Gotong royong Membersihkan Rumah

Gotong royong Membersihkan Rumah
Gotong royong Membersihkan Rumah
Ayah Udin mempunyai rumah di Bandung. Rumah itu akan dijual. Sebelum ditawarkan, semua anggota keluarga Udin bersama-sama membersihkan dan memperbaiki tampilan rumah itu. Udin dan Ayah mengecat dinding depan rumah. Ibu dan Kak Mita membersihkan lantai dan merapikan taman. Kerja sama dan persatuan dalam keluarga Udin membuat pekerjaan jadi cepat selesai.

Perbuatan apa yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam keluarga? Apa manfaatnya?
No.
Perbuatan yang Mencerminkan
Persatuan dan Kesatuan
dalam Keluarga
Manfaat
1.Bergotong royong membersihkan rumahRumah jadi bersih dan nyaman.
2.Saling membantu dalam melaksanakan tugasTugas menjadi lebih ringan dan cepat selesai
3.Membantu ayah mengecat dinding rumahRumah menjadi rapi 
4.Bergotong royong membersihkan lantaiLantai menjadi bersih 
5.Bergotong royong merapikan tamanTaman menjadi rapi dan indah
Setelah beberapa lama ditawarkan, seorang calon pembeli bernama Bapak Rudi merasa tertarik. Sebelum dilaksanakan akad jual beli, ayah Udin dan Pak Rudi membuat perjanjian. Surat perjanjian termasuk salah satu jenis surat perdagangan. Berikut ini adalah surat perjanjian antara ayah Udin dan Pak Rudi
SURAT PERJANJIAN
Yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama   : Wira Wiryadireja
Alamat : Jln. Kosambi Baru No. 87, Jakarta Barat
Pekerjaan: Karyawan

Selaku pihak kesatu, selanjutnya disebut penjual, dan
Nama   : Rudi Irawadi
Alamat : Jln. Wijaya No.127, Bandung
PekerjaanWiraswasta

Selaku pihak kedua, selanjutnya disebut pembeli. Pada hari ini Senin 18 November 2013 telah bermufakat dan menerangkan hal-hal sebagai berikut.
Pasal 1
Penjual menjual rumah yang terletak di Kelurahan Rajawali No. 12, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat yang diketahui benar oleh pembeli.
Pasal 2
Dalam jual beli ini termasuk pula penyerahan dalam hal ini penerimaan hak milik penjual atas rumah tersebut dalam Pasal 1.
Pasal 3
Perjanjian jual beli ini disepakati dengan harga Rp.280.000.000 (dua ratus delapan puluh juta rupiah). Jumlah tersebut akan dibayarkan secara tunai oleh pembeli kepada penjual pada waktu penandatanganan surat perjanjian ini, dengan tanda terima/kuitansi tersendiri yang disaksikan oleh beberapa orang saksi, dan selanjutnya penjual menyerahkan semua surat rumah kepada pembeli.
Pasal 4
Segala tunggakan pajak dan lain-lain hingga saat ini adalah tanggung jawab penjual.
Pasal 5
Penjual memberi jaminan kepada pembeli, apabila ternyata pada kemudian hari terjadi hal-hal atau gugatan dari pihak lain atas rumah tersebut dalam Pasal 1.
Pasal 6
Pembaliknamaan (persil) yang dipersoalkan dalam perjanjian ini termasuk segala ongkos-ongkos atau biaya yang diperlukan merupakan beban pembeli.
Pasal 7
Sejauh diperlukan, penjual dengan ini memberi kuasa yang merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari perjanjian ini dan dengan hak substitusi kepada pembeli untuk mengurus perizinan jika ada, dalam hal ini pembaliknamaan yang bersangkutan atas nama penjual.
Pasal 8
Kedua belah pihak berjanji tidak akan membawa atau memperselisihkan ke muka pengadilan sebelum diusahakan sedapat mungkin untuk menyelesaikan perselisihan secara damai.
Pasal Penutup
Perjanjian ini dibuat dan ditandatangani dalam rangkap dua yang dua-duanya mempunyai kekuatan yang sama.
Bandung, 18 November 2013    
Penjual                                                                                                                  Pembeli
...........                                                                                                                  .............

Saksi
..........
..........
Perhatikan dengan saksama surat perjanjian antara Bapak Wira Wiryadireja dan Bapak Rudi Irawadi. Lalu, tuliskan unsur-unsur pada surat perjanjian itu. 
Unsur-unsur surat perjanjian jual beli adalah:
  1. Identitas kedua pihak, yaitu pihak penjual dan pihak pembeli.
  2. Isi surat perjanjian jual beli adalah pasal-pasal yang berisi hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh penjual dan pembeli.
  3. Bagian akhir dicantumkan tanda tangan penjual dan pembeli yang disertai dengan materai secukupnya. Jika perlu ditandatangani oleh saksi-saksi.
  4. Titimangsa (tempat dan tanggal) pembuatan surat perjanjian.
Rumah yang dijual Bapak Wira kepada Bapak Rudi terdiri atas 3 kamar tidur. Berikut ini adalah denah rumah itu. Perhatikan gambar denah rumah yang dijual Bapak Wira. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Berapa skala denah rumah tersebut?(Skala 1 : 100)
2. Apa arti skala tersebut?(1 cm pada denah = 100 cm atau 1 m pada ukuran sebenarnya)
3. Ukurlah panjang dan lebar ruangan-ruangan berikut, lalu hitunglah ukuran sebenarnya.
Kesatuan
No.
Nama Ruangan
Lebar ruangan
Panjang ruangan
Ukuran pada Peta
Ukuran Sebenarnya
Ukuran pada Peta
Ukuran Sebenarnya
1.Ruang tamu2,25 cm2,25 m3 cm3 m
2.Ruang keluarga3,5 cm3,5 m5 cm5 m
3.Ruang makan2,25 cm2,25 m2,85 cm2,85 m
4.Ruang tidur utama3 cm3 m3,55 cm3,55 m
5.Ruang tidur 13 cm3 m3 cm3 m
6.Ruang tidur 22,752,75 m3 cm3 m
7.Dapur2,752,75 m2,85 cm2,85 m
8.Garasi3 cm3 m4,55 cm4,55 m
Pembangunan gedung-gedung bertingkat di Indonesia, misalnya hotel, seringkali dikerjakan oleh perusahaan-perusahaan dari luar negeri. Itulah salah satu bentuk kerja sama bilateral (dua negara). Selain kerja sama bilateral, ada pula kerja sama yang melibatkan beberapa negara (multilateral). Kerja sama multilateral terdiri atas kerja sama regional dan kerja sama internasional.
No.Bentuk Kerja
Sama
Kepanjangan
Keterangan
1.ASEANAssociation of South East Asian NationsOrganisasi yang bertujuan mengukuhkan kerja sama regional negara-negara di Asia Tenggara.
2.AFTAASEAN Free Trade Area
Organisasi yang bertujuan meningkatkan daya saing ASEAN sebagai basis produksi dalam pasar dunia melalui penghapusan bea dan halangan non-bea dalam ASEAN, dan menarik investasi asing langsung ke ASEAN
3.ADBAsian Development Bank
Organisasi ini merupakan institusi finansial pembangunan multilateral didedikasikan untuk mengurangi kemiskinan di Asia dan Pasifik.
4.APECAsia-Pacific Economic CooperationAPEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik.
5.EUEuropean UnionEU adalah organisasi antar-pemerintahan dan supra-nasional, yang beranggotakan negara-negara Eropa
6.EFTAEuropean Free Trade AreaEFTA sebagai sebuah blok dagang-alternatif untuk negara Eropa yang tidak mampu, atau memilih tidak untuk bergabung dengan Komunitas Ekonomi Eropa (EEC) 
Advertisement