Peran Lembaga Pendidikan

Peran Lembaga Pendidikan
Peran Lembaga Pendidikan
Beni, Ayah, dan Kakek memanen buah mangga. Beni dan Kakek memetik buah mangga dengan galah. Ayah memanjat pohon mangga itu lalu memetik buah-buah mangga yang tidak terjangkau oleh galah. Ibu mengumpulkan buah mangga ke dalam beberapa keranjang.

Kegiatan memanen mangga bersama itu sangat menyenangkan bagi Beni. Beni merasakan kerukunan dengan Kakek, Ayah, dan Ibu. Kegiatan memanen mangga itu menjadi salah satu cara menjaga kerukunan di dalam keluarga mereka. Setelah beberapa lama, acara memanen mangga telah selesai. Ternyata banyak juga buah mangga yang dapat mereka petik. Nenek mengambil kantongkantong plastik. Nenek akan membagikan sebagian hasil panen mangga itu kepada tetangga-tetangga di sekitar rumah. Nenek telah menerapkan sikap persatuan dan kesatuan di masyarakat.

Apa akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan dalam masyarakat?
  • Tidak adanya kerja sama antar sesama warga masyarakat.
  • Terjadi permusuhan antara warga masyarakat yang satu dengan yang lainya.
  • Masyarakat lebih mementingkan kepentingan suku atau golongannya
  • Tidak peduli terhadap kesedihan dan penderitaan orang lain.
Kamu telah mengetahui akibat-akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Tentu kamu tidak menginginkan akibat-akibat itu terjadi, bukan? Untuk mencegah hal itu terjadi, apa yang akan kamu lakukan untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar?

Yang akan aku lakukan untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar:
  • Menyelenggarakan kerja sama antar daerah.
  • Menjalin persahabatan antarsuku bangsa.
  • Memberi bantuan tanpa membedakan suku bangsa atau asal daerah.
  • Mempelajari berbagai kesenian dari daerah lain,
  • Memperluas pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Mengerti dan merasakan kesedihan dan penderitaan orang lain, serta tidak mudah marah atau menyimpan dendam.
  • Menerima teman tanpa mempertimbangkan perbedaan suku, agama, maupun bahasa dan kebudayaan
Google Glass
Teknologi makin berkembang pesat. Salah satu alat yang baru-baru ini ditemukan ialah kacamata google glass. Kaca mata ini hasil karya Google X Lab, yaitu laboratorium milik perusahaan Google. 

Tidak seperti kebanyakan kacamata, kacamata google glass memiliki kacasuper kecil dan hanya satu. Kacamata ini berfungsi untuk memotret dan merekam apa pun yang dilihat dan dialami oleh pemakainya. Selain memotret dan merekam, kacamata ini juga berfungsi seperti GPS, yaitu memberi informasi arah jalan. Bahkan, kacamata ini dapat memberikan informasi singkat tentang tempat-tempat yang ingin kita ketahui, misalnya informasi tentang monumen atau tempat wisata terkenal. Kacamata ini juga memiliki fungsi seperti kamus bahasa, artinya dapat menerjemahkan kata dalam bahasa asing.
Kacamata google glass memiliki kaca super kecil dan hanya satu. Kacamata ini berfungsi untuk memotret dan merekam apa pun yang dilihat dan dialami oleh pemakainya. Kacamata ini juga berfungsi seperti GPS, yaitu memberi informasi arah jalan. Kacamata ini juga memiliki fungsi seperti kamus bahasa, artinya dapat menerjemahkan kata dalam bahasa asing.
Menurutmu, apakah google glass itu bisa diproduksi di Indonesia? Mengapa?
Google glass bisa saja diproduksi di Indonesia karena dengan adanya perdagangan internasional kita akan dapat mempelajari teknologi dari negara lain
Apakah teknologi google glass itu termasuk teknologi baru?
Teknologi Google Glass merupakan teknologi baru kaca mata ini hasil karya Google X Lab, yaitu laboratorium milik perusahaan Google.
Apakah di masa mendatang negara lain dapat mengembangkan teknologi itu?
Di masa yang akan datang negara lain juga dapat mengembangkan teknologi ini karena adanya perdagangan bebas dan kemajuan teknologi
Dari berbagai sumber berita google glass itu akan diproduksi di Amerika Serikat. Namun, penjualan produk itu tidak hanya terbatas di Amerika Serikat, melainkan ke seluruh dunia. Inilah salah satu manfaat perdagangan internasional, yaitu menjadi sarana untuk pengalihan dan pengembangan teknologi. Bukan hal mustahil jika beberapa tahun ke depan teknologi google glass ini akan dikembangkan oleh negara lain.

Pentingnya kegiatan perdagangan internasional bagi Indonesia dalam bidang pengembangan teknologi:
Perdagangan internasional pada umumnya dikatakan sebagai media yang penting bagi penyebaran teknologi dari negara – negara maju ke negara yang belum berkembang. Sebagai contoh, suatu negara sedang berkembang mengimpor komputer untuk memperbaiki produktivitas aparat pemerintannya. Apabila para produsen dalam negeri memperoleh pengetahuan mengenai produk baru. Cara – cara yang dilakukan akan lebih efisien dalam produksi, pemasaran dan manajemen perusahaan pada umumnya, semangat dan motivasi baru untuk melakukan inovasi. Misalnya dimasa lalu petani Indonesia memperoleh manfaat dari perkebunan Belanda berupa pengetahuan mengenai produk baru seperti kopi, teh, tembakau, karet dan gula yang laku dipasaran dunia dan cara penanamannya yang baik. “belajar” teknologi baru seperti ini lebih memiliki manfaat yang besar dan berdifat lebih lestari daripada hanya “membeli” teknologi seperti dalam contoh di atas.
Untuk menguasai teknologi tentu kita membutuhkan bekal pendidikan yang cukup. Dalam Pembelajaran 4, kamu telah mengetahui berbagai bentuk lembaga pendidikan. Lalu, apa fungsi dan peran setiap lembaga pendidikan tersebut?

Lembaga Pendidikan Keluarga
Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama, karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapatkan didikan dan bimbingan. Juga dikatakan lingkungan yang utama, karena sebagian besar dari kehidupan anak adalah didalam keluarga. Sehingga pendidikan yang paling banyak diterima oleh anak adalah dalam keluarga.
Fungsi dan Peranan Pendidikan keluarga:
  • Pengalaman pertama masa kanak-kanak
  • Menjamin kehidupan Emosional anak
  • Menanamkan dasar pendidikan moral
  • Peletakkan dasar-dasar keagamaan
  • Memberikan dasar pendidikan sosial
Lembaga Pendidikan Sekolah
Pada dasarnya pendidikan disekolah merupakan bagian dari pendidikan dalam keluarga, yang sekaligus juga merupakan lanjutan dari pendidikan dalam keluarga.

Fungsi dan peranan sekolah :
Peranan sekolah sebagai lembaga yang membantu lingkungan keluarga, maka sekolah bertugas mendidik dan mengajar serta memperbaiki dan memperhalus tingkah laku anak didik yang dibawa dari keluarganya.:
  • Mengembangkan kecerdasan pikiran dan memberikan pengetahuan anak didik
  • Spesialisasi dalam bidang pendidikan dan pengajaran
  • Efisiensi. Pendidikan dilakukan dalam program yang tertentu dan sistematis, juga jumlah anak didik dalam jumlah besar akan memberikan efisiensi bagi pendidikan anak dan juga bagi orang tua.
  • Sosialisasi, yaitu proses perkembangan individu menjadi makhluk sosial yang mampu beradaptasi dengan masyarakat.
  • Konservasi dan transmisi kultural, yaitu pemeliharaan warisan budaya. Dapat dilakukan dengan pencarian dan penyampaian budaya pada anak didik selaku generasi muda.
  • Transisi dari rumah ke masyarakat. Sekolah menjadi tempat anak untuk melatih berdiri sendiri dan tanggung jawab anak sebagai persiapan untuk terjun ke masyarakat.
Peran Lembaga Sekolah
  •  Tempat anak didik belajar bergaul, baik sesamanya, dengan guru dan dengan karyawan.
  •  Tempat anak didik belajar mentaati peraturan sekolah.
Lembaga Pendidikan di Masyarakat
Dalam konteks pendidikan, masyarakat merupakan lingkungan ketiga setelah keluarga dan sekolah. Pendidikan yang dialami dalam masyarakat ini, telah mulai ketika anak-anak untuk beberapa waktu setelah lepas dari asuhan keluarga dan berada diluar dari pendidikan sekolah. Dengan demikian, berarti pendidikan tersebut tampaknya lebih luas.

Pendidikan kemasyarakatan merupakan wahana yang amat besar bagi perkembangan individu dan masyarakat terutama bagi masyarakat yang sedang membangun, pendidikan kemasyarakatan dirasakan sebagi gerakan yang memprluas dan mempercepat usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, yang akan mengangkat harkat manusia pada tingkat yang wajar.
Advertisement