Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Komunikasi

Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Komunikasi
Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Komunikasi
Manusia melakukan komunikasi karena manusia memerlukan interaksi. Komunikasi dan interaksi selalu terjadi bersamaan. Komunikasi adalah proses penyampaian ide, gagasan, pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak yang berkomunikasi. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi dapat juga dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik anggota badan, atau sering disebut menggunakan bahasa tubuh (body language), seperti menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.

Lokasi Indonesia berpengaruh terhadap cara berkomunikasi masyarakat. Masyarakat Indonesia di berbagai daerah memiki keragaman dan kemajemukan dalam berbahasa. kalian dapat menemukan berbagai bahasa dalam setiap daerah di Indonesia. Misalnya di Pulau Sumatra kalian menemukan bahasa Aceh, bahasa Batak, bahasa Melayu, bahasa Minang, dan bahasa Lampung. Di Pulau Jawa kalian menemukan dua bahasa yang paling berpengaruh yakni bahasa Sunda dan bahasa Jawa. Begitu juga di daerah lain di Indonesia kalian akan menemukan bahasa Melayu di Kalimantan, bahasa Bali, dan berbagai bahasa di Papua, Maluku, bahasa Sulawesi, dan sebagainya. 

Bangsa Indonesia harus bersyukur karena dikaruniai bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Dengan bahasa Indonesia, masyarakat dari berbagai daerah dapat melakukan komunikasi dengan mudah dan lancar. Bayangkan jika seandainya bangsa Indonesia tidak memiliki bahasa persatuan, tentu akan kesulitan untuk melakukan komunikasi. Perjuangan pemuda dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan warisan besar bagi kehidupan pada masa sekarang ini. Warisan tersebut adalah pengakuan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Meskipun kita memiliki bahasa Indonesia sebagai persatuan, kita tidak boleh melupakan bahasa daerah karena bahasa daerah merupakan salah satu hal yang menunjukkan kekayaan warisan budaya Indonesia. Berbagai cara dilakukan agar bahasa daerah di nusantara tidak punah, salah satunya adalah dengan membangun mesin penerjemah untuk bahasa daerah seperti yang dapat kita lihat pada sistem ini.

Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Komunikasi
Variasi lokasi daerah di Indonesia yang meliputi banyak pulau dan tempat tinggal yang berpencar juga berpengaruh terhadap cara-cara berkomunikasi masyarakat Indonesia. Untuk melakukan komunikasi langsung, masyarakat mengalami banyak kesulitan atau kendala karena keterbatasan waktu dan tenaga. Karena itu masyarakat menggunakan teknologi sebagai sarana untuk memperlancar komunikasi tersebut. Penggunaan teknologi paling sederhana mungkin masih dapat kita temukan di lingkungan tempat tinggalmu. Contoh, masyarakat di Indonesia mengenal kentongan seperti tampak pada gambar disamping. Kentongan merupakan salah satu alat untuk memberikan peringatan bahaya,

Kemajuan ilmu dan teknologi mendorong ditemukannya berbagai alat komunikasi yang lebih maju. Penggunaan gambar, simbol, dan tulisan merupakan bentuk baru cara berkomunikasi masyarakat Indonesia. Lokasi Indonesia yang penduduknya berjauhan, tidak mungkin selalu melakukan komunikasi secara langsung. Pesan lisan yang dititipkan orang lain, juga kadangkala berubah ketika sampai pada penerima pesan. Pesan tertulis merupakan cara berkomunikasi yang telah lama digunakan masyarakat Indonesia sampai saat ini.

Sampai pada akhir tahun 1990-an, pesan tertulis melalui surat-menyurat merupakan kebiasaan umum bagi masyarakat Indonesia dalam berkomunikasi. Komunikasi melalui pesan tertulis dapat dilakukan lewat jasa penitipan seperti kantor pos baik yang dilakukan pemerintah maupun swasta. Apakah kalian pernah melakukan surat-menyurat melalui jasa pos? Apabila belum, kalian dapat mencobanya agar kalian dapat memahami lebih dalam bagaimana cara berkomunikasi melalui surat-menyurat.

Berbagai bentuk komunikasi tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya komunikasi dengan secara langsung melalui tatap muka, memiliki kelebihan lebih jelas dan lengkap, tetapi memiliki kelemahan karena memerlukan waktu khusus untuk bertemu. Komunikasi menggunakan surat menyurat memiliki kelebihan komunikasi lebih mudah dan murah dibandingkan bertemu secara langsung. Komunikasi melalui surat menyurat memiliki kelemahan karena memerlukan waktu sampainya surat ke tujuan dan bisa terjadi surat tidak tersampaikan kepada tujuan.

Pengaruh keunggulan lokasi terhadap perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi
Kita telah mempelajari pengaruh lokasi terhadap iklim, geostrategis, dan kondisi tanah di Indonesia. Masyarakat Indonesia setiap daerah memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Kondisi tanah yang berbeda, menyebabkan perbedaan kegiatan ekonomi masyarakat. Kondisi tersebut juga menyebabkan terjadinya saling ketergantungan antar daerah. Perdagangan antar daerah terjadi sejak ribuan tahun yang lalu. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.

Informasi dan komunikasi merupakan hal penting dalam kegiatan interaksi sosial dan ekonomi masyarakat. Sebagai contoh dalam kegiatan jual beli, diperlukan komunikasi antara si penjual dan si pembeli. Komunikasi yang dilakukan antara penjual dan pembeli merupakan bentuk komunikasi langsung. Bagaimana keuntungan dan kekurangan jual beli yang dilakukan secara langsung? Keuntungan jual beli secara langsung diantaranya adalah antara penjual dan pembeli dapat bertemu langsung, barang yang diinginkan dapat dilihat secara langsung, pembayaran dapat dilakukan di tempat. Bagaimana kelemahan komunikasi dalam kegiatan jual beli yang dilakukan secara langsung? Dalam kegiatan jual beli secara langsung, penjual dan pembeli harus bertemu, barang yang akan dibeli harus tersedia, dan alat pembayaran juga harus sudah disiapkan. Pada masa sekarang, kegiatan jual beli secara langsung telah berkembang dengan berbagai cara. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi merupakan faktor penyebab terjadinya revolusi dalam cara berkomunikasi masyarakat di Indonesia.

Kalian tentu sangat mengenal kota Bandung sebagai salah satu daerah pengrajin sepatu terkenal di Indonesia. Promosi barang dagangannya dilakukan lewat internet. Sepatu produksi Bandung terkenal di seluruh wilayah Indonesia. Pada saat ini di antara kalian ada yang tinggal di Papua. Bila ingin membeli sepatu produksi Bandung tidak harus pergi ke Bandung. hanya dengan membuka internet dan mencari laman (website) pengrajin sepatu dari Kota Bandung. kita dapat melihat model sepatu, warna, dan ukuran yang cocok. Apabila kalian sudah menemukan, kita langsung dapat memesan dan membayar melalui internet banking. Dalam hitungan hari, sepatu yang kalian pesan sudah sampai di rumahmu. Dengan menggunakan cara seperti itu tentu jauh lebih efisien, dibandingkan jika kalian harus membeli langsung ke Bandung.

Facebook saat ini digunakan sebagai media sosial untuk berinteraksi lewat internet. Luasnya akses sistem ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan jual beli yang efektif. Pedagang dapat mempromosikan dagangannya dan dengan cepat dapat tersebar ke calon pembeli. Contoh promosi barang dagangan di facebook dapat dilihat pada gambar di samping.

Kegiatan jual beli melalui internet seperti itu merupakan salah satu pengaruh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi pada saat ini. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi pada saat ini telah memperpendek jarak serta mempercepat waktu dalam kegiatan masyarakat. Jual beli yang pada masa lalu dilakukan secara langsung, saat ini dapat dilakukan melalui berbagai media internet. Teknologi informasi yang berkembang saat ini telah memperlancar kegiatan komunikasi dan mobilitas barang dan jasa secara cepat. Akses pengiriman dan penerimaan data melalui jaringan internet mengubah gaya hidup masyarakat. Berbagai kemudahan dapat diperoleh masyarakat untuk melakukan komunikasi dan transaksi melalui kemajuan teknologi informasi. Namun demikian, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga dapat membawa perubahan negatif dalam kehidupan masyarakat. Pengaruh positif dan negatif tersebut terjadi pada berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Dampak positif perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap bidang agama menyebabkan proses dakwah menjadi semakin cepat, dalam bidang ekonomi berpengaruh terhadap sistem jual beli. Sedangkan dampak negatif dalam bidang agama misalnya cepatnya pengaruh negatif menyebar ke masyarakat. Dampak positif perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan misalnya memudahkan pelajar memperoleh berbagai informasi pembelajaran melalui internet. Dampak positif dalam bidang pendidikan misalnya banyak terjadinya kasus penjiplakan berbagai karya tulis. Dampak positif dalam bidang sosial budaya misalnya proses pewarisan budaya yang lebih mudah dan cepat karena teknologi rekaman. Dampak negatif perkembangan teknologi informasi dan komunikasi misalnya masuknya pengaruh budaya asing dengan bebas yang dapat merusak budaya bangsa.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah berpengaruh besar bagi bangsa Indonesia. Di sisi lain, berbagai ancaman harus diwaspadai bagi bangsa Indonesia. Beberapa ancaman yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

1) Lunturnya nilai-nilai agama dan budaya
Dalam uraian di atas telah dijelaskan berbagai dampak positif pengaruh perkembangan teknologi dan informasi terhadap nilai-nilai agama dan budaya. Namun perkembangan teknologi dan informasi dapat juga menyebabkan lunturnya nilai-nilai agama dan budaya.

Berbagai data berupa gambar dan film yang berbau pornografi dan kekerasan menjadi salah satu penyebab lunturnya nilai-nilai agama dan budaya. Budaya Barat negatif seperti budaya suka bersenang- senang (hedonisme), kehidupan bebas, dan ateisme, ternyata juga sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Walaupun Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau, dengan lokasi yang saling berjauhan, namun berbagai informasi tersebut sangat mudah diakses berkat kemajuan teknologi informasi.

2) Kriminalitas
Kejahatan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi terjadi setiap hari di Indonesia. Kriminalitas melalui jaringan komunikasi telepon terjadi baik telepon kabel maupun telepon seluler. Kriminalitas melalui jaringan telepon umumnya dilakukan dalam bentuk penipuan. kita harus hati-hati ketika ditelepon orang yang belum kalian kenal. Demikian halnya apabila ada telepon yang mengaku kenalanmu, kalian harus mengecek apakah kalian benar-benar berkomunikasi dengan orang yang kalian maksud. Para penjahat semakin canggih dan lihai dalam cara-cara mengelabuhi masyarakat melalui percakapan telepon.

Kejahatan melalui dunia maya (cybercrime), semakin marak ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Modus kriminalitas ini dilakukan terutama dalam bentuk penipuan dan pencurian. Cara pembayaran menggunakan kartu kredit memudahkan terjadinya transaksi melalui dunia maya. Apabila tidak berhati-hati, masyarakat dapat tertipu oleh penjahat internet tersebut.
belanja online
Saat ini masyarakat mulai terbiasa dengan belanja melalui internet. Mereka dapat memilih barang-barang belanjaan yang dikehendaki, lalu membayarnya lewat internet, dan tinggal menunggu kiriman barang. Kegiatan jual beli seperti itu kadang dimanfaatkan para penjahat dengan melakukan kegiatan jual beli palsu. Mereka seolah-olah menjual produk terkenal dengan harga sangat murah. Setelah dipilih dan dibayar oleh konsumen, ternyata barangnya palsu atau bahkan tidak pernah datang. Untuk itu, kalian perlu berhati-hati dalam jual beli lewat dunia maya. Yakinkan bahwa penjual atau pembeli yang kalian temui bukan penipu.

Kriminalitas lain dalam dunia maya adalah terjadinya perjudian. Pelaku perjudian melalui dunia maya sulit ditangkap, karena mereka biasanya tidak menunjukkan identitas aslinya. Namun demikian bukan berarti perjudian di internet tidak dapat diberantas. Dengan kemajuan teknologi, siapapun yang masuk dalam jaringan internet dapat ditelusuri identitasnya oleh pihak kepolisian.

Penipuan melalui internet juga sering terjadi pada masyarakat. Jejaring sosial yang tersedia pada laman internet sering digunakan untuk berkenalan dan berkomunikasi antar masyarakat. Namun laman tersebut juga berpotensi sebagai ajang negatif seperti penipuan. kalian perlu hati- hati jika berkenalan dalam jejaring sosial, agar tidak dapat tertipu oleh penjahat.

3) Keamanan dan Perpecahan
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mempermudah interaksi antar masyarakat di Indonesia. Suatu peristiwa yang terjadi pada suatu tempat dalam waktu detik dapat menyebar beritanya ke berbagai lokasi. Sebagai contoh peristiwa perkelahian antar masyarakat, sangat mudah berkembang menjadi perkelahian antar kelompok, bahkan antar etnis. Perkelahian yang sebenarnya disebabkan oleh masalah yang sepele, kemudian bisa saja diberitakan dengan dibumbui cerita-cerita yang tidak benar. Akhirnya masyarakat terpancing emosinya dan pecah perkelahian antar kelompok. kalian harus selalu hati-hati dan bertindak bijaksana jika menerima kabar melalui telepon maupun internet. kalian harus selalu bijak dalam melihat suatu permasalahan.
Advertisement