Pengertian, Fungsi, dan Bagian-Bagian Ginjal

Pengertian, Fungsi, dan Bagian-Bagian Ginjal. Pengertian Ginjal, Fungsi dari Ginjal, Bagian-Bagian dari Ginjal, Peranan dari Tiap-Tiap Bagian Ginjal, Peran Penting Ginjal dalam Kehidupan Manusia. Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang harus dijaga kesehatannya.

Pengertian Ginjal

Sumber: health.kompas.com
Ginjal jadi satu diantara beberapa organ yang paling penting di dalam tubuh manusia. Biasanya manusia mempunyai dua buah ginjal yang ada pada bagian kanan serta kirinya.

Ginjal jadi satu diantara organ manusia yang bermanfaat sebagai filter atau alat penyaring. Apa yang dapat di saring ginjal? Jelas saja darah manusia yang memiliki kandungan bahan-bahan lainnya.

Bila bahan itu penting, maka akan di serap kembali oleh organ penyerap. Tetapi bila bahan itu tidak penting, maka akan di buang lewat urin atau kencing.

Bentuk ginjal yang menyerupai seperti kacang merah ini terdapat di bawah perut bagian kanan serta kiri tulang vertebrate.

Berikut ini yaitu penjelasan dari 13 bagian ginjal manusia, peranan serta penuturannya: 

Memang seperti apakah ginjal manusia itu? Apakah fungsi dari organ yang satu itu? Sampai-sampai begitu penting peranannya?

Pada ginjal manusia ada beberapa sisi paling utama yang bisa membantu proses berjalannya fungsi ginjal secara prima, yang bisa membuat perlindungan pada ginjal supaya tidak gampang terjadi kerusakan pada sisi organ tubuh yang lain.

Ginjal mempunyai ukuran yang beragam, tergantung dari bentuk kelamin, usia serta ada tidaknya ginjal pada segi yang lain. Ginjal juga mempunyai organ yang lain yang mempunyai manfaat masing-masing untuk membantu proses pencernaan di dalam tubuh.

Sisi paling utama ginjal manusia terbagi dalam korteks, pelvis, medulla, ureter, vena ginjal serta arteri ginjal.

Bagian-Bagian Ginjal

Sumber: hedisasrawan.blogspot.co.id
  • Korteks 
Bagian-bagian ginjal manusia yang paling penting yaitu korteks. Tempat inilah yang dijadikan muara asalnya urin berasal.

Di dalam korteks ada jutaan nefron-nefron yang di dalamnya terdapat tubuh Malpighi. Tiap tubuh Malpighi tersusun atas glomerulus, kapsula bowman, dan beberapa tubulus tubulus pendukung untuk proses pemfilteran. Darah manusia akan mulai di filter di bagian ini.

Nefron yang terdapat di dalam nefron itu mempunyai susunan serta manfaat sendiri. bagian inilah yang jadi unit paling kecil dari ginjal, di mana mempunyai fungsional tersendiri. berikut ini yaitu sisi bagian yang ada di dalam nefron:
Sumber: penyakit-ginjal.com
  • Nefron 
Berikut inilah tempat darah yang ada di dalam tubuh di saring. Di dalam tiap nefron ada sisi bagian penting seperti glomerulus, kapsula bowman, tubulus kontortus proximal, tubulus kontortus distal, tubulus kolektivus dan lengkung henle.
  • Glomerulus 
Di bagian glomerulus ini darah yang masuk akan di saring zat-zat yang masih tetap berfungsi. Seperti air, garam, asam amino, glukosa (zat gula), dan urea. Hasil penyaringan dari sisi inilah yang merupakan urin primer.
  • Kapsul bowman 
Di namakan sebagai kapsul bowman lantaran bentuk organ ini menyerupai kapsul atau kantung yang mana di temukan oleh peneliti Sir William Bowman. Kapsul bowman ini membungkus glomerulus.
  • Tubulus kontortus proximal 
Pada tempat inilah yang menghasilkan urin sekunder. Di dalam tubulus kontortus proximal, darah yang datang dari glomerulus melakukan penyerapan kembali. Sebab darah yang udah jadi urin primer ini masih tetap memiliki kandungan zat-zat yang bermanfaat.

Pada proses ini dikenal dengan nama reabsorpsi atau penyerapan kembali. Tubulus kontortus proximal masih tetap menerima glukosa, asam amino, air dan garam yang penting untuk tubuh.
  • Lengkung henle 
Di namakan dengan lengkung henle lantaran anatomi organ ini memanglah melengkung. Susunan seperti ini memanglah di butuhkan dalam menyaring serta sebagai penghubung antara tubulus kontortus proximal dengan tubulus kontortus distal.
  • Tubulus kontortus distal 
Di bagian ini, urin yang masih tetap dalam tahap urin sekunder melepas zat-zat yang masih tetap berfungsi. Lantas mendapatkan tambahan zat-zat sisa atau pembuangan yang tidak berfungsi. Di sinilah terbentuknya urin yang sebenarnya, di mana nanti dikeluarkan dari tubuh manusia.
  • Tubulus kolektivus 
Sisi ini jadi bagian paling akhir pada bagian nefron. Memiliki bentuk yang menyerupai selang jadi saluran paling akhir serta terpanjang dalam ginjal.

Manfaatnya untuk menyimpan urin sebenarnya dari hasil pemrosesan serta penyerapan di dalam nefron. Lantas setelah dari sini, urin-urin tersebut di teruskan ke pelvis. Selanjutnya akan di tampung saat sebelum benar-benar dikeluarkan di kandung kemih.
  • Medulla 
Medulla ini adalah jaringan yang berwujud seperti piramida-piramida, di mana terdapat lengkung henle. Medulla yaitu tempat berkumpulnya pembuluh darah kapiler serta kapsul bowman. Di tempat ini urin primer akan mengalami proses panjang saat sebelum jadi urin sekunder.

Lantas sesudah melalui proses penyerapan yang panjang, urin tadi akan di proses jadi urin yang sebenarnya. Kemudian dikeluarkan sebagai air kencing. Medulla ini jadi tempat yang menhubungkan antara tubulus kontortus proximal dengan tubulus kontortus distal.
  • Arteri ginjal 
Adalah pembuluh nadi yang bermanfaat untuk membawa darah ke dalam ginjal. Setelah sampai di dalam ginjal, darah itu masuk ke dalam glomerulus untuk di filter atau saring.

Darah yang masih tetap mengandung zat-zat bermanfaat seperti protein serta asam amino akan kembali di serap serta di gunakan tubuh. Bila darah itu cuma memiliki kandungan urea serta mengandung zat yang tidak bermanfaat lainnya, akan berlanjut hingga kandung kemih.
  • Vena ginjal 
Vena ginjal adalah sisi paling utama dari ginjal. Vena ginjal yaitu pembuluh balik yang bermanfaat untuk membawa darah keluar dari dalam ginjal menuju vena cava inferior.

Urutan pemprosesan vena ginjal yaitu sesudah melalui Darah itu lantas akan di alirkan kembali ke dalam jantung untuk di proses jadi darah bersih atau yang memiliki kandungan oksigen.
  • Ureter 
Ureter adalah erupakan yang amat berfungsi untuk mengalirkan urin yang sebenarnya dari ginjal ke kandung kemih. Ureter berwujud seperti saluran maskuler yang silinder di dalam tubuh.

Panjang ureter yaitu kurang lebih 20-30 dengan diameter maksimum kurang lebih 1,7 cm di dekat kandung kemih serta yang berjalan dari hilus ginjal yang menuju kandung kemih.

Ureter terbagi jadi pars abdominalis, pelvis serta intravesikalis. Serta ureter mempunyai dinding ureter yang terbagi dalam mukosa yang dilapisi oleh beberapa sel transisional.
  • Pelvis 
Pelvis ini bermanfaat sebagai sebagai tempat penampungan sementara urin yang udah di filter atau di saring di dalam ginjal.

Nantinya bila tempat penampungan ini penuh, urin akan turun lewat ureter menuju kandung kemih. Bila kandung kemihnya penuh, syaraf serta otot akan berkontraksi untuk mengirimkan tanda sinyal kuat ke sisi bagian otak manusia bahwa tubuh akan segera mengeluarkan ‘pipis’.

Bagian Ginjal Lainnya 

Sumber: obatginjal.org
Tidak hanya 13 sisi ginjal pada manusia yang utama di atas, ginjal juga mempunyai sisi yang tidak kalah penting, sebagai berikut:

Ginjal adalah organ penting yang ada di dalam tubuh. Ginjal pada manusia ada 2 buah yakni pada bagian kanan serta kiri, yang mempunyai manfaat yang berbeda-beda antar ginjal yang satu dan yang lainnya.

Tidak hanya sisi bagian paling utama dari ginjal. Ginjal juga mempunyai beberapa sisi paling penting di dalam ginjal yang berbentuk jaringan-jaringan untuk membantu pemprosesan berjalannya saluran-saluran pencernaan yang ada di dalam tubuh dan mempunyai peranan masing-masing dari tiap organ yang akan bekerja secara optimal untuk membantu proses pencernaan pada manusia.

Jaringan-jaringan itu adalah:
  • Diafragma 
Ini adalah organ yang terdapat di atasnya ginjal. Tidak bertindak langsung dalam ginjal, tetapi dalam proses pernapasan.

Manfaat diafragma yaitu Ketika darah yang mengalir ke tubuh (darah memiliki kandungan oksigen yang datang dari pernapasan) masuk ke dalam ginjal, akan di proses sedemikian rupa hingga menghasilkan urin yang berbentuk zat pembuangan serta toksin tubuh.
  • Kelenjar adrenal 
Adalah satu diantara kelenjar endokrin yang ada di atas ginjal dengan bentuk pyramid. Sangat berfungsi dalam control stress tubuh dalam sintesis kortikosteroid serta katekolamin. Stress dalam tubuh juga memengaruhi produksi urin yang ada di dalam tubuh.
  • Vena cava inferior 
Adalah pembuluh balik paling besar yang ada pada bagian bawah (dari tubuh hingga ke dua kaki). Pembuluh ini berperan sebagai penerima darah kotor atau yang memiliki kandungan CO2 (karbon dioksida)
  • Aorta Abdominalis 
Adalah pembuluh arteri paling besar yang ada, letaknya di civitas abdominalis atau pada bagian rongga perut. Pembuluh ini yang membawa darah kiriman dari aorta decendens.
  • Kandung kemih 
Adalah organ tubuh yang berperan sebagai penyalur serta tempat penampungan air urin sementara saat sebelum di buang. Di kandung kemih, urin masuk ke dalam kantung yang mana saat udah mulai penuh akan mengirimkan tanda sinyal dari sisi otot serta syaraf yang di teruskan ke otak.

Nantinya akan keluar respond dalam bentuk keinginan tubuh untuk ‘pipis’. Otot akan menahan air itu keluar, hingga individu itu menemukan tempat yang cocok untuk buang air kencing.

Bila air urin yang ada di dalam tubuh udah mencapai batas optimal, otot tidak akan dapat untuk menahan kontraksi itu lagi. Maka mau tidak mau akan keluar dengan sendirinya.
  • Uretra 
Adalah saluran yang menyampungkan antara kandung kemih dengan lingkungan di luar tubuh. Uretra inilah yang merupakan satu satunya jalan air urin jeluar dari tubuh manusia. Tidak hanya bermanfaat sebagai alat system ekskresi, uretra juga bertindak dalam system seksual manusia.

Di atas yaitu penjelasan tentang beberapa sisi paling utama dan beberapa sisi paling penting di dalam ginjal. Untuk menangani supaya tidak terjadi kerusakan pada ginjal atau kerusakan pada organ tubuh yang lain. Karena dapat dicegah lewat beberapa cara seperti berikut ini:

Gaya Hidup Untuk Memaksimalkan Fungsi Ginjal 

Sumber: obatkutilkemaluan.com
Begitu pentingnya ginjal untuk kehidupan manusia. Oleh karena itu jadi kewajiban untuk kita menjaga serta membersihkan alat yang di pakai sebagai saluran pembuangan itu.

Tidak hanya itu, sebagai manusia yang menyayangi badannya, sebaiknya selalu menjaga serta merawatnya tiap-tiap bagian tubuh yang dimiliki.

Beberapa panduan supaya ginjal senantiasa sehat, sebagai berikut: 
  • Konsumsi makanan sehat 
Ginjal amat erat manfaatnya sebagai penetralisir serta pembuangan toksin. Bila makanan yang di mengkonsumsi tidak mempunyai atau cuma sedikit mempunyai kandungan gizi, maka proses penyerapan nutrisinya akan memakan waktu yang lama.

Hal semacam ini membuat kerja ginjal lama serta berat. Oleh karena itu, konsumsi makanan bergizi jadi satu diantara usaha menjaga kesehatan ginjal.
  • Jangan menunda atau menahan ‘pipis’ 
Kontraksi hasrat mau pipis muncul saat kendung kemih mulai penuh. Rata-rata berjarak tidak lama otot dapat menahan. Dengan membiasakan melakukan penundaan pipis dapat meningkatkan kemungkinan batu ginjal. Perlakuan penyakit batu ginjal ini mesti di lakukan dengan operasi.
  • Tidur cukup 
Semua organ yang ada di tubuh mutlak ingin beristirahat. Maka untuk melindungi kualitas usia organ, tubuh mesti mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Termasuk juga dengan ginjal supaya sehat, terawat, dan bisa hidup lebih lama lagi.

Dan itulah pembahasan kami mengenai Pengertian, Fungsi, dan Bagian-Bagian Ginjal, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Postingan kali ini mengenai Bagian Ginjal di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari sumber pengetahuan untuk lebih memahami Segala Hal tentang Ginjal. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. dosenbiologi.com 

Related Posts

Pengertian, Fungsi, dan Bagian-Bagian Ginjal
4/ 5
Oleh