Koperasi Sekolah

Koperasi Sekolah
Koperasi Sekolah
Sebelum pulang sekolah, Siti pergi ke koperasi sekolah. Siti ingin membeli pensil. Pensil Siti telah memendek setelah dipakaisekian lama. Selain membeli pensil, Siti juga membeli pensil warna untuk menggambar. Dengan adanya koperasi sekolah, Siti merasa terbantu. Segala kebutuhan alat tulisnya dapat dia beli di koperasi sekolah. Teman-teman Siti dan para guru pun sangat terbantu dengan adanya koperasi sekolah itu. Hal ini tentu sesuai dengan fungsi dan peran koperasi.

Sesuai undang-undang, koperasi memiliki fungsi dan peran sebagai berikut.
  1. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkankesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
  2. Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.
  3. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko-gurunya.
  4. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional, yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.
  5. Mengembangkan kreativitas dan membangun jiwa berorganisasi bagi para pelajar bangsa.
Dalam Pembelajaran 4, kamu telah mengetahui berbagai bentuk lembaga ekonomi dalam masyarakat. Carilah informasi mengenai fungsi dan peran setiap lembaga ekonomi berikut.

a. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan badan usaha yang didirikan pemerintah dengan modal milik pemerintah/negara. Selain untuk melayani kepentingan umum, BUMN juga sebagai salah satu sumber pendapatan negara. Ada tiga bentuk BUMN, yaitu Perusahaan Umum, Perseroan (Persero), dan Perusahaan Jawatan (Perjan). Contoh BUMN yang berupa perusahaan umum yaitu Perum Peruri. Contoh BUMN yang berupa Persero, yaitu PT Pertamina dan PT Telkom. Adapun contoh BUMN dalam bentuk Perjan yaitu PJKA (sekarang menjadi PT KAI) dan Perjan Pegadaian (sekarang Perum Pegadaian).

Peranan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
BUMN memiliki peranan penting dalam perekonomian, yaitu sebagai berikut.
  1. BUMN dapat mengelola dan menggunakan cabang-cabang produksi yang pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara maksimal demi tercapainya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat pada umumnya.
  2. Pemerintah melalui perusahaan negara (BUMN) dapat melayani masyarakat secara maksimal.
  3. BUMN menjadi salah satu sumber pendapatan negara yang berasal dari pendapatan nonpajak.
  4. BUMN dapat menyediakan lapangan pekerjaan sehingga dapat membantu mengatasi pengangguran.
  5. BUMN dapat membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.
b. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)
Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) merupakan badan usaha yang didirikan pihak swasta dengan modal sepenuhnya milik swasta, baik perseorangan maupun kerja sama beberapa orang. Kegiatan badan usaha swasta bergerak, di ataranya bergerak dalam bidang industri ekstraktif, pertanian, perdagangan, dan jasa. Perusahaan swasta dalam menjalankan usahanya dapat berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Persekutuan Komanditer (CV), Firma (Fa), dan perusahaan perseorangan. Contoh badan usaha milik swasta, yaitu PT ASTRA Internasional, PT Panasonic, PT Indofood, dan PT Maspion.

Peranan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)
BUMS memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional, antara lain:
  1. Meningkatkan penerimaan devisa negara dari perusahaan swasta yang melakukan kegiatan ekspor dan impor;
  2. Membantu pemerintah mengusahakan kegiatan produksi dalam rangka meningkatkan kemakmuran masyarakat;
  3. Meningkatkan lapangan kerja untuk mengatasi pengangguran;
  4. Membantu pemerintah meningkatkan penerimaan negara melalui berbagai pajak.
c. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah perusahaan yang didirikan dan dimiliki oleh pemerintah daerah. Kewenangan pemerintah daerah membentuk dan mengelola BUMD ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 2000 tentang kewenangan pemerintah dan kewenangan provinsi sebagai daerah otonom. Contoh BUMD : Perusahaan Air Minum Daerah ( PDAM ),Perusahaan Daerah Pasar ( PD Pasar ), PT Bank Jateng ,PT Bank DKI , dan lain-lain .

Peranan Badan Usaha Milik Swasta (BUMD)
  1. Melaksanakan kebijakan pemerintah daerah dalam bidang ekonomi dan pembangunan .
  2. Pemupukan dana bagi pembiayaan pembangunan .
  3. Mendorong peran serta masyarakat dalam bidang usaha .
  4. Memenuhi barang dan jasa bagi kepentingan masyarakat .
  5. Menjadi perintis kegiatan yang kurang diminati masyarakat .
d. Perusahaan Perseroan
Perseroan Terbatas (PT) adalah suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan. Contoh perusahaan perseroan antara lain : PT Semen Indonesia, PT Astra Internasional, PT Indofood, PT Unilever, PT KAI, PT Telkom, PT Adhikarya, PT Tirta Investama, PT Djarum, PT Gudanggaram, dan masih banyak lagi.

Peranan Perusahaan Perseroan
Mendapatkan keuntungan, menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen dan membuka lapangan kerja

e. Perusahaan Umum
Perum atau perusahaan umum adalah BUMN yang seluruh modalnya dimiliki negara dan tidak terbagi atas saham, yang bertujuan untuk kemanfaatan umum berupa penyediaan dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan sekaligus mengejar keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan. Contoh perum adalah Perum Damri dan Perum PPD, Perum Pegadaian, Perum Jasatirta, Perum DAMRI, Perum ANTARA, Perum Peruri, Perum Perumnas, Perum Balai Pustaka.

Peranan Perusahaan Umum
Melayani kepentingan umum dan bergerak dibidang jasa jasa vital

f. Yayasan
Yayasan adalah suatu badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan bersifat sosial, keagamaan dan kemanusiaan, didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang ditentukan dalam undang-undang. Di Indonesia, yayasan diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Contoh yayasan adalah Yayasan Citra Budaya Nusantara (YCBN), Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI)

Peranan Yayasan
Yayasan berfungsi sebagai wadah atau lembaga yang bersifat dan bertujuan sosial.

Lembaga ekonomi diperlukan bagi masyarakat. Lembaga-lembaga ekonomi mempunyai kegiatan dalam bidang ekonomi demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat pada umumnya. Pengelola lembaga ekonomi dan masyarakat bekerja sama demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat umum. Ada hubungan saling menguntungkan antara masyarakat dan pengelola lembaga ekonomi. Masyarakat dapat terpenuhi kebutuhannya dari kegiatan pengelola lembaga ekonomi. Sebaliknya, atas usahanya tersebut, pengelola lembaga ekonomi juga mendapatkan keuntungan. Itulah salah satu bentuk persatuan dan kesatuan dalam masyarakat dan manfaatnya.

Ingat-ingatlah tindakan-tindakan mencerminkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang pernah kamu terapkan di lingkungan sekitar. Tuliskan dalam tabel berikut beserta manfaatnya.
No.
Tindakan yang Saya Lakukan
Manfaat
1.Menjenguk tetangga yang sedang sakitMenjalin silaturahmi dengan warga sekitar
2.Mempelajari berbagai kesenian dari daerah lainMengenal lebih banyak berbagai kesenian daerah
3.Menerima teman tanpa mempertimbangkan perbedaan suku, agama, maupun bahasa dan kebudayaanMenjadi banyak teman dan pergaulan menjadi lebih luas
4.Memberi bantuan kepada tetangga yang terkena musibahMeringankan beban penderitaan orang lain
5.Bergotong royong membersihkan saluran airBekerjasama untuk meringankan pekerjaan

Kerja sama dalam masyarakat di antaranya melalui hubungan perdagangan atau hubungan ekonomi. . Lengkapilah pengetahuanmu dengan melakukan kegiatan berikut.
No.
Nama
Kepanjangan
Manfaat
1.IMFInternational Monetary FundMenciptakan stabilitas sistem keuangan internasional
2.OPECOrganization of the Petroleum Exporting Countries
Menjaga kestabilan harga dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak.
3.WTOWorld Trade Organization
Memantau pelaksanaan perjanjian dagang dan Memberikan bantuan teknik dan pelatihan untuk negara-negara berkembang.
4.IBRDInternational Bank for Reconstruction and Development, 
Mendapatkan bantuan kredit untuk tujuan pembangunan
5.FAOFood and Agriculture Organization
Menaikkan tingkat nutrisi dan taraf hidup; meningkatkan produksi, proses, pemasaran dan penyaluran produk pangan dan pertanian; mempromosikan pembangunan di pedesaan.. 
6.IFCInternational Finance Corporation
Membantu mengalihkan investasi luar negeri ke negara-negara sedang berkembang dan memberikan kredit jangka panjang kepada pengusaha swasta tanpa jaminan dan pemerintah.
7.UNDPUnited Nations Development Programme
Mendapatkan bantuan teknis dan pembangunan di Indonesia.
8.UNIDOUnited Nations Industrial Development Organization
Mempercepat pembangunan industri di Negara_negara berkembang dan Negara dengan ekonomi transisi
9.OECDOrganisation for Economic Co-operation and Development)
Mendapatkan kerja sama dan pembangunan ekonomi 

Suatu sore Siti, Edo, Beni, dan Dayu berlatih bermain musik. Siti dan Dayu memainkan pianika. Beni memainkan kastanyet. Edo memainkan tamborin. Inilah lagu yang mereka mainkan.
Advertisement