Kegiatan yang Membutuhkan Air

Kegiatan yang Membutuhkan Air
Kegiatan yang Membutuhkan Air
Hari ini cuaca sangat cerah. Matahari memancarkan cahaya dan suhu panasnya sepanjang hari. Murid-murid yang bermain di halaman sekolah tampakgembira. Mereka tetap bermain, tidak terganggu oleh sengatan matahari. Ketika bel tanda istirahat berbunyi, murid-murid berlari ke arah kelas masing-masing. Setiap murid mencari botol air minumnya. Mereka merasa kehausan setelah bermain di bawah teriknya matahari.

Edo dan teman-temannya juga bergegas menuju kelas mereka. Mereka baru saja bermain permainan bola basket yang seru. Setelah minum, mereka pergi ke toilet untuk membasuh muka dan mencuci tangan, agar badan terasa lebih segar. Di sana sudah ada beberapa teman sedang mencuci bola basket yang kotor. Mereka menampung air ke dalam ember milik penjaga sekolah, untuk mencuci bola basket. Ember itu juga sering digunakan oleh penjaga sekolah untuk menampung air guna menyiram tanaman di sekolah. Ember itu juga dipakai untuk mencuci barang-barang laboratorium sekolah setelah digunakan.

Dalam perjalanan menuju ke kelas, Edo dan kawan-kawannya mengagumi tanaman dan bunga yang tampak bermekaran. Bunga-bunga itu ditanam oleh siswa-siswa kelas VI di dalam wada-wadah berisi air. Tanaman yang ditanam didalam air disebut tanaman hidroponik. Di hari yang sangat panas ini, sungguh terasa bahwa keberadaan air sangat penting dalam banyak aspek kehidupan di sekolah.

Dari bacaan di atas, Kegiatan-kegiatan yang membutuhkan air antara lain :
  1. Minum
  2. Membasuh muka
  3. Mencuci tangan
  4. Mencuci bola basket
  5. Menyiram tanaman
  6. Mencuci alat laboratorium
  7. Menanam tanaman secara hidroponik
Air sangat diperlukan dalam kehidupan kita. Banyak bagian dalam kehidupan kita tidak dapat berjalan dengan baik tanpa air. Mari kita melakukan pengamatan dan wawancara di lingkungan sekolah. Kegiatan ini juga untuk mengumpulkan data tentang kegunaan air dalam kegiatan di sekolah

Tabel berikut dapat membantumu dalam kegiatan pengamatan dan wawancara.
Kegiatan yang DiamatiNarasumber Wawancara
Kegiatan apa yang dilakukan bapak penjaga sekolah sepanjang hari dan menggunakan air?Bapak penjaga sekolah
Kegiatan apa yang dilakukan murid-murid di sekolah sepanjang hari dan menggunakan air?Beberapa orang murid
Kegiatan apa yang dilakukan selama proses pembelajaran di sekolah sepanjang hari dan menggunakan air?Beberapa orang guru
Catatan:
  1. Ingatlah untuk membuat catatan tentang hal-hal yang perlu diamati di dalam proses pengamatanmu. Hal itu dilakukan, agar proses pengamatan lebih terarah dan data yang dikumpulkan sesuai dengan tujuan pengamatan.
  2. Ingatlah untuk membuat beberapa pertanyaan sebagai pedomanmu sebelum melakukan wawancara agar wawancara dapat berjalan dengan lancar.
Ternyata, keberadaan air sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Oleh karena itu, kita tidak boleh menggunakannya dengan boros, apalagi membuang-buangnya. Jika sampai terjadi kelangkaan air bersih, apalagi sampai habis, tentu keadaan di sekolah tidak akan senyaman seperti sekarang. Hal-hal apa sajakah yang mungkin akan berubah jika terjadi kelangkaan air di sekolah?
Tempat / benda yang biasa berhubungan dengan air di sekolah
Prediksiku
1. Rumput dan tanaman di sekolahRumput dan tanaman di sekolah akan layu dan mati
2. Toilet sekolahToilet sekolah akan macet dan tidak dapat digunakan lagi
3. Peralatan laboratorium sekolah yang baru dipakaiPeralatan laboratorium menjadi kotor dan tidak dapat digunakan lagi
4. Lantai kelas dan koridor yang kotorLantai kelas dan koridor menjadi kotor sehingga menjadi tidak nyaman
5. Semua anggota komunitas sekolah yang kehausanSemua anggota sekolah akan kehausan, lebih jauh lagi mereka dapat meninggal dunia karena kekurangan cairan

Sungguh suasana yang tidak menyenangkan jika sekolah kita kekurangan atau bahkan mengalami ketiadaan air. Tidak hanya tanaman dan manusia yang akan kehausan, kebersihan toilet dan barang-barang sekolah pun menjadi masalah. Oleh sebab itulah, kita harus menghargai dan menggunakan air dengan bijaksana, agar suasana di sekolah tetap bersih, menyenangkan, dan nyaman.

Cobalah kamu membuat sebuah gambar yang menceritakan sekolah yang terawat baik dan bersih karena air melimpah.

Catatan :
  1. Perhatikan proporsi atau perbandingan besar dan letak benda-benda yang kamu gambar agar mendekati bentuk aslinya.
  2. Perhatikan juga komposisi warna yang kamu gunakan untuk mewarnai gambarmu. Komposisi warnamu akan membantu memberikan pesanmu kepada semua orang.
Advertisement