Peristiwa-peristiwa Penting

Peristiwa-peristiwa Penting
Peristiwa-peristiwa Penting
Tahukah kamu dari mana asalnya air yang kita pakai untuk kebutuhan sehari-hari? Air yang kita pakai untuk keperluan sehari-hari itu berasal dari berbagai sumber, yaitu air yang berasal dari tetesan air hujan, air tanah, dan juga dari berbagai badan air di bumi ini. Air di bumi ini berubah wujud secara berulang-ulang dengan atau tanpa kita sadari. Proses perubahan wujud air ini terjadi dalam sebuah daur yang disebut dengan daur air. Berikut adalah beberapa perubahan wujud air.
  1. Proses penguapan, terjadi dengan bantuan energi sinar matahari dan angin. Akibat panas dari sinar matahari, air menguap menjadi uap air.
  2. Proses pengembunan, terjadi saat uap air mengalami pendinginan dan berubah menjadi titik-titik air atau kristal air. Saat inilah partikel air membentuk awan.
  3. Proses presipitasi (pengendapan), terjadi saat partikel air tersebut jatuh ke bumi dalam bentuk hujan.
  4. Air hujan jatuh ke bumi. Sebagian air mengalir di permukaan tanah, ke sungai, laut dan danau dan ada pula yang terserap oleh bumi menjadi air tanah.
Perubahan pertama
Proses penguapan
Informasi penting:
Penguapan terjadi dengan bantuan sinar mataharidan angin, air berubah menjadi uap
Perubahan kedua
Proses pengembunan
Informasi penting
Saat uap air mengalami pendinginan dan berubah nenjadi titi-titik air
Perubahan ketiga:
Airhujan jatuh ke bumi
Informasi penting:
Sebagian air mengalir dipermukaan tanah, sungai, laut, dan danau. Sebagian adapula yang terserap menjadi air tanah

Mari kita membuat bagan daur air. Perhatikan cara kerjanya:
  1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 atau 4 orang teman.
  2. Bacalah dan pelajari kembali bacaan daur air di atas.
  3. Lengkapilah informasimu tentang daur air dari buku-buku atau sumber lainnya.
  4. Berundinglah dengan teman sekelompokmu tentang gambar yang akan dibuat. Lalu, tugas dan pastikan setiap orang dalam kelompok menjalankan tugasnya.
  5. Gambarlah daur air di kertas gambar. Perhatikan proporsi gambar dan komposisi warna yang kamu pakai.
  6. Perhatikan proporsi dan komposisi gambar dan warna dalam gambar daur air yang akan kamu buat, agar hasilnya menarik.
  7. Berikan keterangan pada setiap tahap dalam daur tersebut.
  8. Bekerjasamalah dengan baik dan kompak. Hargai pendapat setiap anggota kelompok.
  9. Gunakan tabel untuk membantu anggota kelompok dalam bekerja.
  10. Selesaikanlah pekerjaan ini dalam waktu 30 menit.
Edo, Beni, Siti, dan Lani merasa puas sekali hari ini karena mereka dapat menyelesaikan tugas membuat diagram dengan baik. Mereka berempat pergi ke kantin untuk membeli minuman. Saat tiba di kantin, mereka melihat antrean yang cukup panjang di kedai minum Pak Marto, salah satu penjual di kantin sekolah.

“Hei, kalian lihat antrean itu? Aku melihat ada sekitar lima siswa sedang antredi sana. Aku jadi ingin tahu, berapa kira-kira jumlah air minum bagi lima siswa tersebut jika Pak Marto mempunyai 10 botol air minum yang pada setiap botolnya berisi 2 liter air?” tanya Beni.
Dengan membuat sebuah model matematika, gambar tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:
10 x 2 = 5 × ....
20 = 5 × ....
20 = 5 × 4
Dari model matematika tersebut, diperoleh jawaban bahwa setiap siswa yang mengantre akan mendapatkan empat liter air minum apabila Pak Marto mempunyai 10 botol air minum yang pada setiap botolnya berisi dua liter air.

Ayo Berlatih
Pecahkanlah persoalan berikut ini. Gunakan gambar dan model matematika untuk menyelesaikannya. 
1. Beni diminta oleh ayahnya untuk menghitung jumlah kursi yang diperlukan dalam acara hajatan di rumahnya. Saat itu terdapat 16 meja yang disediakan untuk para tamu. Jika tamu yang diundang berjumlah 112 orang, berapakah jumlah kursi di setiap meja?
16 x ... = 112, 16 x 7 = 112
Diperoleh jawaban bahwa setiap meja terdiri dari 7 buah kursi

2. Siti hendak membuat kalung dari manik-manik. Ia mempunyai 1.450 buah manik-manik. Ia memerlukan 40 buah manik-manik di setiap kalung yang ia buat. Siti ingin membuat kalung yang lebih kecil yang hanya menggunakan 75% dari jumlah manik-manik di setiap kalungnya. Berapa jumlah kalung yang bisa dibuat Siti?
1.450 : (75% x 40) = 1.450 : 30 = 48 buah kalung
Diperoleh jawaban setiap kalung terdiri dari 30 buah manik-manik, maka kalung yang dapat dibuat siti adalah 48 buah kalung dan tersisa 10 buah manik-manik.

Untuk mencari angka yang tidak diketahui, kita dapat menuliskan semua bilangan yang diketahui dalam model matematika atau persamaan. Angka yang tidak diketahui dapat dikosongkan terlebih dahulu.

Contoh Soal
“Wah, air memang penting bagi kehidupan kita, ya!” kata Beni. “Aku tidak dapat membayangkan jika tidak ada air bersih untuk mandi!”

“Iya, ya, Ben! Bahkan air bersih di beberapa tempat di Indonesia merupakan barang langka dan mahal, Ben!” Kata Dayu. “Aku pernah baca di sebuah artikel, harga air per drum berisi seribu liter air bersih, dapat mencapai Rp37.000,00 hingga Rp85.000,00 di Jakarta!”

“Mahal sekali! Coba kita hitung! Jika saya punya uang Rp50.000,00, berapa kembalian yang akan saya terima setelah membeli satu drum air bersih seharga Rp 37.000,00?” tanya Beni.

Jawaban atas pertanyaannya denganmembuat persamaan sebagai berikut:
50.000 = 37.000 + ______
50.000 – 37.000 = 13.000
Jadi kembalian yang akan diterima Beni sebesar Rp 13.000,00.

1. Aku adalah sebuah bilangan genap. Jika aku ditambahkan dengan 25 hasilnya menjadi 49. Bilangan berapakah aku?_________
.....+ 25 = 49 sehingga 49 - 25 = 24
2. Aku adalah sebuah bilangan yang terdiri atas puluhan dan satuan. Aku adalah bilangan ganjil. Jika bilangan 689 dikurangi aku, hasilnya menjadi 700. Bilangan berapakah aku? _________
689 - ... = 700 sehingga  700 + (-11) =689
3. Jika aku ditambahkan dengan bilangan 1.020 akan menghasilkan bilangan 2.000. Bilangan berapakah aku? _________
......+ 1.020 = 2.000 sehingga 2.000 - 1.020 = 980
Advertisement