Perubahan Energi Listrik

Perubahan Energi Listrik
Perubahan Energi Listrik
Pagi itu Ibu telah sibuk. Ibu memasak nasi. Sambil menunggu nasi masak, Ibu menyetrika baju kerja Ayah. Setelah selesai menyetrika, Ibu menumis kangkung serta menggoreng telur dan tempe untuk sarapan. Beni juga membantu Ibu. Setelah selesai mandi dan berpakaian, Beni menyiapkan meja makan. Beni menata piring, sendok, dan gelas. Beni membuat susu menggunakan air panas.

Pada setiap peralatan listrik, energi listrik berubah menjadi bentuk energi lain,misalnya energi panas, energi gerak, suara, dan gambar. Sebagai contoh pada setrika listrik energi listrik diubah menjadi energi panas. Komponen setrika yang menjadi alat utama dalam pengubahan energi ini adalah logam. Logam ini akan memanas ketika dilewati arus listrik. Logam ini akan memanaskan dasar setrika sehingga dapat digunakan untuk menyetrika baju. Beberapa perubahan energi yang terjadi pada alat listrik antara lain :
No.
Nama Peralatan Listrik
Perubahan Energi
1.Setrika listrikEnergi listrik menjadi energi panas
2.Kipas AnginEnergi listrik menjadi energi gerak
3.Magic jarEnergi listrik menjadi energi panas
4.DispenserEnergi listrik menjadi energi panas
5.Lampu listrikEnergi listrik menjadi energi cahaya

Kamu telah mengetahui berbagai peralatan listrik dan kegunaannya. Seandainya kamu pemilik toko peralatan listrik “JAYA ELEKTRONIKA”, kamu akan menawarkan sejumlah peralatan listrik kepada sebuah kantor “PT ABADI LESTARI”. Barang-barang yang akan kamu tawarkan sebagai berikut.
1. Lampu hemat energi seharga Rp50.000
2. Setrika seharga Rp325.000
3. Pendingin ruangan seharga Rp3.500.000
4. Televisi seharga Rp4.250.000
5. Radio seharga Rp2.300.000
Dalam Pembelajaran 2, kamu telah melihat contoh surat penawaran. Kamu juga telah mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat penawaran. Kini, buatlah surat penawaran barang-barang tersebut di atas.
TOKO ELEKTRONIK JAYA ABADI
Jl. Ngagel IV Blok A22/ No. 23 Surabaya
Telp. 082334557
Kepada Yth,
PT Abadi Lestari
up. Bapak/Ibu .................
Jl. Jendral Sudirman No. 23 Jakarta
di-Jakarta

Perihal : Penawaran Peralatan Listrik

Dengan hormat,
Bersama ini kami bermaksud untuk mengajukan surat penawaran kepada Bapak/Ibu produk kami dengan uraian sebagai berikut :
No.
Nama Barang
Harga
1.Lampu hemat energiRp50.000
2.SetrikaRp325.000
3.Pendingin ruanganRp3.500.000
4.TelevisiRp4.250.000
5.RadioRp2.300.000
Peralatan listrik tersebut di atas merupakan produk peralatan elektronik yang dapat diandalkan. Produk ini memiliki sejumlah kelebihan untuk dipergunakan baik di dalam rumah maupun di kantor.

Bapak/Ibu dapat membandingkan harga regular di pasaran. Harga spesial yang kami tawarkan kepada Bapak/Ibu kami anggap sebagai harga promo, namun untuk kedepannya kami juga tidak akan mematok harga terlalu tinggi.

Berikut kami cantumkan contoh untuk test produk.

Demikian surat penawaran ini kami buat dengan harapan akan terjadi kemitraan yang menguntungkan antara kami dan pihak Bapak/Ibu. Jika ada pertanyaan, silahkan menghubungi kami melalui nomor telepon kantor.

Atas perhatian serta kerjasamanya, kami sampaikan banyak terimakasih. 

Hormat kami,



Tony Priyono

Di antara peralatan listrik yang digunakan, hampir di setiap rumah pasti ada lampu listrik. Pada lampu listrik, energi listrik diubah menjadi energi cahaya dan energi panas. Kamu dapat mencoba membuat rangkaian listrik sederhana menggunakan batu baterai

Ayo Lakukan
1. Sediakan 4 buah bola lampu 5 watt, 2 buah batu baterai, dan kabel.
2. Buatlah rangkaian paralel dari 2 bola lampu dan satu baterai seperti gambar berikut.
3. Buatlah rangkaian 3 bola lampu, kemudian 4 bola lampu dengan 1 buah batu baterai.
4. Buatlah rangkaian 2 bola lampu, 3 bola lampu, dan 4 bola lampu dengan 2 buah baterai.
5. Apa yang kamu amati? Bagaimana nyala bola lampu pada setiap rangkaian? Tuliskan hasil 
    pengamatanmu pada tabel berikut
Banyak Bola Lampu
Kondisi Nyala Lampu
1 Batu Baterai
2 Batu Baterai
2
....................................................
3
....................................................
4
....................................................
Di antara berbagai peralatan listrik yang ada di Indonesia, ada yang diproduksi di dalam negeri. Sebaliknya, ada pula peralatan listrik yang harus diimpor dari luar negeri, misalnya mesin-mesin untuk industri. Itulah manfaat adanya perdagangan antarbangsa. Dengan adanya kerja sama yang baik, hubungan antarbangsa pun makin baik. Jika seluruh bangsa di dunia memiliki hubungan baik, tentu dunia akan menjadi damai.

Apa saja bentuk-bentuk kerja sama antar berbagai bangsa di dunia? Dalam Pembelajaran 3 dan 4, kamu telah mengetahui lembaga kerja sama regional, di antaranya ASEAN dan AFTA. Bagaimana dengan lembaga kerja sama internasional? Berikut beberapa lembaga kerja sama internasional. Lengkapi kepanjangannya dan keterangan tentang lembaga tersebut.
No.
Nama
Kepanjangan
Keterangan
1.IMFInternational Monetary FundIMF atau Dana Moneter Internasional adalah lembaga keuangan internasional yang didirikan untuk menciptakan stabilitas sistem keuangan internasional
2.OPECOrganization of the Petroleum Exporting Countries
OPEC atau Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi adalah organisasi yang bertujuan menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi, harga dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak.
3.WTOWorld Trade Organization
Organisasi Perdagangan Dunia (bahasa Inggris: WTO, World Trade Organization) adalah organisasi internasional yang mengawasi banyak persetujuan yang mendefinisikan "aturan perdagangan" di antara anggotanya
4.IBRDInternational Bank for Reconstruction and Development, 
Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (bahasa Inggris: International Bank for Reconstruction and Development, disingkat IBRD) adalah institusi keuangan internasional yang menawarkan pinjaman kepada negara berkembang dengan pendapatan menengah. 
5.FAOFood and Agriculture Organization
Organisasi Pangan dan Pertanian berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). FAO bertujuan untuk menaikkan tingkat nutrisi dan taraf hidup; meningkatkan produksi, proses, pemasaran dan penyaluran produk pangan dan pertanian; mempromosikan pembangunan di pedesaan; dan melenyapkan kelaparan. 
6.IFCInternational Finance Corporation
IFC (International Finance Corporation) atau Badan Keuangan Internasional. IFC bertugas memberikan pinjaman kepada pengusaha swasta dan membantu mengalihkan investasi luar negeri ke negara-negara sedang berkembang, Sedangkan tugasnnya adalah memupuk perkembangan ekonomi di negara-negara anggota, terutama memberikan kredit jangka panjang kepada pengusaha swasta tanpa jaminan dan pemerintah.
7.UNDPUnited Nations Development Programme
United Nations Development Programme (UNDP) atau Badan Program Pembangunan PBB adalah organisasi multilateral yang paling besar memberi bantuan teknis dan pembangunan di dunia.
8.UNIDOUnited Nations Industrial Development Organization
UNIDO adalah organisasi khusus dalam united nations (PBB) di bidang pengembangan industri. Organisasi yang berkantor pusat di vienna,ibu kota Austria ini Tujuan utamanya adalah mempercepat pembangunan industri di Negara_negara berkembang dan Negara dengan ekonomi transisi
9.OECDOrganisation for Economic Co-operation and Development)
Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD - Organisation for Economic Co-operation and Development) merupakan sebuah organisasi internasional dengan tiga puluh negara yang menerima prinsip demokrasi perwakilan dan ekonomi pasar bebas. 

Gitar termasuk alat musik melodis. Saat dimainkan, gitar dapat menghasilkan nada. Sebaliknya, drum tidak menghasilkan nada. Drum disebut alat musik ritmis. Ada berbagai macam alat musik ritmis dan alat musik melodis. Dalam tabel berikut ada beberapa alat musik. Tuliskan namanya. Tandai apakah alat musik tersebut termasuk alat musik melodis atau alat musik ritmis. Tuliskan cara memainkan setiap alat musik tersebut!
No.     Alat Musik            Nama
               Jenis Alat Musik             
     Cara Memainkan        
Melodis
Ritmis
1
Gitar
a.Dipetik
2
Piano
a.Ditekan
3
Druma.
Dipukul
4
Cymbala.
Dipukul
5
Seruling
a.Ditiup
6
Tamborina.
Dipukul
7
.Gonga.
Dipukul
Advertisement