Not Angka Lagu Anak Indonesia

Not Angka Lagu Anak Indonesia
Not Angka Lagu Anak Indonesia
Lagu adalah bahasa universal yang disukai oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Melodinya yang indah, menenangkan, mampu memberi semangat kepada orang-orang. Lagu yang berkualitas tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik dan bisa menjadi alat pembelajaran bagi mereka. Terkadang, lagu yang dinyanyikan oleh orang dewasa pun dapat diperdengarkan kepada anak, selama nilai yang terkandung di dalamnya bersifat universal. Perlu diperhatikan juga nilai yang ingin disampaikan kepada anak. Tiap guru memiliki nilai yang berbeda yang ingin ditekankan kepada anak-anak. Ada guru yang mengutamakan kejujuran, prestasi, keramahan, dan sebagainya. Hal yang terpenting adalah mencari lagu yang liriknya mengandung kata-kata positif, agar nilai yang ingin disampaikan tertanam dalam diri anak.

Perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Krikulum 2013 menuntut pembelajaran yang berubah. Kurikulum 3013 menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan. Dengan demikian pembelajarannya memberikan makna yang utuh kepada peserta didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia.

Dalam kegiatan pembelajaran tematik memerlukan guru yang kreatif baik dalam menyiapkan kegiatan/pengalaman belajar bagi anak, juga dalam memilih kompetensi dari berbagai mata pelajaran dan mengaturnya agar pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarik, menyenangkan dan utuh. Salah satu cara agar pembelajaran menarik adalah dengan menyanyikan lagu-lagu yang sesuai dengan usia siswa. Berikut ini saya mencoba membantu para guru dalam menyiapkan not  angka lagu-lagu anak.

Lagu Anak Indonesia

Advertisement