam kondisi yang mendadak atau darurat. 
  2. Metode menghafal, dikerjakan dengan persiapan yang matang. Materi yang akan di sampaikan dihafal terlebih dulu sebelum pada akhirnya di sampaikan pada banyak orang. Cara ini umumnya dilakukan saat acara pidato udah direncanakan dengan baik. 
  3. Metode naskah, dilakukan dengan membaca naskah pidato yang disiapkan. 
  4. Metode ekstemporan, dilakukan dengan mengandalkan kapabilitas bicara dengan cuma mempersiapkan poin-poin pokok yang akan dikembangkan. 

Susunan Teks Pidato 

Susunan teks pidato terdiri atas 3 sisi, yakni pembukaan, isi pidato, serta yang paling akhir isi pidato. 

Ketiga susunan itu adalah komponen penting yang perlu ada dalam satu teks pidato. Lantaran jika satu diantara susunan tersebut tidak ada, teks pidato itu tidak akan jadi teks pidato yang sempurna. Untuk lebih jelasnya lihat penjelasan susunan pidato berikut ini: 

Pembukaan 

Pembukaan teks pidato terdiri atas 3 sisi juga, yakni di antaranya salam pembuka, ucapan penghormatan, serta ucapan syukur.
  • Salam pembuka 
Contoh: Assalamu'alaikum wr. wb. Salam sejahtera untuk kita semua siswa serta guru SMA 1 Bandung.
  • Ucapan Penghormatan 
Ucapan penghormatan dalam satu pidato umumnya dilakukan dengan mengatakan orang yang dianggap lebih tinggi jabatannya terlebih dulu dan lantas selanjutnya hingga ada pada jabatan paling bawah.

Contoh: 
  1. Yang saya hormati Ibu Kepala Sekolah. 
  2. Yang saya hormati Ibu serta Bapa guru. 
  3. Yang saya hormati para tamu undangan, 
  4. Yang berbahagia rekan-rekan seangkatan saya kelas XII 
  5. Serta adik-adik kelas saya yang saya banggakan. 
Namun bila contohnya banyak jabatan dalam satu sekolah atau satu perusahaan seperti sisi administrasi dan yang lainnya itu tidak butuh disebutkan. Cukup mengatakan yang sekiranya perlu saja.
  • Ucapan Syukur 
Ucapan syukur ini umumnya dibacakan lantaran rasa syukur sang orator (pembaca pidato) pada Tuhan lantaran dirinya serta para tamu dapat diberikan kesehatan dan kesempatan agar bisa berkumpul serta menghadiri acara pidato itu.

Contoh: 

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena hingga pada detik ini kita masihlah di beri kesehatan untuk dapat menghadiri serta berkumpul di acara yang berbahagia ini.

Isi Pidato 

Isi Pidato yaitu bagian yang penting lantaran dalam isi ini memiliki kandungan inti dari suatu hal yang akan di sampaikan serta dibicarakan. Di bagian isi ini sang orator akan menerangkan secara detil serta jelas tentang apa yang dikatakannya pada para pendegar.

Penutup Pidato 

Penutup pidato adalh akhir dari satu pidato. Pidato yang baik umumnya memuat beberapa hal berikut ini:
  1. Rangkuman secara ringkas dari materi yang dijelaskan. 
  2. Permintaan maaf pada pendegar bila ada salah dalam berkata serta menyinggung pembaca. 
Salam penutup. 

Contoh Teks Naskah Pidato 

Contoh 1
Sumber: kakakpintar.com
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua siswa serta guru SMA 1 Bandung.

Yang saya hormati, Ibu Kepala SMA Negeri 1 Bandung, Ibu Nanan Nurhanani SPd. Yang saya hormati, bapak serta ibu guru beserta staf SMA Negeri 1 Kota Bandung, serta rekan-rekan seperjuangan saya yang saya cintai.

Puji serta syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. lantaran sudah melimpahkan rahmat serta karunianya hingga kita bisa ada dan berkumpul di sini. Tidak lupa, salawat dan salam kita berikan pada nabi besar nabi Muhammad SAW. dan tidak lupa juga beberapa sahabatnya dan kita umatnya di akhir jaman.

Hadirin yang berbahagia, pada saat ini, saya akan menyampaikan pidato mengenai manfaat teknologi. Pada masa ini, udah banyak teknologi – teknologi mutakhir yang di ciptakan untuk memudahkan cara hidup kita di zaman ini. Dengan kecanggihannya, kita bisa mempersingkat waktu serta mempercepat penyelesaian kerja.

Tetapi, tetap ada yang menerima dan meresponnya secara negatif dengan beragam argumen. Seperti dengan argumen teknologi – teknologi yang udah ada secara tidak langsung sudah menyingkirkan budaya – budaya sehari – hari yang sudah ada.

Hadirin sekalian, sesungguhnya banyak manfaat yang sudah dan akan kita peroleh dengan pemakaian teknologi – teknologi. Sebagai contoh, kita bisa berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga kita di tempat yang jauh dengan memakai telefon genggam.

Kita dapat juga memudahkan hal dalam urusan rumah tangga, seperti membersihkan pakaian dengan mesin pencuci maupun memasak nasi dengan penanak nasi listrik atau umum disebut dengan rice cooker.

Bahkan juga internet juga udah amat akrab dengan kehidupan sehari – hari kita. Umumnya digunakan untuk mencari informasi atau menghilangkan capek, seperti bermain permainan yang disediakan internet.

Buruk baiknya teknologi itu sendiri, tergantung pada orang yang memakainya. Serta yang saya harapkan di sini, kita bisa memakai teknologi itu sesuai sama manfaat serta tujuan teknologi tersebut di buat. Agar tidak terjadi penyalah gunaan yang bisa merugikan kita sendiri serta orang lain.

Demikian pidato ini saya sampaikan. Mudah-mudahan bisa berguna untuk kita semua. Mohon maaf apabila ada salah kata. Wabillahitaufiq walhidayah.

Assalammualaikum Wr. Wb. 

Contoh Pidato Singkat

Contoh 2
Sumber: kakakpintar.com
Pembukaan Pidato mengenai Cinta Tanah Air:

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Pertama-tama mari kita ucapkan puji syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Kita bisa berkumpul di sini dengan sehat wal'afiat karena –Nya.

Sebelumnya saya mengatakan terima kasih atas kehadiran rekan-rekan sekalian. Kedua saya berdiri di sini akan menyampaikan pidato. Pidato saya kali ini bertopik cinta tanah air.

Isi Pidato Cinta Tanah Air: 

Apakah kalian tahu mengapa kita mesti cinta pada tanah air kita sendiri? Iya itu sesungguhnya memanglah benar, kita mesti cinta pada tanah air kita. Lantaran kita bangsa Indonesia kaya akan budaya serta suku yang berbagai macam.

Kita mesti bersyukur dengan kekayaan Allah SWT yang sudah diberikan pada kita semua. Kita bisa mengetahui suku bangsa yang berbeda dengan kita. Atas limpahan dari Allah kita bisa saling mengenal satu sama lain.

Contoh cinta pada tanah air yaitu kita mesti mencintai product dalam negeri. Disitulah kita membeli beberapa barang keperluan kita.

Walaupun kita beli d luar negeri, barang luar negeri dari Indonesia. Jadi, bila kita mau membeli barang keperluan, kita beli saja di Negara kita sendiri. Negara kita mempunyai hasil yang sangat memuaskan dan berkualitas terbaik.

Indonesia mempunyai budaya yang melimpah. Di Indonesia ada beragam jenis budaya. Budaya di dalam negeri kita turun-menurun lantaran budaya itu digunakan oleh anak cucunya.

Contoh budaya itu yaitu tari adat pernikahan, music, serta masih banyak lagi budaya yang ada di Indonesia. Suatu saat juga budaya itu akan digunakan oleh anak kita sendiri.

Penutup Pidato Cinta Tanah Air: 

Saat sebelum saya tutup pidato saya, saya mau ajukan pertanyaan. Apakah kalian tahu apa kesimpulan dari pidato ini? Bila tidak ada yang mengetahuinya, akan saya beri tahu.

Kesimpulannya yaitu kita mesti saling mengenal satu sama lain, mencintai produk budaya kita sendiri, dan yang paling akhir kita mesti mencintai budaya serta Negara kita sendiri.

Itulah rangkuman dari pidato saya, sebelum saya tutup pidato ini adakah yang mau ajukan pertanyaan? Bila tidak saya akan mengatakan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. W. b

Demikianlah pembahasan kami mengenai Contoh Teks Naskah Pidato dan Pidato Singkat, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Contoh Teks Naskah Pidato di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam membuat sebuah Pidato. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. materikelas.com
  2. infokekinian.com 
Back To Top