16 May 2017

Perbedaan Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup

Perbedaan Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup. Pengertian Ideologi, Perbedaan antara Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup.

Pengertian Ideologi 

Sumber: sabiduriadesabios.blogspot.co.id
Ideologi bisa disimpulkan sebagai sebuah kumpulan ide konsep bersistem yang dijadikan asas, pendapat (peristiwa) yang memberikan arah tujuan untuk keberlangsungan hidup. Ideologi terdiri jadi dua, yakni ideologi Terbuka serta Ideolgi tertutup, Perbedaan ideologi terbuka serta ideologi tertutup ini sangat mencolok, hingga bisa dengan mudah dikelompokkan.

Indonesia yaitu negara yang berasumsi bahwa pancasila sebagai ideologi terbuka serta pancasila sebagai sebuah sumber nilai.

Dan, Tiap ideologi memiliki suatu hal yang membuat ideologi bisa bertahan dari waktu ke waktu, ini disebut dengan daya tahan serta dimensi ideologi, oleh karena adanya itu ideologi bisa menempatkan diri dengan perubahan jaman. Ideologi juga memiliki Hakekat serta Fungsi ideologi yang mempunyai beberapa macam nilai tersendiri.

Ideologi Terbuka 

Sumber: herrypkn.blogspot.co.id
Ideologi terbuka yaitu ideologi yang tidak dimutlakkan. Ideologi ini mempunyai ciri sebagai berikut ini:
  • Merupakan kekayaan rohani, moral serta budaya orang-orang (falsafah). Jadi bukanlah merupakan kepercayaan ideologis sekumpulan orang tetapi kesepakatan masyarakat. 
  • Tidak di ciptakan oleh negara, namun ditemukan dalam masyarakat sendiri, ia milik semua rakyat, serta dapat digali dan ditemukan dalam kehidupan mereka. 
  • Isinya tidak langsung operasional, hingga tiap generasi baru bisa serta perlu menggali kembali falsafah itu serta mencari implikasinya dalam kondisi kekinian mereka. 
  • Tidak pernah membatasi kebebasan serta tanggung jawab masyarakat, tetapi memberikan inspirasi masyarakat untuk berupaya hidup bertanggung jawab sesuai sama falsafah itu. 
  • Menghargai pluralitas, hingga bisa di terima masyarakat yang datang dari beragam macam latar belakang budaya serta agama. 

Ideologi Tertutup 

Sumber: satuislam.org
Ideologi tertutup yaitu ideologi yang punya sifat mutlak, ideologi ini mempunyai ciri sebagai berikut ini:
  • Bukanlah merupakan harapan yang udah hidup dalam masyarakat, tetapi harapan satu kelompok yang dipakai sebagai dasar untuk mengubah masyarakat. 
  • Jika kelompok itu sukses menguasai negara, ideologinya itu akan dipaksakan pada masyarakat. Nilai-nilai, beberapa norma serta beragam macam sisi masyarakat akan diubah sesuai sama ideologi itu. 
  • Punya sifat Totaliter, artinya mencakup/mengatur seluruh bagian kehidupan. Maka itu ideologi tertutup ini cenderung cepat-cepat berupaya menguasai bagian informasi serta pendidikan sebab kedua bagian itu adalah fasilitas efisien untuk mempengaruhi tingkah laku masyarakat. 
  • Pluralisme pandangan serta kebudayaan ditiadakan, hak asasi tidak dihormati. 
  • Menuntut masyarakat untuk mempunyai kesetiaan total serta kesediaan untuk berkorban untuk ideologi itu. 
  • Isi ideologi tidak cuma nilai-nilai serta harapan, namun juga tuntutan konkret serta operasional yang keras, mutlak serta total.
Dan itulah pembahasan kami mengenai Perbedaan Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Postingan kali ini mengenai Ideologi di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari sumber pengetahuan untuk lebih memahami Segala Hal tentang Ideologi. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. softilmu.com
Back To Top