Kenampakan Alam

Kenampakan Alam
Kenampakan Alam
Edo, Beni, dan teman-temannya sedang berjalan kaki bersama. Mereka baru pulang dari melihat-lihat aneka peralatan rumah tangga dari rotan yang dipamerkan di sebuah toko mebel. “Kreatif sekali, ya, para perajin rotan itu. Membuat berbagai peralatan rumah tangga dari rotan dengan desain yang unik. Kualitas barang-barang yang dibuat juga bagus.” Tentu mereka cukup berpengalaman. Para perajin itu memang hidup di sekitar daerah penghasil rotan. Setiap masyarakat pasti beradaptasi dengan kenampakan alam dan mereka hidup dari hasil alam di sekitarnya. Masyarakat yang hidup di sekitar hutan rotan tentu telah berpengalaman memanfaatkan rotan. Sama halnya dengan masyarakat yang hidup di sekitar pantai. Tentu mereka berpengalaman dalam membuat garam dan  mengasinkan ikan.

Menurut pendapatmu, mengapa adaptasi dan interaksi masyarakat berhubungan erat dengan jenis kenampakan alam daerah di mana mereka tinggal?
Masyarakat yang tinggal di sekitar kenampakan alam tertentu melakukan adaptasi untuk bertahan hidup. Adaptasi yang dilakukan ditunjukkan dengan jenis mata pencaharian utama mereka, makanan, pakaian, dan sebagainya
Kenampakan Alam dan Adaptasi Masyarakat Sekitarnya 
Permukaan bumi tidak rata dan halus seperti pemukaan bola. Permukaan bumi penuh dengan gelombang naik dan turun, besar dan kecil yang membentuk kenampakan alam. Ada banyak sekali jenis kenampakan alam di bumi ini. Permukaan bumi yang naik tinggi disebut gunung dan bukit bergantung tingkat ketinggiannya.

Dataran yang tinggi dan luas di sekitar pegunungan dan perbukitan disebut daratan tinggi, sedangkan dataran luas yang jauh lebih rendah dari pegunungan dan perbukitan disebut dataran rendah. Di dataran tinggi dan rendah terdapat beberapa areal yang berupa cekungan-cekungan cukup dalam. Bila cekungan itu sangat curam dan dalam disebut jurang. Bila cekungan itu berisi air disebut danau, lubuk, telaga, atau sungai. Sungai yang mengalir turun ke dalam patahan bumi disebut air terjun.

Dataran luas yang lebih rendah lagi dari dataran rendah biasanya terisi air dan disebut laut. Laut yang sangat luas disebut samudra. Di dalam laut juga terdapat berbagai kenampakan alam. Di laut terdapat juga jurang yang disebut palung. Daratan yang muncul di tengah laut disebut pulau. Deretan pulau-pulau disebut kepulauan. Daratan yang menjorok ke laut disebut tanjung. Laut yang menjorok ke daratan disebut teluk. Baik di daratan maupun di laut terdapat gunung dan pegunungan. Gunung yang berisi lava dan magma disebut gunung berapi.

Manusia hidup di sekitar semua kenampakan alam yang ada di daratan. Untuk kelangsungan hidupnya, manusia melakukan adaptasi yang berbeda-beda satu sama lain sesuai dengan alam dan kenampakannya dimana ia hidup. Makanan yang dimakan, bentuk tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumahtangga dan teknologi yang diciptakan oleh manusia semuanya akan menunjukkan di mana mereka tinggal dan adaptasi apa yang mereka lakukan.

Di masa sekarang, hasil adaptasi masih dapat kita lihat dari jenis makanan dan barang-barang khas hasil suatu daerah. Makanan dan barang-barang khas dari daerah pegunungan dan dataran tinggi tentu berbeda dengan makanan dan barang-barang khas dari daerah pantai dan dataran rendah. Dapatkah kamu menyebutkan beberapa contohnya?
Sumber: BSE, Ilmu Pengetahuan Sosial SD Kelas V-Dwi Ari-2009

Berdasarkan bacaan "Kenampakan Alam dan Adaptasi Masyarakat Sekitarnya", terdapat banyak jenis kenampakan alam di bumi ini. Indonesia juga memiliki berbagai jenis kenampakan alam.
1. Kenampakan alam apa sajakah yang ada di Indonesia?
Dataran tinggi, dataran rendah, pegunungan, perbukitan, jurang, danau, lubuk, telaga, sungai, laut, samudra, palung, pulau, tanjung, teluk, dan gunung
2. Adakah kenampakan alam Indonesia yang sangat unik dan terkenal yang kamu ketahui?
Danau Toba, Pantai Sanur, Pantai Kuta, dan Pantai Senggigi. 
3. Mengapa sebuah kenampakan alam dapat menjadi terkenal?
Sebuah kenampakan alam dapat menjadi terkenal karena keindahan dan keunikannya
4. Apa yang membedakannya dengan kenampakan alam yang lain
Yang membedakan antara kenampakan alam satu dengan yang lainnya adalah bentuk atau ciri fisiknya
5. Adakah pengaruh kenampakan alam dengan mata pencaharian penduduk di sekitarnya?
Keadaan alam sangat mempengaruhi mata pencarian penduduk. Kebanyakan penduduk sekitar pantai bekerja sebagai nelayan karena di laut banyak tersedia ikan. Mereka yang tinggal di dataran tinggi bekerja sebagai petani karena iklimnya sangat cocok untuk pertanian. Masyarakat yang tinggal di daerah padang rumput yang luas mengusahakan peternakan karena tersedia rumput yang berlimpah. 
Masyarakat yang tinggal di sekitar kenampakan alam tertentu melakukan adaptasi untuk bertahan hidup. Adaptasi yang dilakukan ditunjukkan dengan jenis mata pencaharian utama mereka, makanan, pakaian, dan sebagainya. Bagaimana bila kita ingin menyelidikinya?
    Syair Pujian Negeri
    Siang itu, Udin dan teman-temannya sedang mendengarkan penjelasan dari ibu guru tentang kenampakan alam di Indonesia di mata masyarakat sekitarnya.

    “Anak-anak, Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki kenampakan alam beragam. Hal ini dikarenakan wilayah kepulauan kita yang sangat luas. Negara kita terdiri atas ribuan pulau dan memiliki keunikan. Salah satunya adalah kenampakan alam yang harus dijaga kelestariannya.”

    “Keadaan alam dan cara masyarakat sekitar menjaga kelestariannya membentuk budaya yang khas. Beragam keadaan alam dan kebudayaan di Indonesia sangat unik dan menjadi sumber inspirasi bagi para pujangga. Para pujangga besar tanah air menciptakan syair pujian terhadap bangsa dan negeri kita.”

    “Masih ingatkah kalian apa yang dimaksud dengan syair? Syair adalah salah satu bentuk puisi lama yang mempunyai ciri hampir sama dengan pantun. Hanya saja, semua baris dalam syair merupakan isi. Di dalam syair, tidak ada sampiran. Selain itu, syair mempunyai irama rangkai, atau rima akhirnya a-a-a-a.”
    Tanda Alam Negeriku
    (Cipt: D. Karitas)
    Sungai-sungai indah membelah negeriku
    Airnya jernih sepanjang waktu
    Ikan dan udang menari-nari selalu
    Membuat tenang hati para ibu

    Gunung-gunung berpayung awan
    Pastikan segera datang hujan
    Air turun karena awan yang sudah tak tahan
    Menyiram bumi, munculkan harapan

    Pantai negeriku sangatlah indah
    Penuh dengan pasir putih lembut menjamah
    Keong dan kerang menyambut ramah
    Hilangkan semua dendam amarah

    Simaklah syair di atas, dan cobalah jawab beberapa pertanyaan di bawah ini.
    1. Pesan apakah yang ingin disampaikan penulis melalui syairnya?
    Keindahan alam negeri harus dijaga
    2. Bagaimanakah penggunaan rima dan pemilihan kata yang ada di dalam syair di atas?
    Rima bait pertama u-u-u-u, Rima bait kedua n-n-n-n, dan rima bait ketiga h-h-h-h
    Membuat Syair
    1. Buatlah sebuah syair tentang kenampakan alam Indonesia.
    2. Di dalam syairmu, tampilkan juga kehidupan masyarakat sekitarnya.
    3. Buatlah dengan menggunakan rima yang tepat dan pemilihan kata yang sesuai.
    4. Berlatihlah membacakannya agar kamu dapat membawakannya dengan lancar di depan kelas.
    5. Selamat bersyair!
    Keindahan Alam Negeriku Tercinta
    Kicauan burung terdengar merdu
    Menandakan adanya hari baru
    Indahnya alam ini membuatku terpaku
    Seperti dunia hanya untuk diriku 

    Kupejamkan mataku sejenak
    Kurentangkan tanganku sejenak
    Sejuk , tenang , senang menyeruak
    Membuatku melayang terhenyak    

    Wahai pencipta alam
    Kekagumanku sulit untuk kupendam
    Dari siang hingga malam
    Pesonanya tak pernah padam 

    Desiran angin di pegunungan
    Tumbuhan menari kegirangan
    Begitu indahnya pemandangan
    Bak indahnya surga idaman 

    Keindahan alam terasa sempurna
    Dengan muculnya sang surya
    Membuat semua orang terpana
    Itulah alamku Indonesia
    Kabar di Dalam Gambar
    1. Carilah/buatlah sebuah gambar yang menceritakan sebuah keadaan di rumah dengan beberapa barang/fasilitas bersama, seperti TV, sepeda, kamar mandi, dan sebagainya.
    2. Susunlah cerita singkat, berupa butir-butir untuk dikembangkan, tentang pengalamanmu menggunakan fasilitas itu bersama dengan anggota keluarga yang lain.
    3. Ceritakanlah masalah yang kamu alami ketika kamu dan anggota keluargamu menggunakannya.
    4. Kaitkan ceritamu dengan nilai-nilai Pancasila, terutama Sila Kedua dan Ketiga, saat kamu memecahkan keterbatasan dan kendalamu.
    5. Berlatihlah dan bersiaplah bercerita di depan kelas.
    6. Selamat bercerita!
    Menonton tv bersama keluarga memang sangat menyenangkan, namun kesukaan seseorang terhadap acara tv sangat beragam. Ayah senangnya menonton pertandingan sepak bola. Ibu senangnya menonton acara membuat masakan. Kakakku yang perempuan sangat menggemari sinetron. Aku sendiri gemar menonnton film kartun. Suatu waktu acara kegemaran tv masing-masing ditayangkan pada jam yang sama. Sehingga aku dan kakak berebut remot tv untuk menyaksikan acara kegemaran masing-masing. Akhirnya sebagai anak yang lebih muda saya mengalah, membiarkan kakak menonton acara kesukaannya, saya hanya ikut melihat saja.
    Pamanku dimintai tolong oleh kawannya yang seorang petani untuk menghitung. Kawan Paman memiliki lahan berbentuk persegi panjang yang luasnya 500 meter persegi. Lahan itu hendak dipetak-petakkan menjadi persegi yang lebih kecil. Petakan paling kecil yang diinginkannya adalah persegi dengan luas 25 meter persegi. Nah, pertanyaannya adalah berapa kemungkinan luasan persegi yang mungkin dibuat pada lahan seluas itu?

    Persoalan Udin dapat dipecahkan dengan memahami konsep bilangan kuadrat. Ada berapa bilangan kuadrat antara 25 hingga 500? Bilangan kuadrat antara 25 dan 500 adalah sebagai berikut.

    Jadi, luasan yang mungkin menjadi pilihan adalah 25 m2, 36 m2, 49 m2, 64 m2, 81 m2, 100 m2, 121 m2, 144 m2, 169 m2, 196 m2, 225 m2, 256 m2, 289 m2, 324 m2, 361 m2, 400 m2, 441 m2, dan 484 m2.

    Dengan menggunakan contoh di atas, selesaikanlah soal-soal di bawah ini!
    • Hasil bilangan pangkat dua yang kurang dari 10 adalah 1, 4, 9
    • Hasil bilangan pangkat dua antara 20 dan 100 adalah 25, 36, 49, 64, 81, dan 100.
    • 3Hasil bilangan pangkat dua antara 100 dan 300 adalah 100, 121, 144, 169, 196, 225, 256, dan 289
    • Hasil bilangan pangkat dua antara 300 dan 600 adalah 324, 361, 400, 441, 484, 529, dan 576
    • Hasil bilangan pangkat dua antara 700 dan 1.005 adalah  729, 784, 841, 900, dan 961
    Advertisement