Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi
Pengertian Akuntansi
pengertian akuntansi dna jenisnya

Untuk beberapa pelajar sekolah menengah kejuruan jurusan Akuntansi, tentu sudah mengetahui donk apa sajakah yang akan dipelajari dalam pengetahuan ini? Terlebih, untuk anak mahasiswa ekonomi jurusan akuntansi? Hmm, kelihatannya kata akuntansi telah cukup mengenyangkan ya?

Namun, bagaimana dengan anda yang baru mulai pelajari pengetahuan akuntansi ini? Telah tahukah anda mengenai pengertian akuntansi? Serta tahukah anda mengenai bagian spesialisasi dalam akuntansi ini? atau mungkin anda juga sudah mengetahui jabatan apa sajakah nanti yang dapat didapat untuk mereka yang terjun dalam bagian akuntansi?

Ini begitu utama loh untuk di ketahui, lantaran pengetahuan akuntansi yaitu satu diantara pengetahuan kunci dalam aktivitas ekonomi usaha. Aktivitas ekonomi tanpa ada akuntansi dapat bahaya loh. Dapat – dapat kegiatannya jadi tidak terukur serta condong amburadul.

Bila yang professional sih pasti telah mengaplikasikan pengetahuan akuntansi. Jadi agar lebih memahami, yuk mari kita belajar dahulu mengenai pengertian akuntansi serta bagian spesialisasi dalam akuntansi yang ada.

Apa Pengertian akuntansi? 

Pengertian akuntansi bisa di jabarkan dalam makna luas serta makna sempit. Dalam makna luas, pengertian akuntansi yaitu sistem identifikasi, pengukuran dan penyampaian info ekonomis yang mempunyai tujuan untuk sangat mungkin pembuatan beragam pertimbangan serta pengambilan ketentuan yang pasti serta tegas oleh beberapa pengguna info itu.

Pengertian akuntansi ini dapat dapat diterangkan dalam makna sempit. Dalam makna sempit, pengertian akuntansi yaitu satu sistem yang mencakup pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran serta penyajian laporan tentang transaksi keuangan yang berlangsung dalam periode spesifik.

Bagian aktivitas akuntansi 

Yang disebut dengan bagian aktivitas akuntansi yaitu step – step aktivitas yang disebut serangkaia sistem dalam perhituangan akuntansi. Jadi, semuanya transaksi keuangan perusahaan yang berlangsung dalam satu periode spesifik, jadi mesti diolah dalam step – step aktivitas akuntansi.

Nah, step pemrosesan akuntasi itu yaitu :


  • Pengidentifikasian serta pengukuran 
  • Pencatatan 
  • Penggolongan 
  • Pengikhtisaran 
  • Pengaturan laporan keuangan 

Bagian Spesialisasi Akuntansi 

Bagian bagian spesialisasi akuntansi adalah bentuk spesifikasi bagian pengetahuan lain yang lebih sempit dari pengetahuan akuntansi tersebut. Timbulnya bagian spesialisasi akuntansi ini karena ada tuntutan perubahan ekonomi yang makin cepat. Karena itu, nampak juga tuntutan untuk pengkhususan bagian aktivitas akuntansi.

Bagian spesialisasi akuntansi mencakup :

  • Akuntansi keuangan 
  • Akuntansi biaya 
  • Akuntansi perpajakan 
  • Akuntansi anggaran 
  • Akuntansi pemeriksaan 
  • Akuntansi pemerintah 

Penjelasan dari bermacam bagian spesialisasi akuntansi yaitu seperti berikut :

Akuntansi keuangan (financial accounting) 

Akuntansi cost yaitu bagian spesialisasi akuntansi yang tujuan atau objek kegiatannya yaitu mengenai transaksi keuangan yang menyangkut pergantian harta, duta serta modal dari satu perusahaan.

Akuntansi cost (biaya accounting) 

Akuntansi cost adalah bagian spesialisasi akuntansi yang tujuan kegiatannya transaksi keuangan yang terkait dengan cost – cost dengan maksud sediakan info cost.

Akuntansi perpajakan (tax accounting) 

Akuntansi perpajakan adalah bagian akuntansi yang terkait dengan pemilihan objek pajak sebagai beban perusahaan di mana perhitungannya dipakai untuk kebutuhan pengaturan laporan pajak.

Akuntansi biaya (budgetary accounting) 

Akuntansi biaya adalah satu diantara bagian spesialisasi pengetahuan akuntansi yang kegiatannya terkait dengan pengumpulan atau pemrosesan data operasi keuangan yang sudah jadi, termasuk tafsiran peluang yang bakal berlangsung. Hal semacam ini dipakai untuk kebutuhan penetapan gagasan operasi keuangan perusahaan atau anggaan dalam satu periode spesifik.

Akuntansi kontrol (audition accounting) 

Akuntansi pemeriksanaan yaitu akuntansi yang kegiatannya terkait dengan kontrol pada catatan – catatan hasil aktivitas akuntansi keuangan yaitu untuk menguji kelayakan neraca keuangan yang dihasilkannya.

Akuntansi pemerintah (government accounting) 

Akuntansi pemerintah yaitu semua bagian akuntansi yang kegiatannya terkait dengan permasalahan kontrol keuangan negara atau hal administrasi keuangan negara.

Jabatan dalam bagian akuntansi 

Seseorang yang menekuni dalam bagian akuntansi di satu perusahaan, jadi akan peroleh jabatan – jabatan spesifik yang terkait dengan akuntansi juga. Jabatan dalam bagian akuntansi ini pada umumnya yaitu :

  1. Manager akuntansi 
  2. Asisten manager akuntansi 
  3. Peata buku 
  4. Pembantu penata buku 

Di segi lain, pekerjaan – pekerjaan di bagian akuntansi ini mesti ditangani oleh tenaga – tenaga yang mempunyai ketrampilan spesial di bagian akuntansi. Profesi akuntansi pada dasarnya dapat juga diglongkan dalam dua hal yaitu akuntansi umum serta akuntansi intern.

Akuntansi publik 

Akuntansi umum yaitu akuntan swasta yang sediakan layanan kontrol pada pihak lain. Kontrol yang dikerjakan oleh akuntan umum ini adalah kontrol yang datang dari luar tubuh yang di check.

Akuntansi intern 

Akuntansi inter yaitu akuntan yang bekerja didalam perusahaan swasta. Mereka jadi sisi serta memperoleh upah dari perusahaan tempat mereka bekerja dalam mengaplikasikan pengetahuan akuntansi mereka.
Advertisement