Konduktor dan Isolator

Konduktor dan Isolator
Konduktor dan Isolator
Pemilik kolam renang itu bernama Pak Eri. Selain mempunyai usaha kolam renang, Pak Eri juga bekerja di sebuah perusahaan penerbit bernama Pustaka Ilmu. Hari itu Pak Eri menerima sebuah surat penawaran. Inilah surat yang diterima Pak Eri.

CV Komputeria
Jalan Data No. 34, Jakarta
Nomor : 019/KR/XI/2013                                                     Jakarta, 20 November 2013
Lampiran : 1 (satu) berkas
Hal : Penawaran harga

Yth. Bapak Eri
Kepala Bagian Pembelian PT Pustaka Ilmu
Jalan Percetakan No. 24, Jakarta

Dengan hormat,
Memenuhi surat permintaan penawaran perusahaan Anda Nomor 24-13/PI/XI/13 pada tanggal 12 November 2013, kami dari CV Komputeria mengajukan penawaran penyediaan alat komputer dan perangkat penunjang dengan perincian sebagai berikut.
1. 20 unit komputer @ Rp4.000.000 = Rp80.000.000
2. 1 unit printer HP 2430 @ Rp8.000.000 = Rp8.000.000
3. 1 unit scanner Umax = Rp800.000
Jumlah total = Rp88.800.000
(delapan puluh delapan juta delapan ratus ribu Rupiah)
Demikianlah penawaran harga dari kami.

Catatan:
1.Spesifikasi komputer terlampir (RAM, motherboard, processor, dll.).
2.Harga penawaran belum termasuk biaya pemasangan instalasi.
3.Harga tersebut sudah termasuk install software (Microsoft Office & Windows Vista) orisinal.

Hormat kami,
Kepala Bagian Penjualan
Sujarwo

Unsur-unsur surat penawaran:
  • kepala surat
  • tempat dan tanggal pembuatan surat
  • nomor surat
  • lampiran
  • perihal
  • alamat yang dituju
  • salam pembuka
  • isi surat (pembuka, inti, penutup)
  • salam penutup
  • tanda tangan dan nama terang pembuat surat
Carilah informasi mengenai bentuk-bentuk perdagangan bilateral antara suatu negara dengan negara lain. Carilah nama negara tersebut dan barang-barang yang diperdagangkan.
  • Hubungan perdagangan Indonesia dengan Korea. Hubungan internasional Indonesia dengan Korea berjalan di segala bidang. Dengan terbinanya hubungan ekonomi yang erat selama bertahun-tahun di antara kedua negara, Investasi Korsel di Indonesia terutama pada sektor industri elektronik, telekomunikasi, konstruksi, otomotif, pertambangan, migas, air bersih, perbankkan dan perhotelan. Baru-baru ini, terdapat investasi yang bernilai miliaran US dolar dari perusahaan-perusahaan besar Korsel seperti POSCO, Hankook Tire, Lotte Group dan Cheil Jedang Group di Indonesia. Hal tersebut membuktikan adanya kepercayaan yang tinggi dari para investor Korsel kepada Indonesia. Keputusan investasi tersebut diikuti bukan hanya oleh perusahaan afiliasi dan perusahaan vendor dari perusahaan besar Korsel, tetapi juga oleh perusahaan Korsel lainnya.
  • Hubungan perdagangan Indonesia – China. Bahan tambang dan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) masih akan mendominasi ekspor Indonesia ke China. Kebutuhan yang besar terhadap kedua komoditas tersebut menyebabkan permintaan importir China masih akan tinggi. Selain itu komoditas lain yang akan menjadi incaran pebisnis China adalah karet dan nikel.Sementara itu, dari sisi impor, Indonesia diperkirakan masih tetap mendatangkan barang-barang dari China terutama untuk produk besi baja, permesinan, plastik, kendaraan, aluminium jadi, dan kapas. "Kami masih mengimpor kapas untuk kebutuhan tekstil," tuturnya.
  • Hubungan perdagangan Indonesia-Inggris. Hubungan Indonesia – Inggris berjalan di sektor perekonomian. Salah satu bentuk koneksi dagang Indonesia-Inggris adalah ekspor migas ke Inggris karena Inggris tak memiliki cadangan minyak bumi. Guna menutupi kekurangannya terpaksa pemerintah British Raya mencari koneksi dagang terhadap negara penghasil minyak bumi termasuk Indonesia. Bentuk kerjasama Indonesia-Inggris di sektor perdagangan antara lain ekspor baja, karet alam, mebel dari kayu ke Inggris. Sebaliknya Inggris mengekspor bahan pangan berupa gandum, makanan olah lainnya, berbagai macam jenis mesin pabrik dan teknologi IT ke Indonesia.
  • Hubungan perdagangan Indonesia-Jepang.Hubungan ini dalam bentuk forum investasi bersama tingkat tinggi pemerintah swasta antara Jepang dan Indonesia. Rencana investasi ini meliputi masalah bea, customs, tenaga kerja, infrastruktur dan daya saing.Hubungan kerjasama Indonesia-Jepang telah berjalan selama lebih dari 50 tahun, dimana bagi Indonesia, Jepang merupakan mitra dagang utama, baik dalam hal ekspor maupun impor. Jepang menempati peringkat pertama pangsa pasar 12,72% sebagai negara tujuan ekspor non-migas Indonesia pada tahun 2011. Sementara itu, pada tahun yang sama posisi Jepang sebagai negara asal  produk impor non-migas menempati peringkat kedua setelah China dengan pangsa pasar 15,62%.
  • Hubungan perdagangan Indonesia-Ethiopia. Hubungan ini melalui ekspor-impor produk utama Ethipopia dari Indonesia. Produk itu antara lain adalah sabun, benang, batu baterai, perlengkapan dapur, kertas. Sedangkan ekspor produk utama Ethiopia ke Indonesia adalah kulit
Benda Konduktor dan Isolator
Benda konduktor adalah benda-benda yang dapat mengantarkan listrik dari sumber listrik.
Sebaliknya, benda isolator adalah benda-benda yang tidak bisa mengalirkan listrik dari sumber listrik. Apakah benda-benda yang termasuk jenis konduktor dan isolator? Perhatikan gambar berikut.

Dua buah baterai sebagai sumber listrik dihubungkan ke lampu dengan menggunakan kabel yang disambung dengan klip kertas dari logam. Lampu tersebut akan menyala karena arus listrik mengalir dari baterai ke lampu. Dalam hal ini, klip kertas disebut sebagai konduktor karena mampu mengalirkan listrik.

Apa yang terjadi pada lampu ketika klip kertas logam diganti dengan kawat, karet, atau sedotan plastik? Jika klip kertas logam diganti dengan karet dan sedotan plastik, lampu tidak menyala. Hal ini menunjukkan bahwa karet dan sedotan plastik tidak dapat menghantarkan listrik. Oleh karena itulah, karet dan sedotan plastik digolongkan sebagai bahan isolator.

Harmoni Musik
Harmoni adalah paduan bunyi di dalam suatu lagu yang terdiri dari beberapa suara yang sesuai dengan akor. 

Gelas yang dipukul dengan sendok dapat menjadi alat musik ritmis. Contoh alat musik ritmis lain yaitu gendang, drum, dan cymbal. Sebaliknya, ada pula alat musik melodis. Contoh alat musik melodis yaitu piano, seruling, dan gitar.

Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak mempunyai nada atau nada yang dihasilkan bukanlah nada tetap, alat musik ritmis mempunyai fungsi sebagai alat musik pengiring dan juga digunakan untuk mengatur tempo lagu.   Contoh alat musik ritmis seperti :Kongo, Marakas, Tamborin, Triangle, Drum, danGendang

Alat Musik Melodis
Alat musik melodis adalah alat musik yang bernada dan mempunyai irama. Contohnya recorder, piano, pianika, gitar, suling dan harmonika.

Jenis alat musik melodis berdasarkan cara memainkannya :
  • Dengan cara di tekan, alat musik yang cara penggunaannya dengan ditekan yaitu piano dan akordion.
  • Dengan cara ditiup, alat musik melodis yang cara pemakainnya dengan di tiup antara lain pianika dan recorder.
  • Dengan cara di petik, alatmusik yang di gunakan secara di petik antara lain gitar dan kecapi. Gitar
  • Dengan cara di gesek ada alat musik biola dan Rebab
  • Dengan cara di isap ada alat musik harmonika
AlatMusik Harmonis
Alat musik harmonis adalah alat musik yang dimankan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Karena alatmusik ini biasa memainkan harmoni maka cir-cirinya ialah bisa memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Contoh alat musik harmonis adalah guitar, keyboar, piano, harpha, kentrung, siter.
Advertisement