Pengertian dan Peran Pelaku Ekonomi

Pengertian dan Peran Pelaku Ekonomi. Pengertian Ekonomi, Peran dari Para Pelaku Ekonomi, Fungsi dari Adanya Pelaku Ekonomi, dan Peran Pemerintah dalam Hal Ekonomidi Kehidupan Masyarakat.

Pengertian Pelaku Ekonomi

Sumber: tugassekolah.com
Pelaku Ekonomi yakni seorang individu, kelompok, atau instansi yang turut serta dalam kegiatan perekonomian baik dalam hal konsumsi, distribusi, maupun produksi. Secara Umum, Pelaku Ekonomi dibagi jadi lima kelompok besar, yaitu Rumah Tangga Keluarga, Masyarakat, Perusahaan, Pemerintah, dan Negara.

Setiap pelaku ekonomi itu memiliki perannya masing-masing atau tersendiri dalam kegiatan mengkonsumsi, distribusi, dan Produksi.

Peran serta Fungsi Para Pelaku Ekonomi 

Rumah Tangga Keluarga
Sumber: bakerymagazine.com
Rumah Tangga keluarga yaitu pelaku ekonomi yang memiliki ruang lingkup paling kecil. Anggota Pelaku ekonomi ini biasanya terdiri dari bapak, ibu, dan anak.

Adapula individu yang bukanlah anggota langsung dari keluarga itu namun tetap di anggap anggota rumah tangga keluarga dan ikut serta dalam kegiatan ekonomi keluarganya, misalnya nenek, kakek, saudara, atau pembantu. Peran Rumah Tangga Keluarga dalam kegiatan ekonomi:

Rumah Tangga Keluarga sebagai produsen 

Rumah tangga keluarga sebagai produsen dalam kegiatan ekonomi yaitu rumah tangga yang dapat menghasilkan barang/jasa untuk penuhi kepentingan customer.

Dalam menghasilkan produksi, Rumah tangga keluarga sebagai produsen, mereka memiliki tanah, tenaga kerja, modal, keterampilan untuk digunakan. Hasil yang didapat rumah tangga keluarga sebagai produsen yakni uang. Pendapatan itu bisa diperoleh dari:
  1. Usaha sendiri 
  2. Berkerja pada pihak lain 
  3. Menyewakan beberapa aset produksi 
Rumah Tangga Keluarga Sebagai Distribusi 

Rumah Tangga keluarga dapat melakukan tindakan sebagai distributor dengan buka toko atau warung, jadi pedagang, dan sebagainya. Maksud dari kegiatan distribusi itu juga untuk mendapat penghasilan.

Rumah Tangga Keluarga sebagai Konsumen 

Peran rumah tangga keluarga sebagai konsumen yaitu hal yang pasti. Setiap pelaku ekonomi ini tentu menjalankan kegiatan mengkonsumsi dari hasil pendapatan yang didapat, oleh karenanya, kesibukan ekonomi paling penting dalam rumah tangga keluarga yakni mengkonsumsi.

Beberapa aspek yang mempengaruhi banyak sedikitnya konsumsi rumah tangga keluarga yakni:
  1. Jumlah Pendapatan Keluarga 
  2. Jumlah Anggota Keluarga 
  3. Status Sosial Ekonomi Keluarga 
  4. Harga barang atau jasa yang diperlukan 
Masyarakat
Sumber: bangda.kemendagri.go.id
Masyarakat sebagai Produsen 

Masyarakat sebagai produsen yaitu anggota kelompok yang menghasilkan pendapatan dengan jual produksi product barang/jasa, misalnya berdagang, membuat kerajinan, hewan ternak, dan sebagainya. Dalam kegiatan usaha untuk mendapat pendapatan itu, usahanya memiliki ciri sebagai berikut ini:
  1. Umumnya tidak menggunakan alat-alat yang modern 
  2. Tidak memerlukan pendidikan/keterampilan khusus 
  3. Dapat membuka lapangan kerja yang bisa menyimpan banyak anggota 
  4. Usaha Ekonomi berjalan dalam ruang lingkup yang kecil 
Masyarakat Sebagai Distributor 

Peran Masyarakat sebagai distributor terwujud bila masyarakat jadi penyalur bahan produksi dari produsen ke konsumen.

Masyarakat sebagai konsumen 

Kelompok masyarakat jelas membutuhkan barang dan jasa untuk keberlangsungan usaha dan hidupnya. Sehingga mereka jadi konsumen dari produsen lain. Masyarakat yaitu pengguna produk atau fasilitas umum, seperti jalan raya, sekolah, dan sebagainya.

Bila masyarakat itu tidak memiliki pendapatan, atau hanya melakukan tindakan sebagai konsumen saja, mereka disebut juga dengan pengangguran. Rata-rata dari pengangguran itu memiliki status ekonomi yang sangat rendah. Oleh karenanya, sangat penting bagi kita untuk produktif, tidak hanya bisa menjadi konsumen saja.

Perusahaan
Sumber: nahason-bastin.blogspot.co.id
Perusahaan yakni satu badan usaha yang menjalani satu kegiatan untuk menghasilkan product barang/jasa dengan maksud paling penting yakni untuk mendapatkan keuntungan. Perusahaan seringkali dikaitkan dengan rumah tangga. Namun ada perbedaan yang sangat besar antara perusahan dan rumah tangga, yaitu dari sisi tujuannya.

Maksud Paling penting dari Rumah Tanga Keluarga yakni untuk memenuhi kepentingan hidupnya, sedangkan maksud paling penting dari perusahaan yakni untuk mendapatkan keuntungan. Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi yakni:

Perusahaan sebagai Produsen 

Seperti keterangan di atas, Peran paling penting dari perusahaan yakni untuk produksi sampai dapat menghasilkan keuntungan. Sesuai sama peran serta Tujuannya itu, pastinya satu perusahaan akan melakukan tindakan sebagai produsen. Beberapa hal yang perlu dilakukan perusahaan ketika saat sebelum menjalani aktivitasnya yakni:
  1. Memastikan Barang/jasa yang akan di produksi 
  2. Memastikan proses pengelolaan produksi barang/jasa itu 
  3. Memastikan barang dan jasa yang diproduksi diperlukan oleh target pasar/konsumen 
Perusahaan sebagai Distributor 

Bila produknya tidak laku satu perusahaan akan mengalami kerugian, oleh karenanya mereka harus melakukan tindakan sebagai distributor agar produknya sampai langsung ke tangan customer. Umumnya kegiatan distribusi yang dikerjakan yakni:
  1. Buka cabang perusahaan 
  2. Membuat kegiadan promosi 
  3. Mengadakan kegiatan perdadangan 
  4. Mempunyai armada angkatan 
Perusahaan Sebagai Konsumen 

Kegiatan mengkonsumsi yang dilakukan perusahaan terkait erat dengan aktivitas produksi, salah satunya yakni:
  1. Pengadaan bahan pokok 
  2. Pengadaan Alat dan Bahan 
  3. Pendanaan gaji karyawan 
Pemerintah (Negara)
Sumber: pengertian-id.blogspot.co.id
Pemerintah yakni instansi kepemerintahan yang bertugas untuk memantau kegiatan ekonomi yang berjalan. Peran pemerintah dalam kegiatan Ekonomi salah satunya:

Pemerintah sebagai produsen 

Pemerintah harus turut melakukan tindakan sebagai produsen untuk mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat indonesia. Hal semacam ini sesuai sama UUD 1945 pasal 33 ayat 2 yang berbunyi: Cabang-Cabang yang penting untuk negara dan menguasai hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

Sedangkan pelaksanaannya sebagai produsen diwujudkan hampir dalam seluruh bagian perekonomian. Sebagai pelaksana kegiatan produksi pemerintah membuat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), peranan BUMN salah satunya yakni:
  1. Memberi sumbangan untuk perekonomian nasional biasanya dan untuk negara pada khususnya 
  2. Mencari keuntungan dan mengadakan manfaat umum berupa penyedian barang atau jasa bermutu tinggi dan mencukupi untuk banyak orang 
  3. Jadi Perintis beberapa kegiatan usaha yang belum dapat di wujudkan oleh swasta atau koperasi 
  4. Bantu memberi pertolongan dan bimbingan pada pengusaha kelompok ekonomi rendah dalam masyarakat 
Pemerintah sebagai Distributor 

Peran pemerintah sebagai distributor juga berperan untuk sebesar-besarnya mensejahterakan rakyat. Secara umum peran pemerintah sebagai distributor yakni penyaluran sebuah hal dari yang berlebihan pada yang kekurangan agar terwujudnya kesejahteraan secara rata.

Pemerintah Sebagai Konsumen 

Dalam pemenuhan kepentingan untuk menjalani tugasnya, pemerintah jelas membutuhkan dana yang akan dipakai.

Nah pemenuhan kepentingan tersebutlah yang juga dapat dikatakan pemerintah sebagai customer. Umpamanya yakni untuk beli peralatan. Kegiatan mengkonsumsi pemerintah memiliki maksud untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan membangun sarana prasarana negara.

Pemerintah sebagai Pengatur Ekonomi 
  1. Membuat perlindungan masyarakat dari dampak negatif perkembangan ekonomi yang tidak seimbang dan tidak terkendali 
  2. Membangun modal sosial seluas-luasnya 
  3. Menciptakan dan memelihara kecocokan perubahan ekonomi.
Dan itulah pembahasan kami mengenai Pengertian dan Peran Pelaku Ekonomi, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Postingan kali ini mengenai Ekonomi di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari sumber pengetahuan untuk lebih memahami Segala Hal tentang Ekonomi. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. softilmu.com

Related Posts

Pengertian dan Peran Pelaku Ekonomi
4/ 5
Oleh